WisataKu

Begini Cara Refund Penerbangan Batik Air

6 September 2019 pukul 14.sekian menit saya dapat wa dari pihak travel, bahwa hasil refund batik air yang pernah saya ajukan untuk penerbangan 26 Maret sudah bisa di ambil. Alhamdulillah, setelah menunggu sekian bulan, akhirnya beres juga urusan refund itu.

Refund adalah pengembalian dana karena melakukan pembatalan tiket penerbangan. Saya melakukan refund untuk penerbangan Batik air, rute Jakarta – Surabaya tanggal 26 Maret 2019.

Cara refund pesawat batik air

Sumber gambar batik air

Saya melakukan refund karena mendadak mendapat tugas lain saat sedang berada di Jakarta. Jadi 24 – 26 Maret saya menghadiri simposium pengembang teknologi pembelajaran. Untuk kegiatan ini, biaya ditanggung penyelenggara dan saya harus menyetor tiket pp seminggu sebelum kegiatan. Karena acaranya biasanya berakhir siang hari, maka untuk pulangnya, saya memilih penerbangan sore dengan rute Jakarta-Surabaya. Kegiatan simposium ini dilaksanakan di Hotel Arya Duta.

Baca juga : Simposium PTP 2019

24 Maret, saya pakai penerbangan dari Malang menuju Jakarta. Saat masih di bandara, saya mendapat pesan wa bahwa ada undangan untuk saya, kegiatan penyusunan soal, di Jakarta juga tanggal 26 – 29 Maret. Lah, kan nabrak satu hari tuh. Secara waktu sih bisa, karena kegiatan simposium selesai sekitar jam 12 siang, sementara kegiatan penyusunan soal dimulai sore hari. Tapi secara pembiayaan, nggak boleh saya mendapatkan honor dari dua kegiatan dalam satu hari.

Akhirnya saya telpon panitia penyusunan soal, bahwa saya bisa datang tanggal 26 siang, tapi secara surat tugas mulai 27 Maret. Panitia tidak mempermasalahkan. Masalahnya kini ada di saya, tiket pulang tanggal 26 sudah ditangan. Jadi saya harus menggeser harinya.

Untuk kegiatan penyusunan soal, biasanya pagi sudah ditutup, jadi saya bisa pakai penerbangan siang, langsung Jakarta-Malang. Jadi saya berniat untuk me reschedule dan re route penerbangan yang asalnya 26 Maret Jakarta-Surabaya pukul 16.sekian menit, menjadi penerbangan 29 Maret Jakarta-Malang pukul 12.45.

Saya pun lalu menghubungi pihak tiket, saya biasa pesan tiket di koperasi kantor, karena bisa bayar belakangan. Jadi saya ambil tiket dulu, bayarnya nanti setelah selesai kegiatan dan mendapat uang transport dari panitia penyelenggara. Pihak tiket tidak bisa melakukan reschedule dan juga re route, jadi saya harus menghubungi pihak maskapai secara langsung. Berhubung sudah ada pemberitahuan untuk masuk pesawat, saya pikir, nanti saja kalau sudah di Jakarta di urus ke maskapai.

Sesampai di Jakarta, ternyata saya tak bisa langsung menghubungi ke pihak maskapai karena sudah ribet dengan kegiatan di Simposium. Malam harinya, barulah saya bisa menghubungi pihak maskapai. Jadi beginilah cara melakukan refund penerbangan batik air :

  1. Mengubungi pihak maskapai, dalam hal ini saya menghubungi lewat telpon ke customer service Batik air di (021) 6338345
  2. Saya sampaikan sampaikan untuk reschedule dan reroute. Pihak CS meminta saya menyebutkan kode booking penerbangan saya, CS lantas mengkonfirmasi nama dan rute penerbangan saya. Setelah di cek, ternyata saya nggak bisa reroute, cuma bisa reschedule saja. Akhirnya saya memilih refund.
  3. Setelah memutuskan untuk refund, pihak CS meminta saya untuk mengirimkan foto KTP melalui pesan wa. CS memberikan nomor wa untuk mengirim foto KTP dan meminta untuk tidak memutus telepon, karena kalau telpon terputus, saya harus menelpon lagi dan bisa jadi nggak nyambung ke mbak CS yang ini, tapi ke orang lain, sehingga harus menjelaskan dari awal.
  4. Setelah mengirim foto KTP, mbak CS menjelaskan prosedur refund dan bahwa saya tak akan menerima 100% biaya yang telah saya keluarkan. Setelah saya menyatakan paham, mbak CS kembali mengkonfirmasi apakah saya benar-benar mau melakukan refund.
  5. Setelah tiket di refund oleh pihak maskapai, saya di minta menghubungi pihak travel, memberi tahu bahwa saya refund tiketnya. Menurutnya, pihak travel juga harus mengkonfirmasi ke pihak maskapai.
  6. Walau sudah di refund, saya tetap harus membayar penuh pada pihak tiket. Jadi sekembalinya ke Malang, saya bayar ke pihak tiket, sekitar 1,3 juta.
  7. Setelah itu menunggu info dari pihak travel, kapan bisa mengambil kembalian. Dalau dulu mbak CS mengatakan dalam waktu sebulan, saya bisa mendapatkan refund atas biaya yang saya keluarkan. Tapi nyatanya sampai 5 bulan saya baru mendapatkannya, uang yang saya terima 775 ribu. Jadi sekitar 60% uang saya kembali.

Begitulah prosedur yang saya lakukan saat melakukan refund. Kalau di hitung dari waktu jadwal penerbangan, saya melakukan refund di rentang 48 jam sebelum penerbangan. Oleh karena itu, berdasar ketentuan refund dari pihak maskapai, dikenai biaya sebesar 40% dari harga tiket pesawat.

16 Comments

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: