Teknologi

Screen Mirroring, Menampilkan Layar Handphone ke Layar Laptop

Jaman android gini, makin banyak aplikasi yang dibuat dan sangat memudahkan bagi kita sebagai penggunanya. Aplikasi di bidang pendidikan pun banyak bermunculan. Kemdikbud juga membuat beberapa aplikasi, baik untuk pembelajaran maupun monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan. Cara penggunaan aplikasi rata-rata mudah, namun bagi generasi baby boomers bisa jadi butuh waktu agak lama untuk mengutak-atik aplikasinya, sehingga harus ada yang membimbing untuk mengajarinya.

Baca juga : Ketika Generasi Baby Boomers Belajar Ngeblog

Suatu kali, dalam sebuah pelatihan, saya harus mengajarkan sebuah aplikasi pada para peserta. Tentunya akan lebih mudah jika saya bisa menampilkan apa yang ada di layar handphone saya ke layar laptop. Selanjutnya laptop akan dihubungkan dengan LCD proyektor, sehingga semua peserta bisa melihat tampilannya untuk menyamakan dengan apa yang tertampil di layar handphone mereka. Untuk melakukan itu, saya membutuhkan sebuah aplikasi perantara, namanya screen mirroring.

Aplikasi screen mirroring bisa di download di google playstore, ketikkan saja kata kunci screen mirroring, maka akan tampil banyak pilihan aplikasi yang tersedia. Kalau saya pilih yang mobile to pc screen mirroring yang gambarnya kayak di bawah ini, karena cukup di install di handphone saja

screen mirroring

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, syarat utamanya adalah handphone dan laptop terkoneksi wifi dengan nama acces point sama.

Handphone dan laptop terhubung acces point yang sama

Langkah pertama adalah menjalankan aplikasi screen mirroring di handphone, karena ini aplikasi gratis, ada iklan yang muncul saat dijalankan. Tapi tenang saja, iklannya aman kok, iklan marketplace saja yang sering muncul.

Setelah di layar handphone muncul tampilan seperti di atas, buka browser di layar laptop. Saya pertama pakai mozilla, tapi sampai lama sekali nggak bisa terhubung. Akhirnya saya coba pakai chrome, dan berhasil. Jadi setelah browser terbuka, ketikkan URL yang tampil di layar handphone ke address bar di crhrome. Dalam hal ini adalah 192.168.3.23:8080

Setelah terkoneksi, tekan tombol START yang ada di layar handphone, dan layar handphone sudah akan tampil di layar laptop

Kalau sudah begini, apapun yang dilakukan di handphone, maka akan tampil juga di layar laptop. Jadi saya bisa ngajar, sambil mempraktekkan dan keliling kelas juga memantau para peserta.

Kecepatan layar laptop menangkap tampilan layar handphone tergantung pada koneksi wifi juga, kalau wifi bagus, begitu kita klik di handphone dan tampilan berubah, maka tampilan di laptop juga berubah. Tapi kalau koneksi wifi kurang bagus, akan ada delay beberapa saat antara tampilan di layar handphone dengan layar laptop.

Nah, itulah cara menampilkan layar handphone ka layar laptop, mudah bukan?

17 Comments

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: