WisataKu

Berburu Buku Murah di Blok M Square

Berkegiatan di Jakarta, biasanya rute saya hanya kamar, ruang kegiatan dan ruang makan. Tapi berhubung kali ini kegiatannya di hotel area blok M, yang jarak hotelnya nggak sampai 100 meter dari blok M Square, saya pun tergoda untuk keluar dari hotel. Selain jaraknya yang dekat, alasan lainnya adalah karena saya kedinginan di kamar. AC di kamar dingin banget, pengaturannya terpusat. Walau di kamar suhu sudah dinaikkan, masih juga terasa dingin. Kalau malam, AC saya matikan, berharap bisa berkeringat di pagi hari, tapi nyatanya tetap saja dingin dan tak ada keringat yang keluar.

Balik lagi ke soal saya keluar hotel, jadi selain pengen lihat suasana blok M Square, niat saya yang lain adalah mencari keringat. Maka hari Selasa, 6 Agustus, usai ashar, saya keluar hotel. Jalan kaki menuju Blok M Square. Sebelumnya sudah baca-baca kalau di lantai basement banyak lapak jualan buku murah. Jadinya saya langsung menuju lantai basement.

pasar buku blok M Square

Dan tampaklah berderet-deret penjual buku. Tapi di lantai basement ini nggak cuma untuk penjual buku saja, ada juga penjual makanan, baju, bahkan perhiasan.

Tidak banyak pengunjung di area pasar buku saat saya ke sana, banyak pula lapak yang nggak ditungguin penjualnya. Jadinya saya bebas buat milih-milih buku, buka-buka dan baca sekilas isinya.

pasa buku blok M Square

Jangan takut untuk bertanya berapa harganya. Buku-buku ini bisa di tawar kok, makin pintar menawar, makin bisa dapat harga murah. Ada juga buku-buku yang diobral, sudah ada tulisannya. Ada yang harganya 10 ribuan, ada yang 20 ribuan. Nggak hanya buku bekas yang ada di sini. Ada juga buku-buku baru yang masih tersegel. Buku pelajaran, novel, pengetahuan populer, ensiklopedia, bahkan komik juga ada.

Saya beli buku-buku edukomik, kesukaan babang. Lumayan lho 100 ribu dapat 4 buku. Kalau beli di toko buku, harganya sekitar 80 ribuan untuk 1 buku. Saat saya tanya harganya, pedagangnya bilang harganya 35 ribu, kalau beli 3 dikasih harga 100 ribu. Lalu saya tawar, jadi deh deal 100 ribu dapat 4 buku. Senang dong saya, bisa menghemat banyak, bisa borong banyak juga.

edukomik

Kalau duit di dompet terbatas, nggak perlu khawatir. Para pedagang di sini punya mesin EDC lho. Jadi kalau nggak bawa cukup uang cash, bisa gesek kartu debit maupun kartu kredit. Mereka juga terima pembayaran dengan menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP)

Sebenarnya saya belum puas menelusuri lapak-lapak buku murah ini, namun sekitar jam 4, saat cek hp, ada pesan wa masuk. Meminta saya untuk kembali ke ruangan, karena ada pemaparan materi dari narasumber. Langsung balik kanan deh, kembali ke hotel. Untungnya dekat, nggak sampai 5 menit, saya sudah duduk manis kembali di ruang pertemuan dan menyimak pemaparan narasumber.

Sepertinya, suatu saat saya harus kembali lagi ke pasar buku murah di Blok M Square ini.

28 Comments

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: