Berikut Beberapa Jenis Investasi dengan Modal Kecil untuk Anda




Memasuki kepala 4, saya mulai memikirkan soal investasi. Iya, kalau dulu punya uang lebih, ya dibiarkan ngendon di tabungan saja. Sewaktu-waktu butuh, tinggal ambil. Namun kini, saya pengen mencoba mikir jauh ke depan. Saya pengen tenang di masa pensiun nanti, tanpa terbebani masalah finansial. Untuk itu, saya harus mulai untuk berinvestasi. Tapi, investasi yang seperti apa? Apakah bisa berinvestasi sementara saya ini modalnya kecil?

Mulailah saya mencari-cari informasi, bentuk investasi bagi pemula. Iya, bisa dibilang saya ini pemula dalam hal investasi. Karena pemula, tentunya saya harus banyak belajar, salah satunya dengan banyak bertanya, mencari informasi seputar investasi. Karena baru belajar, saya juga pengen mencari jenis investasi dengan modal kecil

Sebagai dokumentasi hasil belajar saya, biar ilmunya nggak cepat hilang, saya tuliskan saja disini. Kali aja ada yang baru sadar untuk punya investasi, jadi bisa sama-sama belajar.

Menikmati Masa Pensiun dengan Tenang

Saya seorang ASN, dan seperti kebanyakan orang lain, tentunya saya ingin menikmati masa pensiun dengan tenang, tanpa terbebani lagi oleh masalah finansial. Kalau orang bilang, merdeka secara finansial.

Saya belajar dari pengalaman orang tua saya, pensiun tapi masih banyak menanggung hutang. Bahkan ibu saya sering mengeluh “makin tua kok bukannya makin enak, malah semakin susah”. Saya tahu sih, memang ada kesalahan dalam pengelolaan keuangan yang dilakukan orang tua. Tapi kalau saya bilangi, ntar dikiranya saya ini menggurui. Jadi ya, saya ambil pelajarannya saja, agar saya tak melakukan hal yang sama.

Saya tak ingin seperti mereka. Oleh karena itu, saya bertekad untuk menghindari hutang. Saya harus bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk di tabung. Saya harus bisa menginvestasikan uang saya, meski nominalnya kecil. Jika dilakukan secara rutin, pasti akan jadi besar juga.

Bisa dibilang, saya terlambat untuk memulai berinvestasi. Tapi bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Walau dengan modal kecil, saya ingin bisa berinvestasi. Berinvestasi sekarang, dan hasilnya bisa saya nikmati di masa mendatang. Sehingga saat pensiun, tidak akan merepotkan anak cucu. Bisa menikmati merdeka secara finansial.

Menentukan Tujuan Investasi

Dalam pengelolaan portofolio investasi menggunakan strategi aktif dan pasif. Strategi aktif merupakan asumsi dengan pasar modal melakukan kesalahan dalam menentukan harga dan pasif yang didasari asumsi harga sekuritas di pasar ditentukan secara tepat sesuai dengan nilai intrinsiknya atau pasar modal tidak melakukan kesalahan dalam menentukan harga. Seorang investor dalam investasi pemula perlu mengetahui return dan risk. Return atau imbal hasil diperoleh dari hasil investasi yang sesuai ekspektasi di masa datang dan risk merupakan peluang dari tidak tercapainya tujuan investasi karena ketidakpastian.

Untuk menentukan tujuan investasi maka tentukan jangka waktu investasi dan berapa target imbal hasil yang akan dicapai. Investor harus dapat mengetahui karakter dari resiko, besaran dana yang akan diinvestasikan, fleksibilitas investor dan pengetahuan mengenai pasar modal. Motif melakukan investasi adalah keuntungan diinginkan dan tingkat keuntungan setara dengan kesiapan dalam menanggung resiko. Investor dapat menjadi pengambil resiko dengan investasi dan pengembalian sama, menghindar resiko dengan resiko yang kurang dan acuh terhadap resiko yang tidak peduli dengan investasi yang akan diambil.

Jenis Investasi dengan Modal Kecil

Berikut adalah jenis investasi terbaik bagi pemula dengan modal kecil:

  • Deposito yang banyak dijadikan pilihan memiliki bunga pendapatan stabil 5% hingga 8% dan tidak perlu repot dalam mengelola investasi.
  • Forex atau valas dengan sistem mudah dan modal ringan dengan janji potensi keuntungan yang besar dan berbanding lurus dengan resiko tinggi.
  • P2P lending dengan modal ringan 100 ribu, nasabah sebagai peminjam modal dan akan mendapatkan bunga 20% untuk hasil investasi dan tidak tersedia jaminan dan perusahaan harus memahami kebijakan.
investasi pemula
Logam mulia (sumber gambar dari ralali)

Selain itu dapat menggunakan logam mulia dengan ukuran besar 100 gram atau paling kecil 0,5 gram. Logam mulia memiliki harga ratusan ribu yang memiliki keuntungan dengan harga stabil dan mengalami peningkatan harga jual dan beli setiap waktu sehingga aman untuk pemula terutama mahasiswa. Reksadana dengan modal yang disetor dikelola oleh manajer investasi dan modal akan disebar dalam beberapa produk yang memiliki resiko lebih rendah dan pastikan memilih perusahaan yang bisa diandalkan.

38 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *