Cara Gampang Cek dan Bayar Pajak Kendaraan secara Online Melalui LinkAja

“Bang, bulan depan waktunya bayar pajak si hitam”

Usai sholat subuh, saya mengingatkan suami bawa awal bulan depan adalah waktunya bayar pajak pick up kami.

“Duh malas, Ma. Puasa-puasa gini, mesti ke Pasuruan, antri pula”

Walau tinggal di Malang, pick up kami ini memang terdaftar di samsat Pasuruan, soalnya dulu beli pakai nama saudara yang domisilinya di Pasuruan. Belum balik nama, karena KTP kami berdua juga bukan KTP Malang. Hihi… rumit ya?

Nggak usah dipikirin deh. Kami aja nggak menganggap hal ini rumit.

Eh, tapi kalau malas ke Pasuruan, terus gimana bayar pajaknya? Sebagai warga negara yang baik, kan kita mesti taat membayar pajak. lagian kalau pajak kendaraannya nggak dibayar, jadi nggak tenang juga bepergian bawa pick up itu.

Cek Pajak Kendaraan Online Lewat Aplikasi

Untungnya kita hidup di jaman online, dimana banyak hal bisa dilakukan hanya lewat handphone. Belanja berbagai keperluan rumah, konsultasi dengan dokter, beli pulsa, bahkan termasuk juga urusan cek pajak kendaraan online.

Salut lah buat pihak kepolisian Indonesia, yang nggak mau ketinggalan jaman. Mengembangkan juga aplikasi untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses berbagai layanan yang diberikan oleh kepolisian.

Masih ingat kan, beberapa waktu yang lalu diluncurkan program e-tilang? Dan yang baru juga seminggu yang lalu diluncurkan, yaitu pembuatan dan perpanjangan SIM secara online.

Sebelum dua layanan itu, ternyata jauh sebelumnya, sudah ada layanan cek pajak kendaraan online dan dengan pembayaran secara online juga tentunya. Jadi kalau bayar pajak, nggak perlu lagi antri ke kantor samsat ataupun samsat keliling yang biasanya ada di beberapa lokasi strategis.

Membayar Pajak Kendaraan di Menu E-samsat Aplikasi LinkAja

Jadi, untuk urusan bayar pajaknya si hitam, kini suami tak perlu repot lagi mesti berangkat pagi-pagi ke Pasuruan. Ke tempat saudara pinjam KTP, terus ke samsat dan antri membayar pajak. Dengan sambil rebahan di rumah aja, proses pembayaran dapat di lakukan. Caranya adalah dengan memanfaatkan menu e-samsat di aplikasi LinkAja.

Saya tinggal buka aplikasi LinkAja yang memang sudah terinstall lama di handpone. Biasanya saya pakai aplikasi ini buat beli pulsa, paket data dan token listrik aja. Ternyata, kini layanannya makin banyak, termasuk untuk cek pajak kendaraan online dan juga melakukan pembayaran.

Saat aplikasi LinkAja terbuka, saya memilih menu Lainnya, lalu cari menu E-samsat. Layanan E-samsat yang terintegrasi di LinkAja ini baru ada untuk wilayah Banten, Jawa Timur dan Kalimantan Timur.

cek pajak kendaraan online

Karena si hitam ini masuk samsat Pasuruan, maka saya memilih samsat Jatim. Data yang harus di masukkan adalah Nomor polisi kendaraan, Nomor mesin dan NIK.

cek pajak kendaraan online

Setelah semua data di isi, lalu klik Lanjut. Maka akan muncul informasi detail kendaraan serta nominal jumlah pajak yang harus dibayarkan. Mudah ya untuk melakukan cek pajak kendaraan online lewat LinkAja.

Jika saldonya mencukupi, tinggal masukkan pin LinkAja untuk melakukan pembayaran. Setelah proses pembayaran selesai, maka kita akan memperoleh SMS dari samsat yang berisi kode pengesahan dan linknya.

Kita tinggal buka link tersebut, kemudian masukkan ID pengesahan serta captcha, maka akan muncul E-TNKB (tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran). Langkah terakhir, tinggal cetak e-TNKB nya. Selesai deh prosesnya. Mudah dan cepat.

43 comments

  1. Akan saya informasikan ke suami bahwa cek pajak kendaraan bisa di Link Aja. Kemarin-kemarin dia selalu melakukan secara manual. Apa lagi kalau bisa bayar sekalian ya, gak perlu harus ke ATM segala. Di era informasi dan pandemi seperti sekarang, apa-apa yang bisa dilakukan secara daring dari rumah, memudahkan hidup banget 🙂

  2. Udah seneng pas baca di awal kalo bisa bayar pajak kendaraan di LinkAja, eh taunya belum bisa untuk wilayah Sulawesi Selatan, hehehe. Semoga segera terintegrasi juga di sini. Lumayan menghemat waktu dan tenaga daripada pergi ke Samsat langsung buat bayar pajak.

  3. Waoww, praktis banget ya. Aku pribadi masih yang konvensional nih, alias ngantri wkwk. Serahin berkas dan pembayaran plus print out stnk-nya semua di Samsat. Berhubung samsatnya agak deket dengan rumah, jadi masih belum nyoba yang versi online dan bayarnya pake Link Aja ini.

  4. Berarti tidak lama lagi nih layanan e-Samsat dalam aplikasi LinkAja ada untuk wilayah Makassar. Aplikasinya sudah lama juga ter-install di HP saya, Mbak tapi cuma dipake beli pulsa/kuota dan transfer-transfer ke sesama LinkAja saja.

  5. Mbak Nanik nggak punya versi eTNKB yang sudah dicetak ya? Kan biasanya kalau samsat tuh ngeluarin stnk yang udah ada bukti bayarnya, berarti kertas itu nanti diganti sama e TNKB itu?

    1. iya mbak, betul. jadi e-tnkb bisa di cetak sendiri. Kalau ada razia, bisa tunjukkan itu aja. Tapi kalau ingin mencetak lembaran pajak yang jadi satu sama STNK, harus tetap pergi ke samsat dimana kendaraan terdaftar.

  6. Salut sama Samsat yang mengikuti perkembangan tekhnologi dengan membuka akses pembayaran pajak kendaraan secara online.
    Jadi memudahkan pemilik kendaraan nih.

  7. Terakhir cek layanan ini di sebuah marketplace tapi belum mencakup wilayah Jateng. Jadi pengen apdet, skrg sudah bisa atau belum. Beberapa kali pindah kota, bahkan juga pulau, tapi saya masih setia membawa sepeda motor dengan plat AD hehehe

  8. Untunglah sekarang udah bisa bayar pajak kendaraan secara online jadi lebih menghemat waktu yah mbaak. Apa lagi di masa pandemi seperti ini, kayaknya males kalo harus bepergian dan mengantri. Lebih praktis dan nyaman pake aplikasi Linkaja yah

  9. Terasa begitu bersyukur. Era teknologi memberi banyak kemudahan. Membeli atau membayar sesuatu kini bisa lewat gadget
    Seperti LinkAja yang kini juga nawarin utk bayar pajak kendaraan

  10. Wah baru di daerah ini ya Banten, Jawa Timur dan Kalimantan Timur. Semoga segera nyusul di Jakarta juga ya..soalnya kalau di Jakarta itu ngantrinya kalau bayar pajak di samsat warbiyasa…Memudahkan banget ini bayar pajak bisa lewat aplikasi

  11. Sekarang bayar pajak kendaraan online bisa pakai linkaja ya.. seneng deh dengernya.. walaupun aku ngga pakai linkaja tapi suami aku pakai jadi bisa aku info ke paksuami juga nih informasi tentang ini

  12. wah makin lengkap aja ya fasilitas di Link Aja ini..
    Aku sih biasanya pake buat bayar tagihan bulanan, seperti PLN, listrik dan wifi
    sekarang malah bisa buat bayar pajak kendaraan ya mbak

  13. iya nih, aku belom nyobain , pake app link aja, nanti bulan Agustus hahha.
    Mudah dan kan jadinya, aplgi aku rumahnya perbatasan kota dan kabupaten, yang jauuuh kalo urus2 surat2.

  14. Wah ternyata ada kemudahan sekarang bayar pajak kendaraan ya, aku biasanya pakai jasa biro jasa gitu. Sekarang gak usah lagi ya bisa sendiri aja kalo gitu

  15. Asyik nih. Berlaku buat semua Jawa Timur ya mbak. Aq bayar pajak di Magetan nih padahal kendaraannya ada di Solo. Ketimbang ribet ke Magetan bayar pajak doang bisa pake link aja ya?

  16. Wah praktis ya kalo bisa bayar pajak via link aja. Tapi ini baru dijatim ya mak? Jakarta udah bisa belum yaaa

  17. Aku langsung buka LinkAja nih, Mbak. Dan baru tau kalau ada layanan Samsat di sana. Wah, makin dipermudah ya urusan kita. Besok-besok bisa dicoba nih kalau mau bayar pajak kendaraan.
    Makasih infonya, Mbak 🙂

  18. Padahal Aku punya Link Aja tapi baru Tau nih bisa Cek Pajak Kendaraan Online Lewat link aja.. jadi Lebih mudah dan praktis gak perlu antri karena bayarnya pun bisa lewat aplikasi Link Aja

  19. semudah itu?

    Saya setuju banget, kalo bisa mudah, mengapa dipersulit

    jadi inget dulu ribet banget perpanjang STNK, padahal kita mau bayar pajak lho ya 😀 😀

  20. Jadi ingaat.. waktu itu saya dan anak anak melaju ke jakarta dan hanya karena mau belok kiri, eeeh malah ditilang dan ketahuan bahwa pajak kendaraan saya mati!

    Untung sekarang udah ada yang online gini, makasih infonya mbak

  21. Mudah dan praktis sekali.
    Saya sebelum puasa masih antri bayar pajak ini mba. Antri untuk memenuhi kelengkapannya yg ternyata sedikit beda dengan dua bulan lalu, antri ngambil nomor, baru terakhir antri bayar pajaknya. Lumayan makan waktu.
    Semoga bayar pajak lewat aplikasi Link Aja merambah wilayah lainnya.

  22. Makin simple caranya buat bayar pajak kendaraan, nggak perlu antre atau keluar rumah ya. Info ini sangat bermanfaat buat kakak daku nih, soalnya beliau juga pakai LinkAja.

  23. Baru tahu kalau LinkAja selengkap ini. Sangat membantu, tentunya. Dan sebagai aplikasi gabungan berplat merah, nilai trus-nya jadi lebih tinggi

  24. Hebat ya LinkAja ini. Fasilitas pelayanan on-line nya banyak banget. Bener-bener bikin hidup efisien dan efektif. Gak perlu keluar rumah dan ngantri berpanas-panasan. Apalagi lagi pandemi seperti ini. Dimana mobilitas kita harus dikurangi.

  25. Memang makin memudahkan sekali untuk berbagai pembayaran dengan Link Aja ya. Saya baru tau juga nih bisa bayar pajak kendaraan secara online melalui Link Aja. Di jaman online memang semua orang maunya ya serba mudah gitu.

  26. Berkat kemajuan teknologi, sekarang cek pajak kendaraan bisa via online saja lewat Aplikasi. Jadi ga perlu repot keluar rumah, apalagi pandemi gini ya. Banyak penyakit di luar, cari yang gampang saja.

  27. eh baru tahu kalau ternyata bisa juga cek pajak kendaraan di LinkAja melalui menu E-Samsat.
    Tentunya ini sangat memudahkan bagi kita semua

  28. Enak banget Mak bayar pajak kendaraan online lewat LinkAja. Bener-bener kesannya kayak sekali klik langsung beres. Terus terang kalau misal harus ngantri di samsat tuh saya males bangeeetttt karena harus pake acara ijin kerja dulu dan dateng ke sana pagi banget wkwkwk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *