Definisi Dan Kegunaan NPWP Serta Cara Mudah Menghitung Pajak Dengan Bukukas

NPWP

NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) merupakan bagian penting yang dimiliki oleh pelaku bisnis. Anda tentunya sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah NPWP, biasanya bisa anda lihat di struk atau bukti pembayaran. Apakah semua usaha membutuhkan NPWP? Terus bagaimana pemilik usaha tersebut harus mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel selanjutnya.

Apa Itu NPWP?

NPWP adalah nomor identifikasi wajib pajak yang dimiliki oleh semua orang yang berpenghasilan di Indonesia. NPWP ini dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal perpajakan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. NPWP sifatnya wajib dimiliki oleh warga negara yang ada di Indonesia. Bisa dimiliki oleh perorangan maupun organisasi.

NPWP memiliki dua jenis kategori yaitu NPWP pribadi dan NPWP badan yang bisa berupa CV, PT, Firma dan masih banyak lagi. Jika Anda adalah karyawan maka anda wajib memiliki NPWP pribadi. Jika Anda juga adalah wiraswasta, pebisnis maka Anda harus memiliki keduanya.

Apakah Kegunaan Dari NPWP?

Berikut inj beberapa kegunaan dari NPWP yang bisa Anda ketahui

Mendapatkan keringanan tarif pajak

Jika Anda memiliki NPWP maka tarif pajak dari bisnis yang Anda jalankan akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan yang tidak memiliki NPWP . Sedangkan penarikan PPH untuk yang tidak memiliki NPWP pembayarannya dua kali lipat yang memiliki NPWP  

Mudah untuk melakukan pembuatan SIUP

SIUP adalah Surat Izin Usaha Perdagangan yang penting dimiliki oleh pengusaha. Agar usaha yang didirikan ini disahkan oleh negara sehingga bisnis yang Anda jalankan tergolong bisnis yang diakui.

Melamar pekerjaan

Ada juga perusahaan yang mewajibkan karyawannya untuk memiliki NPWP. Karena nantinya jika sudah menjadi karyawan pemotongan pajak gaji akan lebih sedikit dibandingkan yang tidak memiliki.

Membuat paspor

Ketika anda ingin membuat paspor, salah satu dokumen yang penting juga adalah NPWP. Selain KTP dan kartu keluarga. Jika anda sudah memiliki NPWP maka anda tidak perlu ribet lagi mengurus NPWP

Mengajukan kredit ke bank

Jika Anda mengajukan kredit ke bank, Anda bisa menggunakan NPWP sebagai jaminannya. Sehingga dana yang anda pinjam akan memiliki nilai PPH yang berkurang dibandingkan dengan yang tidak memiliki NPWP.

Mudah Menghitung Hutang Piutang Dan Pajak Dengan BukuKas

Hutang dan Piutang dalam berbisnis adalah hal yang wajar terjadi. Jadi Anda jangan kaget jika selama menjalankan bisnis selalu ada yang namanya hutang piutang. Tapi sebisa mungkin meminimalisir piutang agar keuntungan yang didapatkan bisa semakin bertambah.

Sekarang anda lebih mudah lagi untuk mengurus hutang Piutang dan perpajakan dengan Bukukas. Sejenis aplikasi yang bisa anda dapatkan gratis di smartphone yang anda miliki. Terdapat juga fitur menagih hutang tiga kali lebih efektif. Jadi aplikasi ini memiliki mengingat hutang piutang.

Sudah jelaskan Anda mengenai definisi dan kegunaan dari NPWP. Ternyata banyak manfaat yang bisa anda dapatkan bukan? Untuk memudahkan anda sebagai pelaku NPWP akan dipermudah perhitungan pajak dengan menggunakan BukuKas. Perhitungan yang dilakukan sudah secara otomatis.

14 Comments

  1. Saya pengguna NPWP juga tapi untuk yang pribadi. sebenarnya masih belum paham sih dengan kepemilikan NPWP nya. Pernah sampe dapat surat gitu karena belum laporan. Dengan adanya NPWP tentu saat ada urusan yang mensyaratkan kepemilikian NPWP bisa lebih mudah yah.

  2. Udah lama juga punya npwp. Dulu mikirnya ribet buatnya. Ternyata enggak. Sekejab siap. Semua serba dipermudah. Dan bener sekarang kalau mau urus administrasi pemberkasan butuh banget nih npwp.

  3. Saya sudah lama sekali punya NPWP, sejak masih menjadi karyawan gitu. Tapi manfaatnya apa, baru saya tahu sekarang nih, hehehe … Dulu buat ya karena diminta. Itu pun kolektif dari perusahaan jadi tinggal menunggu jadi saja. Ternyata, banyak manfaatnya ya kalau punya NPWP.

    Makasih sharing-nya, Kak …

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya