Donasi Penggalangan Dana, sarana Berbagi dan Mengasah Rasa Empati




Donasi penggalangan dana sebagai sarana berbagi dan mengasah rasa empati. Iya, memberikan bantuan pada orang lain, baik tenaga maupun materi, akan makin menajamkan rasa empati kita. Melihat kekurangan orang lain ataupun orang yang tertimpa musibah, hati segera tergerak untuk membantu.

Sejak dahulu, masyarakat kita sudah terkenal dengan kebiasaan gotong royongnya. Saling membantu jika ada tetangga yang kesulitan dan membutuhkan bantuan. Saat ada warga yang butuh bantuan, maka ketua RT akan menggerakkan warganya untuk saling membantu.

Kini, saling membantu tak hanya bisa dilakukan pada saudara, tetangga dan teman dekat. Saling membantu bisa dilakukan pada orang yang tak kita kenal, orang yang tinggal jauh berbeda pulau (bahkan negara). Kini untuk membantu, tak lagi harus pernah dan bisa bertemu pihak yang dibantu secara langsung.

Iya, jamannya memang sudah berbeda. Dalam urusan tolong menolong pun tak lagi terkendala jarak dan hubungan personal. Semua ini karena peran dari berbagai lembaga kemanusiaan yang melakukan aksi donasi penggalangan dana.

Berbagi lewat Aksi Penggalangan Dana

Bagi yang muslim, tentu tak asing dengan sebuah hadits tentang sedekah yang menyebutkan bahwa ketika tangan kanan memberi, tangan kiri tidak mengetahuinya. Tangan kiri dalam hadits tersebut dipahami sebagai perumpamaan orang lain. Hadits yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim dari Abu Hurairah tersebut berbunyi

Seseorang yang mengeluarkan shodaqoh lantas disembunyikannya sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang diperbuat tangan kanannya

Hadits itu banyak dijadikan dasar bagi orang yang bersedekah dan tidak ingin diketahui oleh orang lain.

Di jaman teknologi yang berkembang dengan pesat ini, ingin berbagi tanpa diketahui oleh orang lain, bisa banget. Banyak lembaga yang melakukan aksi penggalangan dana dengan memanfaatkan teknologi, baik berbasis web maupun aplikasi.

Penggalangan dana bisa ditujukan untuk perorangan yang sedang sakit dan tak punya biaya, bisa untuk pembangunan tempat ibadah. Penggalangan dana juga bisa ditujukan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam, banjir, tanah longsor, dan juga gempa bumi. Bahkan, akhir-akhir ini banyak lembaga yang menyelenggarakan donasi penggalangan dana bagi masyarakat maupun tenaga medis yang terdampak covid-19.

mengasah rasa empati
Berbagi dukungan pada tenaga medis

Berbagi lewat web maupun aplikasi ini, sangat memudahkan bagi penyumbang. Berbagai metode untuk menyalurkan sumbangan bisa digunakan. Bisa transfer lewat ATM, menggunakan fasilitas mBanking, maupun menggunakan dompet digital.

Saat berbagi lewat web maupun aplikasi, penyumbang bisa memilih untuk tak menuliskan namanya. Penyumbang juga tak pernah bertemu dengan pihak yang ditolong. Harapannya sih, untuk tetap menjaga keikhlasan dalam hatinya.

Berbagi dan Rasa Empati

Empati, tentu berbeda dengan simpati. Rasa empati, sebaiknya dikenalkan pada anak sejak dini. Salah satu cara mengasah rasa empati adalah dengan berbagi.

Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang dirasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut.

Empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia.

Melihat orang lain yang kurang beruntung, membandingkan dengan kondisi diri sendiri, selain mempertajam rasa simpati, juga bisa membuat diri selalu bersyukur. Bersyukur bahwa kondisi kita baik-baik saja, sehat, cukup persediaan makan minum, sandang, papan dan sebagainya sebagai kebutuhan dasar manusia.

Cukup sering kita lihat maupun membaca berita, salah satunya di liputan6, mengenai orang-orang yang membutuhkan bantuan ini. Juga tentang berbagai lembaga yang melakukan aksi donasi penggalangan dana.

Tinggal kita pilih saja, mau membantu siapa dan lewat web atau aplikasi yang mana. Biasanya sudah ada daftarnya, masalah/kesulitan/musibah yang dihadapi dan perkiraan biaya yang dibutuhkan. Informasi dana yang sudah terkumpul dan berapa kekurangannya juga tersedia.

Jadi, mari berbagi. Karena berbagi tak akan pernah merugi. Karena berbagi bisa mengasah rasa empati

23 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *