main solitaire

Game Kartu Legendaris, Teman Setia Me Time Selama Belasan Tahun

Menjadi anak kost sejak berusia 15 tahun, membuat saya mengenal berbagai macam permainan kartu. Remi, Poker, Domino, Uno adalah permainan yang sering saya mainkan bersama teman-teman kost. Permainan yang biasa di gelar saat malam minggu. Hiburan murah meriah bagi kami kala itu.

Bermain Kartu, Hiburan Murah di Malam Minggu

Di rumah kost sederhana, kami yang senasib ini dipersatukan. Bertemu dengan teman sekamar yang sebelumnya tak pernah dikenal. Pengen punya kamar sendiri, tapi keinginan ini harus ditahan. Karena orang tua tak memiliki cukup uang untuk menyewa satu kamar, maka berbagi kamar adalah solusinya. Ibu kost yang mencarikan teman sekamarnya.

Malam minggu, saatnya kami lepas dari buku-buku. Melupakan sejenak tugas kuliah dan laporan praktikum yang menunggu untuk dituliskan. Mau jalan-jalan menikmati suasana malam di Jogja, kami tak memiliki cukup uang saku. Kondisi keuangan kami rata-rata sama saja. Bahkan sekedar keluar dan makan di warung pecel lele pun kami tak mampu. Satu-satunya hiburan bagi kami adalah berkumpul di ruang tengah, lalu mulai mengeluarkan dan mengocok kartu.

Ya, bermain poker semalaman, sambil menunggu air PDAM yang alirannya sungguh membuat gemas. Kecil itir itir, kadang nunggu ember penuh bisa sampai tertidur sambil berdiri nyandar di tembok. Biar nggak ngantuk saat nunggu air, maka bermain poker adalah jalan ninjanya.

Teriakan kala menang sanggup memecah keheningan suasana malam. Tak perlu khawatir bakal kena teguran. Karena dari rumah kost tetangga pun suasananya sama saja. Hanya di malam minggu kompleks kost ini ramai dalam senyap. Tak ada orang lalu lalang di luar, tapi sesekali terdengar teriakan dari setiap rumah.

Membanting kartu saat kalah, penasaran kenapa kalah, rasa ingin merebut kemenangan, membuat permainan sulit untuk dihentikan. Sudah lewat tengah malam, tanggung rasanya jika dihentikan. Maka kami biasanya akan berhenti kala panggilan adzan subuh berkumandang. Bergegas menunaikan kewajiban sholat, lalu tidur sampai siang.

Belajar Komputer dan Mulai Mengenal Game Kartu

Awal tahun 2000, saya mulai mengenal dan belajar komputer. Benar-benar belajar sendiri, awalnya memperhatikan mas mas yang jaga rental komputer di dekat kost saya. Setelah lama memperhatikan, lalu mencoba mengoperasikan. Masih sering tanya juga kalau ada kesulitan.

Kala itu laporan praktikum masih ditulis tangan, jadi saya baru belajar komputer karena harus menulis Skripsi.

Rental komputer ini buka 24 jam, letaknya hanya sepelemparan batu dari kost. Kalau malam ramai dengan para mahasiswa yang menggunakan, saya biasanya ke sana usai subuh karena relatif sepi.

Karena nggak membuat draft terlebih dahulu, kadang macet juga saat mengetik di rental komputer. Otak rasanya buntu untuk diajak berpikir dan merangkai kata. Menoleh ke kanan lihat pengguna di sebelah lancar mengetik. Menoleh ke kiri, kok malah ada tampilan permainan kartu di komputer.

game solitaire
Game solitaire

Boleh juga, kenapa nggak refreshing dulu dengan bermain game? Akhirnya saya pun bertanya pada penjaga rental, gimana caranya untuk main game itu, aplikasi apa yang harus saya buka.

Akhirnya, saat suntuk dan senggang, saya jadi terbiasa memainkan game solitaire dan juga freecell. Lumayan buat mengasah otak juga, menghitung kartu, memperkirakan kartu yang belum muncul, menyusunnya sampai bisa menang. Kadang bikin penasaran juga kalau susunan pengacakan kartunya nggak bagus menurut saya, jadi lama menyelesaikan permainannya.

game freecell
Freecell

Tapi tentu saja mainnya nggak bisa lama-lama karena nggak punya komputer sendiri. Mainnya di rental komputer, saat saya sedang senggang dan tak ada pengguna lain yang mengantri. Kan nggak enak juga kalau ada yang lagi ngantri buat ngetik tugas kuliahnya, eh malah saya asyik main game.

Sejak kenal game kartu di komputer, tak perlu menunggu malam minggu lagi buat bisa main kartu. Nggak perlu lawan main, karena bisa dilakukan sendiri. Tantangan tetap ada, tetap dapat keseruannya juga.

Game Baru Bermunculan, namun Game Kartu tetap Favorit Saya

Teknologi komputer terus berkembang. Demikian juga dengan game, makin banyak jenis game dengan audio maupun visual yang menarik. Selang beberapa tahun sejak adanya windows 7 dan seterusnya, game-game kartu klasik sudah mulai menghilang dari peredaran.

Apalagi ditambah dengan hadirnya smartphone canggih yang menyediakan berbagai game menarik, game klasik WIndows XP yang mulanya sempat meledak kini bahkan sudah tidak terdengar lagi.

Anak-anak sekarang lebih suka bermain game first person shooter (FPS), role playing game (RPG), life simulation, real time strategi (RTS) maupun game-game petualangan. Bahkan game online multiplayer pun banyak sekali jumlahnya. Kita bisa bermain bersama, bahkan walau belum pernah bertemu muka dengan lawan main kita.

Kadang saya juga mabar dengan anak-anak, main mobile legends. Kadang menemani anak-anak main roblox. Ya, saya mesti mengikuti perkembangan game juga, supaya nyambung saat ngobrol dengan mereka.

Tapi kalau sedang sendiri, saya lebih suka main game klasik. Walau anak-anak sering bilang game yang saya mainkan itu jadul dan monoton, tapi biarin aja. Selera boleh beda, tapi tak boleh saling menganggu.

Eh tapi kan sekarang bukan lagi jamannya windows XP, dimana bisa menemukan game kartu klasik yang legendaris itu?

Gampang, ini kan jaman online. Search aja di mesin pencari, maka akan tampillah aneka link untuk mengakses game jadul itu. Kalau saya, biasanya main di solitaire.org

Game Kartu Legendaris di solitaire.org

Begitu membuka situs solitaire.org, terpampanglah game solitaire klasik yang bisa langsung dimainkan. Tanpa perlu di install.

tampilan game di solitaire.org
Bisa langsung main di solitaire.org

Jadi, game solitaire ini ada 5 tipe, yaitu klondike, freecell, spider, pyramid dan tripeaks. Semuanya menggunakan kartu, dengan ciri dan aturan permainan yang berbeda.

Klondike

Klondike ini biasa dikenal dengan solitaire klasik. Game kartu yang menantang dan bisa dimainkan sendiri. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menumpuk kartu ke dalam urutan. Kartu akan ditumpuk dengan urutan K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, As tanpa campuran, artinya kartu yang sama.

permainan solitaire
Tampilan dan aturan bermain klondike

Saat memulai permainan, ada 7 kolom susunan kartu yang jumlahnya berbeda. Kartu paling bawah terbuka di setiap kolom terbuka, sementara yang lain tertutup. Selain itu ada tumpukan stok kartu dalam kondisi tertutup.

Tugas kita dalam permainan ini adalah mengurutkan kartu, Paling bawah adalah As, lalu disusul angka 2,3,4,5,6,7,8,9,10,J,Q dan K di tumpukan paling atas.

Cara memainkannya adalah dengan klik stok kartu, maka akan ada kartu yang terbuka di sebelahnya. Kita bisa memilih kartu yang terbuka ini 1 atau 3. Bagi pemula, cobalah pilihan 1 kartu. Bagi yang suka tantangan, pilihan 3 kartu yang terbuka tentunya lebih disukai.

Kartu yang terbuka ini bisa dipindahkan ke kolom kartu disebelah kanan, tentu tak sembarang memindahkan, tapi ada aturannya. Aturannya adalah harus urut dan beda warna.

Misalnya yang terbuka adalah kartu 8 keriting. Jika dikolom sebelah kanan ada 9 hati merah atau 9 wajik, maka 8 keriting ini bisa dipindahkan. Tapi kalau tak ada 9 hati atau 9 wajik, maka tak ada tempat yang dituju. Maka kita klik lagi stok kartu, maka akan terbuka 3 kartu lagi.

Saat kartu As terbuka, maka kartu As bisa dipindah ke tempat kartu di sebelah kiri bawah. Jika ada angka 2 terbuka, maka bisa dipindah ke atas kartu As. Demikian seterusnya sampai stok kartu dan susunan kartu di 7 kolom habis. Berpindah menjadi 4 tumpukan kartu sejenis.

Cara memindahkan kartunya tinggal drag and drop aja ya.

Tentu saja ada poin setiap kita berhasil memindahkan dan mengurutkan kartu. makin cepat kita menyelesaikan permainan, makin besar pula poinnya.

Kalau sudah stuck, tak ada lagi kartu yang bisa dipindah dan diurutkan, maka biasanya saya akan merestartnya, minta permainan baru.

game solitaire klasik
Sudah tak ada lagi peluang memindahkan kartu

Freecell

Freecell ini game mengurutkan kartu juga. Saat permainan di mulai, semua kartu langsung terbuka dan terbagi dalam 8 kolom. Sisi sebelah kiri untuk penampung sementara, sisi sebelah untuk mengurutkan.

Kita bisa mencari kartu yang akan diurutkan, memindah sementara maksimal 4 kartu ke sisi sebelah kiri. Saat memindah dan menyusun kartu di 8 kolom tengah, harus selang seling merah dan hitam, angka harus berurutan.

Game freecell
Game freecell

Pemain diberi modal nilai 500, nilai ini akan berkurang 1 setiap kali ada kartu yang dipindahkan. Jika sudah tak ada lagi kartu yang bisa dipindahkan, alias mati langkah, akan ada notifikasi di layar. Artinya permainan selesai. Pemain bisa memulai permainan baru.

Spider

Dalam game spider ini, tugas pemain adalah mengurutkan kartu. Ada tiga pilihan jenis kartu yang harus diurutkan, yaitu 1 kartu, 2 kartu atau 4 kartu. Menurut saya, 1 kartu kurang menantang, 2 kartu menantang, 4 kartu sangat menantang. Saya biasa memainkan pilihan yang 2 kartu

game kartu spider
Pilihan tingkat kesulitan game spider

Pemain di beri modal nilai 500, nilai ini akan berkurang 1 angka setiap kali ada kartu yang dipindahkan. Nilai akan bertambah 100 jika berhasil menyusun kartu.

Spider solitaire dengan tingkat kesulitan medium

Pada tingkat kesulitan medium, kartu yang muncul hanya hati dan sekop. Ada 10 kolom untuk kartu yang terbuka di stage. Kita bebas mau menyusun hati semua atau hati dengan sekop, yang penting urutannya dari kartu bernomor besar ke kecil.

Jika sudah tersusun satu kartu dengan urutan besar ke kecil, maka susunan kartu itu akan berpindah ke sebelah kanan, pemain mendapat nilai 100. Jika tak ada lagi kartu yang bisa diutak atik untuk di pindah, pemain bisa klik stok kartu yang ada di bagian kanan bawah. Maka kartu-kartu baru akan terbuka, mengisi setiap kolom kartu di stage.

Pyramid

Game ini baru saya kenal setelah berkunjung ke solitaire.org. Dalam game ini, pemain diminta untuk “menghancurkan” pyramid yang tersusun dari kartu-kartu.

Aturan mainnya adalah dengan cara mencari pasangan kartu yang berjumlah 13. Jadi kalau kartu K, bisa langsung di klik saja dan akan menghilang kartunya. Nilai akan bertambah setiap kali kartu lenyap.

game pyramid solitaire
Game pyramid

Di bawah susunan pyramid, ada dua ruang untuk penempatan kartu. Satu kartu untuk stok yang ada di sebelah kiri, satu lagi untuk penampung kartu di sisi sebelah kanan. Stok kartu ini bisa digunakan sebagai penjumlah bagi kartu yang ada di susunan pyramid sehingga jumlahnya menjadi 13.

Tripeaks

Tripeaks ini permainan kartu legendaris yang paling mudah menurut saya. Tugas pemain hanya mengurutkan kartu, bisa ke atas bisa ke bawah. kartunya juga bebas, tidak harus sama. Yang penting urutan angkanya benar.

Game tripeaks

Di stage ada susunan kartu dari bawah ke atas. Saat pertama dimainkan, kartu di deretan paling bawah saja yang terbuka. Di bagian bawah ada dua slot kartu, satu untuk stok, satu untuk penampung.

Cara memainkannya, klik kartu di stok lalu klik tanda panah di sebelahnya. Maka kartu akan berpindah ke penampung dan terbuka. Misal yang terbuka angka 8, maka pemain harus mencari kartu berangka 9 atau 7 yang terbuka di stage. Misal dipilih kartu berangka 9, maka kartu tersebut akan berpindah ke penampung. Kini kartu yang terbuka di penampung adalah angka 9. Maka pemain harus mencari kartu berangka 10 atau 8 diantara kartu-kartu yang terbuka di stage.

Jika kartu di stage yang terbuka nggak ada yang sesuai urutannya dengan kartu di penampung, maka pemain bisa membuka kartu di stok. Gampang kan cara mainnya.

Buat Anak Jaman Now Gimana?

Bagi yang memiliki anak kecil, bisa juga kok di ajak main game di sini. Ada banyak game puzzle yang bisa dipilih dan dimainkan.

Game puzzle nya kebanyakan bukan menyusun gambar puzzle ya, tapi menggunakan angka. Menyusun berdasar aturan tertentu. Kalau menurut saya, mesti banyak mikir kalau main game puzzle ini. Bisa dimanfaatkan untuk asah otak bersama anak-anak.

game puzzle
game 1 to 25 logic puzzle

Game 1 to 25 logic puzzle ini sangat membantu saya dalam mengajari Toto (5 tahun) belajar mengurutkan angka. Apalagi harus ada jalur khusus juga buat menaruh angka selanjutnya, membuat permainan ini makin menarik.

Jangan khawatir bakal menemui kesulitan saat hendak memainkan game, karena ada penjelasan lengkap mengenai setiap game yang yang ada di solitaire.org ini. Mulai dari cara memainkannya, aturan main, penilaian, bahkan juga sejarah mengenai game itu.

Menarik kan?

Penutup

Main game kartu begini kalau bagi saya sekaligus bisa jadi me time yang murah. Nggak perlu ke luar rumah, nggak perlu menguras isi dompet. Yang penting ada kuota internet. Sudah deh asyik dan anteng di depan laptop

Me time main pyramid

Anda yang seusia dengan saya, atau usianya di atas saya, kini bisa bernostalgia memainkan game kartu legendaris di solitaire.org. Game ringan, namun tetap menantang dan mengasah kemampuan berpikir.

40 comments

  1. Main Solitaire, urusan menunggu nggak bakal bikin bete lagi ya Mba. Apalagi nungguin aliran air yang super kecil, hehehehe. Mendingan main game daripada ngedumel. Solitaire ini mainan saya dari dulu. Sering banget main game ini, soalnya mengasah otak. Bahkan saya install juga di hape.

  2. Ini salah satu game yang saya mainkan juga di kala bosan, mbak. Dulu kayaknya di tiap komputer pasti ada, sekarang sudah tidak, tapi senangnya sudah ada websitenya sendiri. Jadilah bisa bermain game kesayangan ini.

  3. Ya allah mba sya jadi ingat jaman kuliah dulu. Semua serba manual ya mba. Mba masih bisa main games. Kalau saya kayaknya ga bisa main games karena di rumah ga deket rental.

  4. Huwaaa… ini game favorit saya Mba, dulu waktu ngantor, kalau udah beneran burn out, ya udah, main solitaire aja dulu, dulu saya lihai banget main ini.

    Sekarang, setelah kenal solitaire.org, jadi berasa dimengerti kalau butuh game ini dalam situs yang sangat simple 🙂

  5. Wah separuh usia saya permainan kartu solitaire ini sangat akrab mulai dari manual sampai yang ada di komputer dan laptop..emang asyik sih mainnya bisa melepas lelah juga hehehe

  6. Jadi ingat waktu kecil saya senang juga main game kartu seperti ini. Dulu mainnya di komputer sekarang enak ya bisa main langsung di situs solitaire ini dan ada jenis game lainnya pula

  7. wah ini mainanku pertama kali kenal komputer. aku jadi kangen sama Solitaire. mainan yg menenamiku saat kerja dulu ketika bosen. eh, sekarang malah banyak game ya. aku pusing dengan permainan baru.

  8. Wah solitaire…..jaman dulu sering banget gemes gemes gimana kalau main permainan ini di komputer kantor. 10 atau 15 tahun yang lalu kalo gak salah. Permainan puzzle juga bagus banget untuk melatih kreativitas anak.

  9. Ini game legend banget, Mbak. Bahkan sampai sekarang saya juga masih suka memainkannya. Lumayan untuk mengisi waktu luang biar ga bosen 😊

  10. Wkwkwk. Jadi ingat pas masih jadi anak asrama dulu era 2005 suka mainin game solitaire di PC. Cuma dulu saya masih install2 deh kalo gak salah. Sekarang tinggal buka webnya aja ya langsung main. Free pula.

  11. Wah sama nih, aku juga suka main games kartu. Aku mainnya solitaire. Game buat refreshingku sejak zaman kuliah. Sampe sekarang. Secanggih apa pun game-game sekarang, aku masih main. Etapi aku belom pernah nih main di soilitaire.org. Mainnya di aplikasi aja. Cobain ah.

  12. Sama kayak saya, Mbak … tetap balik lagi ke game kartu itu wkwkwk. Dan ternyata di web Solitaire ada buanyak ya varian baru dari permainan kartu.

  13. Astaga ini game favoritku dulu, dari ngak bisa main kartu sampe akhirnya menang main di Solitaire hahaha, sekarang menunya udah banyak ya meskipun tampilannya masih sama kayak jaman aku man game klasik ini, lumayan lho game ini yang dulu bikin aku agak fresh kalau lagi mumet ngerjain tugas kuliah.

  14. Ya ampun, ini mah games kartu kesukaan aku dulu sebelum skarang banyak games-games. Tapi jujur aku udah lupa tuh mba cara mainnya 🙁
    Kayaknya harus coba main lagi . Makasih sudah ingatkan dengan permainan kesukaanku dlu mba

  15. Nostalgia sekaliii rasanya baca ini. Sama mbaa, pas belajar komputer jaman dulu yg masih ada CPU nya komputer di rumah, seruu, terasa canggih karena biasanya kartu kan berupa fisik. Mas2 di rumah aku suka mainin, eh ada di komputer. Teknologi pesaaat sekali yaa^^

  16. Waduuh….aku suka banget main game kartu di komputer mas saat zaman SD dulu. Kayanya kalo belum menang lawan komputernya tuh, gak puas.
    Coba lagi dan lagi… Pas menang, girang banget.
    Kini game solitair ini hadir lagi yaa… Sungguh mengobati rasa rindu.

  17. Whaha. Iya nih mba game legend yg biasanya aku mainan kalo bosen nunggu guru pas praktik komputer di sekolah. Eeh, tyt ad versi webnya skrg. N free pula. Suka sm solitaire

  18. aku pun pakai ini kalau lagi bosen capek ngetik
    game jaman old yang bertahan ya solitaire ini
    cuma baru tau ternyat aada banyak permainan lainnya juga di websitenya

  19. jaman sd aku main solitair cepet2an sama sodara, yg kalah jajanin ciki >.< hahaha
    skrg seneng banget bisa main di hp tanpa donlot, ada mahjong juga kusuka bangeeet

  20. Favorit saya banget nih game Solitaire. Simple tapi seru. Udah lama gak mainin Solitaire, karena sibuk ngeblog kali ya? Terus baca ini, jadi pengen main Solitaire lagi. Hahhaha..

  21. Mbakkk…ya ampun, ini game kartu dari zaman dulu euy ahahaha. Nostalgia banget, tapi ya gitu aku gagal terus kalo main kartu. Nggak bakat xixixi

  22. Baca awal artikel ini saya jadi senyum-senyum sendiri Mbak. Jadi ingat jaman ngekos dulu hehe. Saya juga suka game solitaire. Meski sudah banyak main game lain tetap saja suka main solitaire. Nggak ngebosenin sama sekali meski main lama. Saking asyiknya kali ya.

  23. Wouuuw game klasik Solitaire saat ini sudah mengalami banyak metamorfosa dibandingkan di masa-masa awal saya mengenalnya. Dulu solitaire ini game “wajib” yang terpasang secara default di PC, sepaket dengan Minesweeper, Hearts dan FreeCell.

    Kalau sekarang mah bisa main beragam game tanpa dunlut melalui website solitaire dot org ini ya Mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *