SMKN 2 Sangatta

SMKN 2 Sangatta, SMK Pusat Keunggulan di Kalimatan Timur

SMKN 2 Sangatta, terletak di Jalan Padat Karya, kecamatan Sangatta Utara, kabupaten Kutai Timur, propinsi Kalimantan Timur, merupakan SMK Pusat keunggulan untuk program keahlian Teknik Otomotif. Selain Teknik Otomotif, SMKN 2 Sangatta juga membuka program keahlian Teknika Kapal Niaga (TKN), Nautika Kapal Niaga (NKN), Nautika Kapal Penangkapan Ikan (NKPI), Teknik Geologi Pertambangan dan Agribisnis Perikanan Air Tawar.

Ada yang belum tahu Sangatta itu dimana?

Hmm… gini deh. Bayangin aja saya naik mobil, menempuh perjalanan darat selama 5 jam. Itu Jarak yang harus saya tempuh dari Samarinda untuk sampai di Sangatta. Jangan bayangkan perjalanan ini menyenangkan melewati perkotaan dan jalan yang mulus. Ini perjalanan jauh melintasi perkampungan dan perbukitan dengan hutan di kanan kirinya. Jalanan berkelok-kelok, becek dan bergelombang di beberapa bagian. Lumayan berhasil mengocok isi perut saya dan mendorongnya untuk melompat keluar.

Pendidikan Semi Militer untuk Kediplinan Siswa

Saat mobil yang membawa rombongan kami memasuki gerbang sekolah, tampak tiga siswa berdiri tegak, memberi hormat kepada kami. Bukan satpam atau penjaga sekolah, melainkan para siswa yang bertugas piket di gerbang sekolah.

Menurut penuturan ibu Puji Astuti Rahayu Effendi, M.Pd, selaku kepala sekolah di SMKN 2 Sangatta, sejak awal berdirinya sekolah memang memberlakukan pendidikan semi militer bagi para siswanya. Para siswa di sini di panggil dengan sebutan taruna.

Kepala SMKN 2 Sangatta
Berbincang dengan Kepala SMKN 2 Sangatta

Sistem semi militer ini akhirnya memang membawa ciri khas tersendiri bagi para siswa. Karena kebiasaan disiplin ini tak hanya dilakukan di lingkungan sekolah, bahkan telah biasa mereka lakukan di luar lingkungan sekolah. Sehingga walau tak mengenakan seragam identitas sekolah, masyarakat sudah bisa menebak “ini anak SMKN 2”

Yang unik di sini adalah, adanya mata-mata di setiap kelas. Siswa yang dijadikan mata-mata oleh wali kelas. Jika dia melihat teman sekelas yang melakukan pelanggaran diluar jam sekolah, misalnya merokok atau ngebut di jalan, nongkrong nggak jelas, maka dia akan melaporkan pada wali kelas.

Siapa yang menjadi mata-mata ini, hanya wali kelas dan siswa bersangkutan yang tahu. Guru lain, bahkan kepala sekolah tidak tahu. Ini tentu saja untuk menjaga kerahasiaan data diri si mata-mata. Asyik juga ya, kayak belajar jadi detektif.

Tak hanya di pintu gerbang, bahkan di dalam lingkungan sekolah pun, setiap kali saya berjalan dan berpapasan dengan para siswa, mereka segera mengambil sikap sempurna. Berdiri tegak dan memberi hormat sambil menyapa “Selamat pagi”.

Penghormatan pada guru/tamu yang berpapasan di lingkungan sekolah

SMKN 2 Sangatta sebagai SMK Pusat Keunggulan

Tahun ini SMKN 2 Sangatta mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, untuk menjadi Sekolah Pusat Keunggulan untuk program keahlian Teknik Otomotif.

SMK pusat keunggulan ditetapkan berdasar Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 17/M/2021. Tujuannya untuk mengembangkan pendidikan kejuruan agar semakin relevan dengan tuntutan kebutuhan masyarakat yang senantiasa berubah sesuai perkembangan dunia kerja. Selain itu mampu untuk mendukung proses pembelajaran secara teratur dan berkelanjutan.

Program SMK Pusat Keunggulan merupakan program yang berfokus pada pengembangan serta peningkatan kualitas dan kinerja SMK dengan bidang prioritas yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia kerja.

Untuk mitra industri program keahlian Teknik Otomotif, SMKN 2 Sangatta menggandeng Auto2000. Pasti kenal dong dengan industri otomotif yang satu ini. Selain itu, ada juga kerjasama dengan United Traktor. Kalau yang ini, anak-anak yang kuliah di teknik elektro pasti kenal. Soalnya ini salah satu perusahaan yang jadi impian para mahasiswa teknik elektro (termasuk saya jaman dahulu) untuk bisa bekerja di sana setelah lulus.

Dalam pasal 15 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional mengatur bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, SMK bertujuan untuk menghasilkan tenaga terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan dunia kerja, serta mampu mengembangkan potensi diri dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

SMK yang melaksanakan Program SMK Pusat Keunggulan menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Unit Produksi Proli Agribisnis Perikanan Air Tawar

Saat berkunjung ke sini, saya juga melihat unit produksi di program keahlian agribisnis perikanan air tawar, yaitu pembuatan abon ikan lele dan amplang ikan barracuda. Bahkan saya pun mencicipi amplang yang gurih dan renyah itu. Nggak cuma mencicipi, saya juga dikasih satu plastik kemasan. Alhamdulillah….

abon dan amplang ikan
Abon dan amplang buatan para siswa

Saya juga ditunjukkan kolam-kolam yang akan digunakan untuk pemijahan dan pemeliharaan ikan lele.

Kotor? Becek?

Nggak dong. Kolamnya ada di dalam ruangan. Bersih. Sayangnya masih kosong semua hehehe…. iya karena baru selesai di buat. Terus para siswa juga belum PTM, jadi kolam-kolam ini belum difungsikan.

Kolam pemijahan
Kolam pemijahan
Kolam pemeliharaan lele
Kolam pemeliharaan

Nggak cuma mengolah hasil perikanan, tapi bahkan pembuatan pakan ikan pun dilakukan juga di sini. Iya, para siswa juga belajar membuat pelet. Di sini juga saya baru tahu, kalau pelet ikan itu ada dua jenis, yang tenggelam dan yang terapung.

pelet
Pelet buatan para siswa sedang dikeringkan

Pelet yang tenggelam saat dimasukkan ke dalam air, diperuntukkan bagi ikan yang biasa mencari ikan di dasar perairan. Sementara pelet yang terapung saat dimasukkan ke dalam air, diperuntukkan bagi ikan yang mencari makan dipermukaan.

Impian-Impian untuk Kebaikan Masa Mendatang.

Masih banyak impian dari kepala sekolah untuk kemajuan SMKN 2 Sangatta. Salah satunya adalah pembangunan asrama untuk para siswa. Sehingga siswa yang rumahnya jauh bisa tinggal di asrama, pastinya akan meminimalisir keterlambatan kedatangan dan juga kelelahan karena menempuh perjalanan jauh. Tahu sendiri kan geografisnya Kalimantan seperti apa.

Bagi guru-gurunya juga ada asrama lho. Tapi asrama ini khusus diperuntukkan bagi guru yang belum menikah. Kalau sudah menikah, silakan keluar dari asrama dan cari tempat tinggal sendiri.

Ada keinginan juga untuk membuat ruangan wokshop untuk teaching factory, sehingga masyarakat sekitar juga bisa merasakan manfaat dari keberadaan SMKN 2 Sangatta secara langsung.

Oh iya, SMKN 2 Sangatta ini luasnya mencapai 6 hektar lho, jadi masih cukup banyak punya lahan kosong untuk pembangunan gedung-gedung baru yang diinginkan tersebut.

Semoga saja impian-impian itu akan bisa terwujud di masa mendatang.

35 comments

  1. Sebuah kehormatan bagi kami ibu, dan tim bisa hadir ke sekolah kami, mohon maaf saya sebagai wakaketarunaan tidak bisa mendampingi kehadiran ibu dan tim, …ada sebuah kalimat yang memang harus di tanaman pada setiap tahun..
    Loyalitas Untuk Satu kebanggaan…
    Smakandara

  2. Woow main ke Sangatta. Aku dulu di Bontang beberapa kali pernah diajakin ke Sangatta juga. Beuuuh jauhnya. Aku ngak nyangka di san ada SMK sekeren ini. Semoga siswa2, eh nyebutnya taruna ya? Semoga taruna disana bs berkembang dan nantinya berkontribusi besar buat masyarakat dan negara ya.

  3. Jauh juga ya mba. Waaah mual yaaa.
    Sekolahnya luas sekali ini. Amiin moga bisa terwujud. Siswanya kreatif pintar2 😍. ..moga makin banyak SMK negeri yg bagus2..
    Aku lulusan smk juga jaman dulu tapi swasta…dan siswinya sedikit.

  4. Muris2 SMKN 2 Sangatt patut diacungi banyak jempol nih atas prestasinya yang pintar dan kreatif. Sudah siap kerja dan mahir keterampilan tentunya ya Siapa dulu dong guru2nya eeaaa…keren! Urusan benih ikan dan sebagainya ga mudah tapi mereka mampu. Salut!

  5. Murid-murid SMKN 2 Sangatta patut diacungi banyak jempol nih atas prestasinya yang pintar dan kreatif. Sudah siap kerja dan mahir keterampilan tentunya ya Siapa dulu dong guru2nya eeaaa…keren! Urusan benih ikan dan sebagainya ga mudah tapi mereka mampu. Salut!

  6. Aku baru kali ini tahu Sangatta. Jadi teringat dulu waktu ke Samarinda, berkendara mobil dari Balikpapan, jalannya jauh, melewati hutan, tapi jalannya mulus. Mungkin karena jalan utama menuju ibukota provinsi ya

    Cerita mbak Nanik tentang SMKN 2 SANGATTA sebagai SMK pusat keunggulan di Kaltim, sangat menarik. Semoga menjadi sekolah yang dapat mencetak siswa-siswa kreatif, yang kelak gak hanya bermanfaat buat siswa itu sendiri tapi juga bagi masyarakat.

  7. Sekarang saya jadi ingat kalau di kabupaten Malang juga ada SMK taruna seperti ini ya mbak. Bagus banget videonya sekolahnya. Tak hanya melahirkan murid-murid yang disiplin tapi juga sekaligus skill mereka yang dibutuhkan baik di dunia kerja maupun di lingkungan sosial. Maju terus untuk SMK 2 Sangatta. Ayo buat Indonesia lebih baik dari sekarang

  8. Suatu kebanggaan bagi kami para alumni melihat perkembangan sekolah yang semakin maju.
    #SMK BISA
    #SKP SELALU DIHATI

  9. Wow banget sekolah luasnya bisa nyampek 6 hektar. Unik juga pendidikannya semi militer jd mengajari anak disiplin ya ditambah juga belajar menjadi wirausaha gtu.
    Jurusan SMK ini cukup banyak ya mbak. Aku penasaran kalau teknik otomotif dan kapal kyk gtu apa kah juga di sana ada bengkelnya gtu?
    Enak banget ada asrama buat murid dan guru jg yaa

  10. Sebagai mantan anak sekolah kejuruan, saya merasa related baca tulisan mbak Nanik ini. Cuma, dulu saya nggak semi militer sih hehehe…
    Semoga SMK N 2 Sangatta semakin maju, semakin berhasil menelurkan generasi bangsa yang terdidik dan mandiri.

  11. Selamat atas terpilihnya SMKN 2 sebagai Sekolah Pusat Keunggulan untuk program keahlian Teknik Otomotif. Fasilitas dan kebiasaan baik di sana bisa jadi bekal yang baik untuk generasi muda, ya …

  12. Jurusan jurusan SMK SANGATTA ini
    emang pas banget buat era saat ini
    apalagi dgn dididik semi militer ya mbak, pastinya murid muridnya sangat disiplin

  13. Wah SMK unggulan Sangatta ini luas banget sampai 6 ha ya. Sistemnya semi miilter pasti disiplin banget Pembelajaran di sana. Kayanya lulusan sini qualified deh. Jurusannya juga bagus-bagus prospek ke depannya

  14. Yang saya suka dari sekolah kejuruan tu mereka dibekali life skill supaya saat terjun di masyarakat, mereka bisa survive. Saya pun kepikiran untuk menyekolahkan anak-anak ke SMK sih, Mak…

    Maju terus untuk SMKN 2 Sangatta.. Semoga asramanya bisa segera terbangun. Aamiin..

  15. Keren sekali ini sekolahnya .. layak banget jadi percontohan ya..terutama dalam hal kedisiplinan..Semoga makin banyak sekolah kayak gini..

  16. Biasanya anak-anak yang berhasil sukses tembus SBMPTN dari SMKN 2 Sangatta inikah?
    Aku punya sahabat yang menikah dengan orang Kalimantan. Dan ia dikirim sebagai Anak Daerah untuk sekolah di PTN Negeri tanpa ujian SBMPTN.
    MashaAllah~
    Ternyata mendidik anak cerdas itu kudu disiplin.

  17. Sekarang banyak yah SMK yang keren2 dan makin maju, zaman ku dulu SMK masih dipandang sebelah mata. Oh ya, SMK Sangatta ini semua militer, kayak SMK2 pelayaran gitu yak, jadi kedisiplinan penting banget.

  18. Wuih keren ya sekolahnya. Semi militer pula. Pastinya ini membuat anak-anak menjadi disiplin. Dan ini, programnya juga bagus. Membuat anak-anak terampil sehingga siap untuk terjun ke masyarakat dan dunia kerja.

  19. Sekolah SMK atau vokasi memang sekarang mulai banyak yang melirik ya mbak. Apalagi jika unggulan seperti SMKN 2 Sangatta ini. Karena terlihat dari kesungguhan sekolah yang memberikan fasilitas kepada anak agar bisa menerapkan ilmunya dengan berbagai praktik sesuai dengan jurusan perikanan ikan tawar.

    Semoga harapan SMKN2 Sangatta dapat terwujud yaa. aamin

  20. Wih sampai ada tugas mata-mata di SMKN 2 Sangatta. Idenya menarik juga supaya para siswa disiplin.
    Kalau sekolahe seketat ini, guru-gurunya juga tertuntut jadi teladan bagi siswanya dong

  21. ke Kalimantan Timur baru sampai kota Balikpapan aja. Suami asalnya dari sana soalnya. Penasaran ih sama SMKN 2 Sangatta ini. Fasilitas sekolahnya bagus banget. Benar-benar mendukung siswa siswinya agar kelak siap menghadapi dunia kerja dan berwirausaha, sebab sudah mendapat bekal yang baik sejak duduk di bangku sekolah.

  22. Sekarang ini sekolah SMK udah bagus-bagus banget ya kualitasnya. Dan aku termasuk yang baru tau kalau istilah STM sekarang udah ngga ada lagi. Disatuin sama SMK ya. Lagipula memang sama-sama kejuruan juga ya.

    Yang bikin kagum itu konsep penerapan kedisiplinannya itu. Sama berharap semoga aja konsep ini enggak disusupi dengan hukuman-hukuman yang enggak mendidik seperti dipukul, dll. Biar jadi contoh bahwa disiplin ala Taruna enggak harus pakai kekerasan gitu.

    Dirimu keren kak. Semoga makin sukses!

  23. Bagus sekali punya sistem semi militer untuk mendisiplinkan siswa. Salut juga dengan kreativitas untuk mengembangkan produk ikan air tawar. Pakannya juga buat sendiri, keren.

  24. Wah keren nih di SMK 2 Sangatta siswanya diajak langsung bikin pakan ikan, pastinya siswanya banyak pengalaman dan pasca lulus nantinya. Siswa memang harus banyak dilibatkan untuk kegiatan praktek langsung karena berperan penting untuk kehidupannya kelak. Tujuan SMK sebagai sekolah vokasi pun akan tercapai jika siswanya mau praktek secara kontinyu.

  25. Saya sudah 2x ke samarinda, dan melihat ulasan sekolah smk ini jurusannya sangat aplikatif sekali untuk terjun di lapangan pekerjaan di samarinda mengingat samarinda adalah kota tepian yg memerlukan tenaga ahli dg ilmu2 terapan yg diajarkan di sekolah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *