cara pendaftaran ielts

Mau Daftar Tes IELTS, tapi Bingung Mulai Dari Mana?

Tenang, kamu nggak sendirian kok. Banyak juga yang merasa kayak kamu sekarang. Tes IELTS ini kan memang penting banget, terutama buat kamu yang punya rencana buat studi atau kerja di luar negeri. Nah, biar proses pendaftarannya nggak bikin kamu pusing tujuh keliling, yuk simak langkah-langkahnya yang akan aku bahas.

tes ielts

Cara Pendaftaran Tes IELTS

Pertama-tama, kamu harus tahu dulu nih, tes IELTS itu ada dua jenis: Academic dan General Training. Pilih yang sesuai dengan kebutuhanmu ya. Academic buat kamu yang mau lanjut studi, sedangkan General Training buat kamu yang mau migrasi atau kerja. Udah tahu mau yang mana? Oke, lanjut ke langkah selanjutnya.

Langkah kedua, cek jadwal dan lokasi tes. Tes IELTS ini diadakan berkali-kali dalam setahun dan di berbagai kota di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Jadi, kamu bisa pilih jadwal dan lokasi yang paling pas buat kamu. Ingat, pilih jadwal yang memberimu cukup waktu buat persiapan, ya. Jangan terlalu mepet sama deadline aplikasi studi atau kerjamu.

Ketiga, saatnya daftar. Kamu bisa daftar tes IELTS secara online lho. Caranya gampang banget. Kamu tinggal buka website resmi penyelenggara tes IELTS, seperti IDP atau British Council, isi form pendaftaran, dan ikuti langkah-langkahnya. Kamu akan diminta untuk mengisi data pribadi, memilih jenis tes, jadwal, dan lokasi tes. Oh ya, jangan lupa siapkan kartu identitas yang masih berlaku, karena kamu akan diminta untuk mengunggahnya.

Keempat, bayar biayanya. Setelah mengisi form pendaftaran, kamu akan diarahkan untuk melakukan pembayaran. Biaya tes IELTS ini bervariasi tergantung lokasi tesnya, tapi rata-rata sih sekitar 2,5 juta rupiah. Pembayaran bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti kartu kredit, transfer bank, atau metode pembayaran online lainnya. Pastikan kamu mendapatkan konfirmasi pembayaran dan pendaftaran, ya.

Kelima, persiapkan dirimu. Setelah daftar, saatnya kamu fokus buat persiapan. Banyak banget sumber belajar yang bisa kamu manfaatkan, mulai dari buku, aplikasi, kursus online, sampai les privat. Yang penting, latihan terus dan jangan lupa untuk sering-sering latihan soal-soal tes IELTS yang sebelumnya.

Nah, itu tadi beberapa langkah yang bisa kamu ikuti untuk mendaftar tes IELTS. Gampang kan? Yang terpenting, jangan sampai kamu daftar di menit-menit terakhir. Selain karena slot tes yang mungkin udah penuh, kamu juga butuh waktu buat persiapan yang matang.

Kalau kamu masih bingung atau mau cari info lebih lanjut tentang pendaftaran tes IELTS, langsung aja kepoin website IDP Indonesia. Di sana, kamu bisa lihat info lengkap tentang cara pendaftaran, jadwal tes, lokasi tes, bahkan tips dan trik buat persiapan tes IELTS. Semua yang kamu butuhkan ada di sana. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, siapkan dirimu untuk meraih skor IELTS yang memuaskan!

Baca yang ini juga

One thought on “Mau Daftar Tes IELTS, tapi Bingung Mulai Dari Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: