Beasiswa Global Korea Scholarship

Personal Statement GKS: Cara Menyusun dan Tips Menulisnya!

Siapa mau daftar Beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) untuk melanjutkan studimu di Korea Selatan? Kalau iya, salah satu dokumen yang tak boleh kamu anggap remeh adalah personal statement beasiswa GKS.

Mau tahu bagaimana menyusun personal statement yang menarik dan tips menulisnya? Simak informasinya sampai akhir, ya! 

personal statement beasiswa GKS

Apa itu Beasiswa GKS?

Global Korea Scholarship (GKS) adalah inisiatif dari Pemerintah Korea Selatan yang bertujuan untuk mendukung mahasiswa internasional yang berprestasi untuk studi S1/S2/S3 di universitas-universitas terkemuka di Korea. 

Keuntungan dari beasiswa ini, antara lain: 

  • Biaya pendidikan penuh;
  • Tiket pesawat ekonomi pulang-pergi;
  • Uang saku bulanan;
  • Biaya penempatan 200.000 KRW (sekitar Rp2,3 juta);
  • Korean Proficiency Grants 100.000 KRW (sekitar Rp1,1 juta) per bulan;
  • Asuransi kesehatan;
  • Kelas bahasa Korea selama 1 tahun.

Cara Menyusun Personal Statement GKS

Ketika menulis personal statement untuk GKS, ada beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan:

1. Jelaskan Motivasimu 

Apa yang mendorongmu untuk belajar di luar negeri, khususnya di Korea Selatan? Apa tujuanmu, dan bagaimana program GKS dapat membantu kamu mencapainya? 

Personal statement adalah kesempatanmu untuk menunjukkan passion dan visimu.

2. Ceritakan Tentang Dirimu 

Personal statement adalah kesempatan untuk menceritakan tentang latar belakangmu, termasuk keluarga dan pengalaman hidup yang membentukmu menjadi siapa kamu hari ini. 

Ceritakan juga tentang pencapaianmu, baik akademis maupun non-akademis, dan bagaimana semua itu mempersiapkanmu untuk program studi yang kamu inginkan.

Tips Menyusun Personal Statement GKS

Menulis personal statement bisa jadi tantangan, tetapi dengan beberapa tips berikut ini, kamu bisa menghasilkan tulisan menarik:

  • Pahami Ketentuan Teknis: Sebelum mulai menulis, pastikan kamu memahami semua ketentuan teknis, seperti batas jumlah kata dan format penulisan.
  • Fokus pada Poin Penting: Daripada mencoba menutupi banyak topik secara dangkal, lebih baik fokus pada beberapa poin penting dan jelaskan secara mendalam.
  • Tonjolkan Keunikan: Usahakan untuk membuat personal statementmu unik. Ceritakan tentang pengalaman atau perspektif yang hanya kamu yang memiliki, yang membuatmu berbeda dari kandidat lain.
  • Hindari Informasi yang Tidak Perlu: Ingat, kamu hanya memiliki ruang terbatas, jadi gunakan setiap kata dengan bijak. Hindari menambahkan detail yang tidak meningkatkan substansi esaimu.
  • Mulai dengan Cerita yang Menarik: Awali personal statementmu dengan sebuah cerita menarik atau pengalaman pribadi yang relevan dengan tujuan studimu atau alasanmu memilih Korea Selatan.
  • Tunjukkan Kepribadianmu: Jangan ragu untuk menunjukkan kepribadianmu melalui tulisan. Beasiswa GKS tidak hanya mencari individu dengan prestasi akademik, tetapi juga karakter dan kepribadian yang akan berkontribusi positif selama dan setelah periode beasiswa.
  • Sampaikan Rencana Konkret: Daripada hanya menyatakan keinginan untuk berkontribusi bagi masyarakat atau negara asalmu, lebih baik sampaikan rencana konkret apa yang ingin kamu lakukan setelah selesai studi. Misalnya, amu berencana menggunakan ilmu yang diperoleh untuk memecahkan masalah spesifik di komunitasmu.

Ingat, personal statement bukan hanya cerita tentang siapa kamu, tapi juga sebuah argumentasi mengapa kamu adalah kandidat yang sempurna untuk beasiswa GKS. 

Butuh bantuan menulis personal statement GKS? Kunjungi media sosial dan laman resmi Kobi Education, yuk!

Semoga berhasil meraih mimpimu studi di Korea Selatan, ya!

Baca yang ini juga

16 thoughts on “Personal Statement GKS: Cara Menyusun dan Tips Menulisnya!

  1. Mau coba apply sebenarnya
    Tetapi sudah insecure duluan sama usia
    Hmm semoga pas baca detailnya bisa paham
    Bahkan ini saya forward ke teman yang baru saja pulang dari Korea

  2. Ini pas bangetttt buat anakku
    dia jg rencana mau apply beasiswa (ke jepang) nantinya
    tapi kudu belajar ttg tips trik berburu beasiswa yaaa

  3. Aku pun masih mau ini kuliah lagi tapi di Korea, karena ada beberapa temanku yang lanjut kuliah S2 di Korea dan ambil beasiswa. Tapi kayaknya ini mah buat referensi nanti pas anakku mau kuliah saja deh, pengin banget soalnya menguliahkan dia ke LN.

  4. Baru tahu aku mak informasi ini. GKS ini baru ya mak? Apa sudah lama ya. Bisa masuk universitas Hankook ato Univ National Seoul kali ya sekalian ngecenh oppa-oppa. Loh kok hehe

  5. Aku baru tahu bea siswa GKS ini, jadi semakin membara buat lanjut kuliah ya. Rencanaku memang pengen anakku ambil S2 kelak di LN, meski pun dia sudah menikah nanti. Apalagi anakku juga ada keinginan itu

  6. Wah, menarik sekali nih info beasiswanya. Anakku yang sekarang kelas 10 juga tertarik ih kuliah di luar negeri. Ternyata persiapannya cukup banyak salah satunya membuat personal statement 🙂 Makasih ya udah berbagi. Kudu disiapkan mulai sekarang nih.

  7. Wah, keren yaah.. untuk dapetin beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) kudu menyusun Personal Statement GKS. Nuhun ka Nanik uda dikasih triknya, sehingga anak sekarang yang tujuannya melanjutkan kuliah di luar negeri bisa mencoba.

    Kemarin keponakanku sudah mencoba daftar UIM (Islamic University of Madinah).

  8. Wow, menarik sekali ini mbk. Tips dan cara bikin statemen GKS nya sangat membantu buat adik adik yang pingin kuliah di Korea Selatan..

  9. Makin banyak ya penawaran beasiswa salah satunya dari Korea. Kebetulan aku punya temen dosen yang juga dapat beasiswa ke sana. Malah bisa bawa sekeluarga, sekarang kyknya lagi nyelesain S3 apa yaa.
    Semoga nanti kalau anak2 udah besar, bisa berkesempatan apply beasiswa sesuai minat juga. Terima kasih infonya.

  10. Wah…jangan2 mb Nanik lagi ambil GKS nih. Kalau iya, semoga lolos… dan terima kasih sudah berbagi info meski kalau untuk anak2ku sih masih lama hehehe. Kalau buat aku… pengin sih kuliah lg tp kalau ke luar negeri kayaknya jd berat di keluarga deh. Pernah sih menyesal kok dulu pas single gak berjuang buat kuliah di LN. Tapi kan udah lewat yaa..

  11. Hari ini banyak sekali jenis beasiswa ya, salah satunya informasi beasiswa Global Korea Scholarship (GKS) . dan personal statement ini jadi salah satu kunci persyaratan lolos ya Mbak Nanik

  12. Rencananya tahun depan aku mau apply GKS dengan tujuan uni SeoulTech alias SNU khusus technology, Secara Korsel itu udah jadi pusat pengembangan mobil listrik serta aplikasi yang banyak dipakai secara global sehingga masih in line dengan jurusan perkuliahanku sekarang. Bismillah semoga aku bisa bikin personal statement yang sesuai dan keterima. Thanks infonya mba

  13. Cita-cita dulu pengen kuliah di luar negeri tpi eh skrg berakhir jadi rumah tangga hahah, gpplah yah disyukuri aja, smga anakku bsa kuliah di tempat impian nya, aminn. Misal kayak di Korea gitu hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: