Mengenal Generasi Baby Boomers Hingga Generasi Alpha

Hai, tau nggak kamu termasuk generasi apa?

Aduh generasi apa ya? Generasi milenial aja deh yang lagi trend.

Umur segitu ngaku generasi milenial? Nggak cocok euy!

Emang generasi berkaitan sama umur ya?

Iya dong, coba deh lihat gambar ini

 

Pembagian generasi, sumber gambar dari tirto.id

 

Generasi baby boomers

Generasi baby boomers lahir antara tahun 1946 – 1964. Ini adalah generasi orang tua saya. Disebut baby boomers, karena setelah perang dunia 2, terjadi ledakan jumlah bayi yang lahir. Perang dunia 2 kan menewaskan banyak orang, jadi setelah perang usai, maka produktivitas kelahiran bayi meningkat.

Generasi baby boomers, gambar dari wanitaindonesia

Generasi ini mengenal teknologi komunikasi berupa telepon rumah, faksimili, telegram dan surat lewat pos. Kalau ada generasi baby boomers yang sekarang update teknologi hingga mampu menggunakan gadget canggih untuk berkomunikasi, maka mereka patut diacungi jempol.

Baca juga Ketika generasi baby boomers belajar ngeblog

 

Generasi X

Generasi X lahir tahun 1965 – 1976. Suami saya masuk generasi ini. Pada masa generasi X ini mulai dikembangkan komputer, video games, TV kabel, dan internet. Generasi X juga mengalami masa kejayaan video games seperti Nintendo, Sega, Atari, Game and Watch. Saya ingat betul, jaman saya kecil dulu suka banget main game and watch ini, lidah jawa kami menyebutnya “jimbot”

Generasi X bersemangat tuk update ilmu dibidang teknologi informasi

 

Generasi Y (Milenial)

Generasi milenial, lahir antara tahun 1977 – 1995. Ini adalah generasi saya. Yes, saya adalah generasi milenial. Tapi saya bukan anggota kumpulan yang mengaku blogger milenial yang kemarin sempat demo di Jakarta itu lho ya…

Jaman saya ini, teknologi komunikasi sedang berkembang dengan pesat. Mulai banyak bermunculan handphone. Saya ingat betul jaman chatting pakai MiRC, yahoo messenger dan juga ICQ. Sudah ada media sosial berupa friendster.

Generasi Y senang banget selfie dan wefie

 

Generasi Z

Generasi Z lahir antara tahun 1996-2010. Mereka ini dikenal juga dengan sebutan iGeneration. Dua anak saya masuk generasi ini.

Generasi Z ini sangat diuntungkan dengan kemajuan infrastruktur yang memungkinkan internet diakses mudah, cepat, dan lumayan murah. Di usia anak-anak, mereka sudah terbiasa melihat orang dewasa menggunakan gadget (smartphone, tablet). Anak-anak Generasi Z sangat mudah beradaptasi dengan teknologi komunikasi. Mendengarkan musik, menonton film atau TV secara streaming sudah jadi hal bisa bagi mereka.

Anak-anak generasi Z, bisa main dan juga belajar dengan memanfaatkan teknologi. Banyak kan sekarang jajanan anak-anak yang berbonus kartu yang bisa dimainkan dengan aplikasi augmented reality.

Belajarnya udah pakai teknologi AR

 

Generasi Alpha

Generasi aplha lahir antara tahun 2011 – sekarang. Anak bungsu saya termasuk generasi aplha. Sejak dalam kandungan, dia sudah kenal dengan teknologi. Sedari dalam perut, sudah diperdengarkan aneka musik, murottal dari perangkat komunikasi. Sedari lahir sudah kenal dengan gadget. Iya, baru lahir aja orang tuanya langsung jeprat-jepret lalu fotonya di upload di media sosial.

Bocah generasi alpha, sering rebutan hp dengan mamanya

 

Nah, sudah tahu kan pembagian generasi berdasar tahun lahirnya? Jadi, kamu termasuk generasi apa?

39 Comments

  1. Aku sama suami masuk ke generasi millenial. Dulu lingkungan pertemanan dan lingkungan kerja semua anak millenial jadi yambung banget rasanya. Pindah kantor jadi anak millenial sendiri, semuanya masuk generasi X. Aku baru merasa omongan dan cara berfikirnya ternyata emang beda banget sama aku dan temen-temen aku yang dari kantor dulu. Jadi kurang nyaman biasanya ngomong sesuatu halnya, hahaha.

    Anak aku masuk ke generasi Alpha, gak tahu gimana gaya mereka ya 😀

  2. Saya generasi milenial dongs, generasi yg menjadi saksi perubahan teknologi. Dari yg dulunya telpon koin berubah jd hape, dari yang kameras analog berubah jadi digital hehehe. Anak saya nih generasi Alpha. Semoga emaknya mampu menjembatani gap generation yg kelak bakalan muncul 😅

  3. Hahaha.. generasi alpha, seneng rebutan hape sama emaknya. Anak-anakku banget ituuu 😀
    Eh kita termasuk generasi milenial ya? Keren juga tuh istilahnya. Hehe. Tapi bapakku generasi apa ya namanya? Lahir tahun 1942 tuh.. *mikir 😀

  4. Kadang aku malu kalau ngaku-ngaku generasi millenial.. Tapi ternyata itu tuh ada urutannya ya 😂😂 Generasi millenial itu berarti generasi X atau Y?

  5. Ooh jadi anak-anak kita tuh generasi Alpha ya. Kalo kita masih masuk milenial kan? Heheh… kirain gak masuk milenial. Jadi ngerti istilah-istilah zaman ini.

  6. Waah berarti saya juga termasuk generasi milenial dong haha. Senangnya, berasa sedang menguasai zamannya. Eh iya, tak dipungkiri sekarang di pemberitaan apapun banyak yang selalu mengutamakan milenial ini.

  7. Bangga juga dibilang generasi millenial yang udah berorientasi pada kesuksesan.

    Kemarin aku juga jelasin soal ini ke siswa-siswaku, mbak. Harapannya sih, supaya mereka punua greget yg besar untuk bersaing.

  8. Aku termasuk generasi X yang ga mau kalah dengan generasi Z dooonkkk :)) Kedua anakku masuk generasi Z nih. Mereka tetep kok belajar teknologi dari ibunya. Jadi generasi Z itu eksis ya berkat support generasi X juga 😉

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya