Motif Batik Paling Populer Saat Ini

Semua orang sudah pasti mengenal kain yang satu ini. Motif batik yang beragam membuat banyak orang tertarik menggunakannya. Dahulu, kain ini digunakan untuk keperluan khusus saja. Bahkan, beberapa motif diantaranya hanya boleh digunakan oleh orang berkepentingan. Namun, seiring dengan berjalannya waktu batik mengalami perkembangan.

Kini, sudah begitu banyak motif yang beredar dan bisa digunakan kapanpun. Termasuk, dimanapun dan oleh siapapun pemakaianya. Bahkan, motif yang dulunya hanya boleh digunakan oleh orang tertentu kini sudah boleh siapapun pemakaiannya. Sekarang ini, ada beberapa motif batik yang populer dikalangan masyarakat. Ketahui lebih jelasnya ada pada artikel ini.

Beberapa Motif Batik Paling Populer

Motif yang populer memiliki nilai ketertarikan tinggi, sehingga masyarakat ingin menggunakannya. Berikut ini beberapa motifnya:

Batik Mega Mendung

Batik yang berasal dari kota Cirebon ini memang sangatlah unik. Keunikannya sendiri sangat terlihat dari desain yang ada. Dimana, perpaduan bentuk awan dengan warna cerahnya membuat kesan tersendiri. Yaitu, memiliki kesan bahagia bagi para penggunanya. Tidak heran, banyak yang tertarik ingin memiliki model baju dengan desain motif ini.

motif batik

Motif batik mega mendung (sumber gambar dari wikipedia)

Kini, motif ini bukan hanya bisa digunakan oleh para orang tua saja. Melainkan, juga sudah bisa digunakan oleh para remaja. Sudah banyak beredar desain batik modern yang keren. Bisa digunakan untuk keperluan non formal. Jadi, dijamin akan tampil lebih berbeda!

Batik Keraton

Di era dahulu, terdapat batik keraton yang hanya bisa digunakan oleh orang keraton saja. Motif batik ini yaitu ornamen pada bagian keraton. Semua yang berkaitan dengan keraton terdapat pada motif batik ini. Sebenarnya, batik ini juga hanya bisa digunakan saat tertentu saja. Seperti upacara adat atau yang lainnya.

motif batik

Motif batik keraton (Sumber gambar infobatik)

Kini, batik keraton sudah bisa digunakan oleh siapapun. Terlebih, perpaduan motif dan warnanya kini juga sudah semakin melebar luas. Jadi, sangat cocok untuk digunakan dalam kondisi apapun. Justru, membuat tampilan menjadi semakin gagah dan cantik.

Batik Pekalongan

Ya, pekalongan sudah sangat terkenal sebagai julukan kota batik. Karena, disini begitu banyak pengrajin yang membuat batik. Ciri khas dari batik pekalongan yaitu memiliki motif tumbuhan dan hewan. Perpaduan motif ini menciptakan sesuatu keunikan dan membuat daya tarik tersendiri.

Tentunya, untuk motif yang dibuat tidak sembarangan. Melainkan, memiliki makna yang sangat mendalam. Yaitu, dalam menjalani kehidupan ini bukan hanya manusia saja. Melainkan, juga terdapat tumbuhan dan hewan yang saling membutuhkan satu sama lainnya. Motif ini memang sangat menarik, jadi anda juga perlu untuk memilikinya!

Batik Priangan

Banyak para pria yang menyukai motif batik priangan ini. Alasannya, karena memiliki gambar batik yang sederhana namun terkesan mewah. Memang, untuk batik yang satu ini akan menampilkan ciri khas tersendiri. Termasuk motif yang diberikan juga sangatlah unik.

Warna yang cenderung banyak digunakan yaitu biru muda, merah atau hijau muda. Serta, untuk gambarnya sendiri berupa alam seperti burung, bunga atau tumbuhan lainnya. Perpaduan motif dan warna yang selaras membuat tampilan begitu cantik!

Itu dia beberapa motif batik yang memang sedang populer saat ini. Apakah anda termasuk yang menyukai salah satunya? Jangan lupa untuk bisa menggunakan batik dalam kegiatan sehari-hari. Terlebih, dengan pilihan motif diatas sudah pasti akan semakin mempesona!

23 Comments

  1. Cantik-cantik ya motif batiknya. Tapi saya bingung dengan batik mega mendung, memiliki kesan bahagia bagi para penggunanya tapi namanya pakai kata “mendung”ya? Tapi memang sih, cerah kelihatannya karena ada warna cerahnya 🙂

  2. Alhamdulillaah, setiap daerah di Indonesia, hampir semuanya mempunyai batik dengan ciri khasnya masing-masing ya, ada Cirebon, Yogya – nSolo dll

    batik ini emang selalu menawan hati, alhamdulillaah aku walau hanya punya 1 per motif tiap ganti mode suka beli gitu

    yang sekarang sedang punya motif mega mendung dan .. favorit sejuta ummat, batik Sekar Jagad dan Kawung

  3. Batik mega mendung tuh faveku bgt. Suka dari zaman aku TK. Kenapa tahu, soalnya ortu suka pake, atau pas acara dinner gitu suka lihat temen2 ortu pakai juga. Cakep bgt. Trus ternyata mahaaal yaa.
    Jd mau beli kudu nabung dulu, hahaha

  4. Tiap daerah punya ciri khas batik tersendiri ya. Semuanya keren-keren. Aku suka dengan motif batik mega mendung dengan warna biru di foto itu, cantik sekali *ngebayangin dibuat dress batik 😀

  5. saya punya bbrp kain motif batik, tapi jujur belum punya yg batik asli (batik tulis) krn mahaaal hehehe. motif mega mendung mmg favorit banyak orang ya..

  6. Batik keraton sama mega mendung aku Ada mba.. cuma Blum pernah punya batik pekalongan belum sempet kesana tuh bener ya harga batik disana lbih miring harganya penasaran bnget mau explore

  7. motif mega mendung dengan warna biru begitu indah yaaa. bagus banget dan kesannya kekinian. pantesan banyak yg suka

  8. Udah lamaaaa sekali gak beli batik hehe. Jd kepengen beli tunik batik 😀
    Owalah jd kyk gtu nama2 motif batiknya, trus terang gak pernah merhatiin hehe, skrng jadi paham 😀
    Batik keraton itu aku punya motif selendang batik kek gitu mbak 😀

  9. Motif batik Indonesia banyak sekali ragamnya ya, di Jateng saja, tiap daerah bisa punya motif batik yang berbeda banget, apalagi kalau sudah beda pulau, banggaaa…

  10. Aku paling penasaran dengan batik Pekalongan, khasnya unik banget yah dan aku suka corak motifnya. Tp skrg batik sdh mendunia yah kak, apalagi sudah masuk di industri Fashion

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya