jual apartemen

Pahami 5 Tips Menjual Apartemen Agar Cepat Laku

Anda ingin menjual unit apartemen? Sudah promosi dengan memasang iklan, menyebarkan brosur, namun belum laku juga? Coba deh Anda cek lagi, apakah Anda sudah melakukan 5 tips dalam menjual apartemen yang diuraikan dalam artikel ini.

1. Manfaatkan Media Sosial dan Situs Jual Beli

Jaman digital gini, percaya kan pada kekuatan media sosial. Media sosial bukan lagi sekedar tempat curhat, tempat menumpahkan uneg-uneg. Media sosial bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat daripada sekedar curhat. Di media sosial pun kita bisa menawarkan barang yang dijual, bisa mencari barang yang ingin di beli.

Jadi, jika Anda berniat untuk jual apartemen, tak ada salahnya memanfaatkan media sosial. Upload beberapa foto serta informasi mengenai unit apartemen yang ingin Anda jual.

Selain melalui media sosial, Anda juga bisa menawarkannya di situs jual beli properti. Lebih bagus lagi jika spesifik, misalnya jual-apartemen.com, karena properti kan juga banyak macamnya. Dengan pilihan yang spesifik, lebih besar peluangnya untuk ditemukan calon pembeli.

2. Gunakan Jasa Fotografer Profesional

“Apabila sebuah urusan/pekerjaan diserahkan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancurannya”

(HR. Bukhari). 

Termasuk dalam urusan foto maupun video. Menggunakan kamera yang sama, obyek yang diambil juga sama, namun hasilnya bisa berbeda saat dikerjakan oleh amatir dan profesional. Jadi tak ada salahnya untuk urusan foto-foto tampilan dalam apartemen, Anda menggunakan jasa fotografer profesional.

fotografer profesional

Fotografer profesional bisa menentukan ruangan dapur diambil gambarnya menggunakan sudut pengambilan gambar yang bagaimana supaya terkesan luas. Ruang tamu dengan sudut pengambilan berbeda, agar perabot tak tampak penuh sesak dan nyaman ditinggali.

Sebuah foto bisa menjadi awal ketertarikan calon pembeli, jadi pengambilan gambar memang tak boleh asal-asalan. Asal banyak gambar, asal gambar nggak buram, asal diambil dari berbagai sudut. Itu semua belum cukup, harus memperhatikan juga faktor estetika. Dan untuk hal ini, tak sembarang orang bisa.

3. Tentukan Harga yang Realistis

Penentuan harga jual ini juga krusial. Cek dulu harga pasar saat memutuskan untuk menjual apartemen. Jangan memberikan harga penawaran terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Jangan karena segera butuh uang, lalu menjual apartemen jauh dibawah harga pasaran. Orang-orang pasti curiga dan ragu, kok harganya murah banget.

Pertimbangkan juga sampai batas berapa persen calon pembeli bisa menawar dari harga yang sudah Anda tetapkan.

4. Jaga Kebersihan Unit Apartemen

Walaupun Anda sudah memutuskan untuk menjual apartemen yang Anda miliki, jangan lantas nggak pernah ke situ lagi dan membiarkannya terbengkalai begitu saja. Bersihkan secara teratur, sehingga sewaktu-waktu saat ada calon pembeli yang ingin melihat secara langsung, Anda nggak kelabakan membersihkannya.

jual-apartemen.com
Ruang bersih bisa memikat pembeli (sumber gambar jual-apartemen.com)

Calon pembeli tentunya juga bakal lebih tertarik pada apartemen yang terjaga kebersihannya, walau tidak ditinggali dalam waktu lama, dibanding yang banyak debu disana-sini karena tak pernah dibersihkan.

5. Pilih Agen Properti Profesional

Jika Anda memilih menggunakan jasa agen properti, pilihlah agen properti yang profesional. Pilih agen properti yang memiliki rekam jejak baik sebagai perantara jual beli. Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai agen properti yang ingin Anda gunakan jasanya.

Penutup

Menjual apartemen, apalagi berharap laku dalam waktu cepat, tentu tidak mudah. Anda harus berupaya maksimal agar calon pembeli tertarik pada apartemen yang akan Anda jual. Lima tips yang dibahas dalam artikel ini, semoga bisa memandu Anda dalam melakukan upaya agar apartemen yang Anda jual bisa cepat laku.

29 comments

  1. jual properti memang gak semudah jual kendaraan yaa, harus sabar, dan pengalaman adekku memang perlu sih pakai jasa agen properti tuh yaa

  2. Wah ternyata begini ya caranya…
    Memang sih sewa photographer agar dapat foto apertemen yang menarik dan itu hal pertama yang dilihat konsumen.

  3. Tampilan gambar yang bagus dan publikasikan di media sosial, membuka peluang untuk banyak dilirik, dan detailnya juga disampaikan, biar makin menarik lagi

  4. Aku setuju mbak Nanik,
    dengan menggunakan jasa fotografer dan videografer karena mereka profesional di bidangnya

    punya jualan harga ratusan juta, miliaran malah, mosok ya foto sekedarnya? Gak jaman lagi ya mbak

  5. Jadi keinget ada temen mau jual rumah tp cat nya udh lusuh. padahal dalemnya ya masih bagus. dicat ulang ngga lama laku deh…

    penampilan luar itu penting bangeeet buat jual sesuatu

  6. Point nomor 1 itu yang menurutku relate dengan kondisi saat ini. Kebanyakan orang sekarang ini kalo mau cari apa2 langsung lewat online biar gak ribet. Situs jual beli online saya rasa di setiap daerah pastinya ada, bahkan ini prospeknya bisa melebihi kampanye iklan berbayar. Banyak kok bisa melakukan pemasaran online untuk apartement, bisa lewat group facebook, IG, dll pastinya.

  7. Di IG ku sering muncul iklan apartemen, bagus-bagus iklannya, dan selalu mengundang untuk aku klik dan baca. Dari segi desain konten foto/videonya memang terlihat digarap profesional. Jual unit apartemen memang harus mendahulukan segi visual kalau promo online, sisanya baru yang lainnya. 5 tips di atas sudah jitu, tinggal dipraktekkan.

  8. no 2 ini kayaknya kadang kurang diperhitungkan deh, padahal kalo apartemennya pengen cepet laku ya promonya kudu ciamik salah satunya pakai poto kece dan video yang bagus. Emang pakai jasa potografer profesional gt bisa ambil angle terbaik, sampe kadang kita sendiri aja nggak kepikiran “oh ambil di sudut ini ya” 🙂

  9. Jual properti emang susah yah Bun, apalagi kondisi sekarang ini, tapi dengan tips2 ini kayaknya akan mudah deh. Sayangnya saya gak lunya apartemen hehehe..tapi bisa juga sih buat rekomendasi sepupu nih yang punya. Terimakasih yah bun

  10. 5 poin yang penting banget Mbak Nanik. Beberapa waktu lalu ada seorang teman yang meminta saya memotret apartemennya sebagai materi promosi penjualan unitnya. Setelah dibersihkan dan dirapihkan kemudian saya potret dalam berbagai sisi, alhamdulillah akhirnya apartemennya terjual di harga yang dia inginkan. Foto yang baik nyatanya memang meninggalkan kesan bagi para konsumen.

  11. Mama mertuaku mau jual apartemennya di Cawang udah mau dua tahun gak laku-laku mba. Wkwkwk. Ternyata apartemen itu sebagian banyak biaya sampingannya. Atau mungkin bisa jadi karena mama saya memasarkannya manual sendiri ya. Kayaknya kalo pake agen properti profesional bisa mungkin cepat laku.

  12. Jadi inget kalo beberapa waktu lalu ada sesesutradara yang jual apartemennya. Fotonya pun bagus, diceritain juga detail tiap ruangannya.

    Sepakat dengan pakai jasa fotografi kalau memang mau hasilnya lebih bagus. Mana tau bisa ketemu sudut pandang yang lebih bisa menggoda calon pembeli.

  13. Betul sekali mbak. Apartment memang terlihat wah banget ya, harga jualnya yang terbilang agak Mahal memang sekilas jadi susah menjualnya namun dengan beberapa tips diatas jadi lebih terlihat mudah. Trims mbak

  14. Selama pandemi kemarin, seorang teman saya berniat menjual unit apartemennya yang kosong, gak ada yang kontrak. Sementara biaya bulanan tak bisa ditawar-tawar. Sepertinya sampai sekarang belum laku juga deh. Nanti kasih link artikel ini ke dia, semoga dia terinspirasi. Makasih ya Mbak Nani

  15. Apalagi zaman sekarang ya Mba, lagi terseok-seok semuanya jadi lebih susah. Jangankan apartemen, rumah terpisah aja sekarang susah. Lebih mudah pakai agen properti karena pasar mereka yg luas

  16. Kayaknya kalau fotografer harus sepaket sama desain interior mbak, biar apartemen terlihat super kece dan bisa difoto dengan baik sama si fotografernya

  17. Ini betul semua mbaaa.. sekarang memanfaatkan socmed udah bisa meluas informasinya. Apalagi kalau fotonya pakai yg pro yaa. Udah ciamik deh hasilnya dan kebersihan penting. Jadi tipsnya berkaitan setiap poinnya saling menunjang ^^

  18. Harga apartemen naik terus nih sehingga sudah saatnya untung dengan cara jual.

    Bismillah aja pasti laku dan lakukan ikhtiar dengan cara yang di tuliskan dalam blog Nara

  19. Menjual properti seperti apartemen memang tidak mudah, apalagai di masa sulit seperti sekarang. Kalau kita nggak sabar , harga bisa nyungsep. Agen properti ini biasanya jadi andalan. Tapi emang bener sih, harus nyari yang kredibel karena banyak juga agen nakal.

  20. membeli dan menjual apartment ini sama halnya dengan rumah ya, foto itu menurut saya memegang peran penting. Apalagi kalau diiklankan di sosial media, jadi menyewa fotografer profesional dirasa perlu tentu menyesuaikan budget tentunya ya.

  21. Menjual apartemen memang ga mudah tapi kalau tau tipsnya Insya Allah bisa cepat terjual ya. Pakai jasa fotopgraper juga bagus tuh apalagi kalau ditawarkanya di internet. Oh ya aku pernah nonton film malah ada jasa sewa furniture gitu kalau mau jual rumah atau apartement jadi tampak menarik

  22. Tentu saja ya Mbak menjual apartemen itu bukan perkara yang mudah. Ya kalau cepet ketemu pembelinya itu namanya sedang dimudahkan sama Allah. Hehehe.
    5 tips di atas tampaknya memang harus diperhatikan kalau ingin cepat laku apartemennya 🙂

  23. Kebetulan banget temenku info mau jual apartemennya yang di Depok karena butuh, tapi belum juga laku Sudah dia sounding ke temen dan media sosial sih. Nanti aku suruh baca artikel Mba deh, Insaallah. Terima kasih tipsnya, Mba

  24. Betul banget tuh, meskipun udah niat untuk dijual, ya tetap dicek-cek lah ya kondisi apartemennya. Jadi ntar pas ada yang mau beli kondisi apartemen tetap bagus dan langsung layak huni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *