PengalamanKu

Perempuan yang Menginspirasi

Sumber gambar dari sini 

Diingatkan oleh facebook bahwa hari ini adalah hari perempuan sedunia. Lama-lama fb ini jadi kayak semacam asisten pribadi ya, tiap hari nanya apa yang kita pikirkan, mengingatkan berbagai hal di tanggal-tanggal penting, mengingatkan kenangan yang pernah kita share.

Kalau baca sekilas dari info yang ada di fb, tema hari perempuan sedunia ini adalah sosok-sosok perempuan yang menginspirasi.  Siapa saja sosok perempuan yang kisahnya memberikan inspirasi dalam hidupmu? Kalau aku, sosok pertama pastilah ibu!

  1. Ibu

Ibu, orang pertama yang aku kenal, orang yang selalu mencurahkan kasih sayangnya padaku. Kadang dia memarahiku, dulu waktu kecil, kalau dimarahi aku cuma bisa nangis, tanpa berani membantah. Selesai dimarahi, langsung masuk kamar, terisak-isak diatas bantal sampai tertidur. Kala aku bangun, ibu sudah tak marah lagi. Ibu seolah lupa tadi telah memarahiku, padahal aku masih takut takut untuk mendekat.

Setelah memiliki anak, aku makin sadar bahwa marahnya ibuku dulu itu adalah untuk kebaikanku. Kalau aku tak melakukan kesalahan, pasti aku nggak akan dimarahi.

Ibu sosok wanita yang memperhatikan kesejahteraan perut suami dan anak-anaknya. Bangun paling pagi, lalu klutekan di dapur untuk menyiapkan sarapan bagi suami dan anak-anaknya. Selesai kami semua sarapan, barulah ibu mau makan. Beliau selalu mendahulukan kami. Siang, klutekan lagi di dapur. Sore pun demikian. Makan tiga kali sehari, artinya masaknya juga tiga kali. Kalau saya sekarang nggak sanggup. Masak ya cukup sekali aja di pagi hari.

Ibu juga sosok wanita perkasa. Sanggup mengangkat sekarung gabah sendirian. Jika masa panen tiba, mengangkat karung-karung gabah, menjemurnya lalu mengangkat lagi di kala matahari sudah redup. Semua dilakukan tanpa pernah mengeluh.

Ibu, sosok wanita yang aktif di kehidupan sosial. Masih sempat juga jadi pengurus pkk dan posyandu. Walau aktif dikehidupan sosial, kami kelima anaknya tak pernah terlantar. Urusan dalam rumah diselesaikan dulu, setelah itu barulah ibu beraktifitas diluar rumah.

Ah, kalau sudah membicarakan tentang ibu, rasanya nggak akan ada habisnya. Bisa menghabiskan ribuan kata. Setiap momen yang mengingatkan pada sosok ibu, langsung akan menguraikan banyak kenangan tentang beliau.

2. Ibu Diah, guru PPKn kala SMU

Ini guru yang jadi idola kala masih duduk di bangku SMU. Setiap hari beliau ke sekolah naik sepeda onthel, ada aneka macam jajanan di boncengan sepedanya. Jajanan yang dititipkan untuk dijual di kantin sekolah. Padahal menurut cerita guru-guru yang lain, beliau ini sebenarnya kaya. Punya mobil juga, namun beliau memilih naik sepeda onthel kemana-mana.

Yang paling saya suka dari beliau adalah saat ulangan. Begitu masuk kelas langsung berteriak, nomor 1 dan membacakan soal. Kami pun langsung kelabakan menulis jawabannya. Tak ada waktu untuk bertanya pada teman sebangku. Semua berkonsentrasi penuh, karena beliau tak mau mengulangi soalnya. Jadi bila tak konsentrasi, ya sudah, terlewat deh. Tak lama, teriakannya kembali terdengar, nomor 2 disertai soal.

Saya pernah menirukan gaya beliau kala ulangan ini pada para mahasiswa. Hasilnya? banyak yang kertas ujiannya kosong hehehe…

***

Itulah beberapa sosok perempuan yang menginspirasi dalam kehidupan saya. Saya kadang berpikir, bisakan saya nanti menjadi role model juga buat anak-anak kelak?

Akhirnya, selamat hari perempuan sedunia bagi semua perempuan. Mari jadikan diri kita lebih berdaya, menebar manfaat bagi keluarga dan lingkungan sekitar.

4 thoughts on “Perempuan yang Menginspirasi

  1. Wah jarang banget lho Bun jaman sekarang ada yang mengidolakan gurunya sewaktu kecil. Aduh saya jadi berharap ada murit2 saya yang mengidolakan saya juga sebagai gurunya heheh 🙏

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis