Predikat WBBM, Ternyata Tanggung Jawabnya Berat!

Predikat WBBM bagi sebuah instansi pemerintah adalah sesuatu yang membanggakan. Karena untuk memperoleh predikat WBBM bukanlah hal yang mudah. Perlu kerja keras dan perjuangan semua pegawai di instansi tersebut. Setelah memperoleh predikat WBBM, apakah perjuangan berakhir? Ternyata tidak! Setelah memperoleh predikat WBBM, ada banyak tugas dan tanggung jawab menanti. Hal ini dikemukakan oleh Yudhi Pramudianto dari biro Organisasi dan Tata Laksana Kemdikbud saat memberikan pembekalan pada tim WBBM BBPPMPV BOE dalam kegiatan workshop penguatan internalisasi WBBM di Ijen Suites, Malang.

Mengenal WBBM

Kalau Anda berkunjung ke instansi pemerintah, pasti pernah nemu spanduk atau standing banner bertuliskan zona integritas (ZI), atau WBK/WBBM. Rumah sakit, kantor pajak, perguruan tinggi, kantor polisi, bahkan kantor kecamatan. Pernah kepikiran nggak, kenapa banner itu ada di semua instansi pemerintah?

Zona Integritas adalah sebutan atau predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi, dan peningkatan kualitas pelayanan publik. (Peraturan Menteri PAN & RB Nomor 60 tahun 2012).

WBK sendiri adalah kependekan dari Wilayah bebas Korupsi, sementara WBBM adalah Wilayah birokrasi bersih dan melayani.

Untuk memperoleh predikat ZI WBK dan ZI WBBM ini tentu saja tidak mudah, karena harus mengubah pola budaya kerja ASN yang sudah bertahun-tahun memiliki image buruk di masyarakat. Dulu orang malas kalau berurusan dengan instansi pemerintah, karena pasti lama, bertele-tele, dan harus siapin duit kalau pengen urusannya cepet beres.

Pencanangan zona integritas, ingin mengubah image buruk tersebut. Makanya sekarang, kalau urusan ke instansi pemerintah, pasti cepat, mendapat pelayanan ramah dan tak pakai uang lagi biar urusannya segera selesai. Sudah ada standar yang jelas dalam setiap layanannya.

BBPPMPV BOE Meraih Predikat WBBM

21 Desember 2020, adalah momen yang membahagiakan bagi pegawai di lingkungan Balai Besar Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Otomotif dan Elektronika (BBPPMPV BOE) terutama bagi tim ZI WBBM. Lelahnya perjuangan sejak 2019 terbayar sudah. KemenPANRB secara resmi menyatakan bahwa BBPPMPV BOE dinilai layak untuk meraih predikat WBBM. Yang lebih membanggakan, dari ratusan satuan kerja di bawah Kemdikbud hanya ada 2 yang menyandang predikat WBBM.

Kegiatan penyerahan anugerah WBBM ini dilakukan melalui zoom meeting, bersamaan dengan penyerahan anugerah WBK/WBBM bagi beberapa satuan kerja di berbagai kementerian.

anugerah zi wbbm

Manfaat Predikat WBBM bagi Institusi

Kalau seorang anak, dapat nilai ulangan 10, wajar dong ya kalau dia dapat hadiah. Dari gurunya maupun orang tuanya. Nah kalau instansi pemerintah meraih predikat WBBM, wajar juga dong kalau dapat hadiah dari pemerintah.

Sebagai wujud apresiasi dan dalam rangka mendorong pembangunan Zona Integritas pada Satuan Kerja yang lain, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dapat memberikan penghargaan kepada Satuan Kerja berpredikat WBK/WBBM berbentuk:

  1. piagam/piala/trophy;
  2. pemberian fasilitas dan anggaran kedinasan yang memadai;
  3. perbaikan kesejahteraan untuk pegawai di lingkungan Satuan Kerja;
  4. kenaikan pangkat istimewa; dan/atau
  5. bentuk penghargaan lainnya dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundangan

Penghargaan ini berlaku untuk satuan kerja di bawah kemdikbud ya, kalau di bawah kementerian lain, bisa jadi bentuk penghargaannya berbeda

Tanggung Jawab Instansi Berpredikat WBBM

Setelah menyandang predikat WBBM lalu apa? Setelah merasa puas dan bangga, selanjutnya bagaimana?

Kalau anak sekolah dapat nilai ulangan 10, nilai tertinggi, pasti puas dan bangga. Dia akan berusaha agar pada ulangan berikutnya jangan sampai meraih nilai di bawah 10. Dia nggak peduli gimana nilai teman-temannya, yang penting dia bisa dapat 10.

Kalau instansi penyandang predikat WBBM nggak bisa begitu. Dapat predikat WBBM terus fokus pada diri sendiri saja bagaimana cara mempertahankannya. Dia harus mensukseskan program pemerintah, yaitu membuat wilayah zona integritas yang lebih luas lagi.

Maksudnya?

Jadi kan instansi pemerintah di suatu wilayah itu banyak. Maka instansi yang sudah meraih predikat WBK maupun WBMM harus membantu instansi lain disekitarnya agar bisa mewujudkan zona integritas juga.

BBPPMPV BOE itu kan di Malang ya, propinsi Jawa Timur. Jadi dia harus berupaya membantu instansi pemerintah di Jawa Timur agar bisa meraih predikat WBBM juga, melalui program pendampingan. Sebuah tugas dan tanggung jawab yang sangat berat.

pendampingan WBBM
Daftar instansi yang harus dalam program pendampingan

Workshop Penguatan Internalisasi WBBM BBPPMPV BOE

Workshop dilaksanakan di Ijen Suites Resort and Convention Malang, 24 sampai 26 Februari 2021. Kegiatan workshop ini diawali dengan pengukuhan TIM WBBM 2021 oleh plt Kepala BBPPMPV BOE.

workshop internalisasi wbbm

Tim WBBM memperoleh suntikan semangat untuk bekerja memberikan yang terbaik bagi institusi. Suntikan semangat itu disampaikan oleh Feri D Sampurno, trainer sekaligus motivator.

BBPPMPV BOE adalah jiwaku, milikku. Mind set yang harus dimiliki oleh setiap pegawai, sehingga mereka akan melakukan yang terbaik bagi instansi. Visi BBPPMPV BOE harus dipahami oleh semua pegawai, sehingga apapun yang dikerjakan oleh pegawai selalu bermuara pada pencapaian visi.

Workshop Penguatan Internalisasi WBBM BBPPMPV BOE bertujuan untuk merumuskan program kerja tim kerja WBBM di tahun 2021.

Semoga dengan diselenggarakannya workshop ini, BBPPMPV BOE bisa mempertahankan predikat WBBM.  Semoga 2 tahun lagi, saat ada evaluasi dari pusat, BBPPMPV BOE tetap dinyatakan layak untuk menyandang predikat WBBM.

26 comments

  1. Hanya ada 2 yang menyandang WBBM dari Kemendikbud? Keren banget deh, selamat ya BBPPMPV BOE, semoga makin sukses dan tetap bisa mempertahankan predikat WBBM Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

  2. Seneng ya kalau kita dapat pelayanan umum tanpa harus mikirin biaya tambahan ini itu. Kadang aku tuh suka ga enakan kalau ga ngasih. Tapi beberapa kali aku mikir ya cuek aja lah, kan itu tugas mereka buat melayani. Pernah ngurusin surat kehilangan di polsek dan berkas buat paspor di kecamatan aku lalui tanpa ngasih. Lucunya pas di kelurahan, petugasnya kayak yang manyun ga aku kasih tip hihihi

  3. Pengadaan Workshop Penguatan Internalisasi WBBM BBPPMPV BOE ini mulia sekali. Smoga makin meningkatkan ketulusan para aparat dalam melayani masyarakat.

  4. BBPPMPV BOE moga dapat mempertahankan yaaa.. jadi kalau yg sudah dapat, membantu yg lainnya ya supaya wbbm juga. Wah keren inii..

  5. alhamdulillah aku senang lho semakin banyak instansi yang menjalankan integritas, tak hanya semboyan atau misi.
    kalau gini insyaAllah negara kita akan maju tanpa harus menginjak rakyat kecil.

  6. Wah selamat ya Mbak atas prestasi kantornya, pasti bangga dan bahagia semua karyawannya..lebih berat memang mempertahankan ya daripada berusaha mencapai prestasi…

  7. adanya workshop seperti ini tentunya bisa menambah pengetahuan dan juga kita bisa bertemu dengan orang-orang penting apalagi dengan adanya kompetisi yang ada predikat seperti ini

  8. bagus juga ya mba, dengan adanya label itu semoga para pegawai yang bekerja di instansi bisa punya guidence moral untuk do dan dont. Jadinya kan malu kalau ada label WBK atau wbbm tetap tidak menunjukkan sikap yang pas.

    SUkses selalu ya mba, semoga makin menginspirasi

  9. Semoga saja Malang dan kota di sekitarnya mempertahankan predikat wilayah bersih dari korupsi ya Mbak.

  10. Baru tahu deh aku dengan istilah WBBM ini. Ternyata keren ya. Kebayang deh gimana berat tanggung jawabnya. Ya kepada negara, ya ke pada Tuhan. Tapi ini justru jadi reminder juga. Semangat! 🙂

  11. Sebagai masyarakat awam, senang banget dong kalau bisa mendapatkan pelayanan terbaik ketika mengurus birokrasi. Iya, dulu tu ribeeettnyaaa… harus pake amplop2an pula. Alhamdulillah kalau sekarang semua sudah mengedepankan integritas dan pelayanan masyarakat.

  12. Saya sampai belibet baca itu singkatan dari Balai-nya
    Keren yaa pencapaiannya
    Semoga dipretahankan dan banyak manfaatnya untuk masyarakat lebih luas

  13. BBPPMPV BOE pada suatu institusi pastinya hanya tercapai jika dalam institusi tersebut terjadi kerja sama yang kompak, bahu-membahu, saling mendukung. Kalau sudah begini, imbasnya nggak cuma soal predikat saja tapi kinerja makin okey punya.

  14. Waahh selamat ~ gak gampang loh dapat predikat WBBM. Semoga semakin semangat kerja. Andai semua kantor/instansi bersih dan melayani. Hehehe

  15. Masyarakat memang harus dipahamkan bahwa birokrasi pemerintah sekarang sudah banyak berbenah. Termasuk lewat teknologi digital dalam aspek pelayanannya. Mengurus sesuatu lewat birokrasi pakai ribet, apalagi pakai uang, sudah bukan zamannya, karena pengawasan di mana-mana.

    Btw, itu singkatannya cukup panjang ya? Hehe…

  16. Instansi suami saya juga disibukkan dengan pencapaian WBK/WBBM ini Mbak.. duh banyak banget yg musti dibenahi. Kadang kl malam pulang kantor beliau curhat betapa beratnya meraih predikat ini. tp bagus lah agar instansi semakin memperbaiki diri

    1. Aku termasuk yang dari dulu paling males berurusan dengan instansi pemerinta. Apalagi kalau urusan urus-mengurus dokumen yang birokrasinya ruwet. Kalau ada pemberitahuan ke masyarakat instansi sudah termasuk WBBM kayaknya aku nggak bakal males berurusan dengan birokrasi pemerintahahn lagi nih. Terima kasih Mak. Pengetahan baru nih buat aku.

  17. Prediket WBBM ini tentunya supaya menambah birokrasi yang bersih. Sangat bagus program ini. Keren. Minimal ini motivasi dari luarlah. Setelahnya, semoga bisa menjadi motivasi dari dalam diri. Saya jadi ingat dulu pernah membuatkan spanduk WBBM untuk sebuah rumah sakit. hehe,..sukses ya Bu…

  18. Aku pikir predikat itu hanya slogan saja yang memaksakan HARUS, ternyata ada tahapannya juga ya. Udah gitu harus mengajak yang lainnya lagi, keren sih menurut ku. Tapi bagi yang berada didalamnya jadi berat yah.

  19. Predikat wbbm bbppmpv memang tidak mudah yaa, di lingkup kerja saya pun kadang masih ada sedikit permasalahan terkait hal ini. Semoga kita bisa memberikan pelayanan dan bermanfaat untuk kebaikan dalam setiap pekerjaan ya. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *