mempersiapkan popok bayi

Siap Jadi Ibu Baru! Mempersiapkan Popok hingga MPASI Bayi

Siap Jadi Ibu Baru! Mempersiapkan Popok hingga MPASI Bayi. Menjadi ibu itu memang banyak yang harus dipersiapkan. Nggak cuma fisik dan mental, namun juga aneka perintilan kebutuhan si bayi.

menu mpasi 6 bulan

Pasti rasanya sangat nano-nano ya ketika menyandang status baru yaitu seorang Ibu. Ada rasa senang, terharu, hingga rasa tidak sabar untuk mempersiapkan segala keperluan anak bahkan sejak awal mengetahui kalau diri dinyatakan positif hamil hihi.

Memang itu menjadi hal yang sangat wajar dan pasti akan dialami semua calon Ibu kok. Bunda pasti ingin begitu si bayi lahir segala hal yang dibutuhkan sudah terpenuhi, karena Bunda ingin yang terbaik untuk si bayi.

Biasanya Bunda pasti memulainya dengan mempersiapkan pakaian si Bayi, mulai dari baju, sarung tangan, sarung kaki, bahkan bisa sampai menyiapkan aksesoris jika hasil USG menandakan bahwa janin yang didalam perut adalah perempuan. Banyak banget lho aksesoris bayi perempuan yang lucu dan menggoda tampilannya.

Setelah urusan pakaian beres, mulai deh mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti tempat makan, tempat minum, baby chair . Nah ini juga merupakan moment yang menyenangkan! Kalau semua hal itu sudah, biasanya Bunda langsung akan merasa gak sabar untuk cari tahu mengenai cara mempersiapkan dan menu MPASI 6 bulan si bayi. Seru ya Bun?

Panduan Pemberian Menu MPASI 6 Bulan

Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan pertama sebagai upaya memenuhi kebutuhan harian sang bayi akan zat-zat gizi. Ada beberapa panduan untuk pemberian menu MPASI bagi bayi usia 6 bulan.

Jenis Menu MPASI

Ada dua jenis MPASI untuk menu atau makanan pertama bayi di usia 6 bulan. Yang pertama adalah MPASI yang dibuat atau disediakan oleh ibu sendiri. Ini sering disebut MPASI rumahan/buatan rumah tangga. Selain itu, ada juga makanan MPASI yang diproduksi oleh pihak industri atau pabrik. Kalau yang ini, dari pasar tradisional, minimarket, supermarket ada yang jual. Bahkan di warung tetangga juga ada.

Kalau saya dulu, terus terang lebih sering pakai MPASI buatan pabrik. Alhamdulillah anak-anak doyan dan nggak ada masalah dengan pencernaannya.

Nah, yang kedua adalah MPASI berupa menu makanan yang biasanya dikonsumsi oleh anggota keluarga. Tentunya menu ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa diberikan pada bayi. Misalnya bubur sumsum, kalau anggota yang dewasa, pakai kuah gula merah. Buat bayi, ya buburnya aja, tapi yang encer banget.

Tekstur MPASI

Bunda harus memperhatikan tekstur makanan untuk bayi. Pastikan teksturnya lunak dan lembut. Si Kecil kan belum memiliki gigi-geligi yang lengkap dan kuat sehingga perlu makanan yang lunak. Tak hanya itu, saluran pencernaannya pun belum mampu untuk menerima makanan yang biasanya dikonsumsi keluarga. Si Kecil butuh waktu untuk terus beradaptasi secara bertahap beralih dari ASI, MPASI hingga mengonsumsi makanan keluarga.Β 

Porsi MPASI

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi baru bisa makan sedikit makanan lunak karena ukuran lambungnya pun masih kecil. Maka pemberian menu MPASI harus disesuaikan porsinya. Bisa jadi makannya cuma sehari sekali, itupun cuma 2 atau 3 sendok. Jangan dipaksa untuk makan banyak, dan sering karena memang kemampuan lambungnya belum bisa.

Yang pasti, Bunda secara bertahap dan perlahan meningkatkan frekuensinya menjadi 2-3 kali makan dalam sehari. Porsinya juga ditambah sedikit demi sedikit.

Pemilihan Keperluan Bayi

Belum lagi ada banyak keperluan bayi lainnya nih yang suka membuat para Ibu perlu banyak pertimbangan sebelum membeli, seperti sabun mandi, shampo, lotion, minyak telon, parfum, sampai ke popok Β yang harus mempertimbangkan kulit bayi. Popok bayi untuk harus memilik kualitas yang baik. Hayo tau gak kenapa Bun?

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga sangat rentan untuk timbul iritasi kulit pada kulitnya, bahkan bisa juga loh sampai menyebabkan si bayi terkena ruam popok. Kira-kira Bunda udah punya merk andalan belum nih untuk semua itu?

Kalau belum, ada rekomendasi produk popok untuk Bunda nih. Popok Merries, produk ini merupakan salah satu popok dengan harga terjangkau dan kualitasnya bagus.

popok merries

Pilihannya juga banyak lho, ada popok bayi tipe perekat, tipe celana, dan good skin. Bunda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kulit si bayi. Jadi tunggu apalagi Bun? Lengkapi persiapan untuk si Bayi sekarang juga, ditambah dengan membeli popok merries ya Bun!

33 comments

  1. Kirain mba Nanik hamidun lagiiiii πŸ˜€
    Seneng kalo Toto punya adek hihihi…

    Etapiii bener banget! Jadi ibu baru ituuuu Rem to the Pong alias Rempoongg!
    Banyak hal yg kudu disiapkan. Mulai urusan popok, MPASI bayi, endebre endrebreeee….persis seperti artikel ini πŸ˜€

  2. Toto mau punya adik?
    Hihihi senang jika iya, ntar 4 sekawan kaya anak anakku
    Beruntung zaman sekarang lebih asyik
    Perlengkapan bayi disesuaikan dengan kebutuhan
    salah sarunya Popok Merries

  3. Aku loh mbaaa, baca judulnya tak kira Mba Nanik mau momong bayi lagi. Wkwkwk. Ini ilmu wajib yang harus diwariskan turun temuru ke ibu-ibu lain di seluruh Indonesia. Soalnya terasa banget aku pas perdana jadi ibu baru 5 tahun lalu. Tulisan-tulisan seperti inilah yang membantuku banget.

  4. Baca ini jadi rindu dengan masa-masa kehamilan puluhan tahun yang lalu. MashaAllah senangnya luar biasa bisa menikmati waktu-waktu berharga mengandung, melahirkan dan merawat balita. Dulu, di jaman saya punya bayi, masih sedikit produk-produk yang menunjang empasi. Jadi lebih banyak membuat/mengolah sendiri. Sekarang semua sudah lebih praktis ya.

  5. Banyak persiapan yang harus dilakukan saat jelang jadi ibu. Dulu saya banyak fokus ke barang ya, kayak pakaian, tempat tidur, peralatan makan, dan yang sifatnya buat dipakai saja. Sedangkan pengetahuan bikin menu MPASI sangat kurang. Jadinya cuma mengandalkan info yg didapat saat konsul sama dokter anak yg rutin tiap bulan aku lakukan. Padahal, bisa gugling ya, baca buku2, liat video, dll. Untunglah pas anak kedua mulai tercerahkan. Dan sekarang aku kangen masa-masa hamil dan punya bayi, lho πŸ˜€

  6. Memang popok Merrie’s ini bagus kualitasnya. Enggak bikin ruam popok. Dulu anakku cocok pakai Meries. Baca ini jadi keinget dulu ngalamin nyiapin baju babby, mpasi, masa memberi Asi. Kangen juga, hehe

  7. Merries andalan anak-anak juga nih. Udah murah meriah, kualitas juga nggak kalah sama harga yang di atasnya.

  8. Kendati belum pernah merasakan nya, tapi aku tau gimana sensasi nya. Karena teman pun banyak yang mengalami.
    Apalagi ketika hendak menjadi ibu untuk pertama kalinya, pasti begitu banyak yang dipikir dan dipersiapkan
    Tak terkecuali soal popok yang pasti akan jadi kebutuhan utama sampai usianya sekian tahun

  9. Entah kenapa aku paling seneng baca persiapan jadi ibu padahal belum menikah huehehe. Noted mba, buat bekal di masa depan tips soal persiapan MPASI hehe. Wah ponakanku juga kemarin-kemarin pake Merries.

  10. Widiiiih, kirain mbak Nanik hamil lagi dan siap2 punya bayik hahaha πŸ™‚ Iya donk persipan segala macam itu harus, termasuk mikirin MPASI πŸ™‚ Tapi zaman aku dulu aku juga kurang beajar soal ginian sih hihihi. Popok bayi Merries ini kudu ada di tas ya siap2 dipakai soalnya nyaman πŸ™‚

  11. popok sekali pakai untuk newborn baby memang harus pilih yang nyaman dengan bahan-bahan yang membuat si bayi tenang, gak bikin iritasi kulit apalagi ruam dan gak bikin lecet juga bocor

  12. beberapa bulan lalu, ada teman yang hamil. Anak sudah dua, posisi suami kerja serabutan.
    Duuuh, ikut sedih mikirinnya. Kondisi membuat dia nggak prepare ini itu, bahkan masih harus bekerja (asisten rumah tangga) hingga menjelang hari H πŸ™

    Bisa mempersiapkan ini itu untuk kelahiran anak benar-benar berkah.

  13. Jadi berasa flashback. Saya selalu senang menyiapkan segala hal keperluan bayi. Termasuk memilih popok. Pastinya pilih yang gak bakal bikin anak iritasi

  14. ibu baru satu bulan hadiirrrr,,, bener banget nih nyiapin popok itu penting yang sesuai kondisi kulit anak,,overall udah nyobain 3 brand dan ada 1 yang gak cocok,, kalo merries belum dicobain sih tapi boljug nih

  15. kadang suka ada yang komen kok pakai pospak hahaha
    Tapi yawdalah drpd ibu2 setres ngurusin popok, apalagi gak ada pembantu kaaan
    Ibu baru ibu lama kayaknya kalau ada baby bakalan belajar lagi dr awal hehe

  16. Jadi Ibu baru itu ternyata super banget dan rempongnya pas mempersiapkan segala kebutuhannya. Belanja popok dan pritilannya, terus nyiapin MPASI. Ini paling rempong, karena saya buat sendiri MPASInya. Pas udah mulai 8 bulan, baru saya beli di minimarket MPASI yang cepat dibuat.

    Kalau diapers, anak saya juga pakai Merries. Bener-bener nyaman. Pas di kulit, enggak bikin alergi.

  17. yang sering terlupakan sama ibu-ibu itu adalah porsi makan bayi yang masih sedikit. Saya sering begitu, soalnya >_< Saya sering meras.. kok anak saya makannya dikit banget. Apalagi perawakan anak saya itu di usia balita terlihat kurus tinggi, kalau ditimbang mah BBnya masuk ke normal. Tapi tetep aja saya merasa anak saya dikit makannya.

  18. Popok merries termasuk popok premium harha sebanding sama kualitas ya. Pengeluaran popok termasuk yg besar klo punya bayi atau balita, sekarang masamasa itu sudah lewat

  19. Meski belajar lagi nih kebetulan udah mau lahiran, udah lupa bikin mpasi bagaimana. Masih ada waktu buat belajar lagi.

  20. ah iya, saat anak mpasi jadi tantangan tersendiri buat ibu ya mbak
    ngomongin soal popok, anak anakku dulu juga pakai popok merries
    kualitasnya bagus, harganya juga terjangkau

  21. Duh jadi inget masa anak-anak masih balita deh ih. Nyiapi popok hingga MPASI. Riweuh tapinya menyenangkan. 😁

  22. Waktu anak pertamaku lumayan ribet juga pas siapin mpasi mba tp sejak anak kedua ufah sans bangey hehehhe btw anakku jgbpake merries

  23. Uda paling nyaman memilih pospak yang celana.
    Soalnya praktis dan nyaman untuk si kecil karena gak ada prepetannya yang bisa jadi penyebab lecet pada kulit.

  24. ibu zaman sekarang banyak yang pilih pakai popok semacam merries gini, apalagi kalau musim hujan repot kalau musti jemur popok kain setiap hari

  25. Baca ini langsung inget waktu masa masa kehamilan sampai menyusui. Pilih baju lucu lucu, cari susu, sampai cari popok yang bikin bayi aman. Salah satunya Popok Merries

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *