Siap Jadi Ibu Baru! Mempersiapkan Popok hingga MPASI Bayi




Siap Jadi Ibu Baru! Mempersiapkan Popok hingga MPASI Bayi. Menjadi ibu itu memang banyak yang harus dipersiapkan. Nggak cuma fisik dan mental, namun juga aneka perintilan kebutuhan si bayi.

menu mpasi 6 bulan

Pasti rasanya sangat nano-nano ya ketika menyandang status baru yaitu seorang Ibu. Ada rasa senang, terharu, hingga rasa tidak sabar untuk mempersiapkan segala keperluan anak bahkan sejak awal mengetahui kalau diri dinyatakan positif hamil hihi.

Memang itu menjadi hal yang sangat wajar dan pasti akan dialami semua calon Ibu kok. Bunda pasti ingin begitu si bayi lahir segala hal yang dibutuhkan sudah terpenuhi, karena Bunda ingin yang terbaik untuk si bayi.

Biasanya Bunda pasti memulainya dengan mempersiapkan pakaian si Bayi, mulai dari baju, sarung tangan, sarung kaki, bahkan bisa sampai menyiapkan aksesoris jika hasil USG menandakan bahwa janin yang didalam perut adalah perempuan. Banyak banget lho aksesoris bayi perempuan yang lucu dan menggoda tampilannya.

Setelah urusan pakaian beres, mulai deh mempersiapkan kebutuhan lainnya seperti tempat makan, tempat minum, baby chair . Nah ini juga merupakan moment yang menyenangkan! Kalau semua hal itu sudah, biasanya Bunda langsung akan merasa gak sabar untuk cari tahu mengenai cara mempersiapkan dan menu MPASI 6 bulan si bayi. Seru ya Bun?

Panduan Pemberian Menu MPASI 6 Bulan

Makanan Pendamping ASI (MPASI) adalah makanan pertama sebagai upaya memenuhi kebutuhan harian sang bayi akan zat-zat gizi. Ada beberapa panduan untuk pemberian menu MPASI bagi bayi usia 6 bulan.

Jenis Menu MPASI

Ada dua jenis MPASI untuk menu atau makanan pertama bayi di usia 6 bulan. Yang pertama adalah MPASI yang dibuat atau disediakan oleh ibu sendiri. Ini sering disebut MPASI rumahan/buatan rumah tangga. Selain itu, ada juga makanan MPASI yang diproduksi oleh pihak industri atau pabrik. Kalau yang ini, dari pasar tradisional, minimarket, supermarket ada yang jual. Bahkan di warung tetangga juga ada.

Kalau saya dulu, terus terang lebih sering pakai MPASI buatan pabrik. Alhamdulillah anak-anak doyan dan nggak ada masalah dengan pencernaannya.

Nah, yang kedua adalah MPASI berupa menu makanan yang biasanya dikonsumsi oleh anggota keluarga. Tentunya menu ini sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa diberikan pada bayi. Misalnya bubur sumsum, kalau anggota yang dewasa, pakai kuah gula merah. Buat bayi, ya buburnya aja, tapi yang encer banget.

Tekstur MPASI

Bunda harus memperhatikan tekstur makanan untuk bayi. Pastikan teksturnya lunak dan lembut. Si Kecil kan belum memiliki gigi-geligi yang lengkap dan kuat sehingga perlu makanan yang lunak. Tak hanya itu, saluran pencernaannya pun belum mampu untuk menerima makanan yang biasanya dikonsumsi keluarga. Si Kecil butuh waktu untuk terus beradaptasi secara bertahap beralih dari ASI, MPASI hingga mengonsumsi makanan keluarga.Β 

Porsi MPASI

Saat memasuki usia 6 bulan, bayi baru bisa makan sedikit makanan lunak karena ukuran lambungnya pun masih kecil. Maka pemberian menu MPASI harus disesuaikan porsinya. Bisa jadi makannya cuma sehari sekali, itupun cuma 2 atau 3 sendok. Jangan dipaksa untuk makan banyak, dan sering karena memang kemampuan lambungnya belum bisa.

Yang pasti, Bunda secara bertahap dan perlahan meningkatkan frekuensinya menjadi 2-3 kali makan dalam sehari. Porsinya juga ditambah sedikit demi sedikit.

Pemilihan Keperluan Bayi

Belum lagi ada banyak keperluan bayi lainnya nih yang suka membuat para Ibu perlu banyak pertimbangan sebelum membeli, seperti sabun mandi, shampo, lotion, minyak telon, parfum, sampai ke popok Β yang harus mempertimbangkan kulit bayi. Popok bayi untuk harus memilik kualitas yang baik. Hayo tau gak kenapa Bun?

Karena kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga sangat rentan untuk timbul iritasi kulit pada kulitnya, bahkan bisa juga loh sampai menyebabkan si bayi terkena ruam popok. Kira-kira Bunda udah punya merk andalan belum nih untuk semua itu?

Kalau belum, ada rekomendasi produk popok untuk Bunda nih. Popok Merries, produk ini merupakan salah satu popok dengan harga terjangkau dan kualitasnya bagus.

popok merries

Pilihannya juga banyak lho, ada popok bayi tipe perekat, tipe celana, dan good skin. Bunda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan keadaan kulit si bayi. Jadi tunggu apalagi Bun? Lengkapi persiapan untuk si Bayi sekarang juga, ditambah dengan membeli popok merries ya Bun!

33 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *