Resep Keripik Bayam Renyah Anti Gagal




Banyak orang menyukai camilan berbentuk keripik. Kres kres kriuk kriuk membuat tak mau berhenti kalau camilannya belum habis. Belum lama ini saya pun membuat camilan keripik bayam. Resep keripik bayam renyah yang praktis dan anti gagal saya bagikan di sini.

Beberapa waktu yang lalu, suami pulang dari sawah membawa bayam yang daunnya besar-besar sekali, setelapak tangan saya besarnya. Saking besarnya, kalau di lihat sekilas seperti daun sawi. Kalau dapat bayam yang daunnya besar-besar gini, saya pengennya bikin keripik bayam.

daun bayam segar
Daun bayam setelapak tangan

Bayam apa sih kok daunnya bisa selebar itu?

Orang sini menyebutnya bayam kakap. Ini memang jenis bayam yang daunnya lebar, bisa dipetik berulang kali. Makin sering dipetik, makin subur karena banyak cabang baru yang muncul.

Bahan Membuat Keripik Bayam Renyah Anti Gagal

Bahan untuk membuat keripik bayam ini sangat sederhana, nggak perlu nguleg-uleg bumbu pula.

Masa sih, tanpa dikasih bumbu?

Iya, karena saya pakai tepung bumbu instan. Kan senengnya yang praktis aja hehehe…. Yang penting hasilnya memuaskan.

Inilah bahan yang dibutuhkan :

  1. Daun bayam
  2. Tepung bumbu instan, saya pakai Sajiku
  3. Tepung terigu
tepung terigu
Tepung andalan di rumah

Sebelum kenal tepung bumbu sajiku, kalau membuat keripik bayam saya menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras. Namun hasilnya kurang memuaskan. Tepungnya bukan renyah, malah cenderung keras. Karena kedua jenis tepung ini rasanya tawar, jadi harus nguleg bumbu.

Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Anti Gagal

Berikut ini adalah cara membuat keripik bayam renyah

Pertama, petik daun bayam, pilih yang daunnya besar-besar saja. Yang daunnya kecil bisa juga sih dibuat keripik. Tapi saya nggak telaten, jadi pilih yang daunnya besar saja. Yang daunnya kecil di masak sayur bening.

bayam berdaun lebar
Pilih daun bayam yang ukuran besar

Kedua, cuci bersih daun bayam, lalu tiriskan. Pastikan mencucinya dibawah kucurang air yang mengalir ya, bolak balik dikedua sisinya. Karena kadang di bagian bawah itu dijadikan sarang oleh serangga kecil-kecil.

Ketiga, buat adonan tepung. Saya pakai perbandingan tepung bumbu dan tepung terigunya adalah 2 banding 1. Perbandingan ini terasa pas di lidah saya. Sebenarnya bisa aja pakai tepung bumbu tanpa terigu, tapi menurut saya rasanya terlalu keras, alias terlalu asin. Jadi untuk sedikit menawarkan rasanya, saya campur tepung terigu. Adonannya encer aja ya.

adonan tepung keripik bayam
Adonan encer tepung bumbu dan terigu

Keempat, panaskan minyak dalam wajan. Sedang-sedang aja panasnya, karena kalau terlalu panas, keripiknya bisa gosong. Masukkan bayam yang sudah dilumuri adonan tepung. Bolak balik bayamnya hingga matang

resep keripik bayam renyah
Proses menggoreng

Kelima, angkat saat sudah matang. Jangan nunggu semua bagiannya sampai kuning kecoklatan. Bagian pinggir sudah kuning kecoklatan dan bagian tengah masih tampah putih angkat aja, asal tengahnya udah kering tepungnya lho ya. Karena setelah diangkat, masih akan ada efek panas yang mematangkan keripiknya. Jadi kalau nunggu semua bagiannya kuning kecoklatan baru diangkat, bisa-bisa malah gosong jadinya. Setelah diangkat, tiriskan.

keripik bayam renyah
Yeay sudah matang

Setelah semua sudah matang, tunggu hingga dingin. Setelah dingin, bisa dimasukkan dalam toples. Kalau saya, belum sempat masuk dalam toples juga sudah habis diserbu anak-anak.

resep keripik bayam renyah
Yuk ngemil

Itulah resep keripik bayam renyah ala saya. Anda tertarik untuk mencobanya?

Keripik Bayam Alternatif Olahan Bagi Anak yang Susah Makan Sayur

Keripik bayam ini bisa jadi salah satu alternatif olahan bagi yang anaknya susah makan sayur. Kayak anak saya, kalau disuruh makan sayur bayam, susahnya minta ampun. Padahal mereka pun sudah tahu kandungan nutrisi pada bayam.

Setelah bayamnya dibikin jadi keripik, anak-anak jadi suka, makannya nggak mau berhenti sebelum habis.

41 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *