Resep Keripik Bayam Renyah Anti Gagal

resep keripik bayam renyah anti gagal

Banyak orang menyukai camilan berbentuk keripik. Kres kres kriuk kriuk membuat tak mau berhenti kalau camilannya belum habis. Belum lama ini saya pun membuat camilan keripik bayam. Resep keripik bayam renyah yang praktis dan anti gagal saya bagikan di sini.

Beberapa waktu yang lalu, suami pulang dari sawah membawa bayam yang daunnya besar-besar sekali, setelapak tangan saya besarnya. Saking besarnya, kalau di lihat sekilas seperti daun sawi. Kalau dapat bayam yang daunnya besar-besar gini, saya pengennya bikin keripik bayam.

daun bayam segar
Daun bayam setelapak tangan

Bayam apa sih kok daunnya bisa selebar itu?

Orang sini menyebutnya bayam kakap. Ini memang jenis bayam yang daunnya lebar, bisa dipetik berulang kali. Makin sering dipetik, makin subur karena banyak cabang baru yang muncul.

Bahan Membuat Keripik Bayam Renyah Anti Gagal

Bahan untuk membuat keripik bayam ini sangat sederhana, nggak perlu nguleg-uleg bumbu pula.

Masa sih, tanpa dikasih bumbu?

Iya, karena saya pakai tepung bumbu instan. Kan senengnya yang praktis aja hehehe…. Yang penting hasilnya memuaskan.

Inilah bahan yang dibutuhkan :

  1. Daun bayam
  2. Tepung bumbu instan, saya pakai Sajiku
  3. Tepung terigu
tepung terigu
Tepung andalan di rumah

Sebelum kenal tepung bumbu sajiku, kalau membuat keripik bayam saya menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras. Namun hasilnya kurang memuaskan. Tepungnya bukan renyah, malah cenderung keras. Karena kedua jenis tepung ini rasanya tawar, jadi harus nguleg bumbu.

Cara Membuat Keripik Bayam Renyah Anti Gagal

Berikut ini adalah cara membuat keripik bayam renyah

Pertama, petik daun bayam, pilih yang daunnya besar-besar saja. Yang daunnya kecil bisa juga sih dibuat keripik. Tapi saya nggak telaten, jadi pilih yang daunnya besar saja. Yang daunnya kecil di masak sayur bening.

bayam berdaun lebar
Pilih daun bayam yang ukuran besar

Kedua, cuci bersih daun bayam, lalu tiriskan. Pastikan mencucinya dibawah kucurang air yang mengalir ya, bolak balik dikedua sisinya. Karena kadang di bagian bawah itu dijadikan sarang oleh serangga kecil-kecil.

Ketiga, buat adonan tepung. Saya pakai perbandingan tepung bumbu dan tepung terigunya adalah 2 banding 1. Perbandingan ini terasa pas di lidah saya. Sebenarnya bisa aja pakai tepung bumbu tanpa terigu, tapi menurut saya rasanya terlalu keras, alias terlalu asin. Jadi untuk sedikit menawarkan rasanya, saya campur tepung terigu. Adonannya encer aja ya.

adonan tepung keripik bayam
Adonan encer tepung bumbu dan terigu

Keempat, panaskan minyak dalam wajan. Sedang-sedang aja panasnya, karena kalau terlalu panas, keripiknya bisa gosong. Masukkan bayam yang sudah dilumuri adonan tepung. Bolak balik bayamnya hingga matang

resep keripik bayam renyah
Proses menggoreng

Kelima, angkat saat sudah matang. Jangan nunggu semua bagiannya sampai kuning kecoklatan. Bagian pinggir sudah kuning kecoklatan dan bagian tengah masih tampah putih angkat aja, asal tengahnya udah kering tepungnya lho ya. Karena setelah diangkat, masih akan ada efek panas yang mematangkan keripiknya. Jadi kalau nunggu semua bagiannya kuning kecoklatan baru diangkat, bisa-bisa malah gosong jadinya. Setelah diangkat, tiriskan.

keripik bayam renyah
Yeay sudah matang

Setelah semua sudah matang, tunggu hingga dingin. Setelah dingin, bisa dimasukkan dalam toples. Kalau saya, belum sempat masuk dalam toples juga sudah habis diserbu anak-anak.

resep keripik bayam renyah
Yuk ngemil

Itulah resep keripik bayam renyah ala saya. Anda tertarik untuk mencobanya?

Keripik bayam ini bisa jadi salah satu alternatif olahan bagi yang anaknya susah makan sayur. Kayak anak saya, kalau disuruh makan sayur bayam, susahnya minta ampun. Padahal mereka pun sudah tahu kandungan nutrisi pada bayam.

Setelah bayamnya dibikin jadi keripik, anak-anak jadi suka, makannya nggak mau berhenti sebelum habis.

42 Comments

  1. Walaaaaah, kubaca resep mbak Nanik ini sambil nelen ludah hahahah 🙂 Bhaya ini. Besok aku mau bikin juga ah. Jadi perbandingan takaran terpung terigunga segitu toh…. Pantas bisa jadi kriuk. Dulu aku pernah coba tapi ga renyah alias gagal hahahaha 😀 TFS ya.

    • iya mbak Nurul, samaaa aku juga nelen ludah hahaha mana helai bayamnya besar begitu ya, jadi kan berasa kripiknya. kok aku belum pernah tahu ya ada bayam sebesar itu. di sini bayamnya yang standar jadi kalau dibikin kripik imut2 begitu hehehe

  2. Oh jadi perbandingan tepung terigu dengan tepun instan sedgitu toh? Pantas bisa kriuk ya. Dulu aku pernah juga bikin tapi gagal hahaha : Sekarang sudah tau rahasianya dari Mbak Nanik. Mau bikin juga ah ga mau kalah. Kutambahin merica enak kayaknya deh.

  3. Kok saya nggak pernah nemu daun bayam segede ini yaaa. Kalau yang kecil-kecil tuh rasanya malas diolah jadi keripik hahaha. Nanti kalau pas nemu yang gede mau nyontek resep ini ah.

  4. Wah daun bayamnya besar2 ya. Selama ini aku beli bayam, belum nemu yang sebesar ini. Enak sekali dibuat keripik bayam, kebayang renyah dan gurihnya. Anak-anakku suka makan sayur bening bayam, kalau dibikin keripik bayam seperti ini pasti tambah sukaa, bisa2 dicemilin sampai habis 😀

  5. Ah iya bener juga, tepung bumbu kalo gak di kasih oenawar sedikit rasanya memang asin. Kayanya ini cuma bisa buat bayam berdaun lebar ya. Di tempatku bayamnya daunnya kecil2 kaya daun kelor gedean dikit

  6. Asalnya anak agak sulit makan sayuran, setelah kita modifikasi, Alhamdulillah jadi makin doyan ya… Selain bayam, saya juga suka bikin terung goreng. Enak empuk. Anak juga suka
    Tapi kalau keripik pare anak tetap blm suka. Pahitnya tetap ada katanya hehehe
    Padahal sih emang yg suka ibunya aja

    Salam
    Okti Li

  7. Ini salah satu akal-akalanku biar bocah mau makan sayur berwarna hijau 😅. Entah nilai gizinya gimana ya hehehe… kita samaan nih mbak, biar cepet pakai tepung instan aja hahaha… kangkung juga enak digoreng gini

  8. Wualah.
    Ternyata praktis banget. Aku kirain ada proses menjemur dulu. Kalau di tempat oleh2 kan banyak tuh yg jual keripik bayam. Hmm ternyata bikin sendiri juga simpel ya

    • Ahaaa… keripik bayam bisa jadi makanan sederhana yang mudah dibuat dan enak jadi cemilan di rumah. Hmm.. bisa juga jadi alternatif dalam mengolah bayam, atau pennganti kerupuk saat makan dgn nasi

  9. Alternatif lain makan sayur bayem. Bosan dibening digoreng dan dibikin keripik seperti pasti lebih enak. Cemilannya dapat sayurannya juga 🙂

  10. Menarik ini mbak, aku baru sebatas makan aja sih..itupun oleh oleh dari teman hehe.. kalo bisa buat sendiri kenapa ngga yah.. apalagi ini resep keripik bayamnya renyah.. semoga hasil buatan kau renyah juga ah alias anti gagal hehe

  11. Keluarga kami suka banget dengan keripik bayam. Saya selalu membuatnya tiap lebaran. Tapi tidak sepraktis ini. HIhihihi
    Ini sih praktis sekali, pakai banget. Coba aaah….

  12. Kalau praktis begini saya mau nyoba ah. Iya ya kalau pakai tepung bumbu doang pasti keasinan atau terlalu gurih jadi lebih baik dicampur terigu.

  13. Resep yang praktis tapi enak. Selain itu murah meriah ya, Mbak. Camilan keripik bayam ini juga bisa dibuat setiap saat. Jadi pengen makan keripik bayam juga jadinya.

  14. Wah enak nih bisa buat camilan sehat di rumah ya kalau goreng sendiri. Biasanya yang suka goreng gini suamiku haha. Lebih cepet nyemilinnya ketimbang gorengnya hehe

  15. ini di rumahku banyak banget daun bayam liar gini. pernah coba bikin keripik bayam beberapa kali. tapi karena lagi pengen rapihin taman jadinya semuanya saya cabut deh. kalau kebanyakan jadi jelek tamannya. hehe.

  16. Aku terakhir bikin keripik bayam itu saat anak-anak masih kecil.
    Ini pas banget taaman depan rumah, bayamnya kayak raksasa ukurannya. Lebih gede dari telapak tanganku, bisa dijadikan keripik

  17. Waah…bikin sendiri jadi bisa bikin banyak yaa..
    Sepuasnya bisa menikmati kripik bayam kriuukk!

    Aku kemarin beli di salah satu toko roti.
    Memang bener, kak…anak-anak mah…sayur dijadikan kripik gini malah lahap.
    Lain kali aku bikin sendiri kaya gini yaa…

  18. Ini keripik favorit anak2 saya Mbak. Meski sudah dibilang keripik bayam tetap aja mereka bilangnya keripik ijo-ijo hehehe. Tapi saya biasa pakai tepung beras dan dibumbui merica, ketumbar, garam, kaldu jamur.

  19. Aiisshhh aku mau bikin resepnya besok mbaaa. Tp itu bayamnya gede2 banget yaaa.perasaan kalo beli bayam di pasar Deket rumah, g prnh Nemu Segede itu :D.

    Anakku yg pertama susah bener makan sayur. Aku mau bikin jd keripik gini biar dia mau makan 😀

  20. sama Mbak, aku juga sering kutambahkan terigu karena terlalu asin dan micin kayaknya hahaha supaya gak merasa bersalah, sudahlah gorengan micin pulak wqwqwq

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya