Resep Sayur Bunga Pepaya Lezat dan Tidak Pahit

resep sayur bunga pepaya

Resep sayur bunga pepaya lezat dan tidak pahit ini sudah dipraktekkan oleh suami saya. Iya, suami yang metik daun serta bunga pepaya dan memasaknya. Saya bagian bantu nguleg bumbu dan foto-foto aja. Saya bagikan ceritanya di sini, kali aja ada yang pengen praktek juga.

Saya sendiri, pertama kali makan sayur bunga pepaya saat bertugas ke Kupang, sekitar 15 tahun yang lalu. Saat itu saya heran, bagian mana bunga pepayanya yang di sayur, kok bunganya kecil-kecil gitu. Setahu saya, bunga pepaya itu agak besar.

Sekali itu saja, setelah itu saya nggak pernah lagi makan sayur bunga pepaya. Sampai akhir November 2020 kemarin kami mudik ke Klaten.

Kami lagi keliling sekitar rumah. Suami tiba-tiba menarik tangan saya, di ajak ke arah kebun milik tetangga sebelah rumah. Ada banyak pohon pepaya di sana, beberapa sedang berbunga. Kok sepertinya saya baru sekali ini lihat bunga pepaya kayak gitu, kecil-kecil dan jumlahnya banyak sekali dalam satu tangkai.

Suami bilang kalau bunga itu enak di sayur. Terus dia minta tolong saya buat ke rumah tetangga dan bilang minta bunga pepaya. Setelah meminta ijin, baru deh suami metik bunga pepaya dan juga daun pepayanya yang masih muda dari pohonnya. Getahnya lumayan banyak juga.

Suami lalu memetik bunga pepaya dari tangkainya, mengiris-iris daunnya, lalu mencucinya.

Sebelum dilanjutkan ke pembahasan resep sayur bunga pepaya serta proses memasak, kita kenali dulu yuk jenis-jenis bunga pepaya. Supaya jangan sampai bingung kayak saya, kok bunga pepaya bisa di masak.

Jenis Bunga Pepaya

Ternyata, bunga pepaya itu ada tiga jenis, bunga pepaya jantan, bunga pepaya betina dan bunga pepaya hermaprodit.

Bunga pepaya jantan, hanya memiliki benang sari, sementara bunga pepaya betina hanya memiliki putik. Yang sempurna, bunga pepaya hermaprodit, memiliki benang sari dan juga putik dalam satu bunga.

Bunga pepaya jantan
Bunga pepaya jantan
Bunga pepaya hermaprodit
Bunga pepaya hermaprodit

Nah, yang sering saya lihat selama ini adalah bunga pepaya yang hermaprodit. Sedangkan yang biasa di masak adalah bunga pepaya jantan.

Cara Merebus Daun dan Bunga Pepaya Agar tidak Pahit

Kita lanjut ke proses mengolah bunga dan daun pepaya tadi ya. Setelah di iris-iris dan di cuci bersih, daun dan bunga pepaya tadi di rebus. Saat merebusnya, suami memasukkan beberapa pucuk daun jambu biji ke dalam rebusannya. Katanya itu supaya daun dan bunga pepayanya tidak pahit.

Untung di sekitar rumah orang tua saya di Klaten juga banyak tanaman jambu biji, jadi ya tinggal petik aja. Kata suami, bisa juga di campur pucuk daun singkong. Tapi karena nggak ada tanaman singkong di kebun tetangga, jadi kami nggak pakai.

merebus bunga pepaya agar tidak pahit
Proses merebus bunga pepaya

Ngerebusnya juga nggak lama-lama kok, 15 menitan aja. Setelah itu angkat dan tiriskan untuk membuang airnya. Daun jambu yang direbus dengan bunga pepayanya tadi nggak usah di buang nggak apa-apa, ntar di masak juga.

Rebusan bunga dan daun pepaya
Rebusan bunga dan daun pepaya

Campuran Ikan Mas Asap

Bunga pepayanya mau di masak gulai. Biar makin lezat, di kasih campuran ikan. Pas banget, ada yang jual ikan mas di pasar, jadi kami beli satu kilo.

Setelah ikannya di bersihkan, dipotong-potong lalu di asap. Tadinya udah mau saya goreng aja, tapi kata suami lebih enak kalau di asap. Ya udah, asal dia yang melakukan proses pengasapan itu.

Untungnya emang ibu saya biasa masak juga pakai kayu bakar. Jadi nggak masalah kalau ikannya mau di asap. Tinggal buat bara api aja di tungku, lalu di kasih daun-daun kering, jadi deh asapnya. Tinggal taruh pemanggang diatas tungku.

ikan asap
Proses pengasapan ikan

Bumbu Gulai Bunga Pepaya

Ok, kita lanjut ke resep sayur bunga pepayanya ya. Bunga pepayanya sudah di rebus, ikan asap udah siap. Tinggal kita bahas bumbunya nih. Bumbu-bumbu untuk membuat gulai bunga pepaya ini adalah :

  • 1 sendok teh ketumbar
  • kunyit (kira-kira 2 cm)
  • jahe (kira-kira 2 cm)
  • cabe merah besar
  • cabe rawit
  • kemiri (kami pakai 10 butir)
  • cengkeh
  • kayu manis

Takaran bumbunya secukupnya aja ya. Bagi yang suka pedas, ya cabe rawitnya di perbanyak aja jumlahnya. Bagi yang nggak suka pedas, nggak usah pakai cabe rawit nggak apa-apa. Cukup pakai cabe merah besar aja, sedikit pedasnya dan bisa kasih warna merah di gulainya.

Secukupnya itu berapa? Kalau kamu sering masak pasti bisa memperkirakan sendiri.

Semua bumbu itu dihaluskan. Kalau di Malang, pasti bumbunya di blender. Berhubung di Klaten nggak ada blender, ya udah di uleg aja. Saya nih yang kebagian nguleg.

Selain bumbu yang dihaluskan, ada juga bumbu yang cukup di geprek saja, yaitu serai dan lengkuas.

Siapkan juga daun jeruk dan daun salam ya. masing-masing 3 lembar udah cukup kok.

Nggak pakai bawang merah bawang putih?

Pakai dong, bawang merah dan bawang putihnya nggak dihaluskan, tapi di iris-iris tipis aja.

Untuk santannya, diperoleh dari satu butir kelapa yang sudah tua. Santannya ada dua macam, perasan pertama untuk santan kentalnya. Sementara itu perasan kedua dan ketiga dipisahkan, sebagai santan encer.

Proses Memasak Gulai Bunga Pepaya

Proses memasak gulai bunga pepaya yang pertama adalah tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai tercium aroma enaknya. Bagiku aromanya enak, bukan harum. Ini kan bumbu, bukan parfum.

Setelah tercium aroma enak bumbunya, masukkan santan kentalnya. Masukkan juga bumbu yang telah dihaluskan. Serai dan lengkuas yang telah di geprek juga. Lalu masukkan bunga pepaya yang sebelumnya udah di rebus. Masukkan juga ikan asapnya. Daun jeruk dan daun salamnya jangan sampai ketinggalan.

Nggak sabar nunggu matangnya.

Setelah mendidih beberapa saat, masukkan santan encernya. Tunggu sampai bumbu meresap dan aromanya makin menggoda. Tambahkan juga garam, penyedap dan gula merah secukupnya. Cicipi untuk memastikan rasanya sudah pas sesuai selera.

Sementara menunggu, jangan lupa untuk segera masak nasi ya. Jangan sampai sayurnya udah matang, nasinya belum ada.

Masak di wajan besar menggunakan kompor ternyata lama sekali. Nggak sabar nunggu matangnya, akhirnya suami kembali menyalakan api di tungku. Masaknya pindah ke tungku.

memasak bunga pepaya tidak pahit
Masak di tungku

Rasanya pasti bakal lebih lezat nih masakan tungku dibanding masak pakai kompor.

Begitulah resep dan proses memasak sayur bunga pepaya agar tidak pahit. Setelah sayurnya matang, tak lupa kami bagikan juga ke tetangga. Para tetangga bilang enak, dan mereka kaget juga ternyata bunga pepaya itu bisa di sayur. Selama ini ya dibiarkan layu aja, paling daun mudanya saja yang diambil.

Kalau kamu, pernah makan sayur bunga pepaya juga? bagaimana rasanya?

64 Comments

  1. oalah ternyata tuh direbusnya bareng sama daun jambu or daun singkong yaa mba biar gak jadi pahit tuh bunga pepayanya, duh kebayang sedap banget sih tumis bunga pepaya tuh

  2. Aku udah lama banget ga makan sayur bunga pepaya. Biasanya dikasih mamahku. Beliau masaknya pakai teru medan, jadi ada asin-asinnya gitu, makin maknyuzzz 🙂 Kudu nyari daun jambu dulu berarti ya hihihi 😀

  3. Kebayang lezatnya opor daun pepaya
    Saya juga sering bikin. Tapi cuma dioseng aja karena banyak vitamin nya
    Kebetulan di depan rumah ada pohon pepaya yang cuma bisa berbunga
    Ditebang, tumbuh lagi. Tebang lagi tumbuh lagi 😀😀😀

  4. Mama saya, bahkan sampai sekarang masih suka masak pakai tungku Mba, sampai dia punya dapur sendiri khusus masak tungku, tapi karena sering makan masakan tungku, menurut saya biasa saja sih, ga beda ama masakan kompor, hahaha.

    Bunga pepaya dan daun pepaya muda itu favorit banget, waktu kecil mama saya sering masak kangkung campur bunga dan daun muda pepaya, nggak pake direbus dulu, tapi nggak pahit banget, tauk deh diapain, pas udah besar, saya cobain dong, eh yang ada ga kemakan saking pahitnya hahahaha

  5. Suka banget kami tuh sayur bunga pepaya. Mang sayur di sini sering bawa. Kalau petik dr pohon blm pernah. Enak banget. Biasanya aku campur teri. Kayaknya perlu dicoba nih ama ikan mas asap. Makasih resepnya…

  6. Kalau saya bukan cuma bunganya, daunnya juga sering. Iya, lalapan daun singkong dan daun pepaya itu biasa saya dan keluarga makan dengan lalap sambal ikan asin. Hehehe…

  7. Bunga pepaya kalo di kampungku di Sibolga, biasanya di tumis pedas mba. Tapi aku pernah liat mama di jadiin campuran gulai. Dan aku sukaaaaa, mau di tumis atopun gulai.

    Cuma, Krn aku terbiasa Ama rasa pahit sayuran, jd jujurnya aku LBH suka justru yg pahit. Asalkan dimasak puedeeees yaaaa. Itu manteeep.

    Tapi resepnya aku pengen cobain deh mba. Aku percaya dimasak pake tungku gini pasti LBH enak. Pasti aromanya beda, LBH smoky. Masalahnya, agak susah kalo di rumahku mau masak dgn tungku 😅.

  8. Nampol banget ini pagi-pagi mampir ke marih, inget ini Bentar lagi jam sarapan, lah, haha..

    Btw itu bumbu buat gulai bunga pepaya nya nggak pakai lengkoas ya mbak?

    Daku biasanya menggulai suka pakai lengkoas, hehe

  9. Beberapa hari yang lalu mamaku masak ini juga, akupun nyoba tapi ternyata tetep berasa pahit. Kecewa deh aku. Kalo udah tau ada solusi dari rasa pahitnya nih pastinya aku bakal nambah makan hehehe

  10. Sungguh. Baru kali ini loh saya liat Bunga Pepaya. Dan baru tau kalo ada yang jantan dan betina. Jadi nambah pengetahuan baru.

    Hebat loh suami Mbak bisa memproses dan memasak dengan cara tradisional begitu. Ngeliat fotonya aja dah kebayang enaknya. Apalagi jika dinikmati dengan ikan yang diasapin itu. Makannya bisa nambah terus itu hihihi

  11. Owalaaa, jadi rahasia mengeliminir pahit tuh dari daun jambu biji y mbaaa
    sip sippp, ini tetangga juga ada yg punya pohon jambu biji siik.
    mau nyuwun beberapa ahh wkwkw

  12. Ibuku juga kalau masak bunga atau daun pepaya direbusnya pakai jambu biji, Mbak. Tapi belum pernah coba digulai, lain kali mau kasih resep ini ke beliau ah. Terima kasih sharingnya, Mbak.

  13. Mantap kali itu pakai tungku masaknya, sayur bunga pepaya tambah ikan asap pula wahhh..jadi ingat Medan pas tinggal di sana sering makan. Kalau enggak digulai, ditumis pedas gitu campur terinasi..enak sekali.
    Aku tahunya juga pas tinggal di Sumut terus sampai sekarang masak sendiri
    Tapi baru tahu kalau dicampur daun jambu buat ngilangin pahitnya
    Biasa campur daun singkong aja kalau ada.
    Memang bisa bikin tambah nasi lagi dan lagi ini menunya haha

  14. Duh, Mbaaa, itu masak di tungku kayu pasti enak banget deh rasanya, ya? Jadi kangen masa kecil dulu, saat masih tinggal di kampung dan nenek masih ada, beliau seneng banget masak di tungku kayu.
    Btw, thanks resep bunga pepayanya, biasa kami dibikin campuran pecel, atau ditauco aja, Mba. Belum pernah dicampur dengan ikan gini. Thanks resepnya, Mba Nanik.

  15. Keren euy, daun pepayanya bisa gak pahit. Saya waktu beli di warteg aja terasa pahit. Untung waktu itu sambelnya enak. hihi jadi rasa pahitnya berkurang banyak.

  16. Kalo saya pribadi dan keluarga setiap masak sayur bunga pepaya dan daun pepaya memang lebih suka yang rasanya pahit. Karena lebih natural dan menurut saya lebih enak, namun tergantung pilhan tiap2 orangnya sih kak. Konon konsumsi daun pepaya yang pahit bisa membersihkan usus besar (colon) kita.. ada risetnya juga lho…..

  17. Paling suka dengan sayur kates/pepaya baik itu daun atau bunganya saja…suka yang pahitnya lebih natural mbak…

  18. Ibuku sering mba masak ini dan aku ngga pernah bisa merasakan nikmatnya karena pait. Huhu. Mungkin cara ini wajib dicoba dlu yaahh. Katanua orang padahal enak bunga pepaya tuh. Tapi aku salu dpt yg pait huhu

  19. Wah, bisa digulai juga ya Mbak. Kalau saya selama ini makan anyang bunga dan daun pepaya jantan. Dimasak pakai parutan kelapa yang dikasih cabe. Ada pahit-pahitnya sih, tapi bikin nagih

  20. Mba Nanik, baunya sampe sini hayo lhooh. Ohhh baru tau juga bunga pepaya ada yang hermaprodit, dihh ke mana aja wkwk. Terus, sampe sekarang masih belum berani masak daun pepaya giniii, takut tetep pahit. Boleh deh ntar dicoba tipsnya. Makasiiih.

  21. Aku suka makan sayur bunga pepaya tapi gak pernah masak sendiri jadi ga tau cara masaknya juga. Memang kadang ada yang pahit sih sayurnya. Makanan yang dimasak pakai tungku aromanya beda lebih enak kalau menurut aku

  22. Ya ampuuun. Masak di tungku. Jadi teringat waktu main ke rumah almh. Mbah di Tulungagung. Masaknya di pawon batu pake kayu bakar.
    Tumis Bunga Pepaya enggak pernah makan sama sekali. Yang pernah itu makan ontong (jantung pisang), tapi cuma sekali, hehe. Ditumis pedas gitu. Teksturnya agak kenyal kayak jamur tiram ya kalo gak salah?

  23. Nah iya banget aku paling malas tu makan sayur daun pepaya rata2 pait haha.. tapi mamaku suka banget.. kata dia pait itu malah obat 🙂

  24. Wah, pengolahannya keren banget sampai nggak terasa pahit, pasti rasanya sedap banget ya pakai ikan asap juga. Auto nambah nasi panas teruuus..

  25. Kalau lagi masak bunga pepaya aku bagi dua, soalnya suamiku suka lebih pedas..Jadi buat anak-anak disisihkan dulu, baru yang buat suami aku tambahin cabenya. Atau kalau enggak cabe rawit aku utuhin dan baru disiapkan pas mau disajikan
    memang enak tenan ini

  26. pernah mbak, tapi dibuat lalap gitu
    pas beli pecel di daerah sarangan, klo yg resep seperti mbak ini blm
    pengen sih tapi g bs masaknya, haha

  27. duh jadi keidean nih mau buat pindang, gara-gara melihat potongan ikan… hahaha.. padahal ga ngebahas pindang ya, Mba. Tapi dr kemarin saya tuh penasaran mau coba numis daun paya sendiri. Memang kata mama kalau daun paya ga mau pahit ya campur dengan daun jambu biji. Saya pernah buktikan dengan memakan lalap daun pepaya dan daun jambu. Bener nggak pahit.. enak apalagi makannya pakai sambel terasi.. wuiiih…

    Btw, itu napa dah pepaya aja ada yang banci.. duuh…

  28. Wah iya bener ya mba, masak sayur bunga pepaya itu tricky, dan kalau ga pintar bisa pahit.. jadi ingat di rumah ibu kalau masak bunga pepaya memang direbuskan pake campuran daun jambu katanya biar ga pahit… Dimasak enak kalau dicampur pepaya parut… Kami menyebutkanya anyang…

    Eh lihat masak pake tungku kebayang hasilnya bakal lebih empuk dan harum …

  29. Aku pengen nyendok nasi kalau lihat sayur bunga pepaya. Eh aku kok ngerebus bunga pepaya warnanya jadi pucet kalau dicampur daun jambu kok yang digambar masih ijo ya, apa sebentar aja rebusnya?

  30. Jadi kangen masa-masa dulu waktu simbahku masih ada mba. Setiap kali menjenguk beliau di Wates Kulon Progo, masaknya ya di pawon gitu. Enak kalau sayur bersantan dimasak di atas pawon, ada rasa sangit-sangit dikit menambah enak citarasa masakannya.

  31. Pepaya ini kalau nggak ngerti ngolahnya bisa-bisa pahit jadinya. Cocok banget niihhh tipsnya untuk dicoba buat bikin olahan sayur dari pepaya 😀

  32. Belum pernah sekalipun masak bunga pepaya. Seringnya masak daun pepaya. Biar gak pahit direbus pakai tanah dulu. Biasanya pakai tanah merah lempung. Teksturnya lengket. Btw Kayaknya enak tuh masak bunga pepaya.

  33. Wah baru tau kalau caranya dicampur sama ikan asap. saya juga pernah makan daun pepaya yang gak pahit. tapi gak tau gimana caranya. skrg jadi, tau.

  34. Sayur bunga pepaya ini favorit suami saya. Kalo saya malah tidak doyan krn rasanya yg pahit2 gitu. Saya cuma masakin doang buat suami. Biasanya saya tumis kering ditambah ebi biar rasa pahitnya memudar.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya