Resep Sayur Bunga Pepaya Lezat dan Tidak Pahit




Resep sayur bunga pepaya lezat dan tidak pahit ini sudah dipraktekkan oleh suami saya. Iya, suami yang metik daun serta bunga pepaya dan memasaknya. Saya bagian bantu nguleg bumbu dan foto-foto aja. Saya bagikan ceritanya di sini, kali aja ada yang pengen praktek juga.

Saya sendiri, pertama kali makan sayur bunga pepaya saat bertugas ke Kupang, sekitar 15 tahun yang lalu. Saat itu saya heran, bagian mana bunga pepayanya yang di sayur, kok bunganya kecil-kecil gitu. Setahu saya, bunga pepaya itu agak besar.

Sekali itu saja, setelah itu saya nggak pernah lagi makan sayur bunga pepaya. Sampai akhir November 2020 kemarin kami mudik ke Klaten.

Kami lagi keliling sekitar rumah. Suami tiba-tiba menarik tangan saya, di ajak ke arah kebun milik tetangga sebelah rumah. Ada banyak pohon pepaya di sana, beberapa sedang berbunga. Kok sepertinya saya baru sekali ini lihat bunga pepaya kayak gitu, kecil-kecil dan jumlahnya banyak sekali dalam satu tangkai.

Suami bilang kalau bunga itu enak di sayur. Terus dia minta tolong saya buat ke rumah tetangga dan bilang minta bunga pepaya. Setelah meminta ijin, baru deh suami metik bunga pepaya dan juga daun pepayanya yang masih muda dari pohonnya. Getahnya lumayan banyak juga.

Suami lalu memetik bunga pepaya dari tangkainya, mengiris-iris daunnya, lalu mencucinya.

Sebelum dilanjutkan ke pembahasan resep sayur bunga pepaya serta proses memasak, kita kenali dulu yuk jenis-jenis bunga pepaya. Supaya jangan sampai bingung kayak saya, kok bunga pepaya bisa di masak.

Jenis Bunga Pepaya

Ternyata, bunga pepaya itu ada tiga jenis, bunga pepaya jantan, bunga pepaya betina dan bunga pepaya hermaprodit.

Bunga pepaya jantan, hanya memiliki benang sari, sementara bunga pepaya betina hanya memiliki putik. Yang sempurna, bunga pepaya hermaprodit, memiliki benang sari dan juga putik dalam satu bunga.

Bunga pepaya jantan
Bunga pepaya jantan
Bunga pepaya hermaprodit
Bunga pepaya hermaprodit

Nah, yang sering saya lihat selama ini adalah bunga pepaya yang hermaprodit. Sedangkan yang biasa di masak adalah bunga pepaya jantan.

Cara Merebus Daun dan Bunga Pepaya Agar tidak Pahit

Kita lanjut ke proses mengolah bunga dan daun pepaya tadi ya. Setelah di iris-iris dan di cuci bersih, daun dan bunga pepaya tadi di rebus. Saat merebusnya, suami memasukkan beberapa pucuk daun jambu biji ke dalam rebusannya. Katanya itu supaya daun dan bunga pepayanya tidak pahit.

Untung di sekitar rumah orang tua saya di Klaten juga banyak tanaman jambu biji, jadi ya tinggal petik aja. Kata suami, bisa juga di campur pucuk daun singkong. Tapi karena nggak ada tanaman singkong di kebun tetangga, jadi kami nggak pakai.

sayur bunga pepaya
Proses merebus bunga pepaya

Ngerebusnya juga nggak lama-lama kok, 15 menitan aja. Setelah itu angkat dan tiriskan untuk membuang airnya. Daun jambu yang direbus dengan bunga pepayanya tadi nggak usah di buang nggak apa-apa, ntar di masak juga.

sayur bunga pepaya
Rebusan bunga dan daun pepaya

Campuran Ikan Mas Asap

Bunga pepayanya mau di masak gulai. Biar makin lezat, di kasih campuran ikan. Pas banget, ada yang jual ikan mas di pasar, jadi kami beli satu kilo.

Setelah ikannya di bersihkan, dipotong-potong lalu di asap. Tadinya udah mau saya goreng aja, tapi kata suami lebih enak kalau di asap. Ya udah, asal dia yang melakukan proses pengasapan itu.

Untungnya emang ibu saya biasa masak juga pakai kayu bakar. Jadi nggak masalah kalau ikannya mau di asap. Tinggal buat bara api aja di tungku, lalu di kasih daun-daun kering, jadi deh asapnya. Tinggal taruh pemanggang diatas tungku.

ikan asap
Proses pengasapan ikan

Bumbu Gulai Bunga Pepaya

Ok, kita lanjut ke resep sayur bunga pepayanya ya. Bunga pepayanya sudah di rebus, ikan asap udah siap. Tinggal kita bahas bumbunya nih. Bumbu-bumbu untuk membuat gulai bunga pepaya ini adalah :

  • 1 sendok teh ketumbar
  • kunyit (kira-kira 2 cm)
  • jahe (kira-kira 2 cm)
  • cabe merah besar
  • cabe rawit
  • kemiri (kami pakai 10 butir)
  • cengkeh
  • kayu manis

Takaran bumbunya secukupnya aja ya. Bagi yang suka pedas, ya cabe rawitnya di perbanyak aja jumlahnya. Bagi yang nggak suka pedas, nggak usah pakai cabe rawit nggak apa-apa. Cukup pakai cabe merah besar aja, sedikit pedasnya dan bisa kasih warna merah di gulainya.

Secukupnya itu berapa? Kalau kamu sering masak pasti bisa memperkirakan sendiri.

Semua bumbu itu dihaluskan. Kalau di Malang, pasti bumbunya di blender. Berhubung di Klaten nggak ada blender, ya udah di uleg aja. Saya nih yang kebagian nguleg.

Selain bumbu yang dihaluskan, ada juga bumbu yang cukup di geprek saja, yaitu serai dan lengkuas.

Siapkan juga daun jeruk dan daun salam ya. masing-masing 3 lembar udah cukup kok.

Nggak pakai bawang merah bawang putih?

Pakai dong, bawang merah dan bawang putihnya nggak dihaluskan, tapi di iris-iris tipis aja.

Untuk santannya, diperoleh dari satu butir kelapa yang sudah tua. Santannya ada dua macam, perasan pertama untuk santan kentalnya. Sementara itu perasan kedua dan ketiga dipisahkan, sebagai santan encer.

Proses Memasak Gulai Bunga Pepaya

Proses memasak gulai bunga pepaya yang pertama adalah tumis irisan bawang merah dan bawang putih sampai tercium aroma enaknya. Bagiku aromanya enak, bukan harum. Ini kan bumbu, bukan parfum.

Setelah tercium aroma enak bumbunya, masukkan santan kentalnya. Masukkan juga bumbu yang telah dihaluskan. Serai dan lengkuas yang telah di geprek juga. Lalu masukkan bunga pepaya yang sebelumnya udah di rebus. Masukkan juga ikan asapnya. Daun jeruk dan daun salamnya jangan sampai ketinggalan.

sayur bunga pepaya
Nggak sabar nunggu matangnya.

Setelah mendidih beberapa saat, masukkan santan encernya. Tunggu sampai bumbu meresap dan aromanya makin menggoda. Tambahkan juga garam, penyedap dan gula merah secukupnya. Cicipi untuk memastikan rasanya sudah pas sesuai selera.

Sementara menunggu, jangan lupa untuk segera masak nasi ya. Jangan sampai sayurnya udah matang, nasinya belum ada.

Masak di wajan besar menggunakan kompor ternyata lama sekali. Nggak sabar nunggu matangnya, akhirnya suami kembali menyalakan api di tungku. Masaknya pindah ke tungku.

memasak sayur bunga pepaya tidak pahit
Masak di tungku

Rasanya pasti bakal lebih lezat nih masakan tungku dibanding masak pakai kompor.

Begitulah resep dan proses memasak sayur bunga pepaya agar tidak pahit. Setelah sayurnya matang, tak lupa kami bagikan juga ke tetangga. Para tetangga bilang enak, dan mereka kaget juga ternyata bunga pepaya itu bisa di sayur. Selama ini ya dibiarkan layu aja, paling daun mudanya saja yang diambil.

Kalau kamu, pernah makan sayur bunga pepaya juga? bagaimana rasanya?

64 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *