• PengalamanKu

    Semua Ada Masanya

    Lagi dikomporin sama teman-teman kantor untuk ngambil kredit perumahan. Saat ini, saya memang masih tinggal di rumah kontrakan. Kata teman-teman sih, mumpung masih muda, anak-anak masih kecil, ayuk ambil kredit. Mumpung PNS, kan lebih dipercaya ama pihak bank tuh, cukup bawa SK aja. Ayo kita berhutang, kata teman yang selalu saja “menyekolahkan” SK nya. Selesai satu pinjaman dari bank A, dipindahlah ke bank B. Di bank B lunas, cari-cari lagi kesempatan dapat pinjaman. Nggak bakalan bisa kamu punya rumah kalau nggak berani berhutang, kata teman saya yang lain. Sekarang kamu nabung, ntar tabunganmu udah banyak, harga rumah lho udah naik. Jadi, sekarang saja, yang penting sudah ada cukup dana untuk…

  • NaylaKu,  SatriaKu

    Obrolan Anak-anak

    Pagi hari, saya, babang dan dd seperti biasanya sedang bermain-main di taman. Capek kejar-kejaran, kami pun menggelosor diatas rerumputan. Dari jauh terdengar deru suara pesawat, anak-anak langsung bangkit dan mendongakkan kepala ke langit, menunggu pesawat melintas. Tak berapa lama, jauh diatas, terlihat pesawat melintas, anak-anak pun makin girang, da da pada pesawat. Loncat-loncat sambil melambaikan tangan “Papa di atas sana!” kata babang. “Bental agi papa tulun!” si dd menimpali. Ah, rupanya anak-anak sudah kangen dengan papanya. Yah, sudah sebulan ini papanya tak pulang. Setelah pesawat tak lagi kelihatan dan gemuruh suaranya pun tak terdengar lagi, kami kembali duduk. Lalu terjadilah dialog antara dd dengan babang. “Bang, yuk kita ke sumata”…

  • PengalamanKu

    Catatan Akhir Bulan

    Hari ini, tanggal terakhir dibulan mei 2012. Kalau tidak salah ini hari tanpa tembakau atau tanpa asap rokok gitu yach. Jadi ingat peristiwa setahun yang lalu. Hari ini, setahun yang lalu, suami memutuskan berhenti merokok. Tanpa pengurangan bertahap, langsung berhenti total. Tak ada yang memaksa, ini dilakukan atas keinginan sendiri. Kesadaran bahwa ada dua bayi yang bisa terkontaminasi asap rokoknya. Aslinya sih karena sering saya larang dekat anak-anak kalau saya cium ada aroma rokok pada dirinya 🙂 Beratkah? Dari yang setiap hari rata-rata satu bungkus, menjadi tak merokok sebatangpun? Beratlah, apalagi kebiasaan kalau habis makan langsung merokok, lalu tak ada rokok. Lebih berat lagi kalau kumpul dengan teman-temannya. Semua menghembuskan…

  • PengalamanKu

    Komunikasi, Itulah Kuncinya

    Menjalani kehidupan pacaran jarak jauh (Korea – Malang) selama 2 tahun. Menjalani kehidupan rumah tangga, dimana lebih sering berada ditempat terpisah dibanding tinggal satu rumah selama hampir 4 tahun (Bengkulu – Malang). Tentu saja berat bagi kami berdua. Bukan kami tak ingin tinggal bersama dalam satu atap. Namun kondisi saat ini belum memungkinkan kami tinggal bersama. Komunikasi, saling terbuka, saling percaya, itu yang membuat hubungan kami tetap berjalan baik hingga sekarang. Bukannya kami tak pernah bertengkar, bukannya kami tak pernah berselisih paham, bukannya kami tak pernah memendam kejengkelan. Semua itu pernah terjadi dalam hubungan kami. Namun, jarak yang jauh membuat kami tak sempat berlama-lama untuk melakukan hal itu. Tak bisa…

  • WisataKu

    [Trip] Bengkulu : Tarian Serawai

    Liburan panjang kemarin, kembali saya ke Bengkulu. Menghadiri resepsi pernikahan keponakan saya. Melihat dan mengamati lagi budaya baru. Malam menjelang resepsi ada hiburan organ tunggal di rumah. Siapapun boleh naik ke panggung untuk menyumbangkan suaranya, menghibur para tamu undangan. Sang pengantin pun tak ketinggalan didaulat untuk naik ke panggung dan menyanyikan beberapa buah lagu Siangnya acara resepsi di gedung. Sebelum naik ke pelaminan, pengantin di daulat melakukan tarian. Namanya tarian serawai. Kata pembawa acara, ini adalah tarian untuk melepas status bujang. Pengantin lelaki dan perempuan melakukannya secara terpisah. Pengantin lelaki bersama para lelaki, keluarga maupun sahabat. Sementara pengantin perempuan menari bersama para perempuan, saudara dan sahabat.     Usai tarian…

  • WisataKu

    [Trip] Pagar Alam – Manna – Bengkulu

    Terbangun di pagi hari, 24 Maret. Masih di villa di kaki gunung Dempo. Mumpung anak-anak masih tidur, sempatkan jalan-jalan keluar sebentar. Melihat hamparan kebun teh, berharap dapat melihat rombongan ibu-ibu dengan bakul dipunggung dan tangan cekatan memetik pucuk-pucuk daun teh. Tapi saya tak menemukan itu. Yang saya temukan adalah serombongan bapak dengan beberapa mesin dan karung. Lalu terdengar suara bising. Oh, rupanya memetik daun teh tak lagi pakai tangan. Dengan menggunakan mesin maka akan lebih cepat. Saya baru tahu sekarang.   Sekitar pukul 9 kami tinggalkan villa. Mampir warung makan. Telat banget jam segitu baru sarapan. Habis sarapan disambung rapat keluarga sebentar, sambil menunggu para ‘sopir’ mencari pasokan bahan bakar.…

  • WisataKu

    [Trip] Bengkulu – Pagar Alam

    Di bengkulu sebenarnya ada beberapa tempat yang layak untuk dikunjungi. Berhubung waktunya singkat disana, maka beberapa tempat cukup dilewati saja, plus sedikit penjelasan dari suami. 21 Maret, sore hari, saya diajak ke Pantai Panjang. Kata orang sana, diberi nama pantai panjang karena memang ukuran pantainya panjang :). Menyusuri pantai dan bermain-main dengan ombak sebentar. Lalu dilanjutkan mencari tempat orang jual ikan hasil tangkapan laut.     Yang paling menarik, tentu saja kepiting. Milih-milih yang bagus dan besar-besar. Setelah ditimbang hampir 2 kilo, harganya? Murah banget menurut saya, cuma 15 ribu rupiah! Bakal puas nih makan kepiting. Habis beli ikan, kami mampir ke warung-warung yang ada disepanjang pantai. Menikmati jagung bakar…

  • WisataKu

    [Trip] Malang – Bengkulu

    21 Maret, akhirnya jadi juga saya dan si kecil naik pesawat menuju Bengkulu. Berangkat dari rumah jam 07.00, menggunakan taksi menuju bandara Abdul Rahman Saleh, Malang. Tak sampai setengah jam, kami sampai dibandara. Chek-in lalu menunggu di ruang tunggu. Pesawat terlambat 30 menit dari jadwal semula. Si kecil begitu naik pesawat langsung minta mimik susu, dan terlelap hingga mendarat di Jakarta. Pukul 12, kami kembali masuk ke pesawat. Sebentar lagi pastinya bakal terbang. Pas di dalam, sama pramugari ditanya begini “anaknya duduk sendiri atau dipangku?” Pertanyaan tak cerdas menurut saya, jelas-jelas Nayla saya pangku kok tanyanya begitu. “Di pangku” saya tetap menjawab, walau mungkin sebenarnya tak perlu. “Infant?” pramugari itu…

  • SatriaKu

    Ketika si Bocah Naik Pesawat

    Tuing! BB ku berbunyi. Pertanda ada pesan masuk. Ternyata dari suami. “Tiba jakarta jam 12.05. Br abis makan, abang ingat adek! Dedek mamam sama mbak ju, sama mama.. papa sama babang naik pesawat.. dia menikmati angkasa.. tanya apa yang dilihatnya” Alhamdulillah satriaku, yang baru pertama naik pesawat nggak rewel di jalan dan menikmati penerbangannya. Ceritanya, pagi ini satria (2,5 tahun) diajak papanya ke bengkulu. Pertama kalinya satria naik pesawat. Tadi dia jam 3 dini hari sudah bangun dan nggak mau bobok lagi. Liatin tas dan koper, sambil nanya itu apa. Jam 6 travel jemputan ke Juanda sudah datang. Alhamdulillah travel tepat waktu. Setelah salim dan sayang pipi kanan kiri, masuklah…