Tips Menjaga Kehamilan di Masa Pandemi




Masa-masa kehamilan merupakan masa yang paling membahagiakan bagi bunda dan ayah dikarenakan pada saat ini mereka tengah berbahagia menantikan si buah hati. Proses kehamilan merupakan suatu hal yang paling didambakan oleh semua wanita di dunia. Pada saat kehamilan banyak sekali perubahan terjadi pada bunda baik yang terlihat secara fisik ataupun tidak. Beberapa perubahan yang dialami oleh para bunda yaitu tubuh merasa lebih cepat lelah, sering mengalami pusing dan mual, perubahan bentuk tubuh, dan terjadinya perubahan tingkat hormon.

Kesehatan bunda pada masa kehamilan sangat berpengaruh dengan kesehatan janin yang dikandungnya. Janin yang dikandung oleh bunda yang memiliki penyakit, berkemungkinan besar juga tertular penyakitnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk bunda menjaga kesehatannya selama masa kehamilan. Dalam menjaga kesehatan bunda, penting sekali menerapkan pola hidup sehat dalam berbagai aspek kehidupan apalagi di masa pandemi saat ini.

Hamil di Masa Pandemi, Musibah atau Anugerah?

Pandemi Covid-19 masih belum jelas kapan akan berakhirnya. Rasa was-was masih sering menghampiri kala mau bepergian ke tempat umum. Kalau hamil di masa pandemi, bahagia karena merasa mendapat anugerah, atau malah selalu was-was dan menganggap itu sebagai musibah?

Eh, tapi beberapa teman saya mengalami lho, hamil di masa pandemi. Ada yang menganggap sebagai anugerah, karena memang sudah lama mendambakan kehadiran seorang bayi. Dia pun selalu menerapkan protokol kesehatan yang ketat kala harus berkunjung ke rumah sakit/poliklinik untuk kontrol kandungannya.

Ada juga yang menganggapnya sebagai musibah. Lagi pandemi, kena PHK karena industri tempat kerjanya terus mengalami kerugian, tak ada lagi pendapatan tetap, eh malah hamil. Padahal punya bayi itu kan butuh biaya tidak sedikit untuk mencukupi kebutuhannya.

Musibah ataupun anugerah memang kita nggak bisa memaksa orang berpendapat sama dengan kita ya.

Menjaga Kehamilan di Masa Pandemi

Kehamilan merupakan salah satu faktor pemberat atau komorbid selain lansia, penderita diabetes dan hipertensi yang apabila terinfeksi virus corona beresiko mendatangkan gejala yang berat. Oleh sebab itu, ada beberapa cara untuk membantu bunda menjaga kehamilan di masa pandemi ini.

1. Rajin melakukan kontrol kehamilan

Meskipun di masa pandemi, bunda tetap harus melakukan kontrol sesuai dengan jadwal dari dokter kandungan bunda. Pada saat kontrol dipastikan tetap mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan ya, agar bunda dan si kecil tetap terlindungi dengan baik.

2. Memperhatikan Nutrisi yang dibutuhkan

Selain si kecil yang penting untuk mendapatkan produk bayi yang bagus, nutrisi yang dibutuhkan bunda juga sangat penting untuk diperhatikan. Sama halnya dengan produk bayi yang bagus bagi si kecil, nutrisi yang sesuai bagi bunda bisa membantu menjaga kondisi agar selalu dalam keadaan prima dan tidak mudah terkena virus. Jika produk bayi yang bagus salah satunya minyak telon bayi , untuk bunda nutrisi yang harus dipenuhi yaitu karbohidrat, protein, zat besi, asam folat, vitamin, dan kalsium yang cukup.

Produk bayi yang bagus
Produk perawatan bayi (sumber gambar sleekbaby)

3. Rajin berolah raga

Selain mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan, bunda juga harus menjaga kesehatan tubuhnya dengan rajin berolah raga. Olah raga selain mampu menjaga kesehatan juga mampu membantu proses persalinan bunda nantinya. Oleh karena itu penting sekali untuk bunda berolah raga seperti yoga ataupun hanya jalan-jalan santai di taman.

22 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *