Tenang Menjalani Kehamilan di Masa Pandemi Bersama SehatQ.com

sehatq.com

Adakah pembaca blog ini yang sedang hamil saat ini? Bagaimana perasaannya? Bahagia tentunya ya, walau ada rasa was-was juga saat harus periksa ke dokter di rumah sakit maupun bidan di klinik bersalin. Rasa was-was kalau sampai terpapar virus Corona. Padahal ibu hamil itu kan harus tenang, karena perasaan was-was itu akan dirasakan juga oleh janin di dalam perutnya. Supaya rasa was-wasnya hilang, baca terus deh tulisan saya kali ini yaitu tenang menjalani kehamilan di masa pandemi bersama sehatQ.com

Kehamilan yang telah Lama Dinantikan

Sore itu saya sedang menemani Toto bermain ketika handphone berdering. Telepon dari seorang sahabat yang tinggal di kota yang berlainan dengan saya.

Tumben dia nelpon sore begini, biasanya dia tuh kalau nelpon pasti malam hari, saat anak-anak sudah tidur. Jadinya kami bebas ngobrol lama-lama, tanpa ada interupsi dari anak-anak.

Meski heran, saya angkat juga telponnya. Tentu saja minta ijin dulu sama Toto. Kalau tidak, dia pasti bakal protes.

“Nan, aku hamil!”

Teriakannya langsung terdengar begitu saya mengangkat telpon. Sampai lupa nggak ngucap salam dia nih. Saking bahagianya mungkin. Saking ingin segera mengabarkan pada saya.

Saya pun memaklumi, dan ikut merasa gembira juga. Ya Allah… akhirnya kabar gembira itu datang juga.

Sudah 10 tahun sahabat saya ini menikah, usianya kini menjelang 40. Lama dia menunggu untuk bisa memiliki anak. Berbagai upaya medis dan juga alternatif telah dia tempuh, demi bisa hamil.

Dan kini dia mengabarkan bahwa dia hamil. Ah, ini adalah kabar menyenangkan yang saya terima. Menyelip diantara kabar-kabar kurang menyenangkan yang datang sebagai efek dari pandemi Corona ini.

Sebenarnya kami masih ingin banyak berbincang soal kehamilannya, namun rengekan Toto ngajak main menghentikan percakapan kami. Yah, beginilah kalau punya balita, mesti diprioritaskan. Walau emaknya ini ingin melakukan aktivitas lain, harus ditunda demi melayani si balita.

Eh, kok malah curhat sih!

Tetap tenang menjalani kehamilan di masa pandemi

Malamnya, saat anak-anak sudah tidur, kami melanjutkan perbincangan yang terputus sore tadi. Dia banyak bertanya pada saya, yang dianggapnya lebih berpengalaman dalam urusan hamil. Iyalah, soalnya saya ini sudah hamil tiga kali hehehe…

Saya berikan jawaban standar aja sih, sebagai bekal bagi sahabat saya ini dalam menjalani masa kehamilannya itu. Saya memberikan saran berdasarkan pengalaman saya selama hamil tiga kali, yaitu :

  1. Jaga pola makan, makan secara teratur dan pastikan makanannya mengandung nutrisi. Soalnya kan asupan makanan janin sangat tergantung pada pada apa yang dimakan ibunya.
  2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan, apalagi di masa pandemi gini.
  3. Kurangi aktivitas fisik karena ibu hamil nggak boleh terlalu lelah, apalagi dia hamil di usia menjelang 40 tahun.
  4. Periksa ke dokter/bidan sebulan sekali
  5. Konsumsi vitamin, penambah darah, zat besi (ini biasanya diberikan oleh dokter/bidan saat periksa)
  6. Pikiran dan perasaan harus tenang, ibu hamil nggak boleh stress karena kondisi psikis ternyata juga mempengaruhi perkembangan janin

Di kasih saran kayak gitu, langsung sahabat saya protes.

“Gimana bisa tenang di masa pandemi gini, mau kontrol ke dokter kandungan juga kan jadinya ketemu banyak orang”

Iya sih. Apalagi kalau kontrolnya mesti ke rumah sakit atau poliklinik, pasti akan ketemu banyak orang. Apalagi kini banyak yang kena Corona ini dan terdeteksi sebagai orang tanpa gejala. Jadi makin was-was aja kan, kali aja pas ke rumah sakit ternyata berinteraksi dengan OTG ini.

Makanya penting banget untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat kalau mau kontrol ke rumah sakit. Dan supaya lebih tenang, saya sarankan sahabat saya untuk membaca artikel-artikel tentang kehamilan yang ada di situs sehatq.com

Walau saya sudah hamil tiga kali, tapi kan saran saya itu cuma berdasarkan pengalaman saja. Tidak dilandasi oleh ilmu kedokteran, ilmu tentang kandungan. Saya pun udah agak lupa gimana rasanya hamil, karena kehamilan terakhir sudah berlalu 4 tahun yang lalu.

Supaya tidak tersesat dan makin yakin, saya arahkan sahabat saya itu untuk bertanya pada ahlinya. Ahlinya, tentu saja dokter dengan spesialisasi tentang kandungan.

Gimana caranya bertanya?

Gampang. Jaman maju gini.

Cukup install aplikasi sehatQ di handphone. Di aplikasi sehatQ ini ada fitur untuk chat Dokter. Kita bisa memilih dokter umum maupun spesialis dari berbagai rumah sakit. Nggak terbatas rumah sakit yang ada di tempat tinggal kita aja.

Fitur chat dokter aplikasi sehatQ
Fitur chat dokter di aplikasi sehatQ

Sahabat saya ini tentu saja seneng banget, karena dia bisa tanya dokter kapanpun dia mau atau saat merasa ada masalah dengan kehamilannya, tanpa harus meninggalkan rumah.

Alhamdulillah, saya pun ikut senang bisa membantu sahabat. Walau tinggal berjauhan. Semoga saja sahabat saya itu bisa tetap tenang menjalani kehamilannya di masa pandemi ini.

36 Comments

  1. Alhamdulillah ikut senang buat temannya yang hamil, setelah menunggu lama pastinya mau yang terbaik untuk kehamilan pertamanya ya. Untuk konsultasi bisa lewat SehatQ ya cari cari rekomendasi dokter kandungan yang bagus juga

  2. Curhatan beberapa teman yang sedang hamil di masa pandemi ini bikin mereka was-was banget karena ada beberapa teman yang rumah sakitnya juga menerima pasien covid. Jadi memang belakangan mereka selalu cari informasi dan konsultasi melalui apps gitu.

  3. Meski bikin galau hamil di masa pandemi ini kayaknya ada banyak yang ngalami ya. Mulai dari tetangga, sampai keponakan yang hamil ada banyak. Aku panen makanan dan kue nih, hihii
    Alhamdulillah sekarang jaman digital, bisa nanya-nanya di aplikasi untuk konsultasi kandungan

  4. Ketika hamil di masa pandemi memang bikin galau ya..Apalagi pas urusan kontrol gitu..Hati-hati banget milih rumah sakit atau dokter…Untungnya menghubungi dokter sekarang bisa via aplikasi ya

  5. Alhamdulillah, ikut seneng mbk denger kabar temannya hamil. Semoga sehat selalu. Makin kesini makin dipermudah ya, termasuk untuk urusan konsultasi ke dokter. Tinggal instal sehatq.com bisa tanya tanya

  6. Aplikasi kesehatan seperti ini sangat terasa manfaatnya di masa pandemi seperti ini ya. Aku juga sempat memanfaatkan tuh. Kebantu banget, mana banyak informasi seputar kesehatan yang bisa dipelajari juga.

  7. Kirain mbak yang hamil hehe. Ini adekku jg tengah hamil mau lahiran kyknya bulan depan atau Desember. Memang tak mudah cek kehamilan zaman now tapi insyaAllah semua akan baik2 aja sih 😀
    Wah nanti aku rekomen adekku buat dunlud aplikasi ini ya 😀

  8. emang deg degan pasti ya mak hamildi tengah pandemi giniii.. alhamdulillah ada aplikasi sehatQ yang bisa bantu ngecek ngecek dan konsul kehamilan juga yaaa

  9. eh sama nih dengan temanku waktu tahu hamil malah khawatir. Bukan ga bersyukur dapat amanah tapi kepikiran kudu periksa ke RS bolak-balik di masa pagebluk gini kan gimana yaa
    Jadinya dia periksa di klinik atau bidan terdekat. Kalau mau konsultasi enak juga bisa lewat SehatQ jadi ga harus ke dokter kecuali emang perlu pemeriksaan lebih lanjut.

  10. Ikut mendoakan semoga kehamilah teman mbak lancar. Memang SehatQ juara. Aku juga pernah konsultasi pas kemarin kena biduran. Jadi gak harus ke dokter. CUkup beli obat dan Alhamdulillah sembuh.

  11. SehatQ kereennn, bisa bantu banget buat yang cemas masa pandemi gini. Mba Nan semoga temennya sehat2 ya ibu dan bayinya. Beneran ikut seneng denger kabarnya 🙂

  12. Masa pandemi ini banyak teman yang hamil. Hihihi. Mungkin krn PSBB ya.
    Memang agak mengkhawatirkan kalau mau periksa. Harus hati-hati benar.
    Aplikasi SehatQ ini sangat membantu karena bisa konsultasi kapan pn dan saat urgen pun bisa langsung pesan nomor antri tanpa antri

  13. Wah, benar juga ini. Buat ibu yang lagi hamil, kondisi pandemi gini memang harus lebih waspada. Untung ada aplikasi SehatQ jadi bisa konsultasi dengan dokter dari rumah.

  14. Masa pandemi buat ibu hamil memang rentan ya. Sebab ibu hamil memang dimasukkan kedalam kelompok rentan terinfeksi. Untungnya ada SehatQ yang bikin konsultasi dokter jadi mudah dan efektif.

  15. Karen kehamilan itu adalah sesuatu yang istimewa, maka harus diperlakukan dengan istimewa juga. Pelayanan prima untuk kesehatan calon bayi dan bunda. Beruntung ada kemudahan kontrol tanpa harus ke mana mana

  16. Saya termasuk yang takut mb nanik mau hamil karena pandemi corona begini. Aplikasi sehatqu ini beneran bermanfaat banget ya, segala informasi bisa kita dapat meski dari rumah.

  17. Di masa pandemi gini emang butuh banget solusi yang efektif, efisien dan nggak perlu keluar rumah. Beberapa kali baca artikel kesehatan juga dari SehatQ, padat dan jelas, nggak kalah dengan platform medis sebelah

  18. Jaman sekarang nggak perlu khawatir lagi untuk tanya-tanya dokter ya. Udah ada aplikasi SehatQ yang bisa dimanfaatkan kapan aja dan dimana aja. Nggak perlu khawatir harus keluar rumah di masa pandemi kayak sekarang.

  19. masyaAllah tabarakallah 10 tahun..pasti kebahagiaan yg sangat mebuncah…temenku juga ada 5 tahun pernikahannya baru dikaruniai anak…

  20. Aplikasi SehatQ ini patut diacungi jempol. layanan Kesehatan masyarakat indonesia yang dapat diakses dengan mudah secara online ini dapat membantu calon pasien untuk mengetahui segala informasi kesehatan, termasuk kehamilan

  21. hamil di masa pandemi ada rasa cemas ya kalau ke pelayanan kesehatan. ada yang praktis dari rumah saja, setidaknya bisa konsultasi dulu, Kalau udah lahiran barangkali pilih klinik aja ya, yang sedikit pengunjungnya.

  22. Hamil di masa pandemi memang cukup menghawatirkan ya mbak. Ada rasa lebih gimana gitu. Kalau saya melahirkan pas pandemi. Was wasnya sama. Kalau anak sakit atau gimana rada takut ke puskesmas atau RS. Kalau enggak berat saya konsul dari rumah .

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya