bisnis bagi wanita

5 Rekomendasi Bisnis bagi Wanita di Masa Pandemi

Pandemi covid-19 belum juga berlalu, kini sudah ada lagi isu kemungkinan bakal terjadi perang dunia 3 gara-gara invasi Rusia ke Ukraina. Rasanya perekonomian bakal makin berat untuk bangkit nih ya.

Eits, tapi nggak boleh pesimis dong ya. Harus tetap optimis! Nyatanya masih tetap ada dan banyak peluang kok untuk memperoleh penghasilan walau sedang di masa pandemi. Kreativitas, tekad yang kuat, mau bekerja keras, ketersediaan modal, bisa jadi senjata untuk tetap eksis berbisnis di masa pandemi.

Apalagi bagi wanita, sosok yang kelihatannya lemah, namun sebenarnya menyimpan kekuatan tersembunyi yang luar biasa. Kekuatan yang jika dimanfaatkan mampu jadi penggerak roda perekonomian keluarga, bahkan juga negara.

Ngomongin perekonomian dan juga wanita, saya da beberapa rekomendasi bisnis yang bisa dijalankan para wanita di masa pandemi. Barangkali salah satunya cocok untuk Anda.

Frozen Food

Sejak pandemi, banyak masyarakat yang stok frozen food di freezernya. Nggak cuma olahan untuk lauk saja, bahkan juga jajanan dalam bentuk beku pun ada. Saya sendiri, dulu di freezer tuh paling banter isinya nugget aja. Sejak pandemi, jadi kenal sosis, bakpao, sosis solo, donat dan aneka jajanan beku lainnya.

Nggak cuma saya, beberapa teman kantor saya pun begitu. Stok frozen food di freezernya. Ini tentu bisa jadi peluang bagi wanita untuk memulai berbisnis frozen food. Bisa bekerjasama juga dengan aplikasi jajanan online untuk memperluas pemasarannya.

Jualan Kebutuhan Pokok Makanan

Makan adalah kebutuhan pokok manusia, bahkan sering kita dengan ungkapan “bekerja keras demi sesuap nasi”. Kalau saya sih nggak kenyang kalau cuma nasi sesuap.

Eh, ini kan ungkapan, bukan makna sesungguhnya.

Nah, berbisnis bahan makanan pokok pun prospeknya bagus juga, karena walau masa pandemi, kebutuhan makan tetap harus dipenuhi. Apalagi kini berbisnis bahan makanan pokok ini nggak harus stok juga lho di rumah, nggak harus punya toko fisik. Karena kini ada beberapa aplikasi penyedia bahan kebutuhan pokok yang mengajak para wanita bekerjasama untuk menjadi tenaga pemasarnya.

Tutor Online

Masyarakat kini akhirnya sudah terbiasa dengan pembelajaran online. Platform belajar online pun bermunculan. Tak hanya yang duduk di bangku sekolah saja, bahkan bagi yang sudah lulus kuliah maupun bekerja, banyak pula tersedia kursus online untuk meningkatkan ketrampilannya.

Ini tentu saja menjadi peluang juga bagi para wanita. Dengan memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, bisa membuat penawaran untuk menjadi tutor online. Bisa melakukan promosi secara mandiri, membuka kursus sendiri, maupun bergabung menjadi instruktur di berbagai platform belajar online.

Freelance

Pemberlakuan WFH ini juga membawa berkah tersendiri buat saya. Selain lebih banyak waktu bersama anak-anak di rumah, saya jadi pnya banyak waktu juga untuk mengerjakan side job selain pekerjaan kantor. Kalau pas di kantor kan nggak enak tuh kalau ngerjain kerjaan pribadi.

Bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam bidang desain grafis, fotografi ataupun menulis, banyak banget peluang kerjaan di bidang ini. Dengan bergabung dikomunitas yang sesuai, kemungkinan untuk terlibat atau mendapatkan proyek pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan kita akan lebih besar.

Pekerjaan-pekerjaan yang tak mengikat, istilah kerennya freelance. Tak terikat pasa satu orang/instansi pemberi kerja. Tak terikat jam kerja. Bisa dikerjakan kapan dan dimanapun, yang penting pekerjaan selesai dengan hasil memuaskan.

Bisnis Kosmetik

Yang terakhir nih, dunianya para wanita, bisnis kosmetik. Walau masa pandemi, urusan merawat kecantikan kulit maupun wajah bagi wanita itu tetap penting. Apalagi saat para suami yang kerja WFH, artinya hampir 24 jam di rumah aja. Para wanita tentunya nggak pengen tampil kucel dong saat suaminya di rumah. Jadi bisnis produk kecantikan, tetap besar pangsa pasarnya.

Bisnis kosmetik ini bisa dengan memasarkan produk kosmetik. Bahkan bisa juga dengan memiliki brand kosmetik sendiri lho.

Punya brand kosmetik sendiri? Kayak artis aja, Lu!

Eh beneran lho, para wanita yang pengen menjalankan bisnis kosmetik bisa kok punya brand kosmetik sendiri. Kan semangatnya beda tuh kalau memasarkan produk brand sendiri dibanding brand lain. Nah, kini ada cara mudah untuk memiliki brand kosmetik sendiri, yaitu dengan memanfaatkan jasa maklon kosmetik.

maklon kosmetik
Aneka skincare produk maklon kosmetik, sumber gambar adev.co.id

Jasa maklon kosmetik adalah layanan pembuatan produk kosmetik di perusahaan maklon yang spesifikasi produknya ditentukan oleh pelanggan. Jadi kita bisa request jenis produk kosmetik, dan juga kandungan apa saja yang ada di produk kosmetik yang akan dipesan

Perusahaan maklon adalah tempat terbaik untuk merealisasikan ide bisnis kosmetik brand Anda sendiri. Karena walau tak punya pabrik, dengan modal tak terlalu besar, Anda sudah bisa memiliki brand kosmetik sendiri.

Baca yang ini juga

24 thoughts on “5 Rekomendasi Bisnis bagi Wanita di Masa Pandemi

  1. Wahh ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meraih pendapatan tambahan yaa, aku baru nyoba jadi freelancer sih dan menurutku hasilnya juga lumayan. Apalagi kalau semisal ditambah dengan alternatif lain diatas beuh mntap sih

  2. Banyak banget kesempatan bertumbuh bagi wanita, ya, Mba. Tinggal pilih yang sesuai kemauan dan kemampuan. Meski pandemi banyak kok peluang lain. Alhamdulillah, terbantu dengan teknologi.

  3. Memang benar banyak sekali peluang usaha bagi para cewek. Asal kitanya mau jeli memperhatikan kebutuhan sekitar. Seperti aku misalnya. Yah, jadi affiliate marketing ternyata asyik sekali. Hehehe

  4. Memang ya…perempuan harus jeli menjemput peluang. Nah, bisa nih berbisnis dari rumah aja.
    Kebanyakan temen-temen sih bisnis frozen food ya. Harus cari peluang lain nih…

  5. gak nyangka klo bisnis kosmetik tuh ternyata emang makin banyak yg booming di masa pandemi padahal mikirnya kok bisa kan orang juga jarang ke mana2 tapi ternyata emang bisa yaa, aku suka lupa klo para suami pada WFH para isteri jadi rajin bersolek jhahaa

  6. Usaha Frozen food memang menjanjikan mbak. Temenku ada yg di PHK saat pandemi gini dan buka usaha frozen food malah sukses.

  7. Seorang teman, single mom dengan 3 anak, kena PHK setahunan ini, dan banting stir jadi jualan makanan dan frozen food.
    Memang ada pilihan aneka bisnis bagi wanita termasuk maklon kosmetik. Punya brand yang kita sendiri racik komposisi, nama brand juga pilihan kita..tentu bakal istimewa.

  8. apa aku aja yang ngerasa semenjak pandemi banyak wanita lebih aware sama kecantikan
    jadi bisnis skincare dan kosmetik memang pas banget sih
    jasa maklon kosmetik mantap banget ya kalo mau buat produk sendiri

  9. Pandemi bikin yang bekerja banyak yang kehilangan mata pencahariannya ya. Memiliki skil dalam berbisnis memang bisa jadi andalan terlebih sekarang apa apa bisa dijual online, kita tidak perlu lokasi semacam toko untuk menjajakan apa yang kita jual.

  10. Adik iparku mencoba bisnis frozen food mba. Dan alhamdulillah menuai hasil. Bagaimanapun kita tetap harus usaha maksimal ya mba dimasa pandemi seperti sekarang

  11. Naaah, aku salah satunya yaitu tutor online alias guru bahasa inggris online dan emang jadi kebiasaan dan enak banget jatuhnya karena bisa krja dan dapat pemasukan dari rumah saja.

  12. Bisnis kosmetik kayaknya cocok banget untuk saat ini ya mbak. Apalagi sekarang ada perusahaan maklon yang bisa membantu kita untuk bisnis kosmetik pakai nama brand kita sendiri. Aduh jadi pengen cobain, kali aja rejeki gitu.

  13. Banyak ya maak yang bisa di lakukan dari rumah selama pandemi.
    Untuk jasa maklon itu kandungan produk kosmetiknya apa aman mak? Label.halal.urus sendiri ya?

  14. Kemarin baru ngobrol sama adik ipar soal bisnis kosmetik dan skincare ini. Karena kami pecinta skincare jadi pengen nyoba bisnis ini. Tapi nggak tahu gimana mulainya. Ternyata ada jasa maklon kosmetik, ya. Semoga ada rezekinya nanti buat mulai bisnis ini pakai jasa maklon kosmetik.

  15. Wanita itu hebat.
    Bisa mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Kelebihan ini dimanfaatkan untuk mencari peluang produktif membangkitkan usaha yang diminati.
    Seperti membuat brand kosmetik sendiri. Ini serius keren banget sih… Konsepnya kudu matang.

  16. Kalau aku seringnya sih bicarakan ke suami dan memang frozen food pilihan tepat saat ini karena praktis bisa jadi simpanan

  17. Aku selama pandemi 2 tahun kemarin lebih getol freelance dan buka jualan kecil-kecilan hehehe. Alhamdulillah bisa nambah-nambah pemasukan, apalagi ibu rumah tangga selama ini kan di rumah aja hehehe

  18. aku milih kerjaan freelance nih kak, karena ini aku kerjain juga dari dulu, hehehe. kalau soal bisnis skincare belum berani nyoba tapi menarik nih,apalagi buat mereka yang beuaty enthusiat ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: