Belson Hotel ternate

Belson Hotel, Turut Meramaikan Dunia Penginapan di Ternate

Masih melanjutkan kisah perjalanan ke Ternate pertengahan Agustus kemarin, kali ini saya mau cerita tentang hotel yang saya tinggali selama 2 malam di Ternate. Namanya hotel Belson. Saya menginap di sini karena memang sudah dipesankan oleh panitia, jadi belum baca-baca review dan rekomendasi hotel Ternate di online travel agent.

Tentang Belson Hotel Ternate

Belson hotel Ternate ini terhitung hotel baru, bisa jadi saya termasuk deretan tamu pertama yang menginap di sini. Soft launchingnya baru dilakukan 7 Agustus 2023, dan saya menginap disana seminggu kemudian, tepatnya 14 Agustus 2023.

Saat saya sampai disana, masih ada beberapa karangan bunga ucapan selamat atas beroperasinya Belson hotel di halaman. Dekorasinya di dominasi warna hijau, bikin segar mata yang memandang. Lokasinya sendiri ada di Jl. Rambutan, Makassar Bar., Kec. Ternate Tengah, Kota Ternate, Maluku Utara. Kalau pas dapat kamar di atas, buka jendela jika posisi kamar di timur bisa lihat pemandangan laut di kejauhan. Kalau posisi kamar di sebelah barat, bisa lihat pemandangan gunung Gamalama.

meja resepsionis
Meja resepsionis

Di sekitar hotel ini perkampungan. Tapi jadi keuntungan tersendiri karena banyak penjual di sekitar hotel. Aneka gorengan, bakso, warung nasi kuning juga ada. Deretan toko kelontong, bahkan minimarket juga ada. Jadi kalau perlu beli apa-apa dekat, tinggal jalan kaki saja.

Hotel ini juga merupakan salah satu mitra industri bagi SMKN 1 Ternate yang memiliki jurusan usaha jasa pariwisata. Pemilik hotelnya dulu bidang usaha awalnya adalah travel agent, kemudian melebarkan bidang usahanya dengan mendirikan hotel.

Lobby Kecil tapi Nyaman

Belson hotel Ternate ini area lobbynya kecil, sekitar 2×2 meter, terletak berseberangan dengan meja resepsionis. Ada dua kursi menempel di dinding dan dua set meja kursi di seberangnya, masing-masing ada di sudut. Untung pas saya menginap disana, tamunya tidak banyak, jadi walau lobbynya kecil tidak masalah.

lobby belson hotel ternate
Kursi di lobby Belson Hotel Ternate

Kamar yang Saya Tempati

Saya menempati kamar standard dan berada di lantai 3. Belson hotel Ternate juga punya tipe kamar deluxe, executive dan juga suite. Kalau bagi saya, kamar standard pun sudah cukup, karena kamarnya bener-bener emang cuma buat tidur, karena saya lebih banyak beraktivitas di luar selama di Ternate.

kamar hotel belson ternate
Dua malam saya tidur di kasur ini

Ada jendela kaca di sisi timur dinding kamar saya ini, yang kalau dibuka tirainya akan nampak pemandangan atap rumah penduduk. Dan nampak permukaan air laut di kejauhan.

Fasilitas kamar lengkap lah ya. Tempat tidur, televisi, meja kursi, air mineral, pemanas air, teh kopi dan gula sachet, handuk dan perlengkapan mandi.

Ruang Makan

Tempat sarapan untuk para tamu berada di lantai 1, berbatas dinding dengan meja resepsionis. Ternyata ruang makan ini bersebelahan dengan ruang pertemuan.

Karena memang hotel baru ya, jadi semua furniture yang ada di ruang makan ini pun nampak masih baru. Karena ini ruang ber AC, tentu saja para tamu dilarang merokok di ruang makan ini. Iyalah, namanya saja ruang makan, ya pastinya tempat untuk makan, bukan untuk merokok.

ruang makan hotel Belson
Ruang makannya sepi, saya sendirian disini

Di hari pertama saya sarapan di sini, dari awal datang sampai selesai, cuma saya sendirian yang makan. Entah karena nggak ada tamu lain, atau para tamu belum turun untuk sarapan.

Di Ternate itu agak susah sayuran hijau, jadi menu sarapan saya saat di hotel ini minim sayuran hijau. Tapi ikan pasti ada. Ikan tongkol kuah kuning di hari pertama. Ikan tongkol balado dan sayur terong di hari kedua.

Ada kue-kue khas Ternate yang disajikan juga sebagai menu sarapan. Tapi sayang waktu itu saya kok kelupaan tidak memotretnya.

Kesan selama Menginap di Belson Hotel Ternate

Hotelnya bersih, semua staf hotel ramah pada tamu. Cuma ada sedikit yang menganggu, yaitu suara-suara yang cukup keras di koridor depan kamar. Gludag gludug. Saat saya keluar kamar, ternyata ada beberapa pegawai yang sedang membersihkan kamar di depan saya.

Belson Hotel ternate ini posisinya pas di pinggir jalan, dan area parkirnya sempit. Hanya bisa muat sekitar 4 mobil. Seiring bertambahnya jumlah tamu, kebutuhan area parkir ini mestinya harus diperhatikan juga. Apalagi jalan di depan hotel juga lumayan ramai lalu lintasnya.

Baca yang ini juga

20 thoughts on “Belson Hotel, Turut Meramaikan Dunia Penginapan di Ternate

  1. Wah mbak tinggal di Ternate ya? ya ampun kangennya aku sama Ternate dan Tidore. Dulu kami menginap di homestay sederhana, tapi lumayan nyaman. Nah, kalau ke Ternate lagi bisalah ini aku menginap di Belson Hotel.

    Kelihatan nyamaaan banget kamarnya. Walau pun masih ada kekurangan kayak soal parkir, tapi ya gakpapa, sebab kalau ke sana jelas gak bawa mobil haha. Semoga nanti ada kesempatan main ke Ternate lagi amiiin

  2. Warna interiornya unik bangeet,
    nyempil ijo terang diantara warna warna kalem.
    Tapi ambience nya terasa sampe sini
    nyaman dan bikin betah, ya, mbak…

  3. emang paling asyik nginep di hotel deket area kuliner ya?

    Termasuk deket perkampungan karena sajian hotel biasanya standar

    Eniwei, untuk sekian kalinya ngiri ke Mbak Nanik yang kerja keliling nusantara jadi bisa nyicipin view dan kulinernya

  4. banyak hidangan ikan ya kak berarti di sana, walau sayuran hijaunya kurang.
    namun kalau ada buah masih aman lah ya, dan suasana hotelnya juga jadi penambah semangat menginap yang asik

  5. Hotel yang pas jadi tempat persinggahan saat berkunjung ke Ternate ya mbak.
    Belson Hotel nampak nyaman dan bikin betah tamu yang menginap.
    Semoga dengan ramainya pengunjung, area parkirnya nanti diperluas.

  6. Hotelnya terlihat nyaman dan bikin betah. Btw, temenku yang tinggal di Ternate juga pernah cerita tentang sayuran hijau dan ikan ini. Alhamdulillah masih ada jenis sayuran lain yang bisa diolah ya, Mbak.

  7. Menurutku tempat parkir tuh penting banget untuk hotel. Biar pelanggan makin nyaman saat menginap. Semoga aja Belson hotel bisa menemukan solusi untuk ini. Kan sayang hotel sebagus ini, kalau pelanggan bingung mau parkir dimana

  8. Dari pengalaman saya selama menginap di Ternate, rata2 hotelnya memang berada di tengah-tengah perumahan penduduk Mbak. Dan jalan-jalan di dalam perkotaan juga sempit ya. Jadi yang namanya parkiran juga terbatas. Nah enaknya, seperti yang Mbak Nanik tulis, tempat-tempat jajan tuh banyak berlimpah di kota Ternate. Hampir setiap hotel bintang 3 dikepung oleh masyarakat yang mengelola kedai-kedai kecil.

  9. Terlihat nyaman ya hotelnya. Meski tipe standar udah terasa nyaman. Nuasa hijau yg bikin mata seger juga oke banget. Tapi untuk masalah parkir, biasanya suami akan lebih senang kalau parkirnya luas.

  10. Tempat makan di Belson Hotel Ternate bikin betah. Menginspirasi. Jadinya pengen puny aruang makan seperti itu. Appreciate banget sama pemiliknya yang bisa menangkap peluang yang ada.

  11. wah judulnya mba Nanik nginep di hotel baru nih, semua perlengkapannya pasti masih kinclong karena masih baru. Ga heran pas sarapan yg makan cuma mba Nanik aja, mungkin karena pengunjungnya belum banyak ya. N kalo posisi hotelnya deket perkampungan, kalo doyan kulineran bisa sambil cicipin aneka jajanannya hehe.

  12. Belson hotel baru di ternate, nampak berkelas ya kak. Menjaci catatan nih, mungki area hotel bisa ditanami sayuran hijau. Biar langsung metik buat dimasak untuk menu di restonya

  13. Seru banget nih pengalamannya ke Ternate kalau cari penginapan aku juga butuh yang budgetnya sesuai tapi juga nyaman dan mudah dicari kalau informasi ini sepertinya mau juga deh mampir ke sini

  14. Aku juga kadang milih kamar standar aja kalau nginep di luar kota karena emang lebih banyak kegiatan di luar kamar. Yang penting hotelnya bersih dan nyaman aja. Kalau diliat dari foto kamarnya nyaman banget si.

  15. Hotelnya karena masih baru jadi terlihat nyaman banget ya mbak. Aku kalau menginap di hotel pasti milih yang kayak gini, yang bersih dan nyaman. Duh, jadi pengen jalan-jalan di Ternate deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: