Berburu Spot Foto Cantik di Batu Flower Garden

Icon Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berada di kawasan wisata Coban Rais di kota wisata Batu, merupakan wahana wisata baru yang mengusung konsep mainstream, mengikuti selera para pengunjung jaman kini. Terletak di puncak perbukitan, menyediakan gardu pandang dan banyak spot cantik untuk berfoto.

Masuk ke kawasan ini, pengunjung dikenakan biaya 10 ribu per orang, biaya ini adalah biaya untuk masuk kawasan air terjun coban rais. Coban rais sendiri berjarak sejauh sekitar 2 km dari pintu masuk kawasan, dan harus ditempuh dengan berjalan kaki. Sementara area batu flower garden berjarak sekitar 300 meter dari pintu masuk kawasan. Mau jalan kaki bisa, mau naik ojek juga bisa. Banyak tukang ojek yang menawarkan tumpangan dari area parkir menuju loket batu flower garden, tarifnya 10 ribu rupiah. Karena dekat, saya merekomendasikan jalan kaki saja dari area parkir ke loket batu flower garden, bisa sambil menikmati pemandangan, jadi perjalanan pun tak terasa melelahkan.

Harga tiket masuk dan peraturan di batu flower garden

Tiket masuk batu flower garden sebesar 25 ribu rupiah, dengan mendapatkan kesempatan untuk berfoto di 2 spot, yaitu love dan flower. Nantinya pengunjung bisa berfoto sebanyak 3 kali, foto menggunakan kamera dan dilakukan oleh petugas di area. Nantinya pengunjung akan mendapatkan 1 file foto di masing-masing spot. Kalau ingin memiliki ketiga foto di setiap spot, maka pengunjung harus membayar 5 ribu rupiah untuk 1 file foto.

Untuk spot yang lain, biayanya bervariasi. Terdapat spot untuk dewasa maupun anak-anak. Selengkapnya bisa dilihat di gambar papan tiket masuk diatas.

Loket pembelian tiket

Waktu itu, kami membeli tiket basic saja, yaitu 25 ribu/orang dan setiap orang mendapatkan jatah foto 6 kali. Jangan khawatir, karena rombongan, jadi jatah foto itu bisa dilakukan untuk foto bersama, tak harus sendiri-sendiri, yang penting jumlahnya nanti pas, yaitu 6 x jumlah pengunjung.

Usai membayar tiket, kami menuju lokasi flower dan love. Jalannya lumayan menanjak. Jalan naik dan turun dipisah, jadi tak perlu khawatir akan bertabrakan

Jalan menuju lokasi love dan flower

Spot love merupakan deretan papan yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk love. Papan-papan ini diletakkan di atas batang sebuah pohon yang telah dipangkas. Untuk menuju spot love ini, pengunjung harus menaiki tangga. Bagi Anda yang takut ketinggian, sebaiknya tidak menaiki spot love ini. Menurut petugas, maksimal 4 orang dapat menaikinya dalam waktu bersamaan.

Spot Love

Spot flower merupakan tempat berfoto dengan dikelilingi aneka macam bunga yang ditaruh dalam pot-pot kecil. Pengunjung dapat berfoto diantara bermacam-macam bunga tersebut, diperbolehkan juga mengangkat bunga-bunga itu saat berfoto. Latar belakangnya adalah sebuah gunung, entah gunung apa. Jika pengunjung banyak dan mengambil pose berdiri, maka gunungnya akan tertutup. Jadi sebaiknya kalau rombongan, posenya duduk saja. Kalau sendiri, berdiri pun tak masalah.

Spot flower

Itu sebagian hasil foto-fotonya. Nah sekarang kita lihat di balik layarnya, bagaimana untuk menghasilkan foto-foto itu.

Mas-mas juru foto sekaligus pengarah gaya di spot love

Pengarah gaya di spot love dan flower saling berebutan memberi aba-aba

Ada yang takut saat meniti tangga menuju spot love

Jalan menuju spot pinus

Spot hammock dan sepeda berada di sisi lain bukit, kami tidak sempat menengok ke sana, karena hari sudah sore dan gerimis mulai turun. Rupanya kami pengunjung terakhir, karena setelah kami keluar, pintu masuk area batu flower garden segera di tutup. Menurut petugas, biasanya memang seperti itu, takut kabut akan turun dan membayahakan pengunjung, jadi kalau kondisi hujan dan cuaca tak memungkinkan, maka area ini tertutup bagi pengunjung.

Foto bersama di spot flower

 

20 Comments

Add a Comment
  1. Keren deh spot Hammocknya😉

    1. iya mbak, sayangnya kami dah kesorean sampai sana jadi tak sempat mencoba

  2. Wow kereenn Batu berdandam terus nih…budhe kuat nanjak nggak ya Babang Satria? Mtnwn Jeng Nanik ngajak piknik..

    1. semangat budhe… pasti kuat. nanti Babang gandeng deh kalau nanjak ke sini

  3. Saya takut ketinggian, bayangannya mau jatuh aja

    1. hehehe… berarti tidak direkomedasikan mencoba di spot love

  4. Mbaaak…saya kok baru tahu ada tempat bagus ini di Batu, hahaha.. Orang Malang gak tahu apa-apa ya saya ini, Salam kenal mbak

    1. hehehe… saya juga masih banyak yang belum tahu mbak, ini ke sana juga gara-gara diajak teman-teman kantor

  5. Saya belum sempat ke sini, wah jauh juga ya 2 km kalau dengan gendong anak lumayan tuh hihihi

    1. Klo ke air terjunnya, saya nunggu anak-anak besar dulu deh hehe

  6. Sejuknyaaa pasti refresh banget disana

    1. cenderung dingin mbak, karena memang di posisinya di puncak

  7. Aku pernah sekali kesini pas baru diresmikan. Bunga-bunganya belum penuh. Taoi pengunjung sudah ramai saja. Sekarang sudah jauh beda. Makin cantik aja.

    1. dan masih terus dibenahi saat saya kesana mbak

  8. Wajib bawa kamera kalau ke sini. Viewnya bagus 🙂

    1. Pastikan memori dan baterai penuh 🙂

  9. Yg spot flower baguuuus. Krn latarnya gunung gitu :D. Ihhh, kok aku blm tau ttg tempat ini pas ke malang. . 2013 udh ada blm sih mba? Aku ksana trakhir 2013..

    1. 2013 belum ada taman ini. Mulai di bangun di 2016

  10. wah bagus sekali view nya bagaimana rasanya foto di spot love, kalau saya pasti ga berani he he

    1. hehehe… karena dari kecil suka manjat pohon jambu bahkan sampai ke atap rumah, jadi ya biasa aja pas naik tangga menuju spot love. Sampai diatas juga nggak deg deg ser

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis