LombaKu, PengalamanKu

Berkat Traveloka, Kudapatkan Kamar yang Murah dan Nyaman

Pekerjaan saya menuntut saya untuk sering pergi ke luar kota. Jika ada kegiatan di luar kota, urusan hotel biasanya sudah disediakan oleh panitia. Karena memang sumber dananya bukan dari instansi saya, tapi dari instansi pengundang. Jadi sebelum berangkat, saya sudah tahu akan menginap di mana. Tak pernah repot dalam urusan mencari hotel, tinggal terima beres saja.

Suatu saat, di bulan April 2017, saya ditugaskan ke Kediri untuk melakukan survey ke salah satu sekolah binaan. Kali ini sumber pembiayaan dari instansi saya. Jatah waktu survey 3 hari. Otomatis, saya harus mencari sendiri hotel yang akan ditinggali selama di Kediri. Saya minta rekomendasi pihak sekolah, hotel apa yang dekat dengan sekolah dan nyaman suasananya. Saya pun di rekomendasikan untuk menginap di hotel Lotus.

Saya berangkat dari Malang sore, sekitar jam 4, sepulang dari kantor. Dengan membawa kendaraan sendiri, perkiraan sampai di Kediri jam 9 malam. Namun ternyata jalanan ramai sekali karena jam pulang kerja, macet di Malang dan Blitar. Menjelang jam 10 saya baru sampai Kediri. Langsung menuju hotel Lotus.

Lotus garden hotel and restaurant

Di resepsionis, saya di sodori daftar harga kamar. Gila, paling murah 600 sekian ribu. Padahal anggaran dari kantor hanya 500 ribu/malam. Mau cari hotel lain, udah capek dan ngantuk. Tidak tahu wilayahnya pula. Emang sih ada google map, tapi udah males banget karena capek. Trus nanya, masa nggak ada diskon. Hehe.. biasalah emak-emak, usaha terus biar dapat harga lebih murah. Petugas resepsionisnya bilang bisa kasih diskon kalau saya bisa menunjukkan bukti bahwa saya dari instansi pemerintah. Cukup tunjukkan name tag saja. Untung  name tag selalu ada dalam tas. Akhirnya saya bayar 450 ribu. Masih aman, masih dibawah anggaran yang disediakan.

Dari pengalaman tersebut, saya jadi berpikir untuk mencoba suatu saat melakukan booking secara online melalui situs yang menyediakan pemesanan hotel secara online. Kadang-kadang saya pesan tiket pesawat lewat traveloka, tapi untuk booking hotel, saya belum pernah memanfaatkan fiturnya.

Kesempatan untuk mencoba pun akhirnya datang juga. Di bulan Mei, saya harus kembali ke Kediri, untuk melakukan pendampingan pada sekolah yang mendapat bantuan. Sumber dana masih dari instansi tempat saya bekerja. Maka saya pun mencoba fitur pemesanan hotel di traveloka. Sengaja saya pilih hotel yang sama dengan saya menginap dulu. Tipe kamar yang sama pula. Pengen tahu apakah saya akan dapat harga lebih murah atau tidak. Harga yang saya dapatkan, bikin saya gemes dan juga menyesal. Gemes, gila harganya cuma 250 ribu, mendekati setengah harga yang dulu saya bayarkan, dan ini sudah harga final, nggak ada tambahan biaya lagi. Menyesal, kenapa tak sedari dulu saya kepikiran untuk booking hotel secara online saja.

Memang benar, bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Ternyata booking hotel secara online lewat traveloka membuat saya lebih tenang di perjalanan, jam berapapun sampai, kamar sudah siap. Tak perlu kaget dan nego harga lagi. Traveloka juga penyediakan pilihan metode pembayaran yang beragam lho. Bagi yang tak punya kartu kredit kayak saya, pembayaran bisa dilakukan dengan transfer via ATM. ATM dekat kantor banyak, tinggal pilih saja.

Kalau kartu kredit nggak ada, ATM pun nggak punya gimana?

Tenang, kita bisa juga melakukan pembayaran lewat Indomaret atau Alfamart. Jadi kalau kebetulan pegang uang cash, mending pilih metode pembayaran ini aja.

Berbagai pilihan metode pembayaran yang memudahkan pengguna

Sesampai di hotel, menuju resepsionis, tinggal tunjukkan bukti pembayaran saja dan kunci kamar sudah dalam genggaman. Senangnya bisa berhemat. Walaupun semua biaya ditanggung oleh kantor, tapi tetap saja kalau bisa dapat harga lebih murah dengan fasilitas dan kenyamanan yang sama, kenapa tidak pilih yang lebih murah dan mudah saja? Terimakasih traveloka.

Kolam berisi ikan koi di taman hotel Lotus berenang dengan riang, seriang hati saya yang bahagia karena dapat harga murah berkat traveloka

16 thoughts on “Berkat Traveloka, Kudapatkan Kamar yang Murah dan Nyaman

  1. Kalau semuanya sudah dipersiapkan dari sebelum berangkat, perjalanan memang jauh lebih tenang ya mbak. Aplikasi online pemesanan tiket dan hotel ini sangat menguntungkan.

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis