hotel aria centra

Gagal Diet Kala Menginap di Hotel Aria Centra Surabaya

Hai, saya balik lagi dengan cerita pengalaman menginap di hotel. Nginap di hotelnya bukan buat piknik lho ya, tapi berkaitan dengan urusan kerjaan. Kalau boleh memilih, tetep pengennya menginap di rumah saja. Tapi berhubung tuntutan pekerjaan, demi dedikasi, jadilah nginap di hotel. Kali ini saya ada kegiatan di Surabaya selama 5 hari. Artinya 5 hari 4 malam saya tinggal di hotel, karena kegiatannya juga dilakukan di hotel. Saya berkegiatan di hotel Aria Centra Surabaya.

Lokasi Hotel

Hotel Aria Centra terletak di pusat kota Surabaya, tepatnya di Jalan TAIS Nasution no 37, Embong Sawo, Surabaya. Hotel ini dekat dengan pusat perbelanjaan, salah satunya Tunjungan Plaza. Tapi saya juga nggak sempat jalan-jalan ke sana. Masih menjaga diri juga, buat nggak keluar hotel kalau nggak ada sesuatu yang penting banget.

Lurus dari pintu masuk, kita langsung bisa menuju meja resepsionis. Petugas yang ramah menyambut kedatangan kami. Konfirmasi nama, lalu menyerahkan kunci kamar. Saya mendapat kamar di lantai 8.

Di sebelah kanan pintu masuk terdapat area untuk makan. Sarapan saya lakukan di area ini. Sementara di sisi kiri, terdapat banyak meja dan kursi yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung hotel untuk menunggu ataupun bersantai. Area lobby yang luas ini membuat kegiatan menunggu jadi tak terasa membosankan. Apalagi bagi yang hobby berfoto, karena ada beberapa spot foto yang cantik juga.

lobby hotel aria centra
Lobby hotel Aria Centra

Kamar Bersih, Luas dan Nyaman

Membuka pintu kamar di lantai 8, saya langsung seneng karena dapat kamar yang luas. Single bed ukuran besar, bisa buat gegulingan sendirian. Lemari besar dan beberapa hanger untuk menggantung baju agar tak kusut. Terdapat juga brankas dan kantong laundry. Di sisinya ada sebuah cermin besar menutup dinding, bisa untuk bercermin dari ujung kaki hingga ujung rambut.

almari pakaian
Almari besar untuk tempat menyimpan pakaian
kamar hotel aria centra surabaya
Kamarnya luas

Meja kerja yang cukup luas, ada televisi yang menempel di dinding. Terdapat jack RJ45 di dinding, bagi yang membawa kabel jaringan, bisa mendapatkan koneksi internet lebih stabil. Nggak membawa kabel jaringan pun tak masalah, karena sinyal wifi sangat kuat di sini. Di seluruh area lantai yang saya datangi, lantai 1(lobby), lantai 8 maupun lantai 5 tempat saya berkegiatan. Saya yang biasanya mematikan wifi di handphone pun jadi menggunakan wifi terus selama di sini, nggak pernah keputus walau pindah-pindah lantai.

meja kerja
Meja kerja

Sebuah kursi panjang dan kursi santai mirip singgasana melengkapi furniture yang ada di kamar. Jendela kaca besar, membuat kegiatan duduk di kursi santai sambil melihat pemandangan kota Surabaya dengan gedung-gedung tingginya, jadi hiburan tersendiri.

kursi santai
Duduk santai disini bisa sampai ketiduran
pemandangan kota surabaya
Pemandangan dari balik kaca

Ruang kosong yang cukup luas di kamar juga memungkinkan saya untuk jalan mondar mandir saja di dalam kamar dengan leluasa, sekedar melemaskan kaki, syukur-syukur bisa membakar kalori.

Kamar mandi juga cukup lega, wastafel lengkap dengan aneka keperluan untuk mandi. kamar mandi dengan shower yang mengucurkan air dalam volume besar. Sabun dan shampo semua tersedia dalam wadah besar menempel di dinding.

wastafel
shower kamar mandi

Di kulkas terdapat 2 teh kemasan kotak serta 2 kaleng minuman soda. Minuman ini bisa dinikmati oleh tamu hotel secara gratis. Setiap hari juga di beri lagi, melengkapi minuman air mineral dan juga aneka bahan untuk membuat kopi ataupun teh.

Menu Makan Enak dan Bervariasi

Hari pertama sarapan di hotel Aria Centra, sampai hari terakhir menginap di sini, semua makanannya cocok di lidah saya. Aneka irisan buah segar, ada juga salad buah maupun sayuran. Menu makan utama yang ada rasanya. Maksudnya tidak tawar, karena beberapa kali saya menginap di hotel, sayurannya biasanya nggak ada rasa. Tapi disini, gurih dan asinnya pas, cocok di lidah saya.

Pojok tradisional yang menyajikan lontong sayur, nasi kuning, rawon, mie ayam dan juga soto. Selang seling setiap hari, jadi para tamu nggak bakal bosan.

lontong sayur

Yang suka sayur, tersedia gado-gado yang bumbu kacangnya enak banget, di blender halus dan terasa kacangnya. Ada bubur ayam, kacang hijau, bubur sumsum, bubur mutiara, bubur ketan hitam juga. Bubur ayam ada setiap hari. Bubur lainnya bervariasi. Hari ini kacang hijau dengan ketan hitam, besoknya ada bubur sumsum dan bubur mutiara, besoknya lagi kacang hijau dengan bubur mutiara.

gado gado

Yang suka kudapan, ada jajanan pasar juga berupa lupis. Aneka kue dan juga polo pendem (bahan makanan yang hasil bumi yang buahnya ada di dalam tanah). Kerupuk sebagai pelengkap makan ada beraneka macam. Di sini, saya paling suka dengan kerupuk puli.

Minumannya, ada air putih, teh dan kopi, aneka jus, susu dan juga aneka jamu tradisional. Karena saya doyannya kunyit asam, saya minumnya kunyit asam saja.

Gagal Diet

“Aku doyan makan di sini, menunya enak-enak”

“Mbak… aku bisa naik lagi nih beratnya, padahal kemarin udah turun banyak lho”

“Perut makin maju aja nih”

Begitulah komentar beberapa teman saya. Ya abis gimana, menu makannya emang enak semua. Macamnya juga banyak. Nggak cuma menu sarapan, tapi juga menu makan siang maupun makan malam. Bahkan kudapan saat coffebreak pun rasanya enak semua.

Saya yang selama November ini banyak kegiatan diluar kota, sudah berniat untuk mengurangi makan juga. Mumpung nggak masak jadi nggak ada rasa bersalah kalau makanan nggak habis, akhirnya nggak bisa bertahan juga. Godaan makanan enak dan bervariasi ini, akhirnya membuat mulut enggan untuk berhenti mengunyah. Ya udahlah, dietnya lain kali saja.

Sarapan (yang masuk frame foto hehehe…)
Menu kudapan

Ini beberapa foto menu makan siang yang sangat menggugah selera. Ini menu makan siang dalam satu sesi ya. Makan ini tanpa nasi aja udah kenyang banget walau icipnya sedikit-sedikit. Semua menu ini hanya untuk 8 orang. Kebayang kan gimana puas dan kenyangnya kami. Maaf ya kalau bikin ngiler

ayam bakar taliwang
rujak cingur
mie goreng jawa
sup makaroni
makan lahap
Lahap semua kan, walau makannya diantara berkas dan peralatan kerja

Sebagai penutupnya, masih ada es serut timun dan selasih, dengan jumlah yang lebih dari cukup pula untuk kami berdelapan. Jadi harap maklum kalau kami semua gagal diet selama 4 malam menginap di sini.

19 comments

  1. Huwaaa… ini hotel udah lama jadi incaran buat staycation, baca ini jadi makin mantap buat staycation di sini.
    Cuman kayaknya ga ada kolam renangnya ya?
    Ini dekat dengan alun-alun Surabaya buat pepotoan, meski ya kalau jalan kaki juga tetep capek juga hahaha.

    Sayang nggak bisa jalan-jalan ya, atau bisa meet up ih 🙂

  2. Wow, asyik nih mbak menginap di Hotel Aria Centr Surabaya 🙂 Apik ciamik ya dan fasilitasnya lengkap juga. Bagian makanannya dong aku paling suka hahaha 🙂 Serba lengkap menu2nya pasti puas manjain perut di sini. Poin plus nya jaringan wifi bagus, lancar ya. Cuma ada yang kurang, kolam renangnya mana ya? hihihi Tapi segini juga udah cakep, kok.

  3. Waaah fix gagal diet. Bisa2 sarapan yang biasanya secepat kilat ini jadi betah karena aneka macem makanan.
    btw kamarnya luas banget…

  4. duh kalo ke Surabaya mau ah menginap di Hotel Aria Centra

    untukkkkkk…….makan!

    hahaha sarapan seenak itu mah bakal bolak balik sampai perut meletus

    bukan hotel bintang 5, tapi F&B nya seenak itu sih wajib dikunjungi

  5. wah gagal diet karena makanannya enak-enak yaa mba, hotel yang cukup oke buat kalo ke surabaya nanti deh aku keep buat referensi nih

  6. Enaknya bisa nginap di hotel Aria centra sby, hotelnya sangat bagus dan makanannya bener-bener mengoda selera, lebih enak lagi kalau bisa nginap gratis dihotel ini hehehe. Harga nginep permalamnya berapa ya?

  7. Wah iya ya kak, makanannya juga bisa bikin subur badan hehe, auto bikin gagal diet. Tapi memang bener2 bersih kok kak itu kamarnya. Lantainya juga bersih, hotel yang rekomended menurut aku.

  8. Akupun kalau disuguhkan aneka hidangan ala hotel Aria ini juga gagal diet deh kak. Sangat memorable pastinya, dengan fasilitas lengkap dan furniture yang menarik. Sangatenarik perhatian, terutama pas dibagian menu hidangan. Cara penyajiannya unik

  9. setuju mbak Nanik
    menu sarapan di hotel aria ini emang bikin gagal diet
    enak enak semua
    kebetulan aku juga beberapa kali ajak anak anak staycation disini

  10. Mba, aku seneng banget nginap di hotel yang banyak menu tradisional begini. So far favorit aku masih A***n Group karena makanan Indonesianya enak2. Tapi pas abis baca ini, jadi pengen juga nyobain di Aria Centra Surabaya. Aduh itu ada jamu beras kencur segala di meja. Kenyang dan sehatttt.

  11. Waduh wadduuhhhh ini sih beneran gagal diet kalau kayak gini. Apalagi nginepnya sampe berhari-hari. Mantab bener itu hahahaha. BTW, jajan pasarnya kok keliatan mantab bener itu Mbak Nanik. Itu yg warnanya merah muda, ongol-ongol bukan? Kalau saya disana bisa ngambil banyak itu. Secara ya, ongol-ongol tuh salah satu favorit saya.

  12. Benerr… tempat makan yg model all you can eat tuh asli bikin kita gagal diet. Karena kan penasaran pingin nyoba semua menu yg tersedia ya.wkwkwk

  13. Suka ama hotelnya. Bagus, fasilitas lengkap. Kamar luas, makanannya enak-enak bikin gagal diet, ya, Mba. Kangen deh staycation. Kalau ke Surabaya mau ah nginep di Hotel Aria Centra Surabaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *