cara meningkatkan trafik blog

Cara Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog

Udah ngeblog sekian tahun, tapi trafik per bulan segitu gitu aja. Suka sedih deh kalau ada penawaran kerjaan, terus minta PV blog 30 hari terakhir. Apalagi kalau pas jumlah pengunjungnya menurun. Alamat nggak memenuhi kualifikasi buat lolos job nih.

Ada yang sama dengan saya? Toss dulu lah kalau begitu. Terus gimana dong cara meningkatkan trafik pengunjung blog? Ada yang bilang, nulis aja artikel dengan topik yang lagi trend, gosip artis gitu. Tapi ini kan bukan style saya banget. Ada yang bilang, nulis artikel panjang, kalau bisa diatas seribu kata. Ada yang bilang pakai keyword yang pas, tapi keyword yang pas itu yang gimana, dia nggak bisa jawab.

Kebetulan banget, saya dapat info kalau group wa Blogwalking Asik bakal ngadain sharing session gitu yang bahasannya mengenai cara meningkatkan trafik blog. Acaranya sendiri sih di gelar malam hari, tepatnya Jumat 19 November 2021 pukul 19.30 WIB

Tentang Group Blogwalking Asik

Group Blogwalking asik (BWA) terbentuk 20 November 2019. Anggotanya awalnya ada di group job blogger, tapi saya lupa job apa kala itu. Karena kerjaan sudah selesai, pembayaran sudah beres maka group itu akan dibubarkan. Lalu ada ide untuk supaya nggak bubar anggotanya, di buat group BW buat saling mendukung kalau ada yang butuh PV postingan blognya. Akhirnya mbak Rini yang punya celotehdinihari.com membuat group BWA, dan satu persatu anggota di group job itu bergabung ke group BWA.

group Blogwalking Asik
Icon group Blogwalking Asik

Namanya juga group BW Asik, jadi ya di bawa asik aja suasananya. List BW dibuka setiap Senin, Kamis dan Sabtu dari pukul 12.00 – 20.00 WIB dengan maksimal jumlah anggota yang ngelist adalah 30 orang. Jadi walau belum pukul 20.00 kalau jumlahnya sudah mencapai 30, ya harus di tutup listnya.

Awalnya nggak ada batas waktu untuk menyelesaikan kewajiban BW ini. Dengan ketentuan yang belum selesai mengerjakan BW nggak boleh ikut ngelist di periode berikutnya. Begitu kewajibannya selesai, bisa langsung ikut ngelist, tanpa ada masa hukuman.

Karena ada beberapa anggota yang menyelesaikan kewajiban sampai berbulan-bulan kemudian, akhirnya disepakati aturan baru yaitu paling lama menyelesaikan kewajiban adalah 1 bulan. Jika salam waktu 1 bulan nggak selesai, maka dengan terpaksa akan di tendang keluar dari group.

Di BWA ini nggak cuma buat ngelist blogwalking saja lho. Sering ada diskusi juga berkaitan dengan blog, media sosial, bahkan juga masalah-masalah kehidupan yang dialami oleh para anggotanya. Saya sih seringnya jadi penyimak dan pengamat saja.

Ada anggota yang share job, share info lomba, saling mengingatkan kalau DL lomba sudah dekat. Anggota BWA ini banyak yang sering jadi jawara lomba blog. Bahkan beberapa kali juga ada penggalangan dana untuk anggota yang sedang terkena musibah.

Perjuangan untuk Bisa Menyimak Sharing Session

19 November itu saya sedang ada kegiatan diklat Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Pembelajaran dan Rebranding SMK. Kebetulan saya sebagai fasilitatornya. Kegiatan ini dilaksanakan di hotel Aria Centra Surabaya. Pas tanggal 19 itu ada sesi malam juga, yang dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB. Saya sudah merencanakan semua peserta bisa masuk kelas sebelum pukul 19, jadi bisa mulai tepat waktu. 30 menit kasih pengantar, lalu kasih tugas dan saya bisa fokus menyimak sharing dari Bang Doel pemilik kopitekno.com.

Ternyata, sampai 19.15 baru semua peserta lengkap di kelas. Saat penyampaian materi pun banyak yang bertanya, diskusinya jadi panjang. Saya sudah pasrah aja nih, kayaknya nggak bakal bisa mengikuti sharing session.

Menjelang pukul 20.00 nggak ada lagi pertanyaan, dan karena belum diperbolehkan melakukan kegiatan melebihi jam 8 malam, kelas pun lalu saya bubarkan. Setelah kelas bubar, saya pun langsung join ke link zoom sharing session. Lebih baik terlambat daripada tak bisa ikut sama sekali.

Sharing Session Cara Meningkatkan Trafik Blog

Karena saya terlambat join zoom meeting, saya ketinggalan lumayan banyak materinya. Saat saya join, tampak Bang Doel membagikan layar panel GSC. Dia sedang menerangkan salah satu cara mendatangkan trafik, yaitu melihat kata kunci apa saja yang sering dicari pengunjung di blog kita. Lalu menyarankan untuk membuat postingan dengan tema sejenis.

Saat membuat konten, kata kunci sebaiknya diletakkan di judul, dalam artikel maupun sub judul (H2). Soal memasukkan gambar ke dalam artikel, bang Doel menyarankan untuk menggunakan gambar dengan format .webp dengan ukuran kurang dari 30 kb. Sertakan juga internal link untuk membangun koherensi antar artikel.

Kalau artikel sudah di publish, jangan lupa untuk memastikan kalau artikel sudah terindeks di google search console. Kalau sudah terindeks, silakan di share ke media sosial. Boleh juga di share ke group support, misalnya diikutkan BW di group BWA.

Saat sharing session, group wa tetap rame lho. Terutama berisi keluhan para ibu yang punya anak kecil dan si bocilnya nggak bisa ditinggal. Saya juga kalau pas di rumah, pasti nggak bisa mengikuti. Soalnya si bocah di rumah pasti udah nempel aja kalau saya di rumah, mana sempat buka laptop ataupun megang hp.

Selesai pemaparan materi, dilanjut pembacaan pertanyaan yang yang sudah dituliskan oleh para peserta pada form yang telah disediakan. Tapi di sesi ini saya nggak bisa begitu menyimak karena lagi telponan sama anak-anak di rumah.

Semoga aja lain kali BWA ngadain sharing session lagi, dan acaranya nggak malam jadi saya bisa mengikuti secara penuh.

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *