Parenting

Inilah Akibatnya Jika Anak Kekurangan Gizi

Setiap kali membawa anak ke posyandu, petugas pasti menekankan para ibu untuk memperhatikan asupan makanan anak-anak. Pastikan agar makanan anak-anak mengandung gizi yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Jangan monoton memberikan makanan yang itu-itu saja dengan alasan anak-anak suka. Variasikan makanan untuk anak-anak agar asupan gizi yang masuk ke tubuh mereka juga bervariasi.

Kenapa sih gizi seimbang itu penting buat anak-anak? Lanjut baca yuukk…

Jika anak kekurangan gizi, maka akan ada beberapa masalah dalam tumbuh kembang anak. Masalah-masalah tersebut adalah stunting, overweight dan obesitas, serta kekurangan mikronutrien.

Stunting merupakan kondisi seorang anak yang tinggi badannya kurang untuk ukuran anak seusianya. Penyebab stunting adalah anak memperoleh asupan gizi yang tidak optimal. Jika tidak ditangani dengan baik, anak yang mengalami stunting bisa berisiko memiliki daya tangkap dan IQ yang rendah serta mempengaruhi kepercayaan dirinya.

Kamu nggak stunting dek, tapi karena kamu masih kecil jadi belum setinggi kedua kakakmu

Overweight dan obesitas terjadi ketika asupan nutrisi yang masuk lebih banyak dari yang dikeluarkan akibat kurangnya aktivitas fisik. Salah satu penyebab kurangnya aktivitas fisik adalah anak terlalu asyik di depan gadget, sehingga orang tua harus membatasi waktu anak bermain dengan gadgetnya. Anak-anak adalah peniru ulung, jadi percuma saja orang tua menyuruh anak meletakkan gadget sementara dia sendiri tak bisa lepas dari gadget. Jadi orang tua harus memberi contoh dengan tidak senantiasa memegang gadget kala di rumah.

Mikronutrien adalah zat gizi (nutrient) yang diperlukan oleh tubuh manusia selama hidupnya dalam jumlah kecil untuk melakukan aktivitas fisik. Mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral yang tidak dapat dibuat oleh tubuh tetapi dapat diperoleh dari makanan. Kurang mikronutrien dapat mengakibatkan anak anemia karena kekurangan zat besi; letih, lemah, lesu; karena kekurangan zinc; mata berawan karena kekurangan vitamin A; dan penyakit gondok karena kekurangan yodium.

Penuhi kebutuhan nutrisinya dengan makanan bergizi dan susu

Semoga generasi penerus kita tercukupi semua gizinya sehingga tak ada lagi masalah-masalah yang timbul akibat kekurangan gizi di negara kita

 

4 thoughts on “Inilah Akibatnya Jika Anak Kekurangan Gizi

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis