Yuk Kenali Manfaat Prebiotik untuk Memperkuat Imun Si Kecil

“Ya ampun, lucu banget. Gemesh!”

Begitulah komentar beberapa orang setiap kali saya membagikan foto Toto di blog maupun media sosial. Emang sih, saya yang tiap hari ketemu dan main sama dia aja juga gemes tiap kali lihat pipi gembulnya. Pengen colek-colek dan cium-cium terus.

anak sehat
Walau manyun tetep nggemesin

Alhamdulillah, Toto tumbuh menjadi anak yang sehat dan kuat. Lincah sampai saya sering ngos-ngosan kalau dia mulai ngajak main dan lari-larian. Berat badannya juga diatas garis batas yang direkomendasikan di KIA.

Padahal dulu dia tuh lahirnya kecil banget lho. Cuma 2.3 kg! Bikin saya langsung shock dan nangis saat bidan yang membantu persalinan memberitahu perihal berat badannya. Butuh perjuangan keras di tahun pertama pertumbuhannya untuk bisa menaikkan berat badannya. Lepas setahun, baru deh pertumbuhannya melesat melampaui teman-teman sebayanya.

Baca juga : Begini Caraku Merawat Bayi Berat Lahir Rendah

Pernah Bermasalah dengan Pencernaan

“Mbak, ada rekomendasi dokter anak? Anakku dari kemarin deman”

Beberapa kali saya mendapat wa seperti itu, dari beberapa junior saya di kantor.

Waduh, saya nggak tahu dokter anak yang ada di Malang, baik praktik di rumah sakit, klinik mapun membuka praktik sendiri di rumah. Soalnya kalau anak demam, saya kasih minum hangat aja. Campur madu, kadang madu sama kunyit. Kalau sampai 2 hari nggak turun juga panasnya, baru deh saya bawa ke bidan di klinik ibu dan anak dekat rumah. Alhamdulillah segera membaik.

Pernah saat umur setahunan, Toto bolak-balik BAB, mencret. Tapi anaknya tetap lincah, minum susu tetap banyak, makan juga lahap. Nggak ada lesunya sama sekali. Dari pagi sampai sore udah ngabisin popok sekali pakai 10 buah gara-gara sebentar-sebentar BAB.

Walau dia tetap lincah dan asupan makan minum nggak berkurang, tapi saya jadi khawatir juga dong. Kalau dibiarin kan persediaan popok jadi makin cepat habis. Artinya butuh pengeluaran ekstra dari biasanya. Jadinya malam seuasi maghrib saya bawa Toto ke Klinik tempat dia biasa dapat imunisasi.

Setelah di periksa sama bu bidan, sambil memberikan pertanyaan dan konfirmasi kondisi Toto seharian dan beberapa hari sebelumnya, bidan kasih 6 kemasan yang saya kira obat. Tapi bu Bidan bilang itu bukan obat. Itu adalah suplemen probiotik untuk mengatasi diare.

Mengenal Probiotik dan Prebiotik

Menurut organisasi pangan dan kesehatan dunia dalam Guidelines for the Evaluation of Probiotics in Food, probiotik didefinisikan sebagai mikroorganisme hidup yang dikonsumsi dalam kondisi hidup dengan jumlah yang cukup serta mampu berkembang biak dalam saluran pencernaan manusia dan membawa manfaat kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mencegah terjadinya diare.

Sedangkan  prebiotik didefinisikan sebagai komponen makanan yang tidak hidup yang dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh melalui modulasi mikrobiota. Prebiotik harus food-grade, bukan obat, memiliki manfaat kesehatan yang terukur, namun bukan karena bahan ini terserap dalam darah atau karena aktivitasnya, serta bahan ini tidak memberikan dampak negatif. Manfaat kesehatan yang diperoleh adalah melalui kemampuannya mengubah komposisi atau aktivitas mikrobiota usus dengan mekanisme fermentasi.

Persyaratan utama komponen prebiotik adalah tidak dicerna oleh enzim pencernaan, dapat difermentasi oleh bakteri baik dalam kolon, yaitu Bifidobacterium dan Lactobacillus. Contoh prebiotik adalah inulin, frukto-oligosakarida (FOS), maupun (trans)-galakto-oligosakarida (GOS).

Beda satu huruf aja, pengertiannya udah beda banget ya. Jadi jangan sampai ada typo kalau bahas probiotik dan prebiotik, karena artinya sudah beda.

Masih susah memahami definisi yang dikeluarkan oleh FAO dan WHO di atas?

Hmmm… saya coba tuliskan dengan bahasa yang mudah dipahami deh. Catat baik-baik ya!

Probiotik adalah bakteri baik sedangkan prebiotik adalah asupan makanan untuk menunjang pertumbuhan bakteri baik tersebut.

Manfaat Prebiotik

Setelah mengetahui apa itu prebiotik, sekarang kita lanjut membahas manfaat prebiotik bagi kesehatan.

Pencernaan yang sehat akan menentukan kesehatan dan fungsi seluruh tubuh. Pencernaan yang bermasalah, maka akan membawa masalah pula bagi kerja seluruh sistem yang ada dalam tubuh. Salah satu indikasi pencernaan sehat adalah berkembangnya bakteri baik dalam saluran pencernaan. Bakteri baik ini akan berkembang jika mendapatkan asupan prebiotik yang cukup.

Prebiotik merupakan senyawa natural dalam makanan yang terdiri dari oligosakarida yang tidak dapat dicerna oleh orang yang mengkonsumsinya, namun memiliki efek baik untuk stimulasi pertumbuhan aktivitas pada mikroba usus.

Manfaat prebiotik bagi tubuh antara lain meringankan sembelit, diare (terutama karena infeksi), mengurangi risiko osteoporosis, penyakit jantung, obesitas dan kemungkinan diabetes melitus tipe 2.

Produk Makanan yang Mengandung Prebiotik

Kita dapat menemukan prebiotik dalam buah-buahan, sayuran, dan sereal. Beberapa contoh makanan yang mengandung prebiotik antara lain tomat, pisang, asparagus, berry, bawang putih, bawang merah, sawi putih, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan gandum.

manfaat prebiotik
Tomat banyak mengandung prebiotik

Asupan prebiotik juga baik untuk daya tahan tubuh anak-anak. Dalam menjaga daya tahan tubuh, tentunya perlu diimbangi dengan pola hidup sehat seperti berolahraga secara teratur dan konsumsi makanan sehat. Biasakan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dengan menerapkan “isi piringku”. Hindari asupan makanan tinggi gula dan tinggi lemak, karena dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri merugikan yang berpotensi menimbulkan penyakit.

manfaat prebiotik sawi putih
Persiapan masak sawi putih yang banyak mengandung prebiotik

Demikian pembahasan mengenai manfaat prebiotik. Semoga bermanfaat. Salam sehat!

41 comments

  1. Duh, dek Totot gemes amat sih!
    Anak-anak dalam masa pentumbuhan memang sering banget ya bermasalah dengan pencernaan, padahal pencernaan itu sangat penting dalam tumbuh kembang anak-anak.
    Sehat selalu ya anak gemes 🙂

  2. Konsumsi prebiotik memang penting ya mbak untuk kesehatan
    dan ternyata banyak ya bahan makanan alami yang mengandung prebiotik

  3. Oalah beda toh, tak kira selama ini tuh sama loh mba probiotik dengan prebiotik. Jadi nambah ilmu nih soal gizi dan kesehatan anak.

    1. Apalagi buah dan sayurnya ternyata juga banyak ya di sekitar kita… harganya terjangkau pula.. Yuk ah semangat konsumsi makanan sehat…kandungan nutrisinya dibutuhkan banget sama tubuh kita

  4. Wah, saya baru tahu sawi termasuk sayuran mengandung probiotik. Alhamdulillah, anak-anak suka makan sawi. Sehat terus ya, toto. Semoga jadi anak yang salih, aamiin

  5. anak sulungku dulu lahir 1.7 kg, jadi masuk inkubator dan baru pulang sesudah 2.3 kg

    duh kaya roller coaster, takut sakit dan sulit pertumbuhannya

    Alhamdulilah sih lancar, walau setiap habis ujian pasti panas, mungkin karena kurang tidur

  6. Gemesin banget Toto ya mbak.. meski lahir dengan berat badan yang rendah sekarang tumbuh sehat dan menggemaskan ..Semoga jadi anak sehat terus ya…Konsumsi prebiotik ternyata emang oenting banget ya…Apalagi di masa-masa seperti sekarang… dan bisa diperoleh dengan makanan yang fresh juga ya…

  7. kupikir probiotik ini berlawanan dengan prebiotik
    ternyata prebiotik ini mendukung probiotik
    Alhamdulillah aku juga rajin ngonsumsi tomat yang secara gak langsung telah mendukung pertumbuhan bakteri baik

  8. Selama ini ga ngeuh dengan bedanya. Sekarang jadi tahu dan mudah diingat. Tomat hasil panenan sendiri mengandung banyak sekali prebiotik ya

  9. makasih infonya ya kak. Setahuku yang paling banyak probiotiknya adalah minuman fermentasi asam laktat seperti yogurt dan yakult ya…ini bener2 bagus banget untuk kesehatan pencernaan.

  10. Prebiotik ini memang sangat penting baginkitabya mbak baik anak-anak, orang dewasa juga yang lansia. Apalagi kalau sudah berhubungan dengan kesehatan jadi pasti Penting banget ya

  11. Nah loh, saya salah satunya yang jadi tercerahkan nih setelah membaca artikel ini. Selama ini tahunya probiotik dan prebiotik itu sama. Ya ampun, kemana aja saya, ya?

    Pantesan, waktu sulung diare semasa kecil dulu, sama dokter dikasih bubuk prebiotik gitu. Makasih infonya ya, Kak. Jadi ibu kudu belajar terus memang,

  12. Anak sholeh, taqwa, baik hati, qurrota a’yun buat Bunda Ayah dan semua pembaca blog ini 😀

    Totooooo… sehat2 selalu yaaa
    memang konsumsi prebiotik penting bgt.
    dan ortu kudu kreatif menyajikan pangan utk anak ya

  13. AHhahaaaa, Toto emang menggemaskan jadi pengen njiwel pipinya atulaah. Sangat penting banget ya Mak Prebiotik untuk anak2 dan kebutuhannya pun sangat banyak dan terdapat di berbagai jenis sayuran hijau, kacang2an, gandum dll.
    Di masa sekarang, butuh banget menyeimbangkan nutrisi biar meningkatkan imunitas tubuuh, terutama buat si kecil.

  14. Bener bun kalau probiotik dan prebiotik itu ngebantu banget buat kesehatan pencernaan ya. Jadi kalau diare aku ingatnya juga probiotik. Probiotik dan prebiotik ini beda ya. Beda satu huruf beda arti walau saling berkaitan. Baca ini jadi tahu aku bedanya. Soalnya aku mah suka lupa lagi atau ketuker artinya hahaha 😂

  15. Toto, mirip kayak Athifah, lahiran kecil, eh, paling doyan makan di antara kedua saudaranya. emang bidan sudah bilang, gak apa lahirnya kecil, nanti gedein aja di luar, hehehe. Semoga anak kita sehat ya mak, rajin konsumi prebiotik juga, selain dari yakult

  16. Bener bener senang deh mbak Nanik kalo dikau cerita di blog dan ada foto Toto yang cutie pie

    Iya dengan prebiotik memang pencernaan anak anak terbantu, karena ingat anakku dulu Dio yang bermasalah dengan pencernaan dan minum susu prebiotik

  17. dedek dah pintar potong wortel, gemes. IYa mak betul prebiotilk memang bagus untuk memperkuat imun, anak-anakku juga konsumsi prebiotik biar pencernaan sehat dan imun kuat.

  18. manfaat prebiotik untuk kesehatan pencernaan udah gak diragukan lagi ya, antara lain meringankan sembelit, diare (terutama karena infeksi), mengurangi risiko osteoporosis, penyakit jantung, obesitas dan kemungkinan diabetes melitus tipe 2

  19. Ternyata prebiotik dan probiotik berbeda ya, baru ngeh daku hehe. kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung prebiotik seperti tomat dan kacang-kacangan..terima kasih pencerahannya ya Mbak

  20. kalo ngomongin soal pencernaan anak, aku juga punya pengalaman yang bikin trauma mbak. Anakku usia 6 bln pernah masuk RS 1 bualn 3 kali hgara-gara mencret huhu. Jadi sekarang udah extra banget jaga makanannya, termasuk vitamin dan buahnya

  21. Duh Toto, lucu banget bantuin potong sayuran, jadi pingin jawil pipinya nih. Aku jadi tahu kalau selain Prebiotik ada Probiotik, meskipun beda hanya satu huruf tapi pengertiannya beda jauh ya.

    Ternyata banyak juga sumber makanan yang memiliki kandungan prebiotik, penting banget ini untuk asupan nutrisi anak-anak khususnya di masa pandemi dimana anak harus memiliki daya tahan tubuh yang baik.

  22. prebiotik sangat dibutuhkan ya mbak
    karena bisa mempengaruhi kesehatan pencernaan anak
    dan ternyata prebiotik bisa didapatkan dari bahan alami

  23. Cukup membantu melalui tulisan ini kak, baru aku tau probiotik dan prebiotik itu ngebantu banget buat kesehatan pencernaan ya. Jadi mengkonsumsi sayuran-sayuran itu penting banget buat kesehatan

  24. Iya banget deh, prebiotik ini perlu banget ya buat perut. Jangankan buat si kecil yang memang sedang dalam masa pertumbuhan. Kita aja yang sudah dewasa perlu ini. Supaya sistem pencernaan selalu sehat. Btw, si ade sehat dan pinter deh. Gemeees.

  25. toto unyuuu gemesin bangett
    cuma emang selain memperlancar pencernaan juga bikin imun naik ya mak
    akupun kasih prebiotik buat anak-anak biar pada sehat semua

  26. Iyaya…beda satu huruf saja, bisa sangat berbeda maknanya.
    Sungguh menjadi ibu kudu teliti mengenai asupan prebiotik untuk keluarga, terutama anak-anak.

  27. Toto menggemaskan sekali, masya Allah… Semoga sehat selalu dan tumbuh kuat ya nak. Btw, prebiotik andalanku tempe mba, murah dan mudah didapat, hehe

  28. makasih mbak Nanik, ternyata penting juga ya kita sebagai ibu mengenal prebiotik dan probiotik. dulu saya kira juga sama saja, ternyata beda ya. Dan penting juga mengetahui bahan makanan yang mengandung prebiotik ya, agar makanan yang kita makan akan memberikan manfaat untuk tubuh kita.

  29. Mbak, anak saya sulit sekali makan sayur. Jadi saya beri dia minuman prebiotik, kayak susu yang mengandung prebiotik gitu gimana ya mbak? Mungkinkah hasilnya bisa maksimal jika anak saya tidak makan sayur, hehehe. Saya juga belum pernah ke dokter anak apalagi selama pandemi, hiks

  30. emang baiknya anak-anak itu harus menghindari asupan makanan tinggi gula dan tinggi lemak ya mbak. Soalnya ini bakal banyak penyakit timbul, khususnya masalah pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *