Kesehatan

Mineral dan Vitamin yang Anda Butuhkan Ketika Hamil

Hamil.

Sebuah kata ajaib yang ditunggu para wanita tak lama setelah menikah. Kala tanda-tanda kehamilan telah ada dalam dirinya, maka orang-orang disekitarnya akan berubah, menjadi lebih perhatian. Terutama urusan makan.

Iya, karena sewaktu di dalam perut, sumber utama asupan makanan janin berasal dari ibunya. Maka tak berlebihan rasanya jika orang tua saya dulu selalu mengingatkan “Jangan sampai telat makan, tambah lagi makannya, kamu itu makan untuk dua orang lho”

vitamin dan mineral ibu hamil

Sumber gambar detik.com

Pada minggu pertama masa kehamilan, janin mengalami proses pembentukan, tetapi asupan multivitamin dan mineral penting sejak awal kehamilan. Sebaiknya Anda mengonsumsi dengan jumlah yang diperhatikan. Pada dasarnya makan layaknya hari-hari biasa sudah mencukupi karena kebutuhan calon bayi belum terlalu banyak. Namun, alangkah baiknya jika Anda mulai memenuhi vitamin dan mineral yang dibutuhkan saat hamil. Asupan vitamin dan mineral yang cukup akan berdampak pada perkembangan bayi.

Beberapa vitamin dan mineral yang perlu Anda perhatikan sejak dini disebut Prenatal Vitamins. Vitamin dan mineral tersebut adalah suplemen dengan kandungan yang baik untuk Anda konsumsi sebelum dan selama masa kehamilan. Sebenarnya, suplemen tersebut sama dengan suplemen lainnya, tetapi perbedaannya adalah nutrisi yang mendukung perkembangan calon bayi.

Kandungan yang dibutuhkan, seperti Asam Folat yang merupakan nutrisi yang dibutuhkan. Fungsi dari vitamin ini adalah mencegah perkembangan abnormal pada tulang belakang dan otak calon bayi. Sebaiknya Anda mengonsumsi sejumlah 400 mikrogram asam folat per hari sebelum hamil. Kemudian, tingkatkan asupan asam float sampai 600 mikrogram ketika Anda hamil.

Selanjutnya, vitamin D sangat diperlukan untuk membantu penyerapan kalsium agar masuk ke tubuh sehingga lebih maksimal dalam pembentukan gigi, tulang, dan otot bayi. Kami sarankan agar Anda mencukupi 600 IU vitamin D per harinya ketika hamil. Ada pula dokter yang merekomendasikan supaya wanita hamil mengonsumsi 800 hingga 1.000 IU, bergantung dengan kondisi bumil (ibu hamil).

Ibu hamil juga membutuhkan zat besi dua kali lipat dari kebutuhan sehari-hari karena calon bayi sangat memerlukan banyak zat besi untuk pembentukan tulang. Ibu hamil kami sarankan memenuhi zat besi sebanyak 27 miligram per hari. Selain zat besi, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan/minuman yang memiliki kandungan kalsium tinggi. Sebab, perkembangan calon bayi memerlukan kalsium untuk pembentukan tulang, otot, gigi, syarah, dan jantung. Jumlah yang disarankan sebanyak 1.000 miligram per hari. Terakhir adalah iodin. Iodin diperlukan untuk membentuk otak bayi serta sistem syaraf. Selama Anda hamil, kami sarankan untuk mengonsumsi 200 mikrogram per hari. Ikan dan susu mempunyai mineral ini.

Cukup sudah penjelasan kami tentang vitamin dan mineral yang Anda perlukan ketika hamil. Semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan Anda serta calon bayi.

One Comment

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: