paket wisata dieng

Merancang Paket Wisata Dieng untuk Keluarga Nara

Di Kota Malang sudah diberlakukan PPKM level 3. Di kantor saya sudah berlaku pengaturan waktu dan jam kerja baru sejak 15 Februari kemarin, 50% WFO dan 50% WFH. Bagi yang WFO, semula jam kerja 07.30 – 16.00 WIB di pangkas menjadi 08.30 – 15.00. Semua dilakukan untuk pengendalian penyebaran virus covid-19 varian omicron.

Walau sudah ada statemen dari salah satu petinggi negara kita bahwa varian omicron ini tidak begitu berbahaya efeknya sebagaimana varian Delta, bahkan mengatakan “Silakan berwisata, yang penting tetap terapkan protokol kesehatan”, kalau bagi saya pribadi, lebih baik menahan diri dulu. Jadi kembali lagi, lebih banyak beraktivitas di rumah saja.

Eh tapi, merancang untuk pergi berwisata boleh dong. Biar hati seneng. Katanya kalau hati senang, imun bisa meningkat. Kalau imun meningkat, maka si virus nggak bakal bisa mengalahkan sel-sel penjaga tubuh. Justru si virus yang kalah, dan tubuh kita tetap sehat.

Nah, keluarga Nara juga bikin rancangan buat piknik nih, pengennya menjelajah ke Jawa Tengah. Area pegunungan yang sudah terkenal dengan keindahan alamnya, terkenal juga dengan kulinernya yang khas. Kami pengen menjelajah Wonosobo. Udah bisa nebak kan ada apa di sana?

Yup, paket wisata Dieng adalah tujuan kami. Mengunjungi beberapa tempat wisata yang terkenal akan keindahan alamnya, menikmati kuliner lokal, tak lupa oleh-oleh khas Wonosobo.

Kompleks Candi Arjuna

Kawasan wisata kompleks Candi Arjuna memiliki luas sekitar 1 hektar. Di dalam kompleks ini terdapat lima buah candi, yaitu Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

candi arjuna
Kompleks candi Arjuna, sumber gambar diengtrip.co.id

Komplek Candi Arjuna digunakan sebagai upacara pemotongan rambut gimbal yang merupakan anak asli Dieng. Upacara ini dilakukan setiap tahun dalam balutan Dieng Culture Festival. Anak Gimbal wajib di potong rambut gimbalnya agar tidak kena sial. Pada saat acara ini berlangsung, banyak wisatawan akan memadati kompleks candi ini.

Kawah Sikidang

Posisi Kawah Sikidang Dieng berbeda dengan kawah pada umumnya yang terletak di puncak gunung berapi dan susah untuk melihatnya. Sedangkan Kawah Sikidang berada di tanah yang datar sehingga pengunjung leluasa melihat lumpur panas meletup-letup dan gas atau asap yang berwarna putih pekat mengepul di udara.

kawah sikidang
Kawah Sikidang, sumber gambar travel.kompas.com

Kawah Sikidang terbentuk dari letusan gunung berapi di kawasan Dataran Tinggi Dieng bertahun-tahun lalu. Kawah ini sangat fenomenal. Pada waktu tertentu, rata-rata sekali dalam 4 tahun, kolam kawah akan berpindah atau seolah-olah melompat dalam satu kawasan seperti karakter hewan kidang (kijang) yang suka melompat. Itulah yang menjadi asal-usul mengapa kawah fenomenal ini dinamakan Kawah Sikidang.

Oh iya, Kawah Sikidang ini ada di wilayah Kabupaten Banjarnegara ya. Karena memang dataran tinggi Dieng itu terletak di perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara.

Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Telaga Warna memiliki keunikan fenomena alam, yaitu warna air dari telaga sering berubah-ubah. Terkadang telaga ini berwarna hijau dan kuning atau berwarna warni seperti pelangi. Fenomena ini terjadi karena air telaga mengandung sulfur yang cukup tinggi, sehingga saat sinar Matahari mengenainya, maka warna air telaga nampak berwarna warni.

Tak jauh dari telaga warna, terdapat telaga Pengilon yang airnya jernih, sehingga bisa digunakan untuk bercermin. bercermin dalam bahasa Jawa adalah ngilo, sedangkan pengilon berarti cermin. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa telaga ini bisa mencerminkan isi hati seseorang. Jika orang yang bercermin memiliki hati yang baik, maka pantulan wajahnya di telaga akan tampak tampan/cantik. Sebaliknya jika hatinya tidak baik, maka cerminan wajahnya di telaga nampak buruk.

Puncak Sikunir

Saya beberapa kali membaca cerita teman-teman yang berhasil mencapai puncak Sikunir dan membagikan foto-fotonya di media sosial. Mupeng banget lihat foto-fotonya, walau harus berangkat mendaki jam 3 dini hari, tapi rasa lelahnya terbayar saat menyaksikan proses mentari keluar dari peraduannya.

Membaca kisah-kisah itu, jadi ingat jaman mahasiswa dulu, kalau libur semester pasti ikut teman-teman sekelas mendaki gunung. Capek sih, tapi seneng. Ada kepuasan tersendiri jika berhasil sampai di Puncak.

Memilih Ikut Paket Wisata Dieng demi Kepraktisan

Berhubung ada banyak sekali tujuan wisata yang bisa didatangi jika ke Dieng dan jaraknya juga tak terlalu jauh, kami merancang untuk menggunakan jasa penyedia paket tour Dieng saja. kebetulan salah satu kenalan saya yang menjadi guru SMK di Wonosobo juga merekomendasikan untuk memilih paket wisata Dieng yang disediakan penyedia jasa saja. Salah satu alasannya adalah demi kepraktisan, dan juga agar suami tak lelah nyetir dan menemukan jalan menuju obyek wisata.

Tahu sendirilah kalau ke daerah yang belum pernah dikunjungi, walau sudah mengandalkan Google maps, kadang masih bisa nyasar juga. Kalau sudah nyasar, mood buat piknik udah berkurang tuh, jadi mekan waktu lebih lama juga kan sampai ke tujuan.

Apalagi kalau penyedia jasa paket tour Diengnya juga menyediakan jemputan dari kota-kota sekitar, Solo atau Jogja gitu. Kan jadinya kami nggak perlu bawa mobil sendiri, suami juga nggak capek nyetir. Naik kereta dari Malang menuju Jogja, terus sudah ada jemputan dari Stasiun Tugu menuju Wonosobo. Asyik banget kan, tinggal bawa badan aja. Urusan transportasi, makan dan juga penginapan sudah ada yang mengurus.

paket wisata Dieng

Ngayal aja terooos!!

Hahaha… biarin lah. Berencana kan boleh. Merancang perjalanan juga nggak ada salahnya kan. Semoga aja si Omicron ini segera pergi. Jadi rancangan paket wisata Dieng ala Keluarga Nara ini bisa diwujudkan. Para pembaca bantu aminkan ya…

Baca yang ini juga

40 thoughts on “Merancang Paket Wisata Dieng untuk Keluarga Nara

  1. Selamat pagi Ibu Nara.

    Tepat sekali Ibu, supaya tidak ribet, tinggal jalan dan menikmati perjalanan alangkah baiknya menggunalan layanan jasa paket wisata yang melayani penjemputan di kota sekitar Dieng.

    Jika membutuhkan informasi paket wisata menarik semua tentang Dieng atau konsultasi boleh japri ya Ibu di nomer ini.

    08112828283

    Pak Mubin Putra Tour Dieng

    Terimakasih

  2. Sedikit tips aja kalau mau ke dieng jangan lupa bawa jaket yg tebal atau bulu angsa karena suhu disana cukup dingin bundd πŸ₯ΆπŸ₯ΆπŸ₯ΆπŸ₯Ά

  3. Tempat wisata yang mau dikunjungi jika wisata ke dieng boleh dicontek nih mba. Menggunakan paket wisata kita udah terima beres ya, tinggal menikmati jalan-jalannya aja.

  4. Ikutan paket wisata itu pilihan bijak menurut saya. Apalagi untuk 1 tempat yang belum pernah kita kunjungi sama sekali. Saya pernah ke Dieng Culture Festival berdua dengan teman. Stuck di seputaran Candi Arjuna karena pengunjung tumpah ruah, banyak jalan tersekat dan berdirinya tenda-tenda yang membuat lalu lintas kendaraan jadi padat merayap. Jalan keluar masuk Dieng juga macet total. Walhasil saya terpaksa kemping di dekat Candi Arjuna sampai subuh menjelang.

    Gak kapok sih karena sesungguhnya Wonosobo itu alternatif wisatanya lumayan menarik. Tapi sepertinya memang lebih nyaman ikutan paket wisata aja.

  5. masha allah ya mbak, baru rencana aja sudah diplanning sebegitunya. semoga segera terwujud deh mbak setelah omicron bisa cusss ke sana barena keluarga

  6. sebenernya sih menurut aku liburan di saat pandemi ini jika liburannya outdoor tuh aman deh insya Allah. Karena kebanyakan tempat wisata outdoor itu malah sepi pas saat pandemi gini. iya nggak sih? Yang rame tuh kalo ourdoornya wilayahnya tidak luas karena berbentuk wahana dimana wahana satu sama wahana lain berdekatan jaraknya

  7. Banyak sekali destinasi yang bisa dituju ya untuk jaraknya apa berdekatan atau bagaimana? Apa bisa diselesaikan dalam hitungan hari? Lalu transportasi apa bisa mudah sewa disana?

    1. Jaraknya berdekatan, kalau pakai paket wisata ini ada pilihan mau 1 hari, 2 hari atau 3 hari. Sudah include transport, penginapan dan makan. Jadi terima beres saja

  8. Wah, lumayan banyak dan variatif juga ya tempat wisata Dieng yang bisa jadi tujuan. Jadi kepengen juga deh bikin plan seperti ini. Semoga aja, dengan dibuat plan, kecatet malaikat dan terwujud. Aamiin 2022 bisa jalan-jalan ke Dieng πŸ˜€

    1. Beneran kepengen bisa main ke Dieng. Anak-anakku belom pernah main ke sana. Aku sama suami juga main ke sana gak bareng-bareng. Seruuu banget di Dieng ini. Ah kangen banget ih lihat pemandangan khas sana.

  9. Enaknya menggunakan paket wisata, kita sebagai peserta tinggal duduk manis ya mbak menikmati suasana alam yang indah. Jadi ingin ke Dieng juga saya. Soalnya belum pernah ke sana

  10. Ahaa, makin simple kalo pas jalan2 ke Dieng memilih paket wisatanya, biar bisa ke explore semua tempat2 wisatanya. Tinggal menikmati saja ga perlu ribet urusan transportasi, htm dllnya.
    Mauu jugaa ahh nanti kalo pas suasana Omicron mulai menurun.

  11. Aamiin…
    Saya pun berdoa semoga pandemi segera berakhir. Biar bisa bebas bepergian apalagi kalau bawa anak.
    Terakhir ke Dieng saya waktu festival cukur rambut gimbal

  12. Aminnnn.. Aku pun pengen nih paket tour ke Dieng bareng keluarga..Enak ikut paketan kita tinggal duduk dan puas-puasin jalan-jalan ya

  13. Bener bun walau katanya varian omicron nggan seberat delta tetap aja ga enak kalau satu keluarga sakit dan berhari hari. Belum lagi isomannya. Jadi mencegah lebih baik juga kalau aku.

    Tapi kalau sekedar merencanakan nggak apa apa termasuj ikut paket wisata dieng biar praktis ada pemandu jasanya juga ya. Enak 😍. Terus banyak tempat wisata yang bisa kita kunjungi ya

  14. Dieng sudah masuk dalam wishlist destinasiku tapi belum tahu kapan dapat terwujud. Masih pandemi euy..Yang pasti suasana disana adem sejuk ya. Siapkan jaket tebal dari sekarang hehe..

  15. Semakin penasaran nih dengan keindahan panorama Dieng ini. Memang harus direncanakan dengan sempurna ya mom karena beberapakali ingin kesana dengan keluarga ada saja halangannya. Thanks untuk reviewnya

  16. Wah, Desember 2021 lalu aku sekeluarga main ke Dieng tuh. Bikin kangen deh suasana dan udara dinginnya wang wow hahah. AKu udah pernah mampir ke destinasi wisata yang mbak sebutkan di atas. Jangan lupa menikmati mie ongkloknya yang khas. Ngayal terus ga apa2 mbak, ntar kan terealisasi aamiin πŸ™‚

  17. Ah, keren banget sih mba… Aku kangen banget sama suasana Dieng. Semoga selambat-lambatnya tahun 2023 bisa ngajakin si kecil ke sana, aamiin…

  18. Wah, jadi kangen liburan di Dieng. Waktu itu baru main ke Candi, Kawah Sikidang dan Sumur Jalatunda. Sama nginep di D’Qiano Hot Spring Hotel.

    Belum sempet ke Telaga Warna sama Sikunir. Perlu diagendakan lagi nih, semoga bisa.

  19. Banyak tempat wisata menarik ya di Dieng ini. Spotnya cantik-cantik pula. Berasa pengen liburan ke sana apalagi bareng keluarga. Pasti seru dan menyenangkan

  20. Wah, ini destinasinya komplit banget mbak. Dari dulu pingin banget jalan jalan ke Dieng tapi belum kesampaian. Penasaran banget sama Dieng

  21. Kalo ga salah memang ada kok Mbak, travel Jogja yang bikin trip ke Dieng. Coba jalan ke daerah Suryowijayan. Kanan jalan kalo dari Malioboro. Aku pernah ditawarin juga, cuma lupa nama tour travelnya.

  22. Wah mantap emang KLO berpergian dengan keluarga seperti ini ya mbak
    Apalagi mengunjungi tempat secantik Dieng ini

  23. Wah kalau paketan bgini harganya jadi lebih murah sih ya mak. Apalagi fasilitas lengkap dan terjamin juga ketersediannya. Ga harus mendadak nyari paket wisata pas udah hari H

  24. liburan yang adem ke Dieng ya mbaa. Kalau naik gunung gini aku masih mikir karena bawa anak balita dan akunya jarang olahraga, haha … coba cari paket wisata yang ramah anak kalau ke Dieng. Ga perlu sampai naik ke puncak Sikunir.

  25. Aku ama keluarga adalah mau liburan akhir tahu tapi gak tahu sampai ke dienG apa nggak. Tapi yang jelas bikin rencana liburan itu emang bikin hepi, hehhehe. Meski nanti bisa aja batal

  26. Sakjane emang enak ikutan trip gini mak daripada sendiri bingung mau kemana
    Tapi emang kudu tau siapa yg berangkat dan nemeni terpercaya takut gt kan dibujuki. Senengnya paket trip gini bisa minta dipotoin bagus2 mesti

  27. Seneng banget yaah…wisata ke Dieng ini lengkap.
    Rasanya kangen banget ikut paket wisata. Selain berwisata juga pingin dapat cerita dan sejarahnya dari guide setempat.

  28. Aamiin. Sampai sekarang saya belum pernah juga ke dieng lho mbak. Pengen ke sana gara-gara baca tulisan ini. Alamnya indah sekali, terbayang udaranya segar

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: