kampus luar negeri favorit

Rekomendasi Kampus Luar Negeri Favorit, yang Mana Pilihanmu?

Sejak kecil, saya sudah diajari oleh guru mengaji bahwa menuntut ilmu itu sangat penting. “Tuntutlah ilmu walau sampai ke negeri Cina”, begitulah kalimat yang selalu diucapkan untuk menyemangati kami agar mau pergi merantau, pergi jauh kampung tempat kelahiran kami di pelosok. Pergi ke kota lain, propinsi lain, menyeberang laut menuju pulau lain, bahkan negara lain untuk menuntut ilmu.

Saya sudah jauh merantau demi menuntut ilmu. Lintas kota, lintas propinsi dan juga lintas pulau. Tapi belum lintas negara. Keinginan untuk bisa menuntut ilmu, kuliah di luar negeri sampai sekarang masih ada. Walau umur sudah kepala 4, anak pun sudah ada 3, tapi semangat belajar tetap harus di pupuk kan? Karena memang kita dituntut untuk terus belajar sepanjang hayat.

5 Kampus Luar Negeri Favorit

Ngomongin tentang kuliah di luar negeri, dalam salah satu webinar yang pernah saya ikuti, disebutkan bahwa tidak semua kampur di luar negeri itu bagus. Sama aja kayak di dalam negeri sih, ada kampus favorit yang jadi impian banyak orang untuk kuliah di situ, ada juga kampus yang tidak jadi favorit anak muda.

Nah, di tulisan ini, saya mau kasih rekomendasi beberapa kampus favorit luar negeri yang bisa jadi pertimbangan kalau kamu pengen kuliah di luar negeri.

University of Melbourne

Jika kamu punya mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke negeri kanguru, maka salah satu pilihannya bisa ke University of Melbourne. Universitas ini terletak di Melbourne, negara bagian Victoria, Australia.

Berdiri sejak 1853, University of Melbourne telah banyak mendidik dan meluluskan mahasiswa yang memiliki kualitas keilmuan tinggi. Universitas ini berada di peringkat atas, baik di Australia mapun dunia, terutama dalam bidang ilmu sosial, ilmu budaya dan biomedis.

University of Melbourne sejak tahun 2005 menerapkan program Growing Esteem. Program yang mengonsolidasikan tiga aktivitas utama yaitu riset, pembelajaran, dan transfer pengetahuan. Pantas saja kalau akhirnya universitas ini jadi salah satu lembaga pendidikan terbaik di dunia. 

Universitas ini juga merupakan anggota dari Group of Eight, yaitu group yang beranggotakan universitas riset ternama dan tertua di Australia

Nanyang Technological University

Nanyang Technological University (NTU), tentunya kamu sudah akrab dengan nama ini kan. Kampus favorit yang ada di Singapura ini menjadi incaran banyak pelajar kita yang duduk di bangku SMA. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia juga menjadi pertimbangan selain memang memiliki kualitas pendidikan yang bagus.

Nanyang technological university

Universitas ini terletak di Kawasan Jurong, sebuah kawasan industri di sebelah barat barat daya Singapura. NTU masuk kedalam rangking 10 Universitas terbaik di dunia, dan peringkat ke-2 Asia.

University of California, Berkeley

Universitas California, Berkeley merupakan sebuah universitas riset publik di Amerika Serikat. Berlokasi di kota Berkeley, universitas ini didirikan pada tahun 1868.

Berawal dari sekelompok pionir akademis pada tahun 1868 hingga Gerakan Bebas Berbicara pada tahun 1964, Berkeley adalah tempat di mana para pemikir paling cerdas dari seluruh dunia berkumpul untuk menjelajahi, mengajukan pertanyaan, dan memajukan dunia.

King’s College London

King’s College London adalah sebuah universitas berbasis penelitian yang terletak di London, Inggris. Kampus ini merupakan salah satu dari 10 universitas Inggris terbaik versi Peringkat universitas dunia QS.  Keren banget kan!

King's college london

Pada awalnya, King’s College London adalah sebuah yayasan yang didirikan pada tahun 1829 – 1829 oleh sekelompok politisi terkemuka dan para anggota gereja. Pada saat itu, mereka berinisiatif untuk mengubah  sebuah gereja Inggris menjadi University College London (UCL) yang dikenal sebagai perguruan tinggi sekuler di Gover Street

Monash University

Monash University) adalah salah satu universitas terbesar di Australia. Kampus utamanya terletak di Clayton, Victoria, Australia.

Universitas ini didirikan pada tahun 1958 dan mulai menerima mahasiswa pertamanya pada tahun 1961. Nama universitas ini berasal dari nama seorang jenderal Australia, Sir John Monash.

Persiapan Kuliah di Luar Negeri Bersama Schoters

Dari lima kampus luar negeri favorit yang sudah saya sebutkan di atas, yang mana pilihanmu? Yang manapun pilihanmu, tentu saja kamu butuh banyak persiapan untuk bisa kuliah di sana. Karena bukan cuma kamu yang pengen kuliah di sana, pelajar dari berbagai negara pun punya mimpi yang sama dengan kamu, pengen kuliah di kampus favorit luar negeri itu.

Atau kamu masih bingung, apa saja yang perlu disiapkan kalau pengen kuliah di luar negeri? Niat yang kuat tapi kalau tak segera melangkah, bisa-bisa sampai akhir hanya tetap jadi niat, tak pernah terlaksana.

Biar nggak bingung, kamu bisa konsultasi dan tanya-tanya segala hal mengenai kuliah di luar negeri pada Schoters. Schoters adalah platform bimbingan bahasa dan kuliah luar negeri.

Schoters akan memberikan layanan terbaik bagi kamu yang memiliki keinginan untuk bisa kuliah di kampus favorit luar negeri. Layanan dari Schoters berupa :

  1. Konsultasi dan bimbingan pendaftaran, meliputi memilih negara, jurusan, beasiswa luar negeri, konsultasi terkait motivation letter. Selain itu juga bagaimana membuat esai, proposal riset, CV, hingga simulasi wawancara
  2. Bimbingan bahasa Inggris untuk persiapan mengikuti tes IELTS dan TOEFL. Selain itu melayani juga untuk kebutuhan lainnya, seperti Kelas Bisnis, Kelas Percakapan, dan Kelas Anak-anak
  3. Pembimbingan tes masuk kuliah luar negeri. Tujuannya supaya bisa mencapai target skor SAT, GMAT, GRE, A Level, ACT, dan standardized test lainnya. Bimbingan dilakukan oleh tutor yang berpengalaman di bidangnya
  4. Bimbingan bahasa Asing selain bahasa Inggris. Harapannya kamu bisa mempersiapkan diri memperoleh skor tinggi untuk tes kompetensi bahasa asing lainnya. Mulai dari Bahasa Jerman, Mandarin (HSK), Jepang (JLPT), Korea (TOPIK), Prancis (DELF), hingga Arab (TOAFL)
  5. Layanan lain, misalnya mencari prediction test atau official test IELTS/TOEFL, jasa pembayaran application fee, atau layanan penerjemahan dokumen tersumpah

Penutup

Kemajuan zaman dalam berbagai bidang makin mempermudah kita untuk mengakses pendidikan hingga melintasi batas negara bahkan benua. Tentu saja butuh banyak persiapan jika ingin kuliah di kampus favorit luar negeri. Persiapan administratif dan juga soal biaya.

Persiapan sejak dini, membuat kita lebih siap dan mantap untuk kuliah di luar negeri. Soal persiapan untuk kuliah di luar negeri dan juga pencarian beasiswa kuliah luar negeri, percayakan saja pada Schoters.

Baca yang ini juga

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: