Sirup Markisa, Segar dan Kaya Manfaat




Bagi yang pernah berkunjung ke Makassar, pasti nemu ada yang jual sirup markisa di toko oleh-oleh yang ada di Makassar. Bahkan di bandara pun banyak yang menjual. Memang sirup markisa ini, rasanya segar dan kaya manfaat. Kalau pengen tahu manfaat sirup markisa, lanjut baca artikel ini ya.

Pertama Kali Melihat Markisa

Dulu, saat awal-awal dapat dinas luar dan nginap di hotel berbintang, saya heran kala sarapan ada pilihan buah warna kuning, enteng sekali. Saat bertanya pada petugas hotel, dia bilang namanya markisa. Karena nggak pernah tahu buah itu, saya nggak ngambil, walau penasaran juga gimana cara makannya.

Lalu, saat sarapan saya lihat teman saya membawa buah itu. Dia membelahnya, lalu menyendok isinya dan langsung dimasukkan mulut. Padahal ada banyak bijinya warna hitam. Tapi dia menelan juga biji-bijinya, katanya ya memang gitu cara makannya.

biji buah markisa
Isi buah markisa

Hingga suatu hari, di tahun 2015, suami membawa satu buah markisa yang sudah matang, lalu memecah dan menyemaikan bijinya. Tak lama biji itu tumbuh. Karena memang tanahnya subur, tanaman pun tumbuh semakin besar. Merambat pada pohon mangga yang ada di depan rumah. Lalu mulai berbuah deh. Sejak saat itulah saya suka mengkonsumsi buah markisa

Markisa ungu masak pohon
Markisa masak pohon

Oh iya, tanaman markisa yang di depan rumah saya adalah jenis markisa ungu. Selain markisa ungu, ada juga markisa kuning. Warna ungu ini akan muncul kalau buahnya sudah matang. Kalau masih mentah, warna buahnya hijau.

Cara Membuat Sirup Markisa

Kalau saya, nggak bisa mengkonsumsi buah markisa secara langsung, jadi harus dicampur dengan air dan sedikit gula. Setelah di buat, langsung di minum. Rasanya segar, ada asemnya sedikit.

Baca juga : Mengenal Manfaat Blonceng dan Aneka Olahannya

Cara membuat minuman markisa ini adalah dengan membelah kulit buahnya, lalu keluarkan isinya dengan sendok beserta dengan bijinya dan taruh di gelas. Jadi isinya buah markisa ini adalah biji-biji warna hitam yang diselimuti dengan daging buah.

cara membuat sirup markisa
Tuang biji markisa dalam gelas

Tambahkan gula sesuai selera. Lalu tuang air ke dalam gelas. Aduk hingga gula rata, dan segelas sirup markisa yang kaya manfaat pun siap diminum.

sirup markisa
Segelas sirup markisa

Biji-bijinya akan terapung dibagian atas. Biasanya saya saring dulu sebelum minum, sehingga bijinya terpisah. Tapi ada juga orang yang minum langsung dengan bijinya juga.

Kalau tanpa gula, rasanya asem, tapi seger. Kalau pakai gula, jadi manis tapi tetap ada asemnya. Dikasih es batu lebih segar lagi

Manfaat Markisa

Suatu kali, saya upload foto markisa di FB, terus ada teman kantor saya yang melihat dan dia bertanya apakah boleh minta. Tentu saja boleh.

Keesokan harinya, saya bawakan markisa ungu itu untuk teman kantor saya. Lalu dia bercerita, kalau dulu anaknya sempat meneliti markisa ungu ini. Dia meneliti apakah markisa ungu ini baik untuk penderita diabetes. Obyek penelitiannya adalah dua ekor tikus. Dan ternyata hasil penelitiannya menyatakan bahwa ekstrak markisa ini tidak direkomendasikan untuk penderita diabetes, karena konsumsi markisa ini malah membuat nafsu makan meningkat.

Saya pun jadi penasaran, apakah ada manfaat markisa ini untuk kesehatan tubuh kita.

Dari Hellosehat, saya mendapatkan informasi bahwa markisa termasuk jenis buah yang mengandung banyak sekali nutrisi yang diperlukan bagi tubuh dan baik untuk kesehatan. Berikut manfaat luar biasa buah markisa:

1. Mengandung banyak antioksidan

Markisa mengandung banyak antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Markisa kaya akan vitamin C, beta-karoten, dan polifenol yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar terhindar dari peradangan kronis, penyakit jantung dan kanker. Selain itu, mengonsumsi markisa mampu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat dan mencegah penuaan dini.

2. Sumber serat untuk tubuh

Buah markisa mempunyai kandungan serat yang tinggi. Satu buah markisa mengandung serat larut sekitar 2 gram. Serat sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, sehingga saluran pencernaan seperti usus jadi bersih dan terhindar dari sembelit. Selain itu, buah markisa juga bisa dijadikan obat pencahar ringan.

3. Mengurangi serangan asma

Buah markisa bisa meredakan serangan asma. Pasalnya, markisa mengandung vitamin C yang membantu dalam memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma. Penelitian terbaru telah menunjukan jika buah markisa adalah obat mujarab untuk para penderita asma.

4. Mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam buah markisa memiliki antioksidan yang membantu tubuh mencegah dan melawan penyakit serta infeksi. Hal ini juga mempercepat penyembuhan luka dengan melakukan perbaikan jaringan tubuh.

5. Menurunkan berat badan

Jus markisa dapat membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori (97 kalori per 100 g), natrium, dan lemak. Selain itu, markisa kaya akan karbohidrat dan gula alami sehingga mampu menurunkan kolesterol dan mempercepat proses pemulihan tubuh dengan memenuhi asupan energi akibat berolahraga.

6. Membantu tidur lebih nyenyak

Jus markisa memiliki efek menenangkan saraf sehingga mampu merelaksasikan pikiran Anda. Hal semacam ini tentunya sangat membantu para penderita insomnia atau mereka yang tidak bisa tidur pulas. Oleh karenanya, segelas jus markisa sebelum tidur bisa membuat para penderita insomnia tidur lebih nyenyak.

Nah, itulah beberapa manfaat mengkonsumsi buah markisa. Semoga tulisan ini bermanfaat.

91 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *