WisataKu

Staycation di The Shalimar Boutique Hotel Malang

Bagi penggemar buku kayak saya ini, seneng banget kalau bisa nemu perpustakaan dengan suasana yang tenang. Apalagi kalau banyak koleksi buku kuno di dalamnya. Nah, hari ini saya baru menemukannya. Dan takjub banget karena perpustakaan itu ada di hotel. Iya, di dalam hotel. Tepatnya di The Shalimar Boutique Hotel.

Asyik baca buku di perpustakaan yang tenang

Hotel Shalimar merupakan hotel bintang 5 yang terletak di jalan Cerme no 16 kota Malang. Mengusung konsep vintage, hotel ini menawarkan nuansa unik dan klasik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Bangunan hotel dibangun oleh Ir Muller pada tahun 1930 an. Pernah digunakan menjadi gedung Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun 1964. Mulai tahun 1993 difungsikan sebagai hotel dengan nama Malang Inn. Tahun 1995 berubah nama menjadi Hotel Graha Cakra dan di pertengahan tahun 2014, setelah ada beberapa pembenahan, namanya berubah menjadi the Shalimar Boutique Hotel.

Bangunan hotel Shalimar

Hotel Shalimar memiliki 44 kamar, mulai tipe delux, superior delux, executive, royal suites hingga president suite. Membuat pengunjung bisa memilih kamar yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetnya. Selain air mineral, di setiap kamar juga di sediakan camilan khas Malang, dan ini free karena memang fasilitas yang disediakan bagi para tamu yang menginap.

Kamar tidur di hotel Shalimar

Harganya bagaimana? Untuk harga terendah adalah tipe deluxe, yaitu 1.8 juta. Sementara harga tertinggi adalah president suite, yang di bandrol 10 juta. Namun dengan berbagai kenyamanan yang diperoleh, tak rugilah membayar segitu.

Perlangkapan di kamar mandi

Kudapan di dalam kamar

Fasilitas di hotel ini juga lengkap. Ruang pertemuan, kolam renang, taman aroem spa, gym, perpustakaan, serta butik.

Kolam renang

Teras hotel di lantai 2

Suasana di dalam hotel membuat para tamu betah berlama-lama tinggal di sini. Banyak banget spot foto yang instagramable. Mulai dari depan pintu masuk hotel, lobby, taman, bahkan juga di dalam kamar.

Yang paling saya suka di sini adalah, banyak banget lukisan menghias dindingnya. Baik di dalam kamar, maupun bagian-bagian yang kosong. Di sela setiap kamar juga di beri hiasan dinding berupa topeng.

Meja resepsionis

Makanannya gimana? Jangan khawatir, di de Hemel Restaurant lidahmu akan dimanjakan dengan olahan para chef handal.

Kudapan

Jadi buat kamu yang berencana liburan ke Malang, the Shalimar Boutique Hotel ini bisa menjadi alternatif tempat menginap selama di Malang.

8 thoughts on “Staycation di The Shalimar Boutique Hotel Malang

  1. Wah konsep hotel sejarah gini keren mbak, kalo di Surabaya ada hotel Majapahit. Asik deh bisa baca buku di perpustakaan hotel yang tenang 🙂 ah jadi pengen ngadem di Malang nih sekalian wisata ke Batu dan nginep di Shalimar hotel 🙂

  2. Waaahhh ada buku kuno mba? Berarti pake tulisan jawi gitu yaaa? Unik nih hotelnya.. Thn depan aku ke malang, semoga bisa ngerasain stay di sana. Apalagi kolamnya gede gitu. Anak2 pasti seneng

    1. saya kemarin lihat buku yang ditaruh di meja aja mbak, soalnya yang di dalam lemari dikunci dan pas nggak ada petugasnya

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis