steak holycow semarang

Ceritaku Mampir Piknik dan Kulineran di Semarang

Yes, Jawa Tengah! Akhirnya menjelang akhir tahun, saya mendapat penugasan ke wilayah Jawa Tengah. Tepatnya di Grobogan. Setelah saya cek, ternyata Grobogan itu nggak jauh dari Semarang, naik kereta cuma satu jam saja. Jadi, kenapa tidak mampir dan jalan-jalan di Semarang?

Ada beberapa tempat wisata yang menarik perhatian saya untuk dikunjungi, selain itu, urusan perut jangan dilupakan. Jadi selain berkunjung ke tempat wisata, saya juga pengen memanjakan lidah dan perut dengan jajan steak Semarang.

Perjalanan Menuju Semarang

Saya berangkat dari Surabaya menuju Semarang dengan menggunakan kereta api Ambarawa Ekspres. Berangkat dari stasiun Pasar Turi, Surabaya, dan turun di stasiun Poncol, Semarang.

Ambarawa Ekspres ini kereta kelas ekonomi ya, walau demikian tetap nyaman kok, tempat duduknya 2-2, gerbong ber AC. Tarifnya 100 ribu saja per orang, jauh lebih murah dibandingkan naik bus atau travel. Lama perjalanan sekitar 5 jam.

kereta api ambarawa ekspress

Sebenarnya Grobogan dilewati lebih dahulu, tapi karena masih siang dan kegiatan juga masih besok, saya pilih langsung ke Semarang dulu saja. Piknik dan kulineran dulu, biar moodnya bagus buat ngadepin kerjaan di keesokan harinya.

Sampai stasiun Poncol, sudah ada teman yang menjemput. Alhamdulillah tepat waktu, berangkat dari Surabaya pukul 06.00 dan sampai di Semarang pukul 10.25. Karena perut sudah lapar, jadilah teman saya ngajak mampir cari makan terlebih dahulu. Iya, saya lapar karena pagi belum sempat sarapan, dan berangkat dari Malang tuh jam 4 dini hari.

Menikmati Steak Semarang di Holycow

Saya di ajak makan steak di Holycow Semarang yang beralamat di Jl. Sultan Agung No.142, Kaliwiru, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Holycow sendiri buka mulai pukul 11.00. Pas banget kan, keluar stasiun, menikmati sedikit kemacetan di kota semarang, jam 11 sampai di Holycow.

steak holycow semarang

Jujur, saya baru pertama ke Holycow. Di Malang nggak ada euy!

Kata teman saya, dia memilih makan steak di Holycow karena dagingnya berkualitas, sudah bersertifikat halal dan terjamin kebersihannya karena sudah mengantongi sertifikat CHSE. Soal halal ini kan penting banget ya bagi saya yang muslim.

Saat saya ditanya mau pesan apa, lah giliran saya yang bingung. Soalnya kan belum pernah ke sini. Lagian saya kan tamu, prinsip saya tuh, kalau jadi tamu ya ngikut saja apa kata tuan rumah.

Akhirnya saya bilang ngikut ajalah dengan apa yang dia pesan. Tapi tetap dong saya buka-buka buku menu yang ada di depan saya, lihat-lihat pilihan menunya.

menu steak holycow semarang

Kata teman saya, di sini tuh ada rekomendasi menu andalan yaitu  Wagyu Tenderloin MB 4-5 200GR, Fillet Mignon dan Holycow! Sirloin Steak 200GR.

Akhirnya teman saya memesankan Wagyu Tenderloin MB 4-5 200GR. Ok, saya ngikut saja dengan yang dia pesan. Untuk minumnya, saya pilih air mineral saja. Cuaca Semarang yang panas sebenarnya menggoda untuk menikmati minuman dingin, namun karena saya sedang batuk, jadi demi keamanan tenggorokan, saya pilih air mineral saja.

Tak lama menunggu, pesanan kami pun datang. Wagyu Tenderloin MB 4-5 200GR disajikan dengan side dish kentang french fries, serta sayuran buncis dan jagung.

Saya tuh tahunya makanan cuma ada dua macam, yaitu enak dan enak banget. Nah menu yang kami nikmati di Holycow ini enak banget terasa di lidah saya.

Singgah ke Lawang Sewu

Puas menikmati steak Semarang di Holycow, kami melanjutkan perjalanan menuju ke Lawang Sewu. Ini salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi kalau ke Semarang.

Lawang Sewu ini salah satu bangunan bersejarah di Semarang. Lokasinya di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang. Dinamai Lawang Sewu karena banyak sekali pintu di Gedung ini. Setiap ruangan paling sedikit memiliki 4 pintu. Jadi mau masuk keluar ruangan dari kanan, kiri, depan, belakang bisa.

Gedung Lawang Sewu dulunya merupakan kantor pusat Perusahaan kereta api Hindia Belanda. Jejak-jejak perkembangan perkeretaapian di Indonesia, bisa kita lihat di sini. Di beberapa ruangan, tersimpan beberapa benda yang berhubungan dengan kereta api. Ada beberapa keterangan tentang benda tersebut yang bisa dibaca oleh pengunjung. Bisa dibilang, jadi semacam museum kereta api.

Lawang sewu

Puas keliling Lawang Sewu, saya harus segera menuju ke Stasiun Poncol lagi. Karena jadwal kereta Airlangga yang akan membawa saya ke Grobogan sudah dekat. Kereta api Airlangga dari stasiun Poncol menuju Grobogan berangkat pukul 18.38 WIB, tarifnya 49 ribu.

Sebenarnya belum puas eksplor Semarang. Masih banyak tempat yang ingin saya datangi. Kawasan Kota Lama dengan salah satu iconnya yaitu Gereja Blenduk, Brown Canyon, dan juga Kawasan Simpang Lima. Tapi Namanya juga mampir, jadi emang nggak bisa lama-lama. Yang penting udah mencicipi steak Semarang.

Baca yang ini juga

28 thoughts on “Ceritaku Mampir Piknik dan Kulineran di Semarang

  1. Ini ekonomi yg gerbongnya jadi satu sama eksekutif ya, cepet loh sby-smrng sekitar jam segitu. Lawang sewu jadi tujuan utama kalau ke semarang, dan udah kesampaian ke sana

  2. Hmm enak banget mampir ke Holycow dulu nih sebelum ke Lawang Sewu. Lama euyy ngga ke sana. Kepengen jalan yang ada guidenya biar jelas belajar sejarahnya juga. Tapi ke Semarang emang ngga cukup sehari, banyak banget destinasi wisata sama kuliner yang wajib dikunjungi.

  3. Nah, namanya mampir ke Semarang tapi ke tempat yang memang huwooo, apalagi nyemil steak yang memang berkualitas trus ke lawang sewuu ahh ga akan terlupakan tuh.

  4. Naik kereta sekarang tuh memang sudah nyaman dan enak sih kalau menurutku. Karena aku pernah juga naik kereta ekonomi ke Yogyakarta dan itu lumayan banget. Baca ulasan ini malah jadi rindu ke Semarang deh, explore kota lama Semarang juga seru.

  5. Holycow yeaaay..main ke Semarang ya mba eh nggak main deh. Kerjaaa..
    Moga ntar bisa eksplor banyak lg di sana ya. Aku udah lama nggak main ke sana, dulu tempat kakak aku ngekos. Dan belum ada Holycow di sana

  6. Lumayan yaa udah mampir makan di Holycow dan ke Lawang Sewu. Aku belum pernah, cuma numpang lewat Semarang aja.
    Btw, tiket kereta kok murah cuma 100ribu udah sampai Semarang. Ekonomi tapi kursinya terpisah dengan sebelah.

  7. Senangnya udah mampir Lawang Sewu dan makan di Holicow
    Ituntih kalau di Semarang ikonik banget ya…
    Apalagi ini dalam waktu mepet, keren bisa sat set sat set hehe…

  8. Berarti kudu balik lagi ke Semarang mbak biar puas eksplorenya hehe. Aku jadi pengen ke Semarang deh, btw kalau ajak anak2 tu aman gak sih ke Lawang Sewu? Atau kurang cucok buat anak2?
    Wah jd pengen juga makan steak Holycow. Bener mbak kudu yakin kehalalannya yaa, ketimbang ragu 😀

  9. Semarang, salah satu kota yang ingin kukunjungi. Mengingat saya juga orang Jateng tapi jarang banget ke Semarang. Udah banyak perubahan yg pasti.

    Lawang Sewu ini gak boleh dilewatkan ya, Mbak. Wajib deh kalau ke Semarang.

    Owh,.steaknya.. jadi pengen nyicipin.

  10. Aku udah lama gak ke Semarang jadi pengen jalan-jalan santuy juga nih. Kemarin cuma lewat doang dan emang gak mampir karena mau sore. Enakan pergi pagi terus sore pulang. Gak jauh juga dari Jepara

  11. Hiks, kota idaman kedua setelah Bandung
    Saya belum pernah ke sini
    Cuma sampai Jogja saja
    Andai bisa belok waktu itu, tentu sudah ada foto di Lawang Sewu

  12. membantu banget nih mbak, rencananya awal Januari besok kami mau serombongan main ke Semarang. karena rencananya cuma staycation dan main dekat2 hotel jadi berburu kuliner kayaknya pas untuk mengisi waktu sama anak-anak.

  13. Suka baca tulisan mba Nanik yang nugas sambil Nyambi jalan-jalan. Asiikk ya mba, pas capek kerja bisa wiskulan dan mampir ke tempat wisata seperti pas tugas di Grobogan bisa mampir ke Semarang. Sukses selalu

  14. auto nyari tiket, karena baca tulisan Mbak Nanik ada tiket kereta cuma Rp 100.000
    Tapi gak nemu euy
    Rp 200 ribu ke atas semua D
    Tentang Holycow, jadi inget saya malah belum pernah coba
    Karena kebetulan pergi ke area Holycow , perut sedang tidak lapar
    Padahal mah penasaran

  15. Kalau ke Semarang kayaknya emang wajib ke lawang sewu ya mbak, soalnya bangunan ini kayak icon pariwisatanya Semarang banget.

  16. Spesial sekali ya, Kak. Berangkat dari Malang Dini hari dan sarapannya di Semarang. Apalagi sarapannya steak holycow, makin semangat dan makin bagus moodnya

  17. Daku juga kayak kak Nanik kalau diajakin makan terus ditanya mau pesan apa ya udah ngikut aja haha, soalnya kadang ngungbi kan yak, terlebih karena ditraktir dan belum pernah misalnya ke tempat itu, takut kelebihan harganya hihi

  18. Happy New Year mak Nanik. Beberapa tahun yang lalu aku pernah liburan ke Semarang. Memang kalau ke Semarang gak cukup sebentar ya, biar puas keliling dan menikmati kulinernya. Ke Lawang Sewu juga aku belum berkesempatan kesana

  19. Paling asik memang, kalau ada pekerjaan ke luar kota lalu menyempatkan diri jalan-jalan dan kulineran. Apalagi kalau tempat itu jarang-jarang kita datangi.

  20. Dulu kami hunting ke Holycow di kawasan Jakarta karena ngejar free bagi yang berulang tahun, lumayan dapat steak gratis, tentu saja tetap pesan buat yang lainnya yang tidak ulang tahun, ahh jadi kangen pengen makan steak Holycow lagi

  21. Barruu aja kemarin ngobrolin makan steak, enak kali ya..
    Hari ini baca artikel ka Nanik, jadi kebayang nikmatnya makan steak di Holycow.
    Apa di Bandung ada?
    Aku googling duluu.. Haturnuhun infonya, ka Nanik.

  22. penasaran ingin coba Wagyu Tenderloin MB 4-5 200GR, Fillet Mignon dan Holycow! Sirloin Steak 200GR. biasanya kalau udah direkomendasikan pasti enak

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: