Tips Memilih Susu untuk Manula

susu untuk manula

Manusia lanjut usia (Manula) akan mengalami beberapa penurunan dalam hal kemampuan fisiknya. Bahkan ada yang bilang, makin tua usia seseorang, maka ia akan kembali menjadi seperti bayi, baik fisik maupun perilakunya. Kalau bayi memerlukan susu untuk mendukung pertumbuhannya, maka manula memerlukan susu untuk mempertahankan kekuatan fisiknya. Orang tua yang sudah memasuki lanjut usia membutuhkan nutrisi khusus untuk tubuh mereka, seperti untuk tulang, penderita diabetes ataupun untuk penambah nafsu makan.

Seperti halnya susu untuk anak kecil yang banyak ragam dan mereknya, susu untuk manula pun banyak jenis dan merknya. Saya pun pernah bingung juga mau beli yang mana untuk ibu saya yang kini usianya 70 tahun. Nah, biar kamu nggak mengalami kebingungan juga saat memilih susu untuk manula, baca terus tips memilih susu untuk manula ini ya.

Manfaat Susu untuk Manula

Sebelum masuk ke pembahasan tips memilih susu untuk manula, ada baiknya kita ketahui dulu juga, kenapa sih orang tua perlu untuk minum susu.

Salah satu nutrisi terpenting yang diperlukan oleh lansia adalah vitamin D dan kalsium. Kedua jenis nutrisi tersebut sama-sama untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Nutrisi tesebut bukan saja berasal dari makanan yang dikonsumsi, tetapi bisa juga dengan menambahkan susu khusus yang diformulasikan untuk orang tua lanjut usia.

Dari segelas susu untuk lansia, ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan, antara lain :

  • susu mengandung kalsium dan vitamin D yang berfungsi memperlambat pengeroposan tulang (osteoporosis)
  • kandungan kalium di dalam susu yang sangat baik untuk merawat kesehatan jantung dan mengontrol peredaran darah.
  • susu merupakan sumber protein yang baik, sehingga dapat menjaga massa otot
  • susu bermanfaat untuk mencegah osteoarthritis atau pengapuran sendi yang seringkali menjadi masalah pada lansia.

Tis Memilih Susu untuk Manula

Orang lansia sering mengalami masalah kekurangan nutrisi. Hal ini terjadi karena fungsi tubuh yang tidak bekerja secara optimal. Faktor lainnya adalah nafsu makan yang mulai menurun.

Oleh karena itu, lansia membutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang lengkap dan tepat untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit-penyakit lain di masa tua. Asupan nutrisi ini bisa diperoleh dari segelas susu. Ada beberapa hal yang sebaiknya menjadi pertimbangan kala memilih susu untuk manula

1. Pertimbangkan varian rasa yang disukai

Susu untuk manula hadir dengan berbagai varian rasa. Ada rasa coklat, rasa vanilla bahkan ada juga yang tanpa rasa (plain). Nah, rasa ini juga harus menjadi bahan pertimbangan. Orang tua kita suka rasa apa?

Kalau pada anak kecil, kita bisa langsung memutuskan membeli rasa apa, tapi kalau pada orang tua jangan sampai melakukan hal ini. Tanyailah orang tua, dia sukanya rasa apa. Jangan sampai sudah membeli susu yang plain, ternyata orang tua sukanya yang manis. Jangan sampai membeli rasa vanilla, ternyata orang tua sukanya rasa coklat. Karena nggak cocok dengan rasa yang disukai, terus akhirnya nggak mau minum, kita juga yang repot kan?

2. Cek kandungan gizi di kemasan susu

Kebutuhan nutrisi manula berbeda dengan anak-anak maupun dewasa. Jadi penting banget nih cek kandungan gizi yang tercantum di kemasan susu. Emang butuh waktu sih, tapi kan tentunya kita pengen yang terbaik untuk orang tua. Misalnya nih, jika kandungan gula di dalam darah orang tua tinggi, sebaiknya pilih jenis susu lansia yang rendah gula.

3. Sesuaikan kondisi tubuh dengan susu yang akan dikonsumsi

Jangan sampai ya, niatnya minum susu tapi malah membawa masalah baru bagi tubuh. Misalnya, setelah konsumsi susu, malah jadi diare. Maka segera hentikan dan cari alternatif susu yang lain. Atau sebaliknya, setelah konsumsi susu malah jadi susah BAB. harus segera diganti juga.

4. Perhatikan harganya

Susu untuk manula itu, harganya mahal. Beneran deh, kayak susu formula untuk anak kecil. Tentunya kita nggak mau kan, udah beli susu mahal tapi ternyata orang tua nggak mau minum susunya.

Emang sih nutrisi dan kesehatan orang tua itu penting, tapi bukan berarti lantas kita membelikan susu untuk manula yang paling mahal untuknya. Harus diperhatikan kandungan gizi dan kebutuhan tubuh orang tua. Karena paling mahal, belum tentu paling baik kan? Bisa saja yang paling mahal itu ternyata nggak sesuai dengan kebutuhan tubuh akan nutrisi. Jadi yang paling bijak memang menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh, bukan menyesuaikan kemampuan dompet

Itulah beberapa tips memilih susu untuk manula. Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga orang tua kita selalu sehat.

23 Comments

  1. Setuju, Mbak…yang paling bijak saat memilih susu untuk manula memang menyesuaikan dengan kebutuhan tubuh, bukan menyesuaikan kemampuan dompet kita. Seperti mertua saya yang menderita hipertensi dan osteoporosis dan orang tua saya penderita diabetes, susu yang dikonsumsi berbeda karena kebutuhannya ga sama

  2. Susu untuk lansia (aku lebih enak sebut lansia dibandingkan dengan manula 🙂 ) biasanya disesuaikan dengan kebutuhan dan sikon kesehatan. Ada yang khusus mengurangi penyakit gula, persendian dll sehingga meningkatkan daya tahan tubuh dan meminimalisasi penyakit tersebut.

  3. Maki manula makin diperlukan kalsium yang tinggi, semoga tips2 di atas pn menjadi bahan petimbangan dalam membeli susu manula. Dan semoga kelak kita pun manula, yuk menjaga kesehatan selalu.

  4. nah penting banget tuh point pertama, tanya variant susu yang disuka karena biasanya orangtua seleranya beda. hal itu nggak hanya berlaku untuk memilih susu. tapi juga makanan lainnya heeheheh

  5. Wah, betul ya Mba, membeli susu untuk manula lebih baik tanya dulu untuk rasanya karena sayang kalau udah beli tapi tidak dihabiskan.

  6. Kalo bahas Anlene, saya teringat Omaku.
    Saya yang dulu perkenalkan beliau dengan susu Anlene.
    Saya ngasiin susu Anlene hadiah yang saya dapat hasil menangin kuis di radio, hehe…

  7. Pasti ada pertimbangan juga dengan kesehatan orang tua kita ya mbak. Bapak ibuku malah minum susu sapi tapi nggak setiap hari. Mereka nggak ada sakit seperti diabetes, kalo bapak pernah stroke tapi udah sembut dan sehat. Nggak mau juga kalo dibelikan susu khusus manula gitu malah, jadi ya minum susu kalo lagi pengen aja

  8. Betul juga kalau untuk orang tua harus mempertimbangkan selera orang tua ya.Soalnya aku pernah nih pengalaman pribadi. Udah beliin ternyata ibuku nggak doyan. tapi akhirnya ttp diminum sih tapi pakai campuran coklat hehehe.

  9. Sama persis nih pertimbangan Mba Nanik dengan aku. Kalau mau beliin susu untuk ibuku aku pasti nanya dulu ke beliau maunya yang rasa apa dan merk apa yang disuka. Flavour susu kan soalnya cocok-cocokan ya dengan lidah seseorang

  10. Ibu mertuaku juga sangat hati2 dalam hal memilih susu yg beliau konsumsi.
    memang semakin sepuh, kudu banyak hal yg jadi pertimbangan dlm memilih produk/nutrisi terbaik
    makasii remindernya untuk kita semua yaaa

  11. Iya ya mbak, susu bagus untuk orang tua kita, agar nutrisinya lebih terjaga dan ngga kurang gizi..tapi kudu hati-hati karena takutnya diare ya

  12. Bener banget, Mbak. Terutama sesuaikan dengan kebutuhan orang tua. Perlu kandungan susu yang bagaimana. Selain itu ditambah rasa yang disukai. Karena susu untuk manula enggak boleh sembarang susu, ya.

  13. Susu untuk manula sangat penting untuk menjaga tulang dan sendinya sehat ya. Dan masalah rasa memang harus disesuaikan dengan selera ya

  14. Aduhh, saya jadi ingat gak pernah beliin susu buat Mama. Habis gimana, mamaku selalu diare kalau minum susu. Udah gonta-ganti merk tetep aja diare. Atau mungkin jenis susunya kurang sesuai ya? Selama ini saya belinya ssusu untuk tulang. Sepertinya perlu cek lagi kebutuhan Mama.

  15. Aku lagi pencarian produk serupa Mak untuk kedua orang tuaku. Mereka sudah menjelang umur 60 tapi aktivitasnya masih padat banget. Semoga bisa nemu yang cocok dan bisa dikonsumsi secara reguler supaya mereka bisa terus fit dan happy dengan aktivitasnya :’))

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya