hotel royal victoria

Semalam di Hotel Royal Victoria Sangatta

Menjelang setengah 6 sore saya tiba di Hotel Royal Victoria, Sangatta Utara yang terletak di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Lelah setelah menempuh perjalanan darat sekitar 6 jam dari Samarinda, dengan kondisi jalan yang tak selalu mulus, ada banyak ruas jalan rusak, jalanan berliku pula mengikuti kontur pegunungan, sukses membuat saya mengalami mabuk darat. Jadi sesampai di hotel, pengennya segera rebahan di kasur, meluruskan kaki, syukur bisa terlelap.

Mengenai kondisi jalan yang tidak baik ini, saya sudah sering mendapatkan cerita dari para senior saya, foto mereka mengenakan sepatu boot di jalan yang becek dengan tanah liat yang mudah lengket.

“Sesekali Mbak Nanik harus ke Bontang atau Sangatta, biar ada kenangan seperti ini, berfoto di jalanan yang rusak”

Yah, akhirnya saya memang mengalami ditugaskan ke Sangatta, tapi nggak bisa berfoto di ruas jalan yang rusak, soalnya naik angkutan umum. Naik travel yang melayani rute Bandara ATP Pranoto Samarinda – Sangatta PP dengan tarif 200 ribu rupiah per orang.

Armadanya nyaman sih, Hiace dengan kursi yang sudah dimodifikasi juga, sehingga lebih lapang. Setiap penumpang dapat sebotol air mineral dan juga snack buat camilan di perjalanan. Snacknya saya belum pernah nemu di Malang

jajan ala Korea
Snack rasa ala ala kuliner Korea

Sesampai kamar pengennya segera merebahkan diri, meluruskan otot kaki dan punggung. Tapi pesan wa dari salah satu guru SMKN 2 Sangatta mengurungkan niat itu. Katanya jam 7 mau di jemput, diajak makan malam di luar.

Jadilah membawa diri masuk ke kamar mandi, untung kamar mandinya model bath up, jadi saya bisa rebahan sambil berendam air hangat. Lumayan bisa bikin badan saya lebih segar.

kamar mandi royal victoria

Berkat Promo bisa Menginap di Royal Victoria

Jadi sebenarnya hotel Royal Victoria ini sudah saya coret dari daftar yang akan digunakan untuk menginap di Sangatta, rate kamarnya melebihi anggaran yang ditetapkan dari kantor. Ratenya 700 ribuan per malam.

hotel royal victoria sangatta

Sampai 2 hari sebelum keberangkatan, saya belum memutuskan akan menginap di mana. Hingga seorang teman menginformasikan sedang ada promo hotel di salah satu aplikasi OTA langganan. Terus saya cek ke aplikasi, eh beneran ada, dan hotel Royal Victoria salah satunya. Dapat harga 450 ribuan, dan tinggal tersisa 7 kamar. Langsung saja saya booking untuk 2 malam.

Saya dapat kamar yang lumayan luas. Satu set tempat tidur dengan bantalnya, dua buah kursi di dekat jendela kaca, televisi, meja kerja dan satu set perlengkapan minum.

meja kerja hotel
Bisa kerja sambil dengerin siaran berita di TV

Tidak disediakan botol minuman air mineral di kamar. Yang disediakan adalah wadah buat tempat air putih, sementara air mineral tersedia di dispenser tak jauh dari kamar. Bagus juga nih, buat mengurangi sampah plastik.

air minum isi ulang

Lobby Luas dan Nyaman

Setelah badan segar dan sholat, lapar pun datang. Sudah menjelang jam 7 malam, saya pun turun ke lobby. Mengamati, sesekali menjepret dengan kamera handphone, sambil menunggu jemputan datang. Sebenarnya sebagai pengalih rasa lapar juga.

Lobbynya luas. Kalau dari pintu masuk, lurus akan bertemu dengan beberapa guci berukuran besar, sebagai titik tengah ruangan lobby. Lanjut lurus akan sampai di ruang makan. Kalau dari titik tengah belok ke kanan, maka akan menuju ke meja resepsionis. Di depan sebelah kiri dari meja resepsionis terdapat meja kursi untuk duduk para tamu menunggu, terbuat dari rotan sintetis. Sementara di depan sebelah kanan, terdapat beberapa rak yang memajang aneka camilan, produk UKM di Sangatta.

lobby hotel royal victoria
Tempat duduk utama di lobby

Ada beberapa meja dan kursi lagi selain meja kursi utama di lobby. Di belakang satu set kursi totan sintetis ini terdapat sebuah lemari kaca, digunakan untuk memajang aneka produk kerajinan tangan khas kalimantan. Ternyata ada Sangatta punya corak batik khas juga, namanya batik paku. Ada pula satu rak kayu berisi buku, jadi sambil menunggu, bisa baca buku yang disediakan di sini. Sayangnya kebanyakan buku bahasa Inggris, jadi saya nggak berminat membaca salah satunya. Berat, apalagi perut sedang lapar gini.

Aneka produk kerajinan
Aneka camilan produk UKM, bisa jadi pilihan kalau malas keluar hotel buat cari camilan

Bisa jadi karena wilayah kalimantan ini kan banyak area hutannya ya, sehingga di area hutan yang lembab, pasti banyak tumbuh tanaman paku. Salah satu jenis tanaman paku yang saya kenal bisa di sayur, biasa kita kenal dengan sayur pakis.

Batik Sangatta yang bermotif paku ini ternyata memiliki filosofi yang dalam. Sebagaimana kita tahu, ujung daun paku yang masih muda itu kan melengkung ke dalam. Lengkungan lingkaran itu melambangkan perputaran kehidupan manusia, kadang di atas kadang di bawah, terkadang senang terkadang sedih. Yang tua menyayangi yang muda, yang muda menghormati yang tua. Di situlah manusia akan selalu bersyukur dengan cobaan hidup hingga menemui titik akhir yaitu kematian. Pakis bisa tumbuh di mana-mana, hutan, pesisir, bebatuan dan tanah kering. Begitupun manusia, harus bisa bertahan hidup dimanapun mereka berada.

Menu Sarapan

Setelah semalam perut kenyang dan tidur lelap, hari ini saatnya bertugas. Tak lupa sarapan dulu di ruang makan. Soalnya hari ini harus banyak keliling, jadi mesti persiapan energi full.

pola makan sehat

Pertengahan November 2021, aturan perjalanan masih ketat karena pandemi covid-19. Anjuran menjaga jarak dan juga kebersihan diri ada di mana-mana, termasuk di meja ruang makan hotel Royal Victoria ini juga ada anjuran untuk menjaga pola makan sehat.

lontong kikil

Ruang makannya disini juga luas. Menu makan prasmanan, tamu hotel bisa mengambil sendiri makanannya. Menu utama berupa nasi, sayur dan lauk pauknya. Ada soto kikil yang langsung jadi tujuan pertama saya, ada bubur ayam juga. soto kikilnya enak, seger. Bikin saya pengen nambah lagi. Jadi dua mangkok soto kikil sudah cukup sebagai asupan saya pagi itu.

Ada aneka kue dengan tatanan yang cantik juga. Tapi saya sudah merasa kenyang, jadi nggak mengambil kuenya. Buah pun tidak. Dua mangkuk soto kikil lalu di susul oleh segelas susu dan segelas air putih. Alhamdulillah kenyang. Setelah kenyang, saatnya foto-foto di area ruang makan

Tak lama, jemputan datang. Saya pun meninggalkan area hotel menuju tempat bertugas.

Menginap Semalam sudah Cukup

Walau saya pesan untuk 2 malam, nyatanya hanya semalam saya tidur di hotel Royal Victoria ini. Sore sekembali dari melaksanakan tugas, saya kembali ke hotel. Teman seperjalanan saya mengajak untuk keliling Sangatta, namun saya memilih untuk di kamar saja. Menyimpan energi untuk perjalanan jauh lagi.

Jadi jam 8 malam nanti, kami sudah akan dijemput oleh travel dan menempuh perjalanan menuju Balikpapan. Kami memilih penerbangan kembali ke Surabaya lewat Balikpapan, tidak lewat Samarinda seperti saat berangkat. Soalnya pesawat dari Samarinda ke Surabaya itu adanya jam 12 an, sementara travel dari Sangatta ke Balikpapan berangkat paling pagi jam 8. Sudah pasti waktunya nggak nutut.

Sementara penerbangan Balikpapan ke Surabaya kami pilih pukul 7 pagi. Tentu saja setelah mendapat saran dari pihak travel juga. Pihak travel menjamin jam 5 pagi kami sudah sampai di bandara Sepinggan. Jadi malam itu, kami dijemput di hotel sekitar pukul 8 malam, lalu berangkat menuju Balikpapan.

Begitu masuk ke dalam mobil, saya memilih berusaha untuk segera tidur. Kebetulan saya duduk di depan samping sopir. Daripada ngeri lihat jalan berliku dengan kanan kiri area hutan, lebih baik tidur saja. Saya terbangun saat travel berhenti di rumah makan, memberi kesempatan pada para penumpang untuk makan dan istirahat.

Sekitar setengah 5 pagi kami sudah sampai bandara, dan bandaranya masih tutup. Jadi kami duduk saja beralas lantai di luar area bandara.

Baca yang ini juga

52 thoughts on “Semalam di Hotel Royal Victoria Sangatta

  1. pengalaman yang menarik ya mba menginap di hotel Royal Victoria Sangatta… sampai detik ini aku belum pernah berkunjung ke salah satu kota di pulah Kalimantan

    1. Sama dong. Saya pun belum pernah menginjakkan kaki ke luar pulau Jawa selain Sumatera, Bali, Madura dan Nusa Tenggara. Semoga ada kesempatan umur dan rezekinya main ke Kalimantan…..

  2. Whooo, baguss banget hotelnya mbaaa
    lengkap pulakk nih menu2 makanannya, endeus!
    aku belum pernah ke Sangatta.
    Palingan cuma ke samarinda ama balikpapan doang, itupun udah eerrrr 16 tahun silam kayaknya πŸ™‚

  3. Keren nih Hotel Royal Victoria Sangatta πŸ˜€ Kamar tidurnya luas dan cakep, segala fasilitas oke. Menu2 yang disajikan juga beragam sekali dan ruangannya luaaas. Padahal bisa nambah lagi ga jangan semalam aja hahahah. Aku belum pernah berkunjung ke Sangatt nih mbak. Konsep mengurangi sampah plastiknya bagus nih.

  4. Terus itu gimana uangnya dibalikin gak kan awalnya mau nginap dua malam eh ini jadi semalam?
    Jalan di sana sangat mengkhawatirkan ya. Semoga kalau IKN resmi perlahan sekitarnya ikut terangkat kesejahteraan termasuk sarana dan prasarana nya

  5. Wah seru ya mbak. Perjalanan yang jauh dan menyenangkan. Capek pun gak terasa ya mbak. Kamar hotelnya juga keren. Jadi pengen staycation

  6. Saya terpaku pada bagian liputan Batik Sangatta yang bermotif paku πŸ˜€
    Ternyata terdapat filosofi yang dalam mengenai motif dari paku, selayaknya berharga untuk dikenakan dan dilestarikan. Terima kasih sudah berbagi tentang hal tersebut, mbak.

  7. Kalau ngomong Sangatta aku langsung ingat seorang Tante ku mbak, adek almarhumah Ibuku yang kini hijrah ke sana dari Malang. Akhirnya menetap di sana bersama ke 4 anaknya, mantunya dan cucunya. Ternyata di Sangatta ada juga hotel yang bagus dan memanjakan mata juga badan begini. Harga 700an diskon jadi 400an lumayan ya selisihnya bisa dipakai jalan-jalan keliling Sangatta xixi

  8. Lumayan ya mak dapat harga promo Hotel Royal Victoria jadi murah. Kamarnya luas ya,bersih dan terlihat mewah. Menu-menu breakfastnya menggiurkan.Aku juga suka kikil, rasanya kenyal-kenyal nikmat, hehehe

  9. Wah pasti jadi pengalaman yang menarik dan berkesan ya mba menginap di hotel Royal Victoria Sangatta. Apalagi ditempuh dengan medan perjalanan yang nggak mudah dan butuh effort lebih. Bagus ya hotelnya ditambah menu-menu makannya juga banyak

  10. Ya ampun mba Nanik jauh bangeettt udah nyampe Sangatta. Aku jadi keinget temenku yang hijrah ke sana, dan belum sempet balik lagi ke Jawa. Saking jauhnya aku kira tempat ini di planet lain wkwkwk. Wah jadi pengen nyobain kuliner di sana.

  11. Perjalanan 6 jam terus bisa beristirahat di hotel yang nyaman meski semalem memberikan pengalaman tersendiri ya Mak. Bte makanannya itu looh, mau kikiil, bubuur, mau semuaaa, duh jam2 rawan lihat makanan semua mauu,hhiiii.

  12. Sangatta ternyata lumayan jauh ya kal
    dari Balikpapan, trip tahun kmrn kami ke derawan plgnya explore balikpapan penajam
    paser pengen ke sangatta ketemuan sm temen SMA. Tapi gagal karena tmn blg jauhh lhoo kondisimu sudah lelah explore di balikpapan saja.

    Memang bener sih banyakan mager di hotel balikpapan karena lelah seminggu explore derawan.

    Semoga next bisa ke sangatta, menginap di hotel royal victoria.

  13. Cita-cita injak tahan Kalimantan belum tercapai. Jauh juga mba sampai Kaimantan Timur ya mba. Tapi kamarnya nyaman sekali dan luas. PIlihan menu makanan juga oke

  14. Hotel Royal Victoria Sangatta ini sangat keren. Lobbynya cantik dan luas. Makanannya banyak pilihan.

    Dan ya, kenapa kalau di hotel mewah itu tempat makanannya juga sangat cantik, ya?

    Dan perjalanan ke Sangatta merupakan perjalanan yang banyak banget pengalamannya ya, Mbak. Dari jalan darat yang super, tapi di keren. Semangatnya lho. Salut sama Mba Nara.

  15. Alhamdulillah~
    Dinasnya sudah semakin jauh, kak Nanieeek..
    Senang sekali, kini menginapnya di Hotel Royal Victoria Sangatta yang indah. Istirahat yang berkualitas bikin kak Naniek siap untuk bertugas lagi di pagi hari. Meski jadinya aga serem melihat jalan, hehhee…

  16. Pengalaman yang luar biasa ya mbak, bisa menginap di hotel yang nyaman dan mewah, tapi perjalanan dari sana kanan kiri hutan hehe

    semoga suatu saat saya bisa sampai juga ke Sangatta. aamiin

  17. Pengalaman berkesan ya tugas sampai Sangatta, jadi sekalian menjelajahi tempat baru, asyik ey…aku belum sampai Kalimantan semoga nanti bisa berkunjung ke sana aamiin

  18. wah salah satu wishlist aku sih untuk main-main k daerah kalimatan dan sampai saat ini belum rezekinya. Hotel royal victoria sangatta cukup nyaman dan juga berkelas sih mbaaa dan aku tuh pnggemar snack tricks itu lho, enaaak soalnya.

  19. menu sarapannya enak banget nih, suka dengan interior dari hotel Royal Victoria ini jadi nyaman kalau nginap di hotel yang bersih dan menu yang enak hehhe

  20. Kangen banget mudik ke Kalimantan. Tapi belum pernah nih mampir Sangatta. Dulu tinggal di Samarinda dan Balikpapan. Sekarang pasti tambah keren ya mbak

  21. Ada bathup nya. Suami sama anak-anakku paling doyan nih kalau staycation lalu penginapannya ada bathup. Bisa leyeh-leyeh sambil menikmati air hangat. Wkwkkw

  22. Jauh juga Yaa mbaaaa. Tapi aku suka hotelnya, kliatan luas πŸ‘. Bagus juga konsep air minumnya pake dispenser dan dikasih tempat air. Yg begini LBH cocok buatku, Krn aku minum banyaaak . Repot kalo harus air mineral biasa. Pasti kurang soalnya πŸ˜„..

  23. wah pengalaman yang asyik menurutku dan mendapatkan hotel yang nyaman . perjalanan seperti ini ada tantangan sendiri ya

  24. Hotelnya memiliki kekhasan buat pengunjung, termasuk kulinernya hotel. Beberapa ruangannya nampak luas dan bersih. Bisa jadi referensi buat pembaca.

  25. Saya pernah tinggal di Bengalon, Kak. Kalau refreshing biasanya ke Sangatta. Ada kantor perwakilan perusahaan tempatku kerja juga di Sangatta.. Dan emang benar sih. Kalau mudik biasany aku pilihnya lewat Balikpapan. Jam 8 an dari Sangatta. Sampai Balikpapan jam 5 subuh. Ah aku mendadak pingin nostalgia lagi di Sangatta. Hhehe

    1. Nostalgia masa bekerja di Kalimantan. Bengalon persisnya. Tinggal di mess perusahaan perkebunan kelapa sawit. Lalu saat liburan bisa pesiar kemana pun kita mau. Termasuk ke sangatta dan nginep di hotel royal victoria sangatta yang keren ini.

  26. Kalau pas capeeeek banget dan mandinya pakai bath up… auto berendam lama deh. Kalau ga ada, yo wes, guyur badan dengan air hangat cukupan lamanya agar hilang sebagian penat.

  27. Wah, baru kali ini saya lihat hotel nyediain nya dispenser, bener2 mengurangi limbah plastik ya

  28. Baru kali ini ada hotel nyediain dispenser di lorongnya. Out of the box banget dan unik menurutku. Btw, snack Tricks enak mbaak

  29. Nice review mbak, catet ahhh Royal Victoria Sangatta siapa tau pas explore Kalimantan bisa mampir di Kalimantan Timur dan nginep di hotel ini.

  30. Hotel di Sangatta, 450 ribu kamar mandinya pakai bath up? Ada dispenser pula. Wah, ini mah fasilitasnya sekelas villa/ resort yaaaa. Harusnya kisaran sewanya ya minimal 1 juta lah.

  31. Asik dapat harga lumayan apalagi kamar luas banget dan prokes tetap dijalankan. Jadi aman deh nginep di hotel royal Victoria sangatta

  32. Menurut daku lebih asik begitu gak pakai botol air mineral sih ya, biar menjaga kelestarian alam juga dari sampah plastik.
    Walau memang jadinya kalau mau minum kudu jalan lagi hihi, tapi kan enakjuga banyak gerak

  33. ternyata di Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur

    karena saya baru tau tentang Sangatta

    ngiriiii….saya belum pernah keluar pulau, cuma sejauh madura dan lampung

    semoga bisa ngumpulin uang untuk nyebrang pulau beneran πŸ˜€

  34. Asyik banget bs menikmati hotel bagus dengan harga diskon itu…aku jg pernah wkt di KL dpt potongan sampai 70 persen….serasa dpt apa gitu ya…hehe

  35. Camilannya kekinian ya, Mbak..bedaaa dengan travel di Jawa
    Tapi, berarti Mbak Nanik harus ke Sangatta lagi biar ada foto pakai boots di lumpur, belum sah kayak seniornya nih hihihi
    Senangnya bisa tahu cerita hotel Royal Victoria Sangatta

  36. Berapa hotel udah menerapkan sistem air minum yang ambil sendiri begitu. Yaa , enak sih ngga takut kekurangan air minum ya, karna bisa ambil sepuasnya (selama persediaan masih ada) hehee.

    btw kamarnya luas sekali….dan lobinya kelihatan nyaman plus menu sarapannya lengkap.

  37. Waktu saya akan mengajar ke Bontang, saya sempat meminta penyelenggara agar saya meneruskan perjalanan ke Bontang dari Balikpapan lewat jalan darat. Tapi setelah diberitahu bahwa perjalanan tersebut bisa memakan waktu 8-9 jam, saya langsung jiper. Apalagi hampir sepanjang perjalanan dipenuhi oleh kawasan hutan. Baik hutan liar maupun perkebunan. Kalau memilih rute via darat ini kemungkingan besar saya mau mampir di Sangata. Karena banyak teman-teman yang mereferensikan bahwa di Sangata ada beberapa tempat yang indah buat difoto dan diliput.

    Namun setelah mikir lagi, mending nyambung pesawat Balikpapan – Bontang yang cuma 30-45 menit aja. Jauh lebih hemat tenaga dan biaya. Perhaps next time. Siapa tahu suatu saat akan menginjakkan kaki kembali di Kalimantan.

    BTW, hotelnya terlihat bersih ya Mbak. Dengan rate 400an ribu tapi dapat bathtub tuh jarang banget terjadi. Biasanya rate kamar dengan bathtub dibanrol diatas 1 juta.

  38. hotel yang hrganya murah menurutku mbak, melihat fasilitas yang di dapat bikin betah. apalagi disuguhi aneka kerajinan di salah satu sudut ruang. bertambah wawasan, baru tahu ada jenis batik paku. tertegun juga dengan tidak adanya botol aqua di dalam kamar. benar kata mbak, mengurangi sampah plastik, yang beginian konsepnya aku suka. semoga bisa menemukan sekelas hotel royal victoria sangatta di lain kota ya (hhe, berharap)

  39. Next mau Juga merasakan staycation di
    hotel Royal Victoria… Kepingin Juga explore sangatta baru dengar aku tentang daerah ini.mba…kurang jauh memang mainnya seneng kalau dpt perjalanan tugas kayak gini y mba

  40. Sangatta itu dulu nya terkenal kota kecil dan sepi sekali lho mbak. Mana tahu berpuluh-puluh tahun kemudian sudah banyak perkembangan dan salah satunya ada hotel sebagus hotel Victoria ini .

Leave a Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: