liburan ke planet mochi

Liburan ke Planet Mochi bersama Paddle Pop; Sarana belajar Sains dengan Cara Menyenangkan

Liburan ke planet mochi? Emang ada ya planet bernama mochi?

Hayo… kamu masih ingat nggak planet-planet dalam sistem tata surya kita?

Sudah agak lupa sih. Tapi kayaknya nggak ada deh planet yang bernama Mochi. Apa ini planet yang baru ditemukan, menggantikan posisi Pluto?

Hihi… penasaran ya. Kamu lanjut baca aja deh kalau pengen tahu lebih banyak mengenai planet Mochi.

Jadi kan bulan Mei kemarin, Toto sudah wisata virtual ke bawah laut bersama Paddle Pop Seaventure. Di bulan Juli ini, Toto kembali diajak berlibur oleh paddle pop, kali ini liburannya menjelajah ke luar angkasa. Liburan ke planet mochi!

Bermain dan Belajar Bersama Paddle Pop dan Buumi Playscape

Yuk yuk main yuk bareng Padlle Pop,
Paddle Pop Paddle Pop super duper yummy

Yuk menggambar dan berkreasi, 
sambil bercerita dan mengenal alam ini
Yuk yuk main yuk bareng Paddle Pop, 
Paddle Pop Paddle Pop super duper yummy

Aku senang jadi semangat lakukan yang kusuka dan jadi hebat
Banyak teman dan tak akan menyerah
Yuk yuk main yuk bareng Paddle Pop, 
Pop Padlle Pop super duper yummy

Siapa bilang main tak belajar main teka-teki bikin aku jadi pintar
Siapa bilang main tidak penting, berlari dan menari jadi percaya diri
Yuk yuk main yuk bareng Padlle Pop,
Paddle Pop Paddle Pop super duper yummy

Begitu lagu ini di putar, Toto langsung joget dengan semangat. Nggak cuma Toto yang langsung joget, anak-anak lain yang sedang mengikuti webinar liburan ke planet Mochi pun dengan antusias menirukan gerakan joget yang di pandu oleh kak Lintang dari Buumi Playscape.

buumi playscape

Lagu itu adalah sebagai pengantar perjalanan anak-anak Indonesia menuju planet Jupiter, bersama dengan keluarga Kak Melki Bajaj, Paddle Pop dan juga Buumi Playscape.

liburan ke planet mochi

Senengnya bisa liburan ke planet Jupiter, ya walau lewat webinar aja. Tapi karena kemasan acaranya menarik, anak-anak pun jadi betah. Apalagi di awal sudah di ajak joget sama kak Lintang.

Mengenal Planet Jupiter

Sebelum mulai bermain, Kak Nurul dari Buumi Playscape menjelaskan dulu beberapa hal yang harus diketahui tentang planet Jupiter.

fakta planet Jupiter
  1. Jupiter adalah planet terdekat kelima dari matahari
  2. Ternyata Jupiter adalah planet terbesar di sistem tata surya kita
  3. Nama Jupiter diambil dari raja para dewa dalam mitologi Romawi karena merupakan planet terbesar
  4. Seperti Saturnus, Jupiter juga memiliki cincin, namun sulit terlihat
  5. Jupiter dikelilingi oleh 79 bulan. Empat bulan terbesar yang pertama di lihat oleh Galileo galilei diberi nama IO, Europa, Ganymede, dan Callisto.

Nah itu beberapa fakta mengenai planet Jupiter. Selanjutnya anak-anak diajak mengerjakan 3 misi penting di planet Jupiter. Dalam pengerjaan misi ini, anak-anak di pandu oleh kak Ninda dari Buumi Playscape.

Misi 1, Membuat Moon Dough Pottery

Aktivitas ini adalah membuat tiruan bulan dan bintang, menggunakan bahan tepung terigu, bubuk kopi, air hangat, cetakan kue berbentuk bulan/bintang, rolling pan dan juga sebuah wadah.

Urusan bermain dengan adonan tepung gini, saya serahkan saja pada kakak. Seneng banget dia kalau diminta bikin adonan. Mengikuti instruksi yang diberikan oleh kak Ninda, si kakak sudah asyik bikin adonannya. Toto seperti biasa, ikut ikut juga bikin adonan, tapi begitu di minta akting karena mau di foto, langsung memilih kabur.

moon dough pottery

Setelah adonan kalis, lalu dipipihkan di di bentuk jadi bulan dan bintang. Berhubung kami nggak punya cetakan berbentuk bintang, akhirnya dengan menggunakan ketrampilan tangan kakak, jadi juga bentuk bintang dan bulan. Dia penyet-penyet aja adonannya itu sampai berbentuk bintang dan juga bulan sabit.

Pembuatan moon dough pottery ini bermanfaat untuk melatih motorik halus, melatih kemampuan berhitung dan juga meningkatkan kreativitas anak.

Yeay, misi pertama berhasil di selesaikan dengan baik. Sebelum lanjut ke misi yang ke 2, Kak Nurul kembali memberikan fakta-fakta mengenai planet Jupiter. Ternyata satu hari di planet Jupiter itu hanya 10 jam! Sedangkan 1 tahun di Jupiter sama dengan 11,8 tahun di Bumi.

Misi 2, Allien Egg Game

Misi kedua ini adalah menyelamatkan telur-telur alien. Bahan yang dibutuhkan adalah balon diisi air. Balon berisi air ini nanti yang akan menjadi telur alien. Kalau nggak ada balon, bisa juga menggunakan plastik kecil yang di isi air. Selain itu kita butuh juga wadah berisi air dan glitter.

Cara mengerjakannya adalah masukkan glitter ke dalam wadah yang sudah di isi air. Selanjutnya masukkan telur-telur ke dalam wadah yang berisi air dan glitter.

liburan ke planet mochi

Misi untuk menyelamatkan telur ini dilakukan dengan memindahkan telur-telur dari wadah berisi air dan glitter ke dalam wadah lain. Tantangannya adalah karena memindahkannya harus dengan kaki. Hihi… susah lho mengkoordinasikan kedua kaki untuk bekerja sama memindahkan telur-telur itu.

Manfaat dari mengerjakan misi ini adalah melatih motorik dan kemampuan berhitung anak.

Misi 3, Mochi Sugar Swirl

Bahan yang diperlukan untuk mengerjakan misi ini adalah paddle pop mochi Chocolate vanilla, gula halus, air/susu cair/kental manis, pewarna makanan, meses/chococips, wadah

Cara mengerjakannya adalah masukkan satu sendok gula halus ke dalam wadah, lalu teteskan sedikit air. Aduk-aduk sehingga mendapatkan tekstur yang kental. Selanjutnya beri pewarna makanan ke dalam adonan tadi, aduk-aduk sampai warna tercampur dengan merata.

Keluarkan es krim mochi dari bungkusnya, taruh di piring. Hias dengan menggunakan adonan berwarna-warni tadi. Taburkan meses di atasnya. Jadi deh. Tambah nikmat nih buat di makan.

Toto nggak mau es krim mochi di taburi warna warni adonan gula halus itu. Maunya langsung di makan aja. Baiklah, daripada ngambek, dituruti aja.

mochi sugar

Selesai mengerjakan ketiga misi ini, anak-anak diajak kembali ke bumi. Dengan di pandu oleh kak Lintang bernyanyi dan berjoget menuju bumi.

30 comments

  1. Belakangan ini anak saya juga lagi suka es krim mochi by Paddle Pop, ternyata bisa diolah jadi berbagai bentuk ya? Hahahah, dasar saya yang kurang kreatif, es krimnya langsung aja dimakan, LEP!!! Seru ya bermain dan belajar bersama Paddle Pop.

  2. Wah seru dengan misi ke tiga tuh. Bagian enak enak nya, hehehe …
    Senangnya ya anak anak meski sekarang ini banyak di rumah aja tapi tetap bisa berkreasi dan mendapatkan pengalaman seru.

  3. duh Toto lucunyaaa…..

    Keren ya Paddle Pop, ngajak anak Indonesia bermain sambil belajar

    saya pernah baca, salah satu yang ditakutkan dari pandemi adalah learning loss pada anak-anak kita

    Dengan adanya wisata virtual ke bawah laut bareng Paddle Pop kebutuhan anak akan bermain sambil belajar bisa terpenuhi

  4. Mbaaa, putri mba Nanik miriipp bgt ya dgn Ibundanya
    Manis dan keliatan cekatan.
    Udah pinter momong adeknya pula ya mbaaa
    Menyenangkan bgt bisa main ini dgn keluarga di rumah.

  5. Ini pasti asyik, anak-anak serasa bermain padahal sesungguhnya mereka sedang belajar.
    Belajar sains jadi tak menyeramkan lagi karena selama ini banyak yg beranggapan sains itu susah, momok dan menakutkan.

  6. Anak lanang gemesin banget mbak..hehe Seru ya emang main bareng Paddle Pop..Idenya gak habis-habis… Apalagi anak-anak juga dapet ilmunya…

  7. Seru banget ya Mba ikutin acara liburan ke Planet Mochi bareng Paddle Pop. Anakku juga ikutan tapi yang main ke Planet Uranus. Excited banget pokoknya. Seneng bisa menemani anak main sambil belajar juga

  8. Seru banget belajar tata surya bareng paddle pop. Kalau gini kan asyik menemani anak belajar sambil praktik. Baru tahu ada planet mochi hihi

  9. Sebelumnya gemes lihatin Toto main Paddle Pop Seaventure, eh sekarang udah ada lagi yang baru, bertualang ke Planet Mochi. Saya gak cuma fokus sama permainannya, tapi sama kakak dan Toto yang nemenin si kakak main. Gumushhhhhhhh mba. Sehat selalu nak yaaa.

  10. Inovasi dari Paddle Pop sungguh keren. Syarat akan ilmu pengetahuan/SAINS dan disampaikan dengan mudah melalui permainan/games. Anak2 pastinya senang selama PPKM dan penatnya belajar dari sekolah.

  11. Aku selalu gemes sama si Toto, Mbak…
    Ini Paddle Pop mochi favorit di rumah, idenya keren ah, liburan ke planet mochi. Bikin moon dough pottery bisa banget nih di rumah ajak anak ah nanti

  12. waaah seru sekali yaaa wiken bersama anak, main sambil belajar tata surya nih, sambil seseruan bikin prakarya juga sama keluarganya Melki Bajaj yaa

  13. Serunya liburan virtual jadi astonot mengelilingi galaksi… padelpop emang gak pernah putus serunya.. enak lagi eskrimnya..legenda banget lah😍

  14. Seru banget ini jalan-jalan virtual ke planet Jupiter sama Paddle Pop Mochi, biasanya kan langsung dimakan. Eh ini bisa dikreasikan ternyata ♡

  15. Ya ampun serunyaaaa
    Paddle pop memang selalu punya cara menciptakan kebahagiaan untuk anak-anak
    Jalan-jalan virtual ke luar angkasa bisa jadi satu cara untuk menghilangkan kejenuhan selama di rumah aja.

  16. Wah, seru banget. Apalagi ada praktiknya pula. Kelihatan bahagia banget pas bikin Moon Dough Pottery. Saya yakin anak-anak pada seneng. Jos.

  17. Mbaa seru bangett ya kayaknya. Lucuu lhoo si dd hihi. Jadi gemes pengen uwel2..
    Hehe seru juga ya mba. Saya jadi punya ide nih untuk main sama anak jadinya

  18. Kegiatan kayak gini tuh solusi banget buat anak2 jadi bisa bermain sambil belajar. ya kita tau lah anak udah pasti sering mengeluh boring nggak bisa kemana2 mbak.

  19. Interaktif ya Mbak. Toto dan teman-temannya jadi selalu semangat menonton dan “ikut jalan-jalan ke Planet Mochi.”
    Menonton gini memang sebaiknya bareng-bareng agar lebih seru. Bisa joget-joget bareng juga.

    1. Toto, tante suka beliin Mae Paddlepop Mochi yang bungkusnya warna ijo. Coba Toto bisa main ke rumah, banyak nih di kulkas tante. Bisa makan bareng Mae. Hehehe.

      Anak mah paling senang mainan tepung ya mba. Kayak Moon Dough Pottery yang dipraktikkan si kakak. Dulu pas kecil, kalo gak ada tepung, ganti bedak bayi yang warna putih. Hahaha. Senangnya liburan ke Planet Mochi bareng Paddlepop.

  20. Setelah membaca sampai akhir, baru tahu apa yang dimaksud liburan ke planet mochi. Ternyata sampai di gerbang akhirnya bisa bikin mochi, yaaa. Bener-bener pengalaman liburan yang nyenengin. Kakak yang udah besar pun bisa ikutan juga. Paddle memang kesayangan kita semua.

  21. Usia minimal ikut program ini, berapa ya Mbak? Pengen ajakin Gi nonton tapi khawatir masih belum bisa karena konsentrasinya kan masih rendah. Padahal gapapa sih ya, beli aja es krimnya dan dicoba nobar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *