Ramadhan Day 3 : Eksperimen Membuat Dalgona Coffee

dalgona coffee

Dalgona coffee, minuman yang sempat hits beberapa waktu yang lalu. Berseliweran di time line FB saya, teman-teman yang memamerkan hasil eksperimennya. Ada yang menceritakan betapa susahnya membuat dalgona coffe, mencoba beberapa kali selalu gagal dan setelah percobaan ke sekian baru berhasil. Ada yang mengungkapkan keheranannya, bagian mananya yang susah? Karena dia sekali mencoba dan langsung berhasil.

Saya nggak sempat mengikuti euforia itu dengan ikut-ikutan bikin. Tapi tadi pagi, si kakak bilang pengen bikin dalgona coffee. Padahal kan lagi puasa. Saya iyain aja, dan terjadilah kesepakatan buatnya ntar agak siang, setelah jadi langsung taruh di kulkas. Si kakak seneng banget saya ijinkan untuk bereksperimen membuat dalgona coffee.

Bahan, resep dan cara membuat dalgona coffee, sudah banyak yang menuliskan. Jadi tak perlu lah ya saya tuliskan lagi di sini. Browsing aja, bakal banyak banget nemu hasil.

Kopinya, saya pakai nescafe yang kemasan sachet kecil. Kebetulan di rumah ada banyak. Bukan karena saya rajin beli, tapi karena saya rajin mungut di kamar hotel.

Tahun kemarin, saya banyak dinas keluar kota, kegiatan di hotel. Berhubung kegiatan di hotel kan sudah ada coffe break di pagi, sore dan malam hari. Jadinya kopi dan teh yang tersedia di kamar nggak tersentuh. Daripada mubazir, tiap pagi saya ambil aja, ntar siang pas petugasnya bersih-bersih kamar kan di kasih lagi yang baru. Nginap 3 atau 5 hari kan udah lumayan tuh dapetnya. Hihi… dasar emak-emak nggak mau rugi ya.

Tadi kakak bikinnya pakai 3 bungkus nescafe, 2 sendok makan gula pasir dan sedikit air hangat. Katanya biar jadi banyak, karena dia nggak mau kalau cuma satu gelas. Niatnya buat 3 gelas. Satu buat kakak, satu buat babang dan satu lagi buat papanya.

resep dalgona coffee
Tuang bahan ke wadah

Berhubung nggak punya mixer dan pengocok telur, ngaduknya manual aja, pakai sendok kayu. Kakak sendiri yang meramu bahan dan mengaduk. Saya bagian sediain bahan dan foto-foto aja.

membuat dalgona coffe tanpa mixer
Aduk manual pakai sendok kayu

Karena saat membuat dalgona coffee ini Toto belum juga mau tidur siang, jadilah dia pengen ikutan bikin. Ikut nuang-nuang bahan. Sempat nangis pula karena ribut sama kakaknya. Toto pengen nuang air dingin dari teko, padahal kan harusnya pakai air panas.

Toto bantuin ngaduk

Maafkan fotonya Toto yang nggak pakai baju. Cuaca di Malang sangat panas, jadi kalau siang Toto gerah dan nggak mau pakai baju

Alhamdulillah setelah sekian menit mengaduk, jadi juga adonannya. Racikan yang semula warnanya coklat tua bahkan cenderung ke arah hitam, berubah menjadi coklat muda.

Tara… jadi juga

Langsung di tata di gelas. Susunya pakai fullcream, beli di minimarket dekat rumah. Pas banget ada promo. Jadilah tiga gelas kecil dalgona coffee sebagai pelengkap menu buka puasa nanti.

Dalgona coffee

34 Comments

  1. Ya ampyuuuun itu si ganteng ndutnyaaaa lutunaaa 😅🤣 Kebayang deh pasti seru ya bikin dalgona coffee bareng anak2. Bikinnya lama eh minumnya cepet. Aku aja belum pernah bikin hahaha…. Tante mau dong dibagi hehehe.

  2. Ya ampun pingin nguwel nguwel Toto
    Emang bisa kok mbak ngga pakai mixer, dan hasilnya juga berbusa
    Saya lihat videonya devina hermawan, dia juga bereksperimen dengan oreo dan kue marie
    Sayang saya lebih suka jus daripada dalgona coffee

  3. Ihhh Toto bikin gemes sihh… di Malang aja kepanasan ya, mbak
    Dan ternyata kita sama dong, suka ngumpulin nescafe dari hotel. Padahal aku nggak suka minum nescafe. Bahkan ide bikin dalgona aja enggak terlintas. Suskes deh bikin dalgona meski anak-anak yang ngerjain yaa

  4. Aku juga sering bawa pulang kopi yang di kamar hotel. Hehe… Kan itu emang disediakan untuk kita ya. Tentang dalgona aku nggak suka susunya 🙁 Mungkin mesti eksperimen bikin minuman kopi yang lain.

  5. Dalgona coffee ini kekinian banget sekarang ya, bikin penasaran aja.
    Aku akhirnya coba bikin juga bareng si kakak. Awalnya pakai mixer, tapi kok malah gak ngembang2 *mungkin harus dimiringkan mangkoknya krn isinya kan cuma dikit. Akhirnya kami kocok manual aja dan berhasiiiil. Yeay!

  6. Suami aku dah cobain bun bikin dalgona ini dan ternyata ya, rasanya itu emang enak ya hihihi. Suka ikh aku. Cuma emang bkinnya agak ribet ya. Tapi sesuailah ya ama rasanya dan sensasinya menurut aku 😍

  7. Yaah aku belum pernah bikin Dalgona coffe nih mba. Padahal waktu itu udah pengen eh gagal melulu. Kayaknya bolehlah nyoba sesekali buatnya

  8. Wah senengnya berhasil juga, ya, Mbak. Sampai detik ini saya belum coba bikin untuk minuman hits satu ini. Hihi. Entah kapan mau coba BTW, di Jakarta juga panaas, kadang hujan tapi nggak lama malah jadi pengap

  9. Kalo Toto yang ngaduk langsung kentel nih yaaaa..
    Asiknya bisa bikin rame2 yaa.

    Nah, aku kemaren nyobain pake saringan teh, Mak !
    Bisa juga lebih cepet kentelnya cukup 3 menit.

  10. Aku cukup sekali bikin ini, dan sepertinya ga mau LG mba :D. Pertama capek ngaduk :p, kedua aku sukses ga bisa tidur semalaman dan baru bisa tidur jam 6 pagi wkwkwkkw.. untung besoknya Minggu, jd ga kayak zombie kalo hrs ke kantor :p.

    Yg ptg, udh tau rasanyaaa 😀

  11. Wuiih keren si kakak, percobaan pertama langsung sukses. Emang kudu pake Nescafe sih yaaa… Kapan hari aku bikin ga pake N ya ga mau ngefoam gitu mba. 🙂 Udah ngebayangin nikmatnya buka puasa pake Dalgona ya kak…

  12. Auto ngakak baca komentar Fanny, hihihi.

    Aku juga langsung sukses di kesempatan pertama, dan yes, tak bisa tidur sampai jam 1 atau 2 (lupa), karena aku minumnya jam 5 sore.
    Mungkin karena jarang ngopi kali, ya. Tubuhku langsung bereaksi.

    Lau, 2 hari kemudian aku buat lagi, dosis kopi dikurangi, susu ditambahi.
    Alhamdullillah, tetap bisa tidur seperti biasa…

    Dan 3 hari kemudian, aku buat lagi, namun kali ini kopi diganti, matcha, hadiah anak AFS Jepang, teman Yasmin, dan kudu pakai putih telur biar adonan matcha campur gula bisa naik seperti kayak whipped cream.

    Alhamdullillah, sukses juga!

    Selama, ramadan, belum pernah buat lagi.

  13. Ya Allah, enaknyaaa ya melihatn dalgona coffee nya udah siap mimi hihihihi 😀 AKu nih sampai sekarang belum bikin2 juga. Nescafe nya kudu 2 ya dalam setiap pembuatan? Sama gula pasirnya juga? Ada sih mixer di dapur dari beli belum dipakai sampai sekarang hahahaha 😀

  14. Aku udah bikin pas hari kedua WFH kemarin dan cukup sekali saja. Kurang cocok sama rasanya. Mungkin perlu dicoba kalau ganti jenis kopinya atau pakai coklat aja. Tapi menurutku seru juga. Berasa amazing aja pas ngocok cuma uplek-uplek trus jadi foam yang kentel gitu. Bahagia banget.

  15. Wah hebat ini diaduk pakai sendok, aku beberapa kali bikin selalu menggunakan mixer. emang paling PR deh cuma ngeluarin mixer cuma bikin Dalgona doang ya. Duh jadi pengen bikin dalgona lagi ini.

  16. Sama kita, mbak..kalau nginep di hotel, tiap pagi masuk ke koper teh/gula/kopi..juga sabun dkk…lumayan buat dibawa pulang. Juga sabun dkk bisa buat oleh-oleh hihihi
    Aku coba dalgona sekali gagal karena pakai kopi hitam biasa. Setelah anakku bikin pakai nescafe langsung jadi

  17. Saya juga pernah nyoba buat tapi nggak nyobain karena langsung diminum anak dan suami hehe. jadi pengen bikin lagi pengen mencoba minum sendiri.

  18. Meski nggak minum kopi aku tetap senang dengan fenomena dalgona ini, soalnya jadi banyak video lucu-lucu tentang cara bikinnya. Ada yang bikin jokes sampai 1000 tahun ngaduknya tapi nggak jadi-jadi hahahaha.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya