Ramadhan Day 3 : Eksperimen Membuat Dalgona Coffee




Dalgona coffee, minuman yang sempat hits beberapa waktu yang lalu. Berseliweran di time line FB saya, teman-teman yang memamerkan hasil eksperimennya. Ada yang menceritakan betapa susahnya membuat dalgona coffe, mencoba beberapa kali selalu gagal dan setelah percobaan ke sekian baru berhasil. Ada yang mengungkapkan keheranannya, bagian mananya yang susah? Karena dia sekali mencoba dan langsung berhasil. Kali ini saya mau cerita pengalaman kami bereksperimen membuat dalgona coffee

Saya nggak sempat mengikuti euforia itu dengan ikut-ikutan membuat dalgona coffee. Tapi tadi pagi, si kakak bilang pengen membuat dalgona coffee. Padahal kan lagi puasa. Saya iyain aja, dan terjadilah kesepakatan buatnya ntar agak siang, setelah jadi langsung taruh di kulkas. Si kakak seneng banget saya ijinkan untuk bereksperimen membuat dalgona coffee.

Bahan, resep dan cara membuat dalgona coffee, sudah banyak yang menuliskan. Jadi tak perlu lah ya saya tuliskan lagi di sini. Browsing aja, bakal banyak banget nemu hasil.

Bahan Membuat Dalgona Coffee

Kopinya, saya pakai nescafe yang kemasan sachet kecil. Kebetulan di rumah ada banyak. Bukan karena saya rajin beli, tapi karena saya rajin mungut di kamar hotel.

Tahun kemarin, saya banyak dinas keluar kota, kegiatan di hotel. Berhubung kegiatan di hotel kan sudah ada coffe break di pagi, sore dan malam hari. Jadinya kopi dan teh yang tersedia di kamar nggak tersentuh. Daripada mubazir, tiap pagi saya ambil aja, ntar siang pas petugasnya bersih-bersih kamar kan di kasih lagi yang baru. Nginap 3 atau 5 hari kan udah lumayan tuh dapetnya. Hihi… dasar emak-emak nggak mau rugi ya.

Tadi kakak bikinnya pakai 3 bungkus nescafe, 2 sendok makan gula pasir dan sedikit air hangat. Katanya biar jadi banyak, karena dia nggak mau kalau cuma satu gelas. Niatnya buat 3 gelas. Satu buat kakak, satu buat babang dan satu lagi buat papanya.

resep dalgona coffee
Tuang bahan ke wadah

Membuat Dalgona Coffee Tanpa Mixer

Tak punya mixer bukan penghalang untuk bereksperimen membuat dalgona coffee. Kita ini kan terkenal kreatif, bahkan sampai punya pepatah tak ada rotan, akar pun jadi.

Nah, berhubung nggak punya mixer dan pengocok telur, ngaduknya manual aja, pakai sendok kayu. Kakak sendiri yang meramu bahan dan mengaduk. Saya bagian sediain bahan dan foto-foto aja.

membuat dalgona coffe tanpa mixer
Aduk manual pakai sendok kayu

Karena saat membuat dalgona coffee ini Toto belum juga mau tidur siang, jadilah dia pengen ikutan bikin. Ikut nuang-nuang bahan. Sempat nangis pula karena ribut sama kakaknya. Toto pengen nuang air dingin dari teko, padahal kan harusnya pakai air panas.

membuat dalgona coffee tanpa mixer
Toto bantuin ngaduk

Maafkan fotonya Toto yang nggak pakai baju. Cuaca di Malang sangat panas, jadi kalau siang Toto gerah dan nggak mau pakai baju

Alhamdulillah setelah sekian menit mengaduk, jadi juga adonannya. Racikan yang semula warnanya coklat tua bahkan cenderung ke arah hitam, berubah menjadi coklat muda.

dalgona coffee
Tara… jadi juga

Langsung di tata di gelas. Susunya pakai fullcream, beli di minimarket dekat rumah. Pas banget ada promo. Jadilah tiga gelas kecil dalgona coffee sebagai pelengkap menu buka puasa nanti.

segelas dalgona coffee
Dalgona coffee
34 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *