Ramadhan Day 4 : Ketika Harus Masuk Kantor di Masa Pandemi Covid-19

prosedur perlindungan diri ngantor dimasa pandemi covid-19

Sudah sebulan lebih menjalani WFH, tepatnya mulai 18 Maret hingga 24 April. Semalam sudah terima memo dari pimpinan bahwa WFH di perpanjang lagi sampai 13 Mei. Baiklah nikmati saja.

Eh, tapi hari ini saya harus ke kantor. Ada pekerjaan penting yang nggak bisa di remote dari rumah. Harus hadir di kantor, karena berhubungan dengan fisiknya server. Dan inilah cerita ketika harus masuk kantor di masa pandemi Covid-19.

Drama Pagi Hari

Pagi-pagi saya sudah bilang ke anak-anak kalau hari ini mau ke kantor. Mereka protes dong. Kan ada virus. Kan harus di rumah aja. Kalau si Toto protesnya karena udah terlanjur nyaman tiap hari lihat mamanya di rumah aja. Jadi pas dibilang mau kerja lagi, langsung melarang.

Saya jelaskan kalau ada pekerjaan penting di kantor. Lagian kerjanya nggak seharian, paling jam 12 udah di rumah lagi. Si babang sama kakak mau ngerti, sementara Toto tetap aja melarang.

Dari jam 5 an sampai jam 7 berulang kali, setiap ada kesempatan baik, saya bilang sama Toto kalau saya hari ini mau ke kantor. Toto langsung merengut, pasang tampang sedih, merengek melarang saya untuk ke kantor. Sampai setengah 8 baru saya diijinkan mandi.

Usai mandi, masih juga ditangisi. Pokoknya nggak boleh ke kantor. Karena sudah makin siang, dan bujukan nggak mempan, keluar deh jurus sogokan. Saya janjikan beli es krim, asal mamanya boleh ke kantor.

Berhasil deh jurusnya. Langsung ke minimarket, yang untungnya jaraknya nggak sampai 500 meter. Beli es krim dan kasih ke Toto.

Prosedur Perlindungan Diri Saat Ngantor

Urusan Toto beres, cus ke kantor. Jarak rumah ke kantor dekat sih, nggak sampai 3 km. Lewat jalan kampung pula. Tapi tetap ya prosedur perlindungan diri harus dilakukan.

Pakai masker, pakai helm, pakai sarung tangan. Cuss berangkat.

Sampai gerbang kantor di sambut pak satpam dengan senapan. Eh bukan, alat pengukur suhu yang bentuknya kayak tembakan itu. 36,3 derajat celcius. Lolos. Boleh masuk gerbang.

Lanjut masuk ke bilik disinfektan. Bersama motor kesayangan. Biliknya cuma ada dinding di samping kiri dan kanan. Ada penyemprot di bagian atas. Saya berhenti sekitar 3 detik dalam bilik, setelah terasa ada semprotan dari atas, lanjut jalan lagi.

Bilik disinfektan
Bilik disinfektan

Nggak bahaya tuh disemprot cairan disinfektan?

Kemarin memang sempat ada polemik ya. Ada yang bilang berbahaya, ada yang bilang nggak. Kalau di kantor saya ini, isi cairan yang disemprotkan itu adalah sabun dettol yang sudah diencerkan dengan air. Entah berapa perbandingannya.

Ok, semua prosedur perlindungan sudah dijalankan. Parkir motor lalu masuk ruangan. Belum lama duduk, ada teknisi yang masuk ruangan, membagikan masker, cairan antiseptik sama vitamin. Tahu aja dia kalau hari ini saya ngantor.

perlengkapan protokol kesehatan
Paket perlindungan diri di masa pandemi covid-19

Selama di kantor masker tetap dipakai dan menjaga jarak dengan beberapa teman yang hari ini ngantor juga. Usai cek beberapa peralatan, kami lalu mengadakan rapat. Tentu dengan tetap menjaga jarak.

rapat di masa pandemi
Rapat di ruang rapat biasa

Kami pun lalu mengirim foto ini ke pimpinan, niatnya mau laporan. Eh, sama pimpinan malah di marahi. Katanya harus jaga jarak, ini jaraknya masih kurang dari 1 meter.

Kami pun lalu pindah ke ruangan yang lebih besar. Lapor lagi ke pimpinan. Balasan dari pimpinan, jangan lama-lama, nggak boleh lebih dari 4 jam, karena masker kain harus ganti setelah 4 jam.

Menjelang adzan dhuhur, kami akhiri pertemuan hari ini. Akan di lanjutkan lagi hari rabu besok secara online. Tapi kayaknya saya bakal ke kantor aja deh, menghemat kuota hehehe….

31 Comments

  1. maunya sih di rumah terus ya biar aman tapi namanya pekerjaan yang mengharuskan datang ke kantor jadi terpaksa ya, tapi yang penting memenuhi prosedur keamanan supaya gak ada apa-apa ya. ngeri memang kalo disemprot2 kalau gak tau isi cairannya

  2. Untuk yang masih harus menjalankan tugas-tugasnya, please stay safe an healthy ya mak. Semoga Pandemi ini segera berlalu, dan kita bisa beraktivitas seperti sedia kala, aamiin

  3. Aku juga tiap hari masih masuk kantor ini. hehe bismillah aja. Semoga kita semua dilindungi Allah dan pulang dalam keadaan sehat wal afiat ya Mbak Nanik. Semoga wabah ini juga segera berlalu

  4. Bener banget mbak.. WFH emang menghabiskan kuota XD

    Tapi beruntung sih masih ada kesempatan WFH, kantor saya tetep masuk. Jadi harus ekstra persiapan diri setiap hari..

  5. Bagus mbak prosedur keamanan virus di kantornya, jadi pegawai lebih ayem walaupun terpaksa ngantor..semoga selalu dilindungi Allah dan sehat selalu ya aamiin

  6. Asal prosedur dilaksanakan dengan.benar enggak apa-apa ngantor. Suamiku malah enggak diliburkan. Bank buka terus soalnya. Semua berharap pandemi ini cepat berlalu biar bisa kembali beraktivitas seperti semula tanpa ada kekhawatiran

  7. hehhe Toto akhinya meleleh šŸ˜€
    Eniwei saya tadi ke Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, ngga seketat itu lho
    Hanya pengecekan suhu aja, ama petugas teriak teriak jangan berdiri terlalu dekat šŸ˜€

  8. Di kantor suami juga ketat banget, Mbak. Alhamdulillahnya sekantor cuma 4 orang jadi leluasa banget. Untuk jam pulang juga sama, jam 4 harus sudah out. Jadi biasa sampai rumah di atas jam 9 malam, sekarang sebelum magrib udah di rumah. Itu pun seminggu cuma boleh 2 kali aja ke kantor. Pokok nurut aja deh, demi kebaikan.

  9. Stay safe ya mbak, walaupun harus masuk kantor, tapi tetap melaksanakan protokol pencegahan covid, saat dijalan maupun saat dirumah.. langsung mandi dan cuci baju yang sudah digunakan agar virus tidak ikut terbawa pulang ya mbak

  10. Sehat selalu ibunya Toto walau harus ke kantor sesekali di tengah masa wfh dan pandemi ini. Toto khawatir banget tuh sama ibunya šŸ™‚ Kantornya kece prosedurnya mbak, diberikan masker, handsainitaizer dan vitamin untuk setiap pegawai yang masuk ya. Dan ditembak dulu eh dicek suhu tubuh dulu sebelum masuk. Semoga pandemi ini lekas berlalu šŸ™‚

  11. jd ada dua prosedur yg mesti dilewati ya mbak nanik. prosedur keamanan sehubungan dg covid dan prosedur TOTo…gemes ih Dek Toto. Sehat2 selalu mba nanik and fam

  12. Anak2 itu selalu luluh ya sama es krim, anakku juga gitu šŸ™‚
    Ngomong2 cairan desinfektan, aku baru tau kalo sabun dettol bisa untuk desinfektan, aku di rumah soalnya pake bayclin..agak nyengat gitu baunya kurang suka di hidung šŸ™

  13. atasannya perhatian betul. itulah atasan yg baik. di pabrik tempat suami kerja jg bagi2 masker, vitamin dan hand sanitizer. ada kopi hijau juga sebagai jamu, kopi…bukan teh. mentang2 pabrik kopi. hihi

  14. Kebayang sih gimana repotnya harus tetap bekerja ke kantor di tengah Pandemi. Di kantor juga sudah mengikuti standar kesehatan, ya semoga wabah ini segera berakhir dan segala aktivitas bisa kembali berjalan normal

  15. Toto pasti pengen ibunya selalu di rumah bersamanya dan tahu harusnya gitu, makanya merenggut…

    Sabar ya Nak.. Kerjanya sebentar kok.

  16. Ternyata Toto gampang dirayu ya tinggal dibelikan aja es krim hehe. Btw begitu ya ternyata prosedur kalau masuk kantor di tengah pandemi. Benar-benar harus jaga jarak dan wajib pake masker ya

  17. Stay safe, Mbak. Melihat foto-foto mbak di tempat kerja, aku jadi teringat suamiku yang kondisinya juga ga jauh beda. Semoga wabah ini segera usai ya, Mbk.

  18. Nah iya saya juga gitu kalau harus kan ke kantor itu perlengkapan banyak dan ribet termasuk pulangnya nanti tapi sudah mau bagaimana lagi kita lakukan itu dengan tujuan untuk mencegah penyebaran korona

  19. Wah stay safe mbak šŸ˜€
    Emamng yang namanya WFH itu privilige kyknya ya, suamiku jg masih bbrp kali ngangtor kalau pas di butuhkan, akunya yg kyk melepas ke medan perang heuheu. Yg penting patuhi protokol yg ada dan kalau ada kesempatan WFH, WFH aja hehe

  20. Masyaallah… pimpinannya sangat perhatian deh, hihihi. Toto dah mirip anakku aja kalau dikasih es krim langsung deh diam. Btw, masker kain harus ganti 4 jam sekali, ya allah aku masih punya 1 masker kain. Kayaknya harus beli nih

  21. iya betul kalau sekarang tuh, keluar rumah mesti pake masker & sarung tanganm, kalau enggak ya di suruh balik lagi, apa kabar dengan ngantor,

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, ditunggu komentarnya. Please... jangan meninggalkan link hidup ya