Yuk Belajar tentang Badan Usaha untuk Pelaku Bisnis UMKM di Skill Academy




Yuk Belajar tentang Badan Usaha untuk Pelaku Bisnis UMKM di Skill Academy. Nggak salah kalau ajakan ini saya tujukan bagi pelaku UMKM. Supaya mereka nggak mengalami apa yang pernah kami rasakan, yaitu gagal dapat orderan catering karena usaha rumahan yang dijalankan oleh suami belum memiliki badan usaha.

Bagaimana ceritanya sampai gagal dapat orderan karena nggak punya badan usaha? Cuma usaha catering aja lho, cuma ngurusi snack dan makan aja, harus punya badan usaha?

Kenyataannya memang demikian.

Gagal Dapat Orderan

Suatu kali, karena tahu suami saya suka memasak dan masakannya enak, ada teman yang pesan meminta disediakan menu 2 kali snack dan satu nasi box sejumlah 100 buah untuk dua hari. Jumlah yang lumayan banyak buat kami, karena selama ini biasanya pesanan nggak sampai 100.

Baca juga : Masakan Papa Selalu Istimewa

Kami pun lalu merancang menu snack dan makan siang untuk 2 hari itu, lalu kami ajukan pada teman saya. Alhamdulillah, nggak pakai tawar menawar, dia setuju dengan menu dan juga harganya.

Dia lalu meminta saya untuk mengirimkan foto NPWP dan juga surat ijin usaha kami. Karena diperlukan untuk membuat laporan pertanggungjawaban. Teman saya ini bekerja di instansi pemerintah, dan memang begitu prosedurnya kalau untuk mengeluarkan uang.

Walau cuma konsumsi, tetap ada pajaknya. Pajaknya nanti dia yang membayar, tapi pakai NPWP badan usaha kami.

Mendengar penjelasan ini, saya dan suami hanya bisa saling berpandangan, lalu sama-sama menghela nafas. Yah, gagal deh dapat orderan.

badan usaha untuk UMKM

Gara-gara nggak punya badan usaha. Padahal bisa jadi orderan pertama ini akan di susul orderan berikutnya, seandainya saja kami punya badan usaha dan juga NPWP badan. NPWP pribadi sih saya ada, tapi nggak bisa diterima untuk kasus kayak gini.

Kok nggak ngurus pendirian badan usaha aja? Suami malas ribetnya. Tahu sendiri lah ya, image buruk pelayanan publik di negara kita emang susah dihilangkan. Walau sudah banyak pembenahan dilakukan dalam birokrasi negara kita.

Pengen Banget Mendirikan Badan Usaha

Masa pandemi ini, saat kondisi keuangan keluarga mulai menurun dan kami banyak tinggal di rumah, mulai terpikir lagi untuk membesarkan usaha catering. Kalau bisa sih sekalian mendirikan badan usaha. Kami nggak mau dong udah seneng dapat orderan, tapi harus batal lagi gara-gara dimintai salinan akta pendirian badan usaha dan juga NPWPnya.

Tapi gimana prosedur mendirikan badan usaha, kami nggak tahu. Kami juga masih bingung, badan usaha macam apa yang sebaiknya di pilih, PT atau CV atau Firma atau….

Soalnya pelajaran tentang macam-macam badan usaha ini dulu kayaknya saya peroleh pas jaman SMP, artinya sudah hampir 20 tahun yang lalu. Apakah jaman sekarang, macam-macam badan usaha masih tetap yang itu?

Untunglah ya, informasi sudah gampang banget ditemukan. Tinggal pintar-pintarnya aja memanfaatkan gawai untuk mencari dan menemukan informasi yang tepat. Saya pun mencari informasi tentang pendirian badan usaha bagi pelaku UMKM.

Salah satu informasi yang menarik bagi saya adalah adanya kursus online dengan topik Badan Usaha untuk Pelaku Bisnis UMKM. Kursus ini diselenggarakan oleh skill academy. Biayanya juga terjangkau, dari yang awalnya 550 ribu, ada potongan 68%, sehingga cukup membayar 175 ribu saja.

Belajar tentang Badan Usaha untuk Pelaku Bisnis UMKM

Saya pun memberitahukan pada suami, dan memintanya untuk mendaftar dan mengikuti kelas itu. Biar dia yang bayar, dia juga yang belajar, saya ntar bagian mengingatkan dan sediain camilan saja.

Nggak ding, saya nanti juga ikutan belajar. Soalnya, walau kelas sudah selesai, peserta tetap bisa mengakses materinya kapan pun. Asyik banget ya, terutama bagi yang mudah lupa. Jadi bisa baca-baca lagi, refresh lagi materinya.

Tentang Skill Academy

Semalam, pas nonton sinetron ikatan cinta, terselip ada iklan skill academy. Ada yang nonton juga nggak? Tahu nggak sih skill academy itu apa?

Nih, Saya kasih tahu ya. Skill academy adalah inovasi terbaru dari pengembang ruang guru. Kalau ruang guru, pasti banyak yang tahu dong ya. Malah mungkin ada yang berlangganan ruang guru untuk membantu proses belajar anak-anak di rumah.

Pelatihan di Skill Academy juga bisa membantu untuk memulai usaha, mengembangkan bisnis, persiapan tes dan beasiswa, hingga meningkatkan karir. Wow banget kan.

skill academy

Kalau ruang guru itu di desain untuk anak sekolahan, maka Skill academy dikembangkan bagi mahasiswa, karyawan maupun masyarakat umum agar mereka bisa meningkatkan ketrampilan teknis maupun sosial. Jadi anaknya bisa lebih paham materi pelajaran sekolah dengan belajar di ruang guru, sementara orang tuanya bisa meningkatkan ketrampilan dengan belajar di skill academy.

Baca juga : Skill Academy, Platform Pelatihan Terbaik untuk Prakerja

Kelas Online Badan Usaha untuk Pelaku Bisnis UMKM di Skill Academy

Pengajar kelas online badan usaha untuk pelaku bisnis UMKM di skill academy adalah Abdilla Lahuddin. Beliau adalah lulusan fakultas Hukum UI dengan konsentrasi di bidang hukum ekonomi dan bisnis. Meraih gelar Master of Law dari University of Leeds dengan konsentrasi di bidang International business law.

Materi di kelas online ini, menjawab semua pertanyan kami. Penasaran pengen tahu materinya? Nih saya kasih tahu :

  1. Mengenal badan usaha
  2. Bentuk-bentuk badan usaha di Indonesia
  3. Cara mendirikan badan usaha di Indonesia
  4. Mengubah bentuk badan usaha di Indonesia
  5. Tanya jawab seputar badan usaha dengan lawyer

Suami saya tuh tipe orang yang malas kalau di suruh membaca, lebih suka dijelaskan atau lihat video. Untungnya materi di kelas online badan usaha untuk pelaku bisnis UMKM di skill academy ini berbentuk video. Ada 11 video dan 1 dokumen.

Kalau saya sih lebih seneng baca di banding lihat video. Jadi kami berdua saling melengkapi, suami belajar dengan menyimak video, sementara saya dengan membaca modul cetaknya.

Ternyata kelas online badan usaha untuk pelaku bisnis UMKM di skill academy ini ada ujiannya juga lho. Keren nih, jadi suami bisa mengukur seberapa besar penyerapannya terhadap apa yang telah dipelajari dalam kelas online ini.

Setelah mengikuti kelas online Badan Usaha untuk Pelaku Bisnis UMKM di skill academy ini, kami jadi makin paham jenis badan usaha dan tatacara pendiriannya. Insyaallah kami sudah punya pilihan bentuk badan usaha.

Jadi, mau pakai badan usaha apa?

Hihi… sabar. Tunggu aja ntar launchingnya ya. Sementara ini biar kami endapkan dulu dan kami jalani prosesnya. Takutnya udah koar-koar ternyata malah nggak jadi. Doakan saja prosesnya cepet, biar kami bisa terima orderan yang mensyaratkan akta pendirian badan usaha dan NPWP.

43 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *