• BacaanKu

    Partikel

    Hari ini, alhamdulillah ada waktu luang lumayan banyak. Aslinya sih emang meluangkan waktu hehehe… Kerjaan masih banyak, tapi ntar dulu lah. Lagi pengen nulis, agak panjang. Mumpung juga masih agak segar diingatan. Kali ini, mau cerita buku ke empat dari serial supernova karangan Dee yang berjudul Partikel. Bagi yang ketinggalan buku pertama sampai ketiga bisa klik aja link dibawah ini Buku 1 : Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh Buku 2 : Akar Buku 3 : Petir Buku ke empat ini lebih tebal dibanding tiga buku terdahulu. Buku ini mengisahkan kehidupan Zarah, dari Bogor hingga Inggris dan akhirnya menjelajah berbagai negara. Zarah, lahir dan besar di Bogor. Ayahnya seorang dosen di…

  • BacaanKu

    Petir

    Masih melanjutkan membahas buku supernova karangan Dee alias Dewi Lestari, kali ini masuk buku yang ketiga, yang berjudul Petir. bagi yang ketinggalan, bisa langsung klik ke buku pertama dan buku kedua Petir, membahas perjalanan hidup seorang anak perempuan bernama Elektra, yang dibesarkan hanya oleh ayahnya. Elektra mempunyai seorang kakak perempuan bernama Watti. Elektrik dan watt, mungkin ayah mereka terinspirasi dari dua istilah ini dalam menamai kedua putrinya, karena keseharian sang ayah memang berhubungan dengan listrik. Elektra merasa selalu berada di bawah bayang-bayang sang kakak, hingga membuat dia kadang merasa minder dengan dirinya sendiri. Bahkan dengan namanya sendiri pun, dia sering takut untuk menyebutkannya, takut jika ditertawakan orang. Hingga ia lebih…

  • BacaanKu

    Akar

    Inilah buku kedua dari serial Supernova karangan Dee, yang berjudul Akar. Masih sama dengan buku pertama, sampul buku kedua ini juga didominasi warna hitam. Buku ini menceritakan tentang perjalanan Bodhi, dari sebuah kuil di Lawang hingga menjelajah berbagai negara tetangga. Bagaimana Bodhi yang tak memiliki dokumen kependudukan bisa berjalan-jalan dengan bebas melintas berbagai negara?  Inilah realita yang coba diangkat oleh Dee, bahwa hanya dengan mengeluarkan sekian rupiah, orang yang tadinya tak memiliki dokumen apa-apa, bisa mendapatkan paspor sebagai salah satu sarana untuk melintas perbatasan negara. Begitulah yang dilakukan oleh Bodhi, lewat pertolongan seseorang, dengan mengeluarkan sejumlah uang, maka dia dapat memiliki paspor palsu. Paspor palsu yang bisa selalu lolos saat…

  • BacaanKu

    Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh

    Menyesal, itulah kesan pertama setelah selesai membaca buku Supernova seri 1 (Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh) karangan Dee. Menyesal kenapa nggak dari dulu membeli buku itu, kenapa baru sekarang membacanya. Menurutku, novel ini keren banget! Sains dan fiksi digabungkan, dituliskan dengan sangat bagus. Ada banyak istilah sains, yang dulu waktu kenal pertama kali, definisinya sangat sulit aku cerna. Namun dalam buku ini, Dee menjelaskan dan membuat analogi serta contoh dari kehidupan sehari-hari, sehingga saat membacanya aku jadi manggut-manggut sendiri, sambil mengenang jaman2 dapat pelajaran fisika maupun biologi Contohnya istilah gambar gelstat. Dulu aku tahu definisinya adalah gambar bergambar, sebuah gambar di dalam gambar lain. Sudah lama istilah ini aku lupakan,…

  • BacaanKu

    Buku Harian Pencinta Dee

    Bulan ini alhamdulillah bisa beli buku lagi, kali ini bukan buku baru. Buku-buku sudah agak lama, udah lama saya inginkan, namun baru sekarang kesampaian. Buku karangan salah satu penyanyi yang dulu pernah tergabung dalam trio, yup dialah Dewi Lestari atau lebih dikenal dengan nama pena Dee. Belinya online di http://bukabuku.com, paket Supernova, dari 1 – 4 (Ksatria, Putri dan Bintang Jatuh, Akar, Petir dan Partikel) pas ada diskon 25%.  Lumayanlah bisa ada pengiritan. Berhubung belinya di bukabuku, kayaknya gpp deh klo gambarnya juga ngambil dari sana, kelupaan kemarin pas paket datang nggak di foto dulu.   Nah, selain dapat empat buku itu, ternyata saya juga dapat hadiah. Hadiahnya berupa diary,…

  • BacaanKu

    Asyiknya Menikmati The Casual Vacancy

    Bulan ini, alhamdulillah bisa beli buku baru lagi. Alhamdulillah juga punya energi dan banyak waktu luang untuk membacanya, jadi sudah terselesaikan buku yang lumayan tebal itu. Buku baru apa sih? Biasalah novel, kalau baca novel kan aku pasti bisa cepat banget selesai 🙂   Bagi yang hobby membaca, pastinya tahu siapa itu JK Rowling. Yup, dia adalah penulis dari Harry Potter. Serial Harry Potter yang pertamanya di tulis tahun 1997 dan seri terakhirnya di tahun 2007. Jika Harry Potter ditujukan untuk remaja dan anak-anak (walau orang dewasa juga banyak yang tergila-gila dan selalu menunggu serial terbarunya terbit), nah, kini JK Rowling menulis novel edisi dewasa. Di sampul buku, edisi terjemahan,…

  • BacaanKu

    Berawal dari Eragon, Berakhir di Inheritance (3)

    Sampailah bahasan kita pada buku keempat. Buku yang terbit di tahun 2011 dinegara asalnya sana, edisi terjemahan bahasan indonesianya terbit 2012. Saya sendiri baru menyelesaikan membacanya tadi malam. Buku ini adalah buku yang paling tebal diantara tiga buku yang telah mendahuluinya. Jumlah halamannya ada 900 sekian Gambar covernya tetap sama, yaitu kepala naga. Warna sampulnya saja yang berbeda. Jadi, isinya inheritance apa? Isinya masih tentang perjuangan kaum varden yang dipimpin oleh nasuada yang mulai bergerak merebut kota-kota yang berada di bawah kekuasaan galbatorix. Satu persatu kota dikuasai, dengan perjuangan berat tentunya. Banyak pejuang yang gugur maupun terluka. Pasukan terus bergerak mengarah ke ibukota yaitu Uruba’en. Suatu malam, perkemahan kaum varden…

  • BacaanKu

    Berawal dari Eragon, Berakhir di Inheritance (2)

    Lanjut lagi tulisan tentang tetralogi warisan karya Christopher Paolini. Kali ini membahas tentang buku ketiga yang berjudul Brisingr. Buku ini terbit 4 tahun setelah buku kedua, yaitu tahun 2008. Kalau terjemahan bahasa Indonesianya terbit 2009. Jadi kebayang kan bertahun-tahun penasaran, atau bahkan sudah lupa kisah sebelumnya :). Buku ketiga ini lebih tebal dari buku pertama dan kedua. Jumlah halamannya 800 sekian, lumayanlah buat dijadikan bantal Buku ini mengisahkan bagaimana Eragon menepati tujuh janjinya, antara lain : Menyelamatkan Katrina. Katrina adalah kekasih Roran. Roran sendiri adalah sepupu Eragon. Galbatorix menawan Katrina untuk memancing Eragon agar menyerahkan diri padanya. Eragon dan Roran berhasil menyelamatkan Katrina lewat perjuangan dan pertempuran yang tidak mudah,…

  • BacaanKu

    Berawal dari Eragon, Berakhir di Inheritance (1)

    Setelah menunggu bertahun-tahun, hilang sudah rasa penasaranku terhadap kelanjutan kisah Eragon. Eragon, sebuah novel karya Cristopher Paolini yang merupakan buku pertama dari tetralogi warisan. Buku ini pertama terbit tahun 2003. Eragon, seorang pemuda penduduk desa Carvahal menemukan sebuah batu yang indah saat sedang berburu. Dia lalu membawa batu itu pulang karena dikiranya batu itu dapat dijual. Ternyata, benda yang dikiranya batu itu adalah telur naga. Telur itu kemudian menetas dan sang naga dipelihara oleh eragon. Saphira, nama naga itu menggunakan benak untuk berkomunikasi dengan Eragon. Lewat penuturan Brom, sang pendongeng, Eragon mendapatkan banyak kisah tentang naga. Dahulu, naga dan penunggangnya bertugas untuk menjaga ketentraman negeri Alagaesia. Negeri Alagaesia dihuni oleh…

  • BacaanKu

    Orangtuanya Manusia

    Akhirnya selesai juga membaca buku Orangtuanya Manusia karangan Munif Chatib yang diterbitkan oleh Kaifa. Bukunya sendiri sih udah dibeli dari akhir Oktober kemarin waktu ada pameran buku. Klo harga normalnya Rp 65.000. Berhubung lagi di pameran dapat diskon deh, jadinya Rp 55.000. Mahal? Bagi sebagian orang, terutama yang nggak suka baca buku, pasti bilang mahal dan rasanya sayang mengeluarkan uang sebanyak itu. Bisa jadi juga harga segitu adalah murah kalau melihat ada banyak pengetahuan yang dapat diambil setelah membaca buku itu. Membaca buku ini, saya harus sering berhenti di beberapa bagian. Penyebabnya pertama karena ‘diganggu’ anak-anak yang ngajak main. Kedua, saya sengaja berhenti sambil mengevaluasi lagi bagaimana perlakuan saya pada…