Dunia KerjaKu,  Teknologi

Ice Breaking dan Evaluasi Pembelajaran dengan Kahoot

Belajar dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore dan dilanjutkan lagi sesi malam di jam 19.00, kadang bisa membuat jenuh para peserta pelatihan. Untuk mengatasi kejenuhan tersebut, pengajar bisa memberikan selingan-selingan ringan dan menyenangkan, atau yang di kenal dengan istilah ice breaking.

Salah satu ice breaking yang biasa saya pakai adalah dengan mengajak peserta bermain kuis dengan kahoot. Kahoot adalah sebuah platform pembelajaran berbasis game yang bersifat free yang dapat digunakan oleh guru untuk membuat suasana belajar mengajar menjadi lebih menarik, menantang dan tidak membosankan bagi peserta didik.

game pembelajaran kahoot

Peserta didik dapat memainkan kahoot dengan menggunakan handphonenya, bisa juga menggunakan laptop. Faktor pendukung utama untuk memainkan kahoot adalah koneksi internet yang bagus dan stabil.

Beberapa keunggulan menggunakan kahoot :

  1. fleksible, hanya dalam hitungan menit, pengguna dapat membuat game pembelajaran dengan berbagai macam topik maupun pilihan usia.
  2. simple, kahoot dapat dimainkan dari laptop, komputer, handphone maupun tablet. Yang diperlukan hanya koneksi internet. Pemain tak perlu login untuk dapat memainkannya
  3. bersifat global, karena yang dibutuhkan hanya koneksi internet, sehingga dapat digunakan dimanapun asal ada koneksi
  4. free, untuk menggunakan kahoot, tak perlu mengeluarkan biaya. Kecuali biaya untuk akses internet tentu saja

Untuk menggunakan kahoot, pengguna secara umum dapat dibedakan menjadi dua yaitu guru dan siswa

 

Pengguna Guru

Untuk mulai menggunakan kahoot, silakan akses ke kahoot.com daftarkan diri anda untuk mendapatkan user dan password. Setelah itu, Anda dapat memulai membuat game yang dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas.

Langkah-langkah registrasi ke kahoot dapat dilihat di file berikut ini Langkah-langkah registrasi di kahoot

Sedangkan untuk memulai menggunakan kahoot untuk membuat game serta penggunaannya di depan kelas, ada di file berikut membuat-game-dengan-kahoot

 

Pengguna Siswa

Siswa yang berlaku sebagai pemain, mengakses alamat https://kahoot.it/ selanjutnya siswa memasukkan Game PIN dan nama

Selanjutnya akan muncul pertanyaan yang ditampilkan di layar di depan kelas, sementara di perangkat siswa yang muncul hanya simbol-simbol seperti gambar berikut ini

 

Jadi dalam menggunakan kahoot ini, perangkat guru dihubungkan dengan LCD proyektor, karena siswa akan melihat pertanyaan dan pilihan jawabannya di layar di depan kelas. Sementara di perangkat siswa hanya muncul simbol-simbol yang berisi pilihan jawaban.

Siswa menjawab pertanyaan yang terpampang di depan kelas dengan memilih simbol-simbol yang sesuai dengan pilihan jawaban. Setelah semua siswa menjawab atau setelah waktu untuk menjawab satu soal telah habis, akan tampil daftar 5 besar siswa yang menjawab dengan benar dan paling cepat. Nah, serunya disini, saat melihat daftar peringkat ini, siswa jadi termotivasi untuk bermain agar namanya tampil sebagai peraih 5 besar.

Selain sebagai ice breaking, kahoot juga bisa digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap jalannya pembelajaran. Soal-soal yang digunakan di kahoot dibuat berhubungan dengan materi kegiatan pembelajaran. Jadi, siswa di ajak bermain sekaligus juga belajar.

Demikian sekilas penggunaan kahoot dalam pembelajaran di kelas. Semoga bermanfaat dan membuat suasana pembelajaran di kelas Anda menjadi lebih menarik.

4 Comments

Setiap jejak yang Anda tinggalkan akan sangat berarti bagi sang penulis

%d bloggers like this: